Written by 09:35 Film

Urutan Film Marvel Terbaik

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda sebagian besar wilayah di bumi ini mengharuskan banyak menghabiskan waktu di rumah. Pada masa itu bisa dijadikan kesempatan untuk menonton ulang film yang dirilis Marvel Cinematic Universe(MCU).

Beberapa film yang dirilis oleh marvel film memang memiliki cerita yang bagus dan visual efek yang sangat memukau. Marvel terkenal sebagai pembuatan film hero yang paling top di dunia. Beberapa film superheronya mampu membuat seluruh masyarakat di dunia ini menontonnya.

Lihat juga film action terbaik sepanjang masa

Beberapa film super hero marvel yang sukses diantaranya adalah The avenger, deadpool, hulk, ironman, batman, superman dll.

Nah, inilah urutan film Marvel yang memudahkan mengikuti alur ceritanya.

Urutan Film Marvel Dari Awal Hingga Akhir

MCU(Marvel Cinematic Universe) selalu meriliskan film-film Marvel yang berkaitan satu dengan lainnya. Dengan demikian, akan lebih mudah mengikuti setiap alur ceritanya. Berikut ini urutan film Marvel yang bisa dijadikan rujukan ketika menontonnya.

Ada banyak tahapan yang perlu anda ketahui mulai dari fase 1 hingga fase 4. Semua urutan film marvel akan dijabarkan disini.

Fase 1

Iron Man (2008)

Iron Man (2008)

Film jadul berjudul Iron Man ini merupakan film pertama yang dirilis oleh MCU. Diperankan oleh Robert Downey Jr. berperan sebagai Tony Stark, seseorang dengan kekuatan baju besi. Dalam film ini, Tony mewarisi perusahaan ayahnya, Howard Stark yang meninggal karena kecelakaan. Perusahaan tersebut dinamai Stark Industries.

Ada rekan ayahnya yang iri dengan keberhasilan keluarga Stark. Lalu menculik Tony dan mengurungnya di tempat terpencil. Selama di tempat penculikan, Tony secara sembunyi-sembunyi membuat arc reactor menjadi pakaian besi. Ia menamainya dengan sebutan Iron Man.

Setelah berhasil mengalahkan rekannya, Tony mengumumkan ke publik jika Iron Man itu adalah dia. Pada akhir cerita, Nick Fury mengunjungi rumah Tony. Tujuannya ialah Nick Fury (Ketua SHIELD) mengajak Tony bergabung dengan tim Avengers.

The Incredible Hulk (2008)

Setelah Iron Man, The Incredible Hulk dirilis sebagai pelengkap film hero karya MCU. Film Hulk ini menceritakan ada seorang laki-laki bernama Bruce Banner yang menjadi bahan percobaan teknologi militer terbaru untuk membuat manusia super. Namun, hasilnya gagal.

Bruce Banner menjadi monster besar dan sulit mengendalikan emosi. Dilakukan percobaan kembali pada Emil Blonsky, seorang tentara bayaran yang kemudian berubah menjadi monster Abomination. Lalu, keduanya ditarungkan dan Hulk memenangkan pertarungan tersebut. Hulk diminta Jenderal Ross untuk masuk ke tim Avengers.

Iron Man 2 (2010)

Pada film ini muncul musuh anak dari teman ayahnya Tony yang bernama Vanko yang  ingin membalaskan dendam. Vanko membuat arc reactor pula untuk melawan Tony. Tingkah Tony yang semakin konyol membuat Nick Fury ragu.

Maka dari itu, Nick Fury menyuruh agen SHIELD, Natasha Romanof (Black Widow) untuk mengawasi Tony. Pada akhir cerita Vanko dapat dikalahkan oleh Iron Man. Lalu, agen SHIELD yang  lain menuju ke Meksiko untuk mengambil palu milik Thor yang jatuh ke bumi.

Thor (2011)

Film ini menceritakan asal usul Thor yang berasal dari negeri Asgard. Thor dilempar ke bumi oleh Odin (ayahnya) sebagai ujian apakah Thor bisa memimpin Asgard. Selama Thor berada di bumi, Loki adiknya Thor merebut tahtanya di Asgard.

