10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah

Posted on

Beberapa belakangan ini jurnal telah menjadi sebuah kebutuhan baru dan keharusan dalam setiap pembuatan karya penulisan ilmiah. Jurnal sendiri merupakan hasil penelitian yang sudah dirangkum dan disajikan secara singkat dan juga secara jelas serta padat.

Dalam hal ini, kita mengenal dua istilah dalam jurnal. Istilah yang pertama dalam jurnal ialah jurnal nasional dan sedangkan istilah jurnal yang kedua ialah jurnal internasional. Hal yang membedakan kedua jurnal ini ialah dari segi bahasa yang digunakan.

Jurnal nasional atau yang disebut juga dengan jurnal Indonesia adalah jurnal yang memang dalam penulisannya menggunakan bahasa Indonesia.

Sedangkan jurnal Internasional merupakan jurnal yang penulisannya menggunakan bahasa Internasional yakni bahasa Inggris. Dewasa ini banyak sekali situs yang menyediakan jurnal nasional. Juga menyediakan situs jurnal Internasional yang bisa Anda kunjungi.

Situs Jurnal Internasional Gratis

Jika Anda sudah penasaran situs apa saja yang menyediakan jurnal Internasional yang bisa menunjang karya ilmiah Anda, berikut ini beberapa situs jurnal Internasional yang bisa Anda coba.

Situs Google Scholar

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs pencarian untuk jurnal Internasional ini sangat mudah Anda akses. Bisa Anda lihat sendiri dari nama situsnya sendiri bahwa situs ini merupakan milik dari perusahaan Google.

Situs yang satu ini telah menyediakan ratusan ribu jurnal ilmiah yang bisa Anda gunakan untuk bahan penunjang projek karya ilmiah Anda.

Jurnal yang disediakan juga bisa Anda akses dalam berbagai format. Situs Google Scholar ini juga menyajikan berbagai jenis paper, tesis, jurnal, artikel, e-book, dan literatur ilmiah lainnya secara gratis. Tidak heran jika situs milik perusahaan Google ini menjadi salah satu situs pencarian jurnal yang populer di dunia.

Microsoft Academic

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs jurnal Internasional yang bisa Anda jadikan referensi berikutnya adalah situs Microsoft Academic. Situs yang satu ini menawarkan akses pada jurnal ilmiah yang menyediakan data jurnal baik jurnal nasional yang menggunakan bahasa Indonesia maupun jurnal internasional yang menggunakan bahasa Inggris.

Situs jurnal Microsoft Academic ini juga bisa menggunakan kriteria untuk menyaring atau pun mengerucutkan pencarian seperti ‘Date Range’ untuk tahun terbit, ‘Author’ untuk nama pengarang jurnal, ‘Affiliation’ untuk sumber jurnal, ‘Field of Study’ untuk subyek program studi Anda, dan ‘Journal’ untuk sumber jurnal sama seperti menu pada ‘Affiliation’.

Situs DOAJ (Directory of Open Access Journals)

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Salah satu situs jurnal Internasional yang bisa Anda coba adalah situs yang dengan nama DOAJ. Situs DOAJ merupakan sebuah situs yang memuat jurnal dan artikel ilmiah yang memiliki akses terbuka (Open Access) dari seluruh penjuru dunia.

Situs DOAJ sendiri diluncurkan pada tahun 2003. Dan saat ini situs DOAJ telah tercatat memiliki lebih dari 11.000 jurnal yang berasal dari 127 negara di dunia. Situs ini juga menyimpan lebih dari 3 juta artikel yang bisa Anda akses.

Situs Hindawi

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs Hindawi merupakan situs yang juga menyediakan jurnal dengan open akses terbaik yang bisa menjadi penunjang atau pun referensi website jurnal untuk karya ilmiah Anda.

Dalam situs yang satu ini, Anda bisa menemukan puluhan ribu artikel dan juga jurnal Internasional yang Anda butuhkan.

Situs Science Direct

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs berikutnya yang bisa Anda coba ialah situs Science Direct. Situs yang satu ini merupakan salah satu situs yang menyediakan banyak jurnal Internasional. Situs Science Direct ini mempunyai jutaan jurnal yang berbayar atau pun juran yang bisa open akses.

