18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia

Rasanya belum lengkap jika seorang penggemar sepakbola belum pernah mengikuti peran si kulit bulat yang dinarasikan ke dalam layar lebar. Saat ini sudah banyak sekali judul film bertema sepakbola yang layak untuk Anda tonton dan simak. Kebanyakan alur yang ditampilkan tak jauh-jauh dari membahas sosok pemain legendaris, hingga cerita yang menginspirasi setiap penonton untuk menaklukkan mimpi.

Pada umumnya, para sutradara menggarap film-film seperti ini dengan tujuan untuk menegaskan bahwa sepakbola bukan sebatas olahraga bermandikan peluh, melainkan permainan yang mempunyai jiwa dan bisa dirasakan oleh banyak orang. Tidak percaya? Coba saja Anda setel salah satu judul film tentang sepakbola terbaik di dunia paling berkesan versi Oliswel berikut ini.

1. Goal! The Dream Begins (2006)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Film Goal! The Dream Begins menjadi perbincangan mulut dari banyak penggemar fanatik sepakbola. Film yang mengangkat genre drama ini diproduksi oleh Touchstone Pictures dengan durasi 118 menit dan ditayangkan pertama kali di Amerika pada tanggal 12 Mei 2006. Pemeran utama dalam film tentang sepakbola terbaik ini adalah Kuno Becker, Stephen Dilane, dan Alessandro Nivola.

Goal! The Dream Begins mengisahkan seorang bocah bernama Santiago Munez yang diperankan oleh Kuno Becker berjibaku melawan nasib untuk menggapai mimpi terbesarnya menjadi seorang pemain sepakbola profesional. Perjuangannya belum membuahkan hasil hingga dirinya menginjak usia dewasa.

Santiago yang memegang keyakinan berhasil dalam mengejar cita-citanya itu tidak putus asa. Ia terus berlatih dan bertanding secara pribadi hingga suatu waktu kemampuannya dilihat oleh seorang tokoh sepakbola terkenal Brit Glen Foy. Perjalanan karir Santiago dimulai dengan dirinya diajak ke klub sepakbola terkenal New Castle United di Inggris.

2. Zidane: A 21st Century Portrait (2006)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Sang bintang sepakbola terkenal, Zinedine Zidane, menjadi tokoh yang dibicarakan oleh film ini. Zidane: A 21st Century Portrait merupakan film dokumenter yang menampilkan pertandingan 90 menit sepakbola dengan fokus pada lakon yang dilakukan oleh Zinedine Zidane selama di lapangan hijau.

Pada film ini, Zidane sedang menjalani perannya dalam laga Real Madrid kontra Villareal pada tanggal 23 April 2005. Tidak tanggung-tanggung, ada 17 kamera yang dihubungkan langsung untuk menangkap gerakannya selama pertandingan, bahkan saat ia terdiam.

Zidane: A 21st Century Portrait sangat cocok untuk Anda yang mengidolakan salah satu sosok pemain legendaris terbaik di dunia ini. Selain dirinya, David Beckham juga turut dieksekusi oleh kamera. Dengan iringan musik dari Mogwai, film ini turut melibatkan aspek bawah sadar penontonnya.

3. Will (2011)

Film yang rilis pada tahun 2011 ini menjadi berita bahagia untuk seluruh fans Liverpool di seluruh dunia. Pasalnya, Strangelove Films dan Galata Film bekerja sama dengan Ellen Perry untuk menggarap film yang mengisahkan perjuangan seorang anak yatim piatu yang mempunyai harapan besar untuk menyaksikan pertandingan akbar Liverpool melawan AC Milan pada final Liga Champions.

Film Will mengikuti perjuangan seorang bocah 11 tahun bernama Will Brennan yang melakukan perjalanan jauh untuk mewujudkan salah satu mimpinya. Will sendiri merupakan anak yang mencintai sepakbola dan seorang fans berat Liverpool. Perjalanan Will untuk meraih impiannya menonton tim jagoannya tersebut disertai oleh kesedihan yang tak mungkin bisa ditanggung olehnya. Namun nasib yang menimpanya tersebut justru menjadi motivasi untuk dirinya dalam melakukan perjalanan tersebut.

Dalam film Will ini, Anda juga akan disuguhkan cameo dari pemain Liverpool Steven Gerrard, Jamie Carragher, dan Kenny Dalglish. Tidak peduli Anda salah seorang penggemar klub Liverpool atau bukan, rasanya belum sahih jika Anda melewatkan film ini. Dan satu lagi, film tentang sepakbola terbaik berjudul Will ini juga sata makna dan diyakini mampu menyampaikan arti “You’ll Never Walk Alone” yang dikenal sebagai slogan dari klub Liverpool.