Di akhir cerita, Thor akhirnya bisa mengendalikan kekuatan palu tersebut dengan bantuan Jane Foster dan Dr Selvig. Nick Fury memanggil Dr Selvig untuk meneliti batu infinity. Ketika itu, dengan kekuatan magisnya Loki dapat mempengaruhi Dr Selvig sehingga menyanggupi keinginan Nick Fury tersebut.

Captain America: The First Avenger (2011)

Prolog film ini memperlihatkan bagaimana perjuangan Captain America mencoba serum percobaan yang dapat memanipulasi gen dan ototnya hingga bisa masuk dunia militer. Captain America diikutsertakan dalam perang melawan Nazi yang saat itu dipimpin oleh organisasi kejahatan bernama HYDRA.

Misi yang dijalankan Captain America pada saat itu ialah menemukan Tesseract yang dijatuhkan Odin (ayahnya Thor) ke bumi. Tesseract merupakan salah satu batu infinity yang dicari Thanos. Akhirnya, batu tersebut ditemukan walau Captain America harus kecelakaan dan membeku di kutub es. Lalu, ditemukan oleh Nick Fury.

Marvel’s The Avengers (2012)

Semua hero bersatu menyelamatkan bumi dan manusia. Thanos melakukan aksinya mengumpulkan batu infinity melalui Loki dan terjadilah perang sengit. Di film ini Thanos berkata akan kembali lagi untuk merebut Tesseract tersebut. Sementara Tesseract dibawa kembali oleh Thor ke Asgard untuk diamankan.

Fase 2

Iron Man 3 (2013)

Pada film ini muncul musuh Tony Stark bernama Mandarin. Mandarin adalah otak pengeboman di Amerika. Tony menantangnya sebab, kesal dengan tindakannya yang menewaskan salah satu anggota Stark Industries.

Tony berhasil menaklukkan Mandarin berkat bantuan kolonel James Rhodes. Merasa frustasi dengan keadaannya, Tony memerintah Jarvis untuk memusnahkan baju besinya. Sebab, ia ingin menghabiskan waktu bersama Pots. Ia juga meminta Bruce Banner untuk menjadi psikiaternya.

Thor: The Dark World (2013)

Kabar  Aether masuk ke dalam tubuh Jane Foster Thor terpanggil ke bumi. Aether merupakan salah satu infinity gem yang diinginkan Thanos. Konflik terjadi saat Malekith yang ingin menghancurkan dunia mengejar Thor.

Malekith pun mendapatkan Aether dan menembakkannya ke kota Greenwich. Namun hal tersebut digagalkan oleh Thor. Tapi sebagian kota Greenwich hancur. Aether berpindah tangan ke kolektor di luar angkasa, Taneleer Tivan. Ada adegan Loki berpura-pura mati lalu menyamar menjadi Odin.

Captain America: The Winter Soldier (2014)

SHIELD berhasil disusupi oleh HYDRA. Oleh sebab itu, SHIELD pun mengerahkan tentara terbaik yang disebut prajurit Winter Soldier yang kekuatannya sama dengan Captain America. Fury tertembak oleh Winter Soldier dan terlihat mati supaya bisa membentuk kelompok yang mendukung SHIELD.

Steve dan kawan-kawan berhasil mengatasi perlawanan HYDRA tersebut. Sayangnya, Captain America belum berhasil menyadarkan teman dekatnya dulu, Bucky Barnes. Lalu, Bucky pun kabur untuk mencari jati dirinya.

Guardians of the Galaxy (2014)

Dalam film ini Peter Quill menjadi tokoh utama dengan julukan Star Lord. Ia adalah seorang penjelajah sekaligus maling yang berselancar di  luar angkasa. Peter Quill ini ditemani Gamora, Drax, Baby Groot, dan Rocket.

Ceritanya adalah Star Lord ini mencuri Orb yang diinginkan Thanos juga. Setelah mendapatkan Orb, Peter berkeinginan menjual kepada kolektor luar angkasa Taneleer Tivan untuk mendapatkan uang. Tapi, Thanos tidak tinggal diam. Thanos pun mengirim Ronan.

