Harga Bata Ringan Citicon dan Hebel Terbaru

Posted on

Ternyata saat ini bukan hanya baja ringan saja yang tengah populer tetapi ada juga bata ringan yang sudah banyak diminati. Sepertinya belakangan ini penggunaan material berbobot ringan sudah sangat banyak peminatnya.

Tidak hanya material baja ringan saja yang dipakai untuk struktur bangunan rumah, tetap kini ada juga bata ringan yang merupakan salah satu bahan baku pembuat dinding. Batu bata ringan ini dibuat dengan sistem modern dan merupakan hasil produksi pabrik.

Pembuatan bata ringan ini menggunakan mesin sehingga bata ringan ini memiliki ukuran yang seragam dan juga punya standar kualitas yang baku. Beberapa bata ringan yang populer saat ini ialah jenis bata citicon dan juga hebel. Harga bata ringan citicon dan hebel pun juga beragam sehingga bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.

Manfaat Bata Ringan Untuk Rumah

Harga Bata Ringan Citicon dan Hebel Terbaru Bangunan

Manfaat dari bata ringan sendiri sangatlah banyak. Sehingga wajar rasanya jika bata yang satu ini makin banyak peminatnya dari waktu ke waktu. Bata ringan memiliki bobot yang ringan mampu membuat beban konstruksi bisa berkurang sehingga kualitas dan daya tahan bangunan menjadi lebih bagus.

Bata ringan juga bisa mengurangi resiko bahaya kebakaran. Bagaimana bisa? Hal ini karena bata ringan sendiri terbuat dari pasir silika yang sudah diketahui memiliki sifat tahan api dan juga tahan terhadap panas. Bukan hanya itu saja, bata ringan juga jauh lebih tahan terhadap air. Sehingga dinding rumah Anda terhindar dari rembesan air.

Baca juga Harga Atap Spandek

Bata ringan tersusun dari pasir kwarsa, kapur, semen, dan gypsum serta alumunium pasta. Jika bata ringan ini digunakan pada tempat yang penuh keramaian, seperti dekat industri pabrik atau pun di pinggir jalan raya yang ramai oleh hiruk pikuk jalanan seperti suara mesin kendaraan, klakson mobil, atau pun suara knalpot motor, baja ringan ini mampu meredam suara yang muncul tersebut, yang tentu bisa mengganggu ketenangan Anda. Sehingga Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman di dalam rumah Anda. Dan tentu membuat waktu istirahat Anda menjadi berkualitas.

Ukuran Bata Ringan

Perlu Anda ketahui bahwa bata ringan yang sering disebut dengan hebel ini sudah dipergunakan oleh masyarakat luar negeri, khususnya digunakan oleh bangsa-bangsa Eropa pada tahun 1923. Yang saat itu sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan hutan. Lalu, pada tahun 1943 di Jerman dikembangkan oleh Joseph Hebel. Dan untuk di Indonesia sendiri bata ringan atau hebel ini mulai digunakan pada tahun 1990-an. Untuk bata ringan ini dibutuhkan semen khusus untuk proses pemasangannya.

Pada dasarnya, material dari bata ringan ini hampir mirip dengan beton. Dan juga memiliki kesamaan sifat seperti sifat yang kuat, solid, tahan air dan juga api, awet dan pastinya juga memiliki harga yang relatif murah dan dibuat di pabrik menggunakan mesin khusus.

Sebenarnya tujuan dari diciptakannya bata ringan ialah untuk meringankan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa-sisa kerusakan material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung. Untuk ukuran bata ringan, umumnya ukuran dari bata ringan hebel ini memiliki ukuran panjang 60cm, dengan tinggi 20-40cm dan memiliki tebal 75,100,125,150,175,200 senti meter.

Ada beberapa bata ringan yang sangat populer di Indonesia. Bata ini sangat sering digunakan untuk pembuatan dinding rumah. Beberapa bata ringan yang banyak diminati ini adalah bata ringan citicon dan juga bata ringan hebel. Kedua bata ringan tersebut bisa Anda temui dengan mudah di toko-toko bangunan yang ada di sekitar rumah Anda. Harga bata ringan citicon dan hebel ini pun bervariasi sehingga Anda memiliki banyak pilihan dalam menentukan bata ringan mana yang cocok untuk digunakan pada pembuatan dinding rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan bata ringan ini untuk pembangunan rumah tinggal, mall, hotel, dan juga pertokoan.

Sederhananya begini

  • Ukuran bata merah: 5cm x 10cm x 20 cm
  • Ukuran bata ringan: 10cm x 20cm x 60 cm

Untuk harga satuan bata ringan ini saat ini dijual dengan harga

  • Harga bata merah: Rp. 900 per batu.
  • Harga bata ringan: Rp. 10.000 per batu.

Bata ringan citicon

Harga Bata Ringan Citicon dan Hebel Terbaru Bangunan

Bata ringan Citicon menjadi salah satu produk unggulan karena kualitasnya sudah terbukti dan tidak diragukan lagi di pasaran. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa Citicon merupakan produsen bata ringan pertama yang ada di Jawa Timur. Sudah hampir 1 dekade Citicon turut ikut serta membangun seluruh Indonesia. Bata ringan citicon terus menjaga kualitas dan konsistensinya dalam dunia pembangunan meskipun sudah mulai bermunculan pabrik bata lain saat ini.

Bata ringan dari Citicon juga memiliki beberapa kelebihan antara lain yakni bata ini sangatlah ringan. Hal ini karena sturktur homogen yang artinya tanpa adanya rongga vertikal dan horizontal dengan berat seperti 1/5 beton biasa. Dan sangat cocok digunakan pada pembangunan di daerah yang rawan gempa. Bukan hanya itu saja, harga bata ringan ini cukup ekonomis.

Dikarenakan banyak nya produk bata ringan, terkadang konsumen baru dibuat bingung saat hendak mencari bata ringan citicon karena jika sekilas bata ringan ini memiliki bentuk yang nyaris sama saja. Para konsumen khawatir jika mereka mendapatkan barang yang katanya “citicon” padahal pada kenyataannya barang tersebut merupakan bata ringan dari merk lain. Meskipun secara kasat mata memang sama dikarenakan mesin pabrikan yang sama. Tapi tetap saja ada hal yang membedakan bata ringan citicon dengan bata lainnya. Berikut ini ciri-ciri bata ringan citicon yang asli.

  1. Ada embos bertuliskan citicon

Salah satu ciri yang paling mudah ditemukan bata ringan tersebut asli atau tidak ialah terdapat tulisan citicon. Tulisan ini bisa Anda lihat di bagian sisi tebal pada embos dengan huruf kapital bertuliskan “CITICON”. Jika Anda membeli bata ringan citicon tetapi tidak ada tulisan Citicon pada embosnya dapat dipastikan bahwa bata ringan yang Anda beli itu bukanlah bata ringan citicon yang asli alias produk yang Anda beli itu palsu.

  1. Terdapat kode produksi

Bukan hanya untuk memastikan kualitas produk, kode produksi ini juga menjadi pembeda bata ringan Citicon dengan bata ringan yang lain. Hanya bata ringan citicon yang terdapat embos kode produksi. Kode produksi ini terdiri dari 6 digit yang berisi penggabungan antara angka dan huruf. Anda bisa menemukan kode produksi ini di bawah tulisan embos tulisan “Citicon”.

Bata ringan hebel

Harga Bata Ringan Citicon dan Hebel Terbaru Bangunan

Berikutnya ada bata ringan hebel. Bata yang satu ini sangatlah populer untuk menjadi salah satu elemen penting dalam pembuatan dinding untuk rumah Anda. Bata ringan hebel ini memiliki manfaat yang sangat banyak.

Sehingga wajar rasanya jika banyak masyarakat yang menggunakan bata ringan yang satu ini dalam pembuatan dinding rumah mereka. Dari segi pemasangannya, bata ringan hebel ini sangat mudah dalam proses pemasangannya dibandingkan dengan bata ringan lainnya. Jenis bata ringan hebel ini biasa digunakan pada pembangunan apartemen, rumah, hotel, hingga mall.

Bata ringan ini sering digunakan sebagai pengganti dari penggunaan bata merah yang merupakan bahan utama suatu bangunan. Bata ringan hebel ini juga terbagi ke dalam dua jenis yaitu jenis AAC, jenis ini dibuat dengan teknologi modern.

Kemudian ada juga jenis CLC, untuk jenis ini bata ringan dibuat dengan cara yang masih manual. Ada banyak keunggulan dari bata ringan hebel ini dalam penggunaannya sebagai bahan bangunan antara lain seperti beratnya yang ringan, harga yang ditawarkan pun termasuk harga yang sangat ekonomis.

Harga Bata Ringan 2019

Jenis Bata RinganUkuranHarga
Bata Ringan HebelPer kubikIDR 750.000 /m3
Bata Ringan VosconPer kubikIDR 650-1000 /m3
Bata Ringan 10x20x60 cm1 bijiIDR 10.000 /Biji
Bata Ringan 7,5x20x60 cm1 bijiIDR 7.800 /Biji
Bata Ringan 10x20x60 cmPer KubikIDR 750.000 /m3
Bata Ringan 7,5x20x60 cmPer KubikIDR 585.000 /m3

Bata ringan memiliki jenis yang berbeda-beda diantaranya ada jenis citicon dan juga hebel. Setiap jenis memiliki keunggulan masing-masing. Harga bata ringan citicon dan hebel ini pun bervariasi yang bisa disesuaikan dengan ukuran bata ringan yang dibeli.

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan bata ringan ini pada dinding rumah Anda, harga bata ringan ini berkisar antara Rp.740.000 sampai dengan Rp.780.000 m3.

Lihat juga Harga Baja Ringan

Untuk harga per buah harganya berada di kisaran Rp.7.800 sampai dengan Rp.10.000. Anda juga bisa mencoba merk bata ringan lain seperti bata ringan grand elephant, bata ringan dari gracon. Atau bisa juga mencoba bata ringan dari brand brix atau pun priority one.

Ya, cukup sekian artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan informasi bagi Anda yang sedang mencari bata ringan yang pas digunakan untuk kebutuhan pembangunan dinding Anda.

Tags: harga bata ringan, batu bata hebel, harga hebel, harga spandek bj ringan bata hebel
Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com