4. The Damned United (2009)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

The Damned United merupakan salah satu film drama olahraga yang diangkat dari novel laris karya David Pearce, The Damned Utd. Film yang mendapat tambahan dana dari Screen Yorkshire dan Columbia Pictures ini dirilis pada tanggal 27 Maret 2009. Tokoh dalam The Damen United diperankan oleh Michael Sheen, Timothy Spall, Colm Meaney, dan Jim Broadbent.

Dengan durasi tayang 98 menit, The Damned United tidak hanya bercerita tentang sepakbola semata. Di dalamnya banyak melibatkan unsur kegigihan, keberhasilan, kegagalan, konflik, persahabatan, dan cinta. Hal inilah yang membuat The Damned United termasuk ke dalam film tentang sepakbola terbaik yang wajib Anda tonton.

Michael Sheen yang memerankan tokoh utama Brian Clough melakoni perannya dengan luar biasa sehingga The Damned United tidak sebatas menjadi tontonan berdurasi tanpa arti. Banyak pesan yang bisa Anda catat dari film ini, juga termasuk pengetahuan tentang potret kehidupan sepakbola Inggris tahun 70-an.

5. Bend It Like Beckham (2003)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Salah satu film yang dibintangi oleh aktris cantik Keira Knightley. Bend It Like Beckham juga menjadi salah satu film yang mengangkat namanya. Film Bend It Like Beckham menceritakan seorang gadis keturunan 18 tahun yang saat itu berusia 18 tahun bernama Jess Brahma yang tinggal di London.

Jess yang telah lama tinggal di London ini sangat mengidolakan seorang David Beckham dan satu-satu keinginan terbesarnya hanya satu, dia ingin menjadi pemain sepakbola tradisional. Namun hal tersebut bertentangan dengan tradisi serta budaya di India. Pandangan bahwa wanita sepantasnya mengenakan sari dan tinggal di rumah, menjadi polemik tersendiri bagi Jess.

Bend It Like Beckham cukup banyak menyampaikan pesan-pesan positif mengenai feminisme, rasisme, dan homoseksual. Film yang tayang pertama kali di Amerika Serikat ini berada di bawah asuhan sutradara Gurinder Chadha. Film tentang sepakbola terbaik yang satu ini juga memperoleh banyak penghargaan serta masuk nominasi film terbaik di Golden Globe 2003.

6. There’s Only One Jimmy Grimble (2000)

Jimmy Grimble adalah seorang anak pemalu berusia 15 tahun di sekolah Manchester yang bermimpi menjadi seorang pemain sepakbola professional. Ketidakpercayaan dirinya tak jarang membuat ia sebagai bulan-bulanan oleh anak-anak lain di sekolah tersebut.

Di samping itu, Jimmy juga harus menghadapi masalah baru di rumahnya. Semangat Jimmy yang sempat pudar dalam mengejar mimpi kembali meningkat setelah ia mendapatkan sepasang sepatu tua yang dulu dimiliki oleh salah satu idolanya. Hal tersebut yang membuat rasa percaya diri Jimmy meningkat hingga mimpinya berubah menjadi kenyataan.

There’s Only One Jimmy Grimble menjadi film besutan John Hay yang cukup menginspirasi banyak anak dalam mengejar mimpinya menjadi seorang pemain sepakbola. Film tentang sepakbola terbaik ini dibintangi oleh Lewis McKenzie, Jane Lapotaire, dan Gina McKee.

7. A Barefoot Dream (2010)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

A Barefoot Dream menjadi film bertemakan sepakbola yang mengajak setiap penonton untuk lebih bisa merasakan kekuatan seutas mimpi harapan, dan kepercayaan. Film yang diangkat di tahun 2010 ini menceritakan seorang mantan pemain tim nasional sepakbola Korea Selatan, Kim Wong-Kang, yang mengalami kegagalan bisnis di Kalimantan pada akhir tahun 90-an.

Kegagalan tersebut membuat dirinya berpindah ke Timor Leste yang saat itu baru mendapatkan kemerdekaan setelah lepas dari Indonesia. Kim menganggap bahwa di Timor Leste, kans nya untuk memulai bisnis baru semakin besar. Tapi anggapannya berbelok dengan kenyataan, Kim harus menerima banyak cobaan dan ujian dari lingkungan sekitar yang masih banyak terjadi kerusuhan.

Film berjudul A Barefoot Dream ini sedikit banyak menguras emosi dan adrenalin penonton. Banyak scene yang membawa Anda merasakan situasi tersebut. Film ini berangkat dengan tema mimpi dan harapan yang ternyata berawal dari kisah nyata. A Barefoot Dream menjadi tontonan yang bisa dipastikan menyuntik semangat dan motivasi untuk mewujudkan mimpi yang Anda punya.

8. Pelé: Birth of a Legend (2016)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Edison Arantes do Nascimento, atau yang lebih akrab disapa Pele, merupakan salah satu bintang lapangan hijau yang pernah mengharumkan nama Brazil dalam kejuaraan dunia. Perjalanan hidup legenda sepakbola Brazil yang satu ini telah dibukukan dalam sebuah drama layar kaca yang sangat disayangkan bila Anda lewati.

Pele: Birth of a Legend menjadi film biografi seorang Pele yang berhasil membawa nama timnas Brazil menaklukkan tiga piala dalam kompetisi sepakbola sedunia. Cerita yang ditampakkan bermula sejak Pele masih berusia anak-anak hingga dirinya dewasa dan menjadi seorang pesepakbola professional yang hingga kini dikenal sebagai legenda Brazil.

Perjuangan seorang bintang yang berasal dari kota kumuh Sao Paolo ini benar-benar seru dan membawa pengaruh yang luar biasa bagi setiap pecinta sepakbola, terutama masyarakat Brazil sendiri. Dalam kisahnya tersebut, Pele juga tercatat sebagai pemain sepakbola termuda yang baru menginjak usia 17 tahun dalam kejuaraan final Piala Dunia saat itu.

9. Escape to Victory (1981)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Pele yang belum lama ini diceritakan kisahnya dalam film tentang sepak bola terbaik berjudul Pele: Birth of a Legend juga ikut serta dalam film klasik tahun 1981 ini. Ditemani oleh bintang sepakbola dari Inggris, Bobby Moore, film ini menawarkan kisah yang sangat kental dengan aksi tendang menendang si kulit bundar .

Escape to Victory dengan setting Perang Dunia II menceritakan sekelompok tawanan perang yang ditantang bertanding oleh sejumlah tentara Jerman. Pertandingan tersebut menjadi kesempatan untuk bebas bagi kelompok tawanan perang. Mampukah Pele, dkk. meraih kemenangan dalam pertandingan tersebut?

Film yang disutradarai oleh John Huston ini dilayangkan pada tahun 1981. Film mengenai sepakbola ini tidak hanya dibintangi oleh sejumlah pemain sepakbola sendiri seperti Pele dan mendiang Bobby Moore, tetapi juga diramaiakan oleh dua aktor ternama Sylvester Stallone dan Michael Caine dengan peran yang tak kalah pentingnya dengan mereka berdua.

10. Kicking & Screaming (2005)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Berikutnya, ada Kicking & Screaming yang bergerak di bawah arahan Jesse Dylan yang duduk sebagai sutradara. Cerita ditulis oleh Leo Benvenuti bersama Steve Rudnick. Film hasil produksi Universal Media Group pada tahun 2005 ini mengangkat genre komedi, olahraga, dan keluarga dengan durasi tayang selama 95 menit. Pemeran tokoh dalam film ini ada Will Ferrell, Robert Duvall, Kate Walsh, dan masih banyak lagi.

Kicking & Screaming mengolaborasikan adegan-adegan kocak dengan pertandingan sepakbola yang cukup menarik untuk Anda saksikan. Film ini seakan menjadi ajang persaingan tak sehat antara ayah dan anak dikarenakan tidak tercapainya harapan ayah kepada anaknya untuk menjadi seorang atlet. Namun sang anak yang telah dewasa berusaha menunjukkan kepada ayahnya bahwa ia tidak terlahir untuk menjadi seorang pecundang. Lalu, bagaimanakah kisah mereka berdua akan berakhir, mungkinkah sang ayah dan anak ini kembali akur sebagai sebuah keluarga?

11. Mean Machine (2001)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Alur cerita yang disorot pada Mean Machine mungkin tidak terlalu berbeda dengan Escape to Victory. Sama-sama mengisahkan para pelaku kejahatan yang terkunci di balik penjara Inggris yang keras dan kasar. Mereka tak jarang mendapati siksaan fisik. Hal tersebut yang kemudian membuat seorang narapidana bernama Danny Meehan memipin mereka semua dalam sebuah pertempuran.

Tidak ada yang mengira kalau pertempuran tersebut berakhir menjadi pertandingan sepak bola. Tentu ini bukan pertandingan biasa, sebab laga tersebut bisa menjadi awal dan akhir kehidupan mereka semua. Dalam pertandingan tersebut, para tawanan tidak peduli berapa banyak mereka akan ditendang, berdarah, dan bahkan pisang. Mereka juga tidak hanya bertujuan untuk mencetak gol, melainkan menunjukkan sifat gigih dan semangat meski dalam keadaan tertindas.

Selain mengisahkan kehidupan perih yang harus dijalani oleh para tawanan, dalam beberapa scene, seperti saat pertandingan berlangsung, juga disuguhkan adegan-adegan lucu yang dilakukan oleh seorang tokoh yang dikenal bengis dalam penjara tersebut. Nasib akhir mereka bisa Anda ketahui lebih jauh setelah menyaksikan film tentang sepakbola terbaik di dunia berdurasi 99 menit ini.

12. The Class of 92 (2013)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Film yang tayang pada tahun 2013 lalu ini disutdarai oleh Benjamin Turner dan Gabe Turner. The Class of 92 menceritakan tentang enak orang anak dengan latar belakang berbeda yang sangat hobi bermain sepak bola. Keenam anak ini bersekolah di klub sepakbola Manchester United angkatan 1992 – 1999.

Persahabatan mereka terus terjalin hingga dewasa. Salah satu dari mereka adalah David Beckham yang berhasil menjadi pemain bintang sepakbola Inggris. Beckham mengakui bahwa selama perjalanan hidupnya di klub tersebut, momen bersama kelima sahabatnya itulah yang paling spesial dan dikenal. Beckham juga melanjutkan bahwa meskipun mereka tumbuh dari latar belakang yang berbeda, namun persahabatan mereka berubah menjadi seperti keluarga.

The Class of 92 juga menjadi film yang mempertemukan kembali seorang David Beckham bersama teman-temannya dulu selama berjuang mengejar mimpi-mimpi mereka di sekolah sepakbola tersebut. Selain David Beckham, film tentang sepak bola terpopuler ini juga menampilkan komentar dari Ryan Giggs, ZInedine Zidane, Eric Cantona, dan pemain sepakbola lain.

13. Marvellous (2014)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

I always wanted to be happy, so I decided to be.”, begitulah tutur seorang Neil Baldwin yang kisah inspiratifnya dijadikan film berjudul Marvellous ini. Pria yang lahir sekitaran tahun 1945 tersebut memiliki keterbatasan kemampuan belajar. Meskipun demikian, Neil mempunyai semangat hidup yang tinggi, dan bahkan dirinya juga selalu melihat segala sesuatu dari sisi positif. Itulah yang membuat Neil atau lebih kerap disapa Nello ini selalu hidup bahagia, seperti yang diucapkannya tadi.

Kisah mengharukan Neil Baldwin yang berhasil diangkat ke layar kaca tersebut banyak membawa kekuatan dan kebanggaan tersendiri untuk setiap orang yang menyaksikannya. Hal ini nampak jelas dengan cerita yang ditampilkan, dimana seorang pria difabel yang menjadi fans berat klub Stoke City dipercaya menjadi Kit Man oleh Lou Macari yang saat itu menjabat sebagai pelatih Stoke City.

Nello yang merupakan penggemar setia Stoke City mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut pula yang menjadikan Nello dalam film tentang sepakbola terbaik ini membawa pesan sederhana yang menyentuh hati kita semua agar bisa memanfaatkan hari-hari dengan lebih bermakna, seperti yang dirinya lakukan.

14. Next Goal Wins (2014)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Film dokumenter yang berkisah tentang perjalanan tim American Samoah (Samoa Amerika) setelah menelan kekalahan telak 0 – 31 dari Australia. Tim tersebut berjuang keras untuk bangkit dari keterpurukan dan berusaha agar lolos ke Piala Dunia FIFA 2014.

Perjuangan mereka diabntu oleh Federasi Sepakbola American Samoah dengan merekrut seorang pelatih kelahiran Belanda, Thomas Rongen. Kekalahan tim mereka pada tahun 2001 tersebut juga tercatat sebagai sejarah terburuk dalam sepakbola internasional. Mampukah timnas American Samoah bangkit dari masa lalunya yang kelam tersebut?

Film Next Goal Wins yang telah rilis pada awal Mei 2014 di Inggris ini diatur oleh sang sutradara Mike Brett dan Steve Jamison. Menjadi film dokumenter yang kental dengan unsur humaniora sehingga banyak yang tak mampu mehahan air matanya saat menonton film yang bercerita tentang sepakbola ini.

15. Barça Dreams (2015)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Jordi Llampart mengatakan bahwa klub sebesar Barcelona layak mendapatkan filmnya sendiri. Penuturan tersebut yang membuat Jordi Llampart berani melakukan penggarapan film tentang sepakbola terbaik di dunia berjudul Barca Dreams yang dirilis pada 9 Oktober 2015 lalu.