Avengers: Age of Ultron (2015)

Pada film ini, muncul Ultron serta si Kembar Pietro Maximoff (Quicksilver) dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch). Otak Tony yang cerdas tersadar bahwa tongkat Loki yang lebih canggih dari Jarvis miliknya. Tongkat Loki dibolehkan masuk ke otak Jarvis untuk dijadikan komponennya. Ultron mengetahui misi Avenger yang bakal membuat kehancuran Avengers dan bumi.

Ant-Man (2015)

Scott Lang jadi tokoh yang menjadi Ant Man. Berawal dari merampok rumah yang kemudian menemukan jaket motor tua yang ternyata kostum tersebut bisa membuat mengecil. Ant Man bisa masuk ke markas Avengers untuk mencuri perangkat.

Lalu dia dibantu Hope van Dyne yaitu anaknya Dr Pym. Dalam film ini juga dijelaskan kalau ibunya Hope terjebak di kuantum subatomik. Hal itu disebabkan karena pake kostum Wasp.

Fase 3

Captain America: Civil War (2016)

Pasca membuat kehancuran di Sokovia, Avengers dituntut untuk menandatangani sebuah perjanjian. Perjanjian tersebut berisikan bahwa pasukan Avengers harus patuh dibawah pemerintahan PBB. Inilah yang memunculkan perang dingin antar hero.

Lihat juga film netflix terbaik sepanjang masa

Tony Stark setuju akan hal itu, sedangkan Captain America tidak menyetujuinya. Terlebih kasus pengeboman yang dilakukan Winter Soldier dipengaruhi anggota HYDRA. Bom itu turut menewaskan ayah dari Black Panther. Kemudian Black Panther berambisi mengejar Winter Soldier untuk membalaskan dendam.

Doctor Strange (2016)

Diawal cerita, Stephen Strange yang dikenal sombong dan arogan mengalami kecelakaan.Kemudian, dia pergi ke Tibet karena ada yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Julukan The Ancient One kemudian melekat padanya dan membuatnya dikenal.

Kemudian, muncul musuh bernama Kaecillus yang menginginkan kekuatan kegelapan Dormammu. Ketika The Ancient One tewas, ia memberikan The Eye of Agammotto kepada Dr Strange. The Eye of Agamotto ini salah satu batu infinity yang diincar Thanos.

Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Dalam film ini menceritakan ketika Peter Quill, Gamora, Drax, Rocket dan Groot mendapatkan misi untuk melindungi wilayah Sovereign. Misi tersebut bertujuan untuk menyelamatkan adik Gamora, Nebula. Nebula ditawan oleh Raja Sovereign.

Spider-Man: Homecoming (2017)

Film ini bercerita tentang Peter Parker yang dengan sangat bangganya setelah memiliki pengalaman bertarung bersama tim Avengers. Ia kemudian kembali pulang ke rumah bersama bibinya, Bibi May. Ia selalu dalam pengawasan Tony Stark. Sampai musuh baru bernama Vulture muncul dan dapat mengancamnya.

Thor: Ragnarok (2017)

Thor meminta bantuan Dr. Strange untuk mencari ayahnya. Ternyata Odin, dibuang Loki ke Bumi. Saat bertemu ayahnya, muncul Hela, kakaknya Thor yang ambisius menguasai Asgard. Palu Thor pun hancur ditangan Hela. Bersama dengan Loki, Thor diasingkan ke planet Sakaar.

Singkat cerita Thor bertemu Valkyrie, prajurit andalan untuk melindungi Asgard. Thor mengajaknya kembali ke Asgard untuk menyelamatkan Asgard dari tangan Hela. Pertarungan dimulai, ada karakter pembantu si Heimdall. Hulk juga turut berperan serta.

Black Panther (2018)

Awal dari film ini menceritakan tentang negeri Wakanda yang memiliki kekayaan vibranium. Vibranium tersebut digunakan untuk semua alat teknologi di Wakanda dan banyak diincar. Konflik yang terjadi berawal dari keinginan saudara sepupunya, Erik Killmonger untuk menjadi raja baru Wakanda.

