Harga Batu Alam Dinding Per Meter Terbaru

Posted on

Batu alam merupakan salah satu benda yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sejak awal peradaban manusia, batu alam telah banyak digunakan sebagai sebuah alat yang begitu banyak manfaatnya.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, batu alam kini tentu memiliki semakin banyak manfaat. Salah satu manfaat dari batu alam di jaman modern ini adalah sebagai bahan untuk membuat rumah atau bahkan menghias rumah.

Namun bukan hanya itu saja, batu-batu alam dengan berbagai macam ukuran bisa dibuat menjadi berbagai macam barang dan jua kerajinan yang sangat menarik.

Baca juga harga baja ringan

Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai batu alam dan juga Harga batu alam maka disini kita akan sama-sama membahas lebih jauh mengenai batu alam. Nantinya anda bisa semakin tahu mengenai manfaat, jenis, motif dan lain sebagainya.

Manfaat Batu alam

Harga Batu Alam Dinding Per Meter Terbaru 1

Batu alam memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa. Di awal pembukaan tadi telah disebutkan beberapa manfaat batu alam bagi manusia. Manfaat batu alam sebenarnya masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari batu alam yang tersedia:

1. Sebagai bahan bangunan

Manfaat batu alam yang pertama adalah sebagai bahan bangunan. Batu dari alam sudah jelas kegunaannya dalam pembangunan sebuah rumah atau jenis bangunan lainnya. Batu dijadikan sebagai bahan pondasi dan selanjutnya ada banyak sekali jenis batu alam cantik yang digunakan untuk melengkapi eksterior dan interior rumah.

2. Sebagai lantai rumah

Manfaat batu alam yang selanjutnya adalah sebagai bahan lantai rumah. Banyak dari bangunan yang memilih untuk menggunakan batu alam sebagai lantainya. Jenis batu alam yang banyak dipilih sebagai lantai rumah misalnya seperti batu marmer. Batu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan lantai karena jika dipotong dan dipoles akan memiliki permukaan yang sangat halus.

Anda tentu juga sering menemukan rumah dengan jenis lantai ini. Kesan yang dimunculkan oleh lantai marmer adalah kesan sejuk yang mewah dan elegan. Banyak rumah mewah yang menggunakan lantai jenis ini. Memang, lantai marmer ini memiliki pamor yang cukup berkelas. Harga batu alam jenis ini juga terbilang mahal sehingga tidak semua orang mampu menjadikannya sebagai pilihan lantai untuk rumah.

3. Digunakan untuk dinding rumah

Banyak batu alam yang saat ini tersedia dalam bentuk kepingan. Batu yang sudah dipotong dan diproses biasanya akan dapat digunakan untuk menghias dinding rumah. Rumah yang diberi eksterior berupa batuan alam akan memiliki kesan yang elegan dan juga mewah. Bahkan rumah juga akan terlihat semakin sejuk dan alami.

Ada banyak sekali jenis batu yang bis dipasang di dinding rumah. Jika anda melihat rumah-rumah modern seperti sekarang, tentu akan banyak menjumpai ornamen batu alam yang menghiasi dinding bahkan tiang bangunan.

4. Bahan dasar patung

Manfaat dari batu alam yang selanjutnya adalah sebagai bahan dasar pembuatan patung. Anda tentu setuju dengan hal ini. Alam menyediakan batu dengan beragam ukuran. Masyarakat pada jaman dahulu menjadikan batu sebagai sebuah bangunan dan patung-patung. Bahkan hingga saat ini juga masih banyak ditemukan pengrajin patung.

Salah satu bukti jika batu merupakan bahan dasar pembuatan patung sejak lama adalah pada peninggalan sejarah berupa candi. Di candi Borobudur misalnya, disana terdapat bangunan yang semuanya terbuat dari batu alam. Patung besar yang menghiasinya juga terbuat dari batu alam yang besar.

5. Dibuat perkakas rumah tangga

Batuan alam banyak juga digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam perkakas rumah tangga. Misalnya saja anda menemukan wajan dari batu, cobek, alu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak juga perkakas berkebun dan perkakas bangunan yang terbuat dari batu.

6. Hiasan rumah

Banyak juga yang menjadikan batu alam ini untuk hiasan rumah baik untuk menghiasi halaman depan maupun interior rumahnya. Nah jika rumah anda ingin terlihat lebih alami dan berasa sejuk anda bisa menambahkan beberapa batu alam untuk menjadikan rumah anda terlihat alami.

Contoh penggunaan batu alam

Batu alam memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa seperti yang telah disebutkan diatas. Selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh penggunaan batu alam.

Batu alam memiliki banyak jenis dengan karakter yang berbeda-beda. Setiap jenis batuan yang berbeda ini mampu menjadi bahan yang sesuai untuk berbagai macam penggunaan. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan batu alam yang bisa anda temukan disekitar.

1. Batu marmer untuk lantai

Contoh penggunaan batu yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan batu marmer sebagai bahan penutup lantai. Lantai rumah yang menggunakan batu ini akan terlihat mewah dan juga terkesan dingin. Ada banyak pilihan motif batu marmer yang bisa ditemukan mulai dari motif terang hingga yang paling gelap.

2. Penggunaan batu andesit untuk dinding

Jenis batu yang banyak sekali digemari oleh masyarakat modern seperti sekarang ini adalah jenis batu andesit. Batu ini banyak dijadikan sebagai bahan bangunan atau sebagai penutup dinding. Karakter dari batu ini memang sangat keras dan juga memiliki pori yang rapat. Warnanya seperti batu biasa yakni hitam keabu-abuan dengan titik-titik pori yang cantik.

4. Batu kali untuk hiasan dan juga taman

Batu kali adalah jenis batu alam yang juga tidak kalah menarik. Batu ini biasanya dijadikan sebagai bahan untuk pondasi karena memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Selain itu juga cocok untuk menghias dinding dan juga lantai taman. Bahan yang satu ini selain kuat juga mudah ditemukan. Harga batu alam jenis ini juga sangat terjangkau.

Batuan alam memang memiliki banyak manfaat dan juga bisa digunakan untuk banyak kebutuhan. Setiap jenis batu yang ada memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga ketika akan memilih batu alam, anda harus menyesuaikan antara fungsi dan kebutuhan anda.

Jenis batu alam

Ada banyak sekali jenis batu alam yang bisa ditemukan. Namun jenis batu alam yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan adalah yang paling banyak dicari. Banyak dari masyarakat yang senang dengan karakter batu alam untuk material rumah. Batu alam selain kuat juga mampu memberikan kesan yang cantik pada bangunan. Berikut ini ada beberapa jenis batu yang banyak dipilih masyarakat.

1. Batu Marmer

Jenis batu pertama yang sangat populer adalah jenis marmer. Jenis batu yang satu ini sering kali dijadikan sebagai bahan untuk lantai. Pilihan motif dan juga warna dari batu ini cukup banyak. Anda bisa menemukan marmer dengan warna merah, kuning, cream, kehitaman hingga kebiruan. Batu ini memiliki permukaan yang halus dan berkilau namun harus selalu dirawat dengan baik agar kilaunya selalu bersinar.

2. Batu Andesit

Jenis batu lainnya yang menarik adalah batu andesit. Batu ini memiliki karakter yang sangat familiar dikalangan masyarakat. Warnanya yang hitam ke abu-abuan dengan motif titik-titik membuat batu ini cocok untuk dinding bangunan. Batu ini cocok untuk interior atau bahkan eksterior rumah.

3. Batu Sabak (Batu Kali)

Batu kali yang bentuknya bulant-bulat cantik ini ternyata juga menjadi salah satu yang banyak digemari. Batu ini bisa dijadikan sebagai eksterior, batu kolam, hiasan taman dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan batu ini di kali atau membelinya. Harga batu ini juga terbilang murah karena mudah ditemukan.

4. Batu Granit

Batu granit adalah batu yang cukup terkenal. Batu ini cocok untuk melengkapi interior rumah. Setelah dipoles, batu ini akan menjadi lembaran yang cocok untuk lantai dan bahkan dinding. Ada beberapa pilihan motif batu granit yang bisa anda temukan. Pilihan warna batu ini juga cukup banyak.

5. Batu Candi

Jika anda memiliki rumah minimalis maka batu candi biasanya banyak dijadikan sebagai pilihan untuk menghias eksterior rumah. Batu candi mudah sekali ditemukan dalam bentuk lempengan atau bahkan yang sudah berupa ukiran seperti relief candi.

6. Batu Templek

Jenis batu templek ini adalah batu alami yang kuat dan juga bentuknya tidak beraturan. Batu ini banyak dijadikan sebagai tempelan dinding atau bahkan sebagai bahan untuk membuat dinding pagar. Batu ini harga cukup murah dan perawatannya juga sederhana. Selain itu batu ini juga tidak mudah berlumut.

7. Batu Paras Jogja

Jenis batu paras jogja tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai penutup dinding. Batu ini memiliki warna cream putih yang cantik. Selain itu pemasangannya juga sangat mudah. Kekurangan batu ini adalah mudah berlumut dan harus sering dibersihkan karena warnanya putih sehingga mudah terlihat kusam.