Barca Dreams menyatukan banyak unsur yang menimbulkan kebanggaan tersendiri untuk setiap penggemar setia klub asal Spanyol tersebut. Di mana tampil sosok pemain andal klub yang telah mencetak sejarah selama lebih dari 115 tahun berdiri tersebut, Barca Dreams akan mengajak penontonnya berkenalan dengan Barcelona sejak menjajaki diri dari generasi masa silam hingga kepopulerannya di masa kini.

Para pemain legendaris yang dilibatkan dalam Barca Dreams antara lain Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Xavi Hernandez, Johan Cryuff, Ronaldinho, Louis van Gaal, Carles Rexach, Gary Lineker, Eric Abidal, Jose Mari Bakero, dan Ronald Koeman. Film yang dibuat dalam waktu dua tahun ini menampilkan perjalanan emosional ke jiwa klub sepakbola Barca melalui sejarah foto-foto, dokumentasi permainan di lapangan, hinggaw wawancara sosok-sosok pentingnya selama 115 tahun.

16. The Two Escobars (2010)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

The Two Escobars menceritakan tentang dua orang yang mempunyai kisah hidup berseberangan dimana yang satu adalah pemain sepak bola, dan satunya lagi adalah anggota mafia obat-obatan terlarang. Si pemain yang bernama Anders Escobars menjadi pemimpin permainan tim nasional Kolombia serta menjadikan tim tersebut menjadi tim kuda hitam dalam Piala Dunia 1994.

Sementara sang ketua geng kartel narkoba, Pablo Escobar, memimpin Kolombia ke dalam perang berdarah di jalanan yang bertujuan untuk mengukuhkan kekuasaan. The Two Escobars yang rilis pada tahun 2010 ini dianggap sebagai film dokumenter yang cukup memukau dan berhasil menyampaikan pesan-pesan emosional dengan kuat.

17. Montevideo, Taste of a Dream (2010)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Montevideo, Taste of a Dream menghadirkan tema perjuangan dan mimpi untuk bisa membawa salah satu tim sepakbola mengikuti kejuaraan sepakbola dunia pertama di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Sebuah perjalanan panjang yang menciptakan kemungkinan bagi mereka untuk tampil sebagai bintang sejati dan dikenang menjadi tim legenda selama dunia pesepakbolaan terus berkembang.

Film yang mendapat rating 8.4 di IMDB ini merupakan film asal Perancis yang diatur oleh sang sutradara Dragon Bjelogrlic ditemani Ranko Bozic dan Srdjan Dragojevid sebagai penulis naskahnya. Montevideo: Taste of a Dream yang rilis tahun 2010 ini tayang dalam durasi 2 jam 20 menit dengan mengangkat cerita petualangan bercampur komedi dan drama yang cukup menarik untuk disimak.

18. Bobby (2016)

18 Film Tentang Sepak Bola Terbaik di Dunia Film

Selain Pele, Messi, dan Ronaldo yang kisah hidupnya ditarik ke dalam layar kaca, ada juga Bobby Moore, sang pemain sepakbola legendaris yang telah meninggal pada 24 Februari 1993 silam di usianya yang ke 51 tahun. Film Bobby membawa kisah perjalanan seorang Bobby Moore yang kala itu menjadi kapten tim nasional Inggris pada tahun 1996.

Tim yang berada di bawah pimpinan Bobby Moore saat itu berhasil membuat Inggris membawa pulang trofi juara Piala Dunia. Film ini dibuat untuk menandai ulang tahun ke-50 kemenangan Inggris di Piala Dunia tahun 1966 lalu, sekaligus mengungkap peran seorang Bobby sebagai salah seorang ikon sepakbola sejati.

Film tentang sepakbola terbaik berjudul Bobby ini juga menampakkan kisah tragis yang diterima oleh Bobby dimana potret kuat dirinya seakan terlupakan oleh masyarakat Inggris. Hal tersebut pula yang memaksa Bobby harus berjuang agar bisa melalui berbagai problematika yang menimpa kisah heroiknya yang ternyata dilupakan oleh orang-orang yang berutang begitu banyak padanya.

Itulah ke-18 judul film tentang sepak bola terbaik yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar film favorit untuk ditonton saat weekend. Masing-masing film mempunyai motivasi sendiri yang mendasari dibuatnya film tersebut. Anda bisa menjadikan beberapa list di atas sebagai salah satu dorongan apabila sedari kecil Anda mempunyai mimpi menjadi pesepakbola ternama seperti beberapa nama pemain bintang yang tercantum beberapa film di atas.

Berikan Komentar