Situs Science Direct sendiri merupakan website publikasi dari publisher yang cukup terkenal yakni elsevier. Jadi tidak mengherankan lagi jika situs yang satu ini menjadi situs yang menyediakan berbagai macam jurnal Internasional yang terbaik dan pastinya berkualitas.

Oxford Academic: Journals

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs jurnal Internasional berikutnya adalah situs bernama Oxford Academic: Journals. Sesuai namanya, Oxford Academic: Journals merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan langsung oleh Oxford University, sehingga dalam mendapatkan akses masih dibatasi.

Tidak semuanya full paper terkadang terdapat beberapa jurnal yang high impact factor yang hanya ada abstraknya saja yang ditampilkan. Namun, secara menyuluruh bisa dikatakan bagus dan mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu situs website untuk jurnal Internasional yang dijadikan daftar referensi untuk karya ilmiah Anda.

Situs Natural Sciences Publishing

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs yang menyediakan jurnal Internasional berikutnya ialah Natural Sciences Publishing. Situs ini sendiri merupakan salah satu website yang menyediakan jurnal Internasional di bidang ilmu pengetahuan alam, matematika, dan bidang ilmu lainnya. Situs ini bisa menjadi sebagai daftar referensi penunjang karya ilmiah Anda.

Situs Florida Online Journals

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah situs Florida Online Journals. Seperti halnya dengan situs Oxford jurnal, Floridal Online Journal juga merupakan website yang berasal dari perguruan tinggi. Anda bisa mendownload dengan cara mendaftar terlebih dahulu agar bisa mengakses jurnal yang disediakan oleh situs yang satu ini.

Situs Nature Journal

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs Nature Journal merupakan website yang menyediakan jurnal internasional dan memiliki impact factor tinggi. Situs ini termasuk website yang bergengsi juga menerapkan standar kualitas tinggi dalam penerimaan jurnal. Anda bisa mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses dan perlu diketahui bahwa hampir semua jurnal di situs ini berbayar. Tapi jika ingat bahwa jurnal yang disediakan merupakan jurnal yang bekualitas tinggi rasanya wajar jika situs ini berbayar.

Situs E-resources.perpusnas.go.ig

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs yang satu ini merupakan situs resmi dari Perpustakaan Nasional Indonesia. Dalam situs ini Anda dapat menemukan banyak jurnal yang bisa Anda gunakan sebagai kajian atau pun penunjang karya ilmiah Anda.

Jika Anda ingin masuk ke dalam situs ini, ada syarat yang harus Anda penuhi. Syarat agar bisa masuk situs ini ialah Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan. Barulah Anda bisa mengakses jurnal secara gratis.

Situs JSTOR

10 Situs Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi, Tesis & Karya Ilmiah Situs

Situs Jurnal Internasional bernama JSTOR ini adalah sebuah perpustakaan digital yang sudah didirikan sejak tahun 1995. Awalnya perpustakan digital ini hanya berisi edisi belakang digital jurnal akademik, sekarang sudah tersedia buku-buku dan juga berbagai sumber primer, dan berbagai isu terkini jurnal. Pencarian teks di situs ini mencapai hampir 2000 jurnal.

Situs jurnal Internasional menjadi salah satu situs yang paling banyak dicari khususnya oleh para mahasiswa yang akan menjalani proses penyusunan skripsi. Para dosen pembimbing biasanya akan meminta mahasiswa bimbingannya untuk mengambil acuan dari jurnal-jurnal Internasional.

Namun tak jarang ada mahasiswa yang masih belum tahu situs apa saja yang menyediakan jurnal Internasional. Situs-situs yang menyediakan jurnal Internasioanal ini ada yang berbayar maupun dapat Anda akses dengan gratis.

Biasanya situs jurnal Internasional yang berbayar akan memberikan nilai yang lebih baik dalam hal jumlah akses jurnal yang tergolong unlimited dari pada yang situs jurnal yang gratis.

Tags: penulisan jurnal internasional adalah, Situs jurna, situs jurnal internasional gratis, situs paper ilmiah yang bagus
Artikel Lainnya:
Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com