27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa

Posted on

Di sepanjang perjalanan hidup, tentu kita bertemu dan berteman dengan banyak orang, bahkan tidak sedikit yang kita anggap sebagai sahabat. Menjalin persahabatan dengan satu atau beberapa orang dapat memberi lebih banyak warna di dalam kehidupan kita. Keberadaan sahabat yang selalu setia menemani dalam berbagai kondisi, tentu membuat hidup kita terasa lebih berarti.

Sudah banyak kisah-kisah persahabat sejati yang diabadikan dalam buku cerita ataupun novel, dan tidak sedikit pula kisah mengenai persahabatan ini diangkat menjadi tema yang dibicarakan ke layar lebar, seperti yang Oliswel tampilkan berikut yaitu daftar film tentang persahabat terbaik yang dibuat oleh para kreator film dari berbagai belahan dunia.

1. The Cure (1995)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Setiap manusia mempunyai potongan-potongan kehidupan yang sulit dipahami oleh kebanyakan orang. Setidaknya, itulah sorotan utama pada film tentang persahabatan anak produksi Universal Pictures dan Island Pictures berjudul The Cure yang rilis pada April 1995 ini. Meskipun perilisannya ketika abad ke-19, hingga kini The Cure masih sangat menarik untuk ditonton karena jalan cerita yang natural, tidak berlebihan, namun berhasil membuat penonton terenyuh dan bahkan menangis karena melihat kedekatan hubungan antar sesama manusia.

The Cure mengisahkan persahabatan dua anak yang tinggal berdekatan, mereka bertetangga. Dexter (Joseph Mazelo) yang berusia 11 tahun, adalah anak yang terinfeksi virus HIV melalui transfusi darah ketika bayi, bersahabat dengan Erik (Brad Renfro) yang berusia 13 tahun, tetangga baru di sebelah rumah. Mereka adalah anak yang sama-sama kesepian.

Dikabarkan ada seorang dokter yang sudah menemukan obat untuk pengidap HIV/AIDS. Hal tersebut tentu menjadi kabar bahagia bagi Dexter dan Erik. Lantas petualangan mereka dimulai untuk bertemu dengan dokter tersebut agar Dexter, sahabat Erik, bisa sembuh dari penyakit yang berisiko besar terhadap keselamatan nyawanya.

2. The Shawshank Redemption (1994)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Tidak heran jika The Shawshank Redemption dianggap sebagai film tentang persahabatan terbaik sepanjang masa. Pasalnya, film bergenre persahabatan bercampur drama yang rilis pada tahun 1994 ini telah lama menduduki peringkat teratas dengan rating tertinggi pada salah satu pada situs IMDb (Internet Movie Database).

The Shawshank Redemption menyorot kisah dua orang tahanan bernama Andy Dufrense (Tim Robbins), yang dipenjara karena tuduhan membunuh istrinya sendiri, dengan Ellis Boyd “Red” (Morgan Freeman), yang terkenal dapat memberikan barang apapun kepada para narapidana lain, di penjara bernama Shawshank.

Shawshank adalah penjara yang berbeda, atmosfer dan situasi yang begitu monoton membuat para narapidana tidak hanya menderita secara fisik, tetapi juga mental, semangat hidup mereka telah redup. Andy Dufrense yang sangat tenang, mencoba untuk memberikan kehidupan kepada seluruh tahanan, dengan kenekatan sekaligus kecerdasannya. Hubungan pertemanan antara Andy dengan Red terus terjalin setelah Andy “terbebas” dari tahanan dengan cara yang tak terduga.

3. The Intouchables (2011)

The Intouchables yang dibintangi oleh Francois Cluzet dan Omar Sy merupakan film drama berbumbu komedi dari Perancis oleh sutradara sekaligus penulis skenario Oliver Nakache dan Eric Toledano. Eric dan Oliver menampilkan kisah persahabatan yang tidak biasa mengenai dua orