Harga Baja Ringan Terbaru

Posted on

Saat ini dunia konstruksi begitu maju dan juga sangat inovatif. Sehingga banyak memberikan bantuan besar pada para pengguna bahan kontruksi. Sebagai bagian utama rumah yang memiliki fungsi sebagai pelindung dari panas dan juga hujan, atap semestinya haruslah kuat dalam jangka waktu yang lama.

Dan salah satu hal yang menjadi faktor untuk mempengaruhi kekuatan atap ialah rangka atap yang membentuk struktur utama ata sebelum ditutup dengan genteng pada tahap finishing nantinya. Beberapa tahun kebelakang ini, penggunaan atap baja ringan mulai sangat diminati karena memiliki banyak keunggulan. Salah satu diantaranya adalah harga baja ringan yang murah dan juga memiliki kualitas tinggi.

Manfaat Baja Ringan

Harga Baja Ringan Terbaru Bangunan

Baja ringan kini sangat dilirik oleh banyak orang karena memiliki banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Baja ringan ini selain harganya yang murah juga ternyata anti rayap. Bahannya yang terbuat dari logam besi membuat baja ringan ini memiliki sifat yang kokoh sehingga tidak akan terkena serangan rayap yang dapat merusak rangka atap sebagaimana halnya dengan atap rangka kayu yang sangat rentan dengan serangan gigitan hewan rayap. Hal ini juga membuat atap baja ringan menjadi tahan lama bahkan bisa bertahan sampai puluhan tahun.

1. Anti karat dan kuat

Bukan hanya itu saja, atap baja ringan juga anti karat. Artinya kondisi baja ringan mampu bertahan melawan terpaan teriknya musim panas dan juga terpaan hujan saat musim dingin. Jika atap baja ringan anti karat, itu juga berarti akan minim potensi kerusakan pada atap baja ringan sehingga Anda tidak perlu sering-sering memperbaiki kerusakan tersebut. Selain itu, atap baja ringan juga ramah lingkungan.

Hal ini karena dengan adanya atap berbahan baja ringan mampu mengurangi konsumsi kayu pada dunia pembangunan yang saat ini jumlah pohon semakin berkurang sementara sedikitnya penanaman pohon ulang. Jika pohon banyak ditebang tentu akan mengakibatkan bencana alam seperti datangnya banjir dan juga terjadinya tanah longsor.

2. Ringan

Manfaat berikutnya adalah atap baja ringan ini sangat mudah pada proses pemasangannya. Tidak seperti atap kayu yang cenderung membutuhkan waktu yang lama dari segi pemasangannya. atap baja ringan bisa dipasang dengan sangat mudah dan juga cepat saat proses pemasangannya. Atap baja ringan juga sangat bagus digunakan pada atap rumah Anda yang tinggal di lokasi yang rawan gempa. Hal ini karena atap baja yang ringan tidak akan membuat hancur bagian bawah rumah Anda karena bebannya yang ringan.

Contoh atap baja ringan

Harga Baja Ringan Terbaru Bangunan

Banyak sekali contoh dari atap baja ringan yang bisa Anda jumpai di toko bangunan terdekat. Atap baja ringan ini selain memiliki harga yang murah juga memiliki beberapa pilihan warna sehingga bisa Anda sesuaikan warna atapnya dengan warna cat dinding rumah maupun berdasarkan selera Anda. Baja ringan sendiri pertama kali digunakan saat perang dunia ke II berakhir. Saat itu banyak orang yang kehilangan tempat tinggal mereka. Sehingga mereka membutuhkan tempat tinggal baru yang bisa cepat selesai dibangun. Maka dipilihlah baja ringan ini sebagai solusi dari masalah mereka ini.

Contoh dari atap baja ringan memanglah cukup banyak. Penggunaan dari atap baja ringan sendiri tidak hanya digunakan pada atap rumah tinggal, tetapi juga sering digunakan pada atap pertokoan, ruko, atau pun pada bangunan dan juga rumah makan. Atap baja ringan terkadang ditemukan memiliki bentuk limas, dan juga bentuk cantik lainnya. Sehingga Anda tidak akan bosan menggunakan baja ringan sebagai bahan untuk atap rumah Anda. Atap baja ringan juga bisa membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih indah dan elegan.

Jika didefinisikan, baja ringan ini merupakan material baja yang lebih tipis dan ringan jika dibandingkan dengan baja yang konvensional. Meskipun ringan tetapi tetap saja daya tahan baja ringan ini tidak perlu diragukan. Baja ringan ini tetap mampu menopang berat bangunan. Baja ringan umumnya dibedakan menjadi tiga varian yakni G250, G300, dan juga G500. Tiga varian tersebut dibedakan berdasarkan kekuatan tarik tingginya, fungsi, dan juga ketebalan 0,20 sampai dengan 2 mm. Meski sudah populer nyatanya rangka atap baja baru dikenal di Indonesia sekitar akhir tahun 1999-2000.

Contoh genteng baja ringan

Harga Baja Ringan Terbaru Bangunan

Genteng baja ringan sangat direkomendasikan bagi atap rumah Anda karena anti rayap sehingga akan tahan lama saat Anda gunakan dan juga tidak mudah rusak. Berbeda dengan genteng yang terbuat dari tanah liat yang begitu rentan pecah pada saat proses pemasangannya. genteng baja ringan ini memiliki banyak varian warna seperti merah, biru, dan juga hijau. Sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan konsep rumah Anda.

Contoh genteng baja ringan biasanya dapat ditemui di atap-atap rumah tinggal atau pun atap pertokoan. Juga bisa Anda temui di daerah perumahan dan juga bangunan-bangunan di pinggir jalan. Harga baja ringan ini juga bisa dikatakan cukup murah sehingga Anda tak perlu khawatir akan menguras kantong Anda. Genteng baja ringan juga mampu menghemat biaya perawatan karena genteng ini begitu kokoh dan tidak mudah rusak. Dan secara tidak langsung biasa menghemat pengeluaran Anda.

Cara memasang atap baja ringan

Jika Anda sudah mengetahui segala seluk beluk mengenai atap baja ringan. Kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui cara memasang atap baja ringan. Cara memasangnya cukup mudah sehingga Anda bisa memasangnya tanpa harus menggunakan bantuan tenaga ahli. Ada tiga tahap yang utama dalam cara memasang baja ringan pada atap rumah Anda, yakni persiapan, levelling dan marking, dan yang ketiga pemasangan. Berikut ini beberapa cara memasang atap baja ringan yang bisa Anda coba di rumah nanti.

  1. Persiapan

Pada tahapan yang pertama ini, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan yakni gambaran perencanaan atap yang nantinya akan digunakan dan perletakkan kuda kuda. Anda juga harus menyiapkan perlengkapan peralatan yang nantinya akan digunakan dalam pemasangan kuda kuda. Dan yang paling penting dan sering diremehkan oleh banyak orang ialah menyiapkan peralatan K3 (Kesehatan & keselamatan kerja) sebagai persyaratan utama melakukan pekerjaan di atas ketinggian.

  1. Leveling & Marking (Penyamarataan dan Penadaan)

Setelah Anda sudah melakukan persiapan di atas, selanjutnya ialah kegiatan leveling dan marking. Pada tahap ini Anda harus pastikan meratanya permukaan ring balok dan juga siku. Pastikan jua rangkaian ring balok telah terikat secara keseluruhan pada bagian bangunan. Dan sudah terambung dengan benar pada kolom yang berada di bawahnya. Anda juga harus melakukan pengukuran jarak antar truss, kemudian Anda bisa menandai posisinya untuk meletakkan truss sesuai dengan gambar rencana kerja sebelumnya.

  1. Pemasangan kuda kuda

Akhirnya kita sampai pada tahap yang ketiga dan merupakan tahap yang terakhir yakni pemasangan kuda kuda. Setelah dipastikan kuda kuda terpasang sama dengan nomor urutan yang telah ditandai, pastikan juga posisi kanan dan kiri kuda kuda agar tidak terbalik.

Cek lah kuda kuda yang sudah berdiri agar tegak lurus dengan ring balok. Kemudian lakukan pengencangan, untuk pengencangan kuda kuda gunakanlah plat L. Untuk pengencangan plat L dengan ring balok, Anda bisa menggunakan dynabolt. Anda juga bisa menambahkan balok untuk menjaga sebagai penopang sementara. Lalu lakukan pemasangan material balok nok, bracing, reng, outrigger, dan juga pemasangan reng langit-langit di permukaan bagian atas bottom chord.

Jenis Jenis Baja Ringan

Jenis baja ringan saat ini yang bagus ada 3 diantaranya adalah:

  1. Zincalume
  2. Galvanis
  3. Galvalum

Harga Baja Ringan Perbatang 2019

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA
1Kaso Baja Ringan Prima 0.65 mm6 MeterIDR 70.000 /Batang
2Kaso Baja Ringan Prima 0.70 mm6 MeterIDR 75.000 /Batang
3Kaso Baja Ringan Prima 0.75 mm6 MeterIDR 80.000 /Batang
4Kaso Baja Ringan Prima 1.00 mm6 MeterIDR 105.000 /Batang
5RENG Baja Ringan Prima 0.40 mm6 MeterIDR 35.000 /Batang
6Reng Baja Ringan Prima 0.45 mm6 MeterIDR 40.000 /Batang

Harga baja ringan kencana truss

NoJENIS BAJASPESIFIKASIHARGA
1Baja Ringan Kencana TrussC75.T100 mmIDR 120.000 /Batang
2Baja Ringan Kencana TrussC75.T75 mmIDR 80.000 /Batang
3Baja Ringan Kencana TrussC75.T70 mmIDR 70.000 /Batang
4Baja Ringan Kencana TrussC75.T65 mmIDR 65.000 /Batang
5Baja Ringan Kencana TrussC75.T60 mmIDR 58.000 /Batang
6Reng Baja Ringan KencanaT45IDR 40.000 /Batang

Harga baja ringan taso

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA
1Kaso Baja Ringan Taso 0.65 mm6 MeterIDR 95.000 /Batang
2Kaso Baja Ringan Taso 0.70 mm6 MeterIDR 98.000 /Batang
3Kaso Baja Ringan Taso 0.75 mm6 MeterIDR 100.000 /Batang
4Kaso Baja Ringan Taso 1.00 mm6 MeterIDR 150.000 /Batang
5Reng Baja Ringan Taso Tebal 0.40 mm6 MeterIDR 55.000 /Batang
6Reng Baja Ringan Taso Tebal 0.45 mm6 MeterIDR 60.000 /Batang

 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan baja ringan sebagai atap rumah Anda, terdapat banyak pilihan atap baja ringan yang mungkin sesuai dengan selera Anda. Harga baja ringan sangat bervariasi tergantung dari jenis dan spesifikasi nya.

Lihat juga Harga atap spandek/bondek

Umumnya harga baja ringan per batang berada di kisaran harga Rp.57.350 sampai dengan harga Rp.125.350. namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Anda juga bisa mencoba berkunjung ke toko bangunan sehingga bisa melihat produknya langsung dan mengetahui harga jual di toko tersebut. Anda juga bisa mengunjungi berbagai toko online untuk mengetahui informasi lebih detailnya jika malas untuk keluar rumah. Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel Lainnya:
Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com