Harga Batako, Batu Merah Dipasaran Terbaru

Posted on

Kebutuhan untuk membangun sebuah rumah tentu saja sangat banyak. Salah satu yang sangat penting dan merupakan material dasar yang sering digunakan untuk membangun rumah atau bangunan adalah batu merah atau batako.

Kedua jenis material ini merupakan material yang paling banyak dipilih. Ada yang lebih senang menggunakan batu bata merah namun ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan batako.

Lihat juga harga batu alam terbaru

Ketika anda akan memutuskan apakah akan menggunakan batu bata merah atau batako, maka salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan adalah Harga batu merah dan batako. Harga dari kedua bahan ini sebenarnya tidak terlalu mahal karena dijual perkeping. Masing-masing bahan tersebut menawarkan kelebihannya masing-masing.

Manfaat batako / bata merah

Harga Batako, Batu Merah Dipasaran Terbaru Bangunan

Harga Batako, Batu Merah Dipasaran Terbaru Bangunan

Manfaat dari batu bata dan batako sudah sangat jelas. Kedua bahan ini digunakan sebagai salah satu bahan pokok untuk membangun dinding rumah. Batako dan batu bata merah banyak dijadikan pilihan karena merupakan bahan yang kokoh sehingga bangunan rumah yang dihasilkan akan tahan lama atau bahkan bisa dikatakan sebagai bangunan permanen.

Jika dibandingkan dengan bahan lainnya seperti kayu atau kalbosit, dinding dengan bahan batako dan bata merah akan jauh lebih kokoh. Selain itu kedua bahan ini juga tahan terhadap cuaca. Kebanyakan bangunan modern seperti sekarang ini bahan pokok yang digunakan adalah batu bata merah atau batako.

Batu bata merah terbuat dari bahan dasar tanah yang dibentuk balok lalu diproses hingga menjadi batu yang keras dan kokoh. Batu bata merah identik dengan warna merak. Jadi memang batu ini memiliki karakter warna merah setelah proses pembakaran. Warna yang cantik ini biasanya nantinya akan ditutup dengan menggunakan semen. Namun ada sebagian orang yang senang menampakkan warna asli bata merah pada dinding rumahnya.

Tingkat kekuatan batu bata merah jika dibandingkan dengan batako memang lebih baik. Namun batu bata ini biasanya memiliki ukuran yang kecil sehingga pemasangannya membutuhkan waktu yang lebih lama dari batu batako.

Batu batako yang terbuat dari campuran semen dan juga pasir merupakan bahan yang tidak kalah istimewa. Rumah modern banyak yang dibangun dengan bahan yang satu ini. Kelebihan bahan ini adalah ukurannya yang lebar sehingga akan mempercepat proses pengerjaan. Batu batako juga banyak dipilih karena mampu menghemat anggaran pembangunan rumah.

Kedua bahan bangunan ini sama-sama memiliki keunggulan namun juga memiliki kekurangan masing-masing. Keduanya sering dijadikan bahan utama untuk membangun dinding rumah, pagar dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan batako / bata merah

Contoh penggunaan bata merah banyak ditemukan di banyak sekali pembangunan. Batu bata merah bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk mendirikan dinding yang kokoh dan juga keras. Nantinya anda bisa melapisi dinding batu bata dengan aman sehingga batu bata merah tidak akan terlihat.

Kekuatan dari batu bata merah sudah sangat teruji. Apalagi jika dikombinasikan dengan campuran semen dan juga pasir yang baik. Penempelan batu bata merah biasanya dibuat bervariasi sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Ada yang ditata dengan pola sederhana namun ada juga yang ditata dengan pola tertentu agar nantinya bisa menghasilkan kesan yang berbeda. Pola sederhana akan sangat cocok jika nantinya dinding akan ditutup dengan semen atau bahan lainnya. Namun jika anda ingin menampakkan pola dari bata merah tentu saja tidak masalah. Anda bisa membuat pola penataan yang unik agar kesannya tidak monoton.

Penggunaan batako

Contoh penggunaan batako biasanya pada dinding rumah, dinding pagar, pembuatan kolam ikan, dan lain sebagainya. Batako memiliki bentuk yang lebar dan juga pengerjaannya cukup cepat. Proses pembuatan batako tidak serumit bata merah sehingga akan sangat cepat diselesaikan.

Anda bisa menemukan banyak rumah yang menggunakan batako. Nantinya dinding yang menggunakan batako akan terlihat halus dan juga tetap koko. Pengerjaannya juga cepat karena ukuran batako yang lebar. Meskipun demikian, ketebalan dinding batako jika dibandingkan dengan ketebalan dinding bata merah akan sedikit lebih tipis. Jadi apabila anda ingin memiliki dinding yang kokoh dengan batako sebaiknya membuat batako dengan kualitas campuran yang baik.

Cara memasang batako dan batu bata merah

Harga Batako, Batu Merah Dipasaran Terbaru Bangunan

Cara pemasangan batako tidak jauh berbeda dengan pemasangan batu bata merah. Keduanya sama-sama direkatkan dengan menggunakan campuran semen dan juga pasir. Batako memiliki desain balok yang terdapat rongga dibagian sisinya. Nantinya sisi tersebut akan diisi dengan campuran semen dan pasir agar batako dapat merekat dengan kuat dan tidak mengalami pergeseran.

Pemasangan batako sangatlah mudah dan juga cepat. Ukuran batako yang lebar dan juga tidak terlalu berat membuat pembangunan rumah dengan bahan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, bahan dasar untuk membuat batako juga tidak sulit. Proses pembuatan batako juga lebih sederhana.

Batako ini memiliki ketahanan hingga 15 tahun. Namun apabila campuran batako bagus maka akan bisa tahan lebih dari 15 tahun. Perbandingan pasir dan seman pada pembuatan batako adalah sekitar 7:1. Semakin besar takaran semen dengan pasir maka akan semakin kokoh batako yang dihasilkan.

Batako dipasang dengan menghadapkan muka ke depan sehingga bentuknya terlihat melebar. Sedangkan untuk batu bata dipasang menyamping sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama. Meskipun demikian semuanya sama-sama mudah untuk dipasang apalagi jika pemasangan dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman.

Harga batako dan batu bata

NoJenis Batu BataUkuranHarga
1Batu Andesit (30 x 30)m2Rp. 175.000
2Batu Bali10 kgRp. 75.000
3Batu Bata Merah (oven)BijiRp. 550-1200
4Batu Bata MerahBijiRp. 350-1000
5Batu Batako Press1 BijiRp. 2200
6Batu Batako Putih (Tras)1 BijiRp. 2350
7Batu Batako Semen1 BijiRp. 2200
8Batu Candi (30 x 30)m2Rp. 130.000
9Batu Kali Belahm3Rp. 190.000
10Batu Kneckerm3Rp. 230.000
11Splitpick upRp. 270.000
12SplittrukRp. 1.280.000

Harga Bata Ringan Terbaru

NoJenis Bata RinganSatuanHarga
1Bata Ringan Hebelm3Rp. 730.000
2Bata Ringan Vosconm3Rp. 650.000
3Bata Ringan 10x20x60cmbuahRp. 10.000
4Bata Ringan 7,5x20x60cmbuahRp. 7.800
5Bata Ringan 10x20x60cmm3Rp. 750.000
6Bata Ringan 7,5x20x60cmm3Rp. 585.000

 

Harga dari batako lebih murah jika dibandingkan dengan batu bata namun hal ini dilihat dari beberapa aspek. Misalnya dihitung harga perbiji maka harga batako memang lebih tinggi namun setelah diaplikasikan maka penghematan akan dapat terlihat dari penggunaan batako.

Batako dan batu batu bata merah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi yang ingin membangun rumah dengan anggaran yang lebih hemat maka memilih batako sebagai bahan pokoknya adalah sebuah solusi yang terbaik.

Lihat juga harga bata ringan hebel dan citicon

Ukuran batako lebih besar berkali-kali lipat dibanding bata merah. Selain itu pengerjaannya juga cepat sehingga anda tidak harus terlalu keberatan untuk membayar tenaga tukang.

Harga dari batako memiliki kisaran mulai dari Rp.3000an. Namun perlu anda ketahui jika jenis batako sendiri ada beberapa macam. Jenis yang pertama adalah batako putih yang harganya mencapai Rp.3500. Hal ini dikarenakan batako putih memiliki kerapatan pori-pori yang lebih serta campuran semennya lebih banyak.

Jenis batako yang selanjutnya adalah batako press yang harganya sekitar Rp.3300 untuk satu buahnya. Jenis yang lainnya adalah batako semen dengan harga yang paling murah yakni Rp.3100. Anda bisa menghitung sendiri berapa jumlah batako yang dibutuhkan untuk membangun rumah anda. Kemudian dikalikan dengan harga satu buahnya.

Ukuran batako biasanya adalah sekitar 10 x 20 x 40 cm. Anda butuh sekitar 20 buah batako untuk membangun dinding seluas 1 meter persegi. Ukuran ini akan membantu anda untuk melakukan perhitungan kebutuhan batako.

Ukuran dari batu bata merah umumnya memiliki panjang 17-23 cm, lebar 7-11 cm, dan tebal 3-5 cm. Ukuran ini memang lebih kecil dari batako. Anda mungkin akan membutuhkan sekitar 70-80 buah dengan ukuran 23 x 17 x 5 cm untuk membangun 1 meter persegi dinding.

Harga dari batu bata merah saat ini berkisar Rp 400 per buah. Namun ada juga batu bata yang memiliki harga Rp 850 per buah. Batu bata yang dibakar dengan tungku biasa harganya memang lebih murah dan biasanya batu bata yang lebih mahal proses pembakarannya dengan menggunakan oven tanah liat sehingga hasilnya juga lebih bagus.

Perbandingan antara Harga batu merah dan batako ini memiliki selisih yang cukup jauh. Anda bisa melakukan perhitungan yang matang terlebih dahulu sebelum memesan batako agar nantinya pembangunan rumah bisa disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Membangun rumah dengan menggunakan batako atau batu bata merah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda masih bingung untuk menentukan pilihan apakah ingin menggunakan batako atau bata merah sebaiknya jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan tukang yang profesional.

Harga batu merah dan batako yang ada di pasaran mungkin saja berbeda antara kota satu dengan lainnya. Saat ini anda bisa membeli bahan material tersebut dengan mudah karena banyak juga penyedia batako dan bata merah yang menawarkan produknya secara online.

Artikel Lainnya:
Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com