8. Batu Hijau Sukabumi

Batu yang satu ini terkenal langka dan mahal. Kebanyakan batu dari sukabumi ini justru di eksport ke luar negeri. Warnanya yang hijau membuat batu ini mampu memberikan kesan unik, sejuk, mewah dan indah pada rumah.

9. Batu Koral

Jenis batu koral sering kali digunakan sebagai penghias lantai taman dan juga di area garasi rumah. Ada banyak motif batu koral yang bisa anda temukan. Batu ini akan memberikan kesan yang alami dan cantik. Selain itu harga batu ini juga terbilang murah.

10. Batu Palimanan

Batu palimanan berasal dari kecamatan Palimanan Cirebon. Batu ini sangat banyak digemari karena memiliki corak dan motif yang manis. Anda bisa memanfaatkan batu ini sebagai penutup dinding, tiang, pagar atau lain sebagainya. Kesan yang dimunculkan oleh batu ini adalah kesan indah dan mewah.

Harga Batu alam 2019

No. Jenis Batu Alam Ukuran Harga Batu
1 Andesit Bintik Bakar 15×30 Rp. 90.000
2 Andesit Bintik Bakar 20×40 Rp. 95.000
3 Andesit Bintik Bakar 30×30 Rp. 100.000
4 Andesit Bintik Bakar 30×60 Rp. 105.000
5 Andesit Bintik Bakar 40×40 Rp. 115.000
6 Andesit Bintik Bakar 40×60 Rp. 135.000
7 Andesit Bintik Bakar 50×50 Rp. 155.000
8 Andesit Bintik Bakar 60×60 Rp. 185.000
9 Andesit Polos Bakar 15×30 Rp. 85.000
10 Andesit Polos Bakar 20×40 Rp. 90.000
11 Andesit Polos Bakar 30×30 Rp. 95.000
12 Andesit Polos Bakar 30×60 Rp. 100.000
13 Andesit Polos Bakar 40×40 Rp. 110.000
14 Andesit Polos Bakar 40×60 Rp. 130.000
15 Andesit Polos Bakar 50×50 Rp. 150.000
16 Andesit Polos Bakar 60×60 Rp. 180.000
17 Andesit Susun Sirih 3×30 Rp.70.000
18 Andesit Susun Sirih 3×40 Rp. 80.000
19 Andesit Susun Sirih 5×30 Rp. 65.000
20 Andesit Susun Sirih 5×40 Rp. 75.000
21 Batu Alam Cupang Merah 10×20 Rp. 100.000
22 Batu Alam Cupang Merah 15×15 Rp. 100.000
23 Batu Alam Cupang Merah 15×30 Rp. 110.000
24 Batu Alam Cupang Merah 20×40 Rp. 120.000
25 Batu Alam Cupang Merah 30×30 Rp. 130.000
26 Candi Hitam Yogyakarta 10×20 Rp. 105.000
27 Candi Hitam Yogyakarta 15×15 Rp. 110.000
28 Candi Hitam Yogyakarta 15×30 Rp. 105.000
29 Candi Hitam Yogyakarta 20×20 Rp. 110.000
30 Candi Merah 30×30 Rp. 110.000
31 Candi Merah 30×60 Rp. 120.000
32 Candi Merah 10×20 Rp. 85.000
33 Candi Merah 15×15 Rp. 85.000
34 Candi Merah 15×30 Rp. 95.000
35 Candi Merah 20×40 Rp. 100.000

Motif Batu alam

Harga Batu Alam Dinding Per Meter Terbaru 2

Batu alam memiliki banyak jenis dengan karakter yang berbeda-beda seperti yang telah disebutkan diatas. Motif dari batu juga sangat beragam tergantung jenisnya. Batu yang memiliki motif mewah ada pada batu granit, marmer dan batu hijau suka bumi. Batu ini memiliki karakter permukaan yang halus setelah dipoles.

Motif warna dan coraknya juga begitu beragam. Anda bisa menemukan batu dengan motif titik-titik, motif garis, motif pori-pori dan lain sebagainya.

Lihat juga harga bata ringan

Apabila anda ingin memilih batu alam, hal yang harus diperhatikan adalah kegunaannya. Misalnya anda ingin memilih batu untuk lantai, maka pilihlah batu dengan permukaan yang halus dan juga mudah perawatannya.

Selain itu jika anda ingin memilih batu untuk taman maka jenis batu seperti batu koral dan batu kali bisa menjadi penghias taman. Meskipun demikian, kreatifitas anda dalam mata batu juga akan sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Harga batu alam juga beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk satu meternya.

Tags: batu alam dinding, Harga batu alam lantai per Meter
Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com