Avengers: Infinity War (2018)

Marvel Studios masih menguasai genre sci-fi. Setelah sukses dengan Endgame, lanjut ada Avengers: Infinity War yang mampu menggaet banyak penonton. Film Infinity War dirilis 2018 lalu. Avengers: Infinity War menceritakan para tokoh Avengers dan karakter superhero saling bertemu kemudian bersatu menghadapi Thanos.

Ant-Man and the Wasp (2018)

Ant-Man and the Wasp ingin menampilkan duet Ant-Man dan The Wasp dalam melakukan kerja sama untuk memerangi kejahatan. Musuh yang dimaksud ialah Ghost. Dalam film ini, keduanya juga melakukan misi penyelamatan untuk memasuki Quantum Realm.

Film ini mengambil latar waktu pada Avengers: Infinity War dan Avengers 4. Sebab, Ant-Man and the Wasp digarap menjadi penghubung dua sekuel tersebut. Meskipun Ant-Man tidak muncul dalam Infinity War.

Captain Marvel (2019)

Film ini dirilis pada tahun 2019 silam. Carol Danvers, sebagai Captain Marvel dulunya mantan pilot Angkatan Udara Amerika Serikat. Ia mendapatkan kekuatan super saat mengalami insiden kecelakaan Starforce yang melakukan sebuah misi di luar angkasa.

Avengers: Endgame (2019)

Iron Man yang terdampar di luar angkasa, namun akhirnya diselamatkan Captain Marvel. Tim Avengers kembali bersatu. Thanos ditemukan sedang berkebun di taman dipenggal Thor. Ide briliant Ant Man untuk menemukan Infinity Stone dilakukan dengan mengulang masa lalu. Batu-batu tersebut akhirnya diletakkan pada mesin perlindungan.

Spider-Man: Far From Home (2019)

Nick Fury mengajak Peter untuk membantunya, tapi Peter kukuh tidak ingin membantu. Dia hanya ingin liburan. Namun, akhirnya terpaksa mau karena sudah dipercaya oleh Tony dengan diberi segala fasilitas.

Fase 4

Black Widow (was May 1, 2021, now TBA)

Natasha bertemu dengan Yelena Belova. Yelena ini sangat memiliki kemiripan dengan Natasha. Keduanya melakukan pelatihan di Retrum, sebuah tempat pelatihan militer di Rusia yang membentuk Black Widow.

Disebut-sebut Yelena bakal menjadi hero di film rilisan MCU. Mengingat Natasha sudah mati di The Avengers Endgame. Ketika peristiwa tukar jiwa..

The Eternals (November 6, 2021)

Marvel Studios mengumumkan sinopsis pertama film Eternals. Film ini menjadi andalan anyar Marvel untuk menggantikan Avengers. Tokoh Eternals sendiri menurut Marvel Comics merupakan ras makhluk super yang berumur panjang.

Makhluk ini juga dikenal sebagai homo immortalis. Asal makhluk tersebut diceritakan juga dari bumi bersama manusia, dan diciptakan oleh ras alien. Digadang-gadang disebut pelindung bumi.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (February 12, 2021)

Film pertama Shang-Chi dimana Marvel ingin mencoba mengangkat suatu karakter jagoan atau anti hero yang mengambil latar belakang etnis China. Film Shang-Chi akan menunjukkan masa lalunya, saat dirinya ditarik ke dalam jaringan organisasi Ten Rings yang misterius. Organisasi tersebut yaitu kelompok penjahat yang berada di balik penculikan Tony Stark di film Iron Man.

Untitled third Spider-Man movie (July 16, 2021)

Pada film ini, Harry akan berusaha membalas dendam kepada Spider-Man atas kematian ayahnya. Kala itu juga, hubungan Parker dengan kekasihnya, Mary Jane juga sedang bermasalah. Di sisi lain, Peter juga harus menghadapi Flint Marko yang dimainkan oleh Thomas Haden Chruch. Marko berubah menjadi Sandman, makhluk pasir berukuran raksasa.

Sandman sulit untuk dimusnahan. Selain itu, Spider-Man juga harus menghadapi masalah pribadi. Terdapat parasit yang melekat dalam tubuhnya. Parasit ini membuat Peter kadang muncul jiwa memberontak.

Dr. Strange in the Multiverse of Madness (May 7, 2021)

Cuplikan Doctor Strange setelah peristiwa Avengers: Endgame ingin melanjutkan penelitiannya dengan Time Stone. Pada film ini muncul musuh dalam selimut yang berkeinginan berusaha menghancurkan semua penyihir yang ada di bumi. Dengan demikian, ia juga akan mengacaukan rencana Strange.

Thor: Love and Thunder (November 5, 2021)

Film ini akan terfokus pada karakter Jane Foster yang diperankan Natalie Portman. Karakter Jane telah muncul sekilas dalam film Thor (2011) dan Thor: The Dark World (2013). Dalam film ini Jane diceritakan pantas menggunakan palu milik Thor. Dengan demikian ia dinobatkan menjadi sosok Thor perempuan pertama.

Lihat juga film action terbaik sepanjang masa

Film Marvel Akan Rilis 2022

Black Panther 2 (May 6, 2022)

Plot Black Panther 2 belum selesai digarap hingga saat ini. Karena skenario masih ditulis tetapi ada desas-desus yang banyak membicarakan perihal alur cerita kelanjutan Black Panther ini.. Kemungkinan Namor, sang penguasa Atlantis akan menjadi penjahat utama dan membuat keinginan perang terhadap Wakanda.

T’challa atau sebutan lain untuk Black Panther harus mempertahankan kerajaannya dari serangan asing. Namor ini pernah dimunculkan sekilas pada film Avengers: Endgame.

Captain Marvel 2 (TBA 2022)

Urutan film Marvel berikutnya ialah Captain Marvel. Dilansir dari sinopsis, Captain Marvel diceritakan tidak akan segan membunuh salah satu anggota Avengers. Publik atau penggemar film-film produksi Marvel Studios pasti akan penasaran siapa anggota Avengers yang bakal dibunuh oleh Captain Marvel.

Ant-Man 3 (TBA 2022)

Menantikan urutan film Marvel berikutnya yaitu Ant-Man 3. Sebenarnya masih sedikit yang diketahui dari Ant-Man 3. Walaupun masih terlalu dini untuk mengetahui detail plot dari Ant-Man 3, ada sedikit clue bahwa Paul Rudd, Evangeline Lilly, Michael Douglas, dan Michelle Pfeiffer akan kembali untuk film ketiganya.

Blade (TBD)

Film Blade mengisahkan tentang salah satu superhero milik Marvel yang diceritakan memiliki karakter setengah vampir. Kabarnya, superhero ini ditugaskan untuk memburu vampir yang jahat. Sebenarnya masih banyak yang belum diketahui terkait film Marvel yang terbaru ini. Namun, cuplikannya sangat sayang untuk dilewatkan.

Guardians of the Galaxy Vol. 3 (TBD)

Belakangan ini muncul bocoran plot tentang film yang masih akan disutradarai James Gunn. Rumor itu diunggah oleh Rodger Wardell. Publik menganggap hal itu sebagai bocoran akan film-film MCU yang akan rilis pada masa mendatang.

Selain itu, film ini juga menceritakan Rocket Racoon (Bradley Cooper) sekaligus kisah cintanya. Sementara, nasib Peter Quill atau populer dengan julukan Star Lord yang diperankan oleh Chris Pratt juga lebih banyak disorot. Peter Quill merasa sedih ditinggal oleh Gamora akibat jentikan yang menyebabkan ia menghilang. Perlahan Peter pun akan merajut ikatan baru dengan Nebula.

Untitled Fantastic Four film (TBD)

Urutan film Marvel yang terakhir dijadikan rekomendasi untuk ditonton ialah Untitled Fantastic Four. Fantastic Four menceritakan empat sekawan yang bekerja sama menjalani misi di luar angkasa. Hal itu dilakukan karena mengetahui akan muncul energi kosmik dalam bentuk awan yang menuju bumi

Urutan film Marvel tersebut cukup membantu, bukan? Anda akan menjadi semakin mudah mengikuti alur ceritanya. Dan yang pasti akan selalu penasaran dengan film-film yang bakal dirilis.

Tags: urutan film marvel, Film Marvel urutan, urutan cerita film marvel, urutan film avengers
Tags: Last modified: 8 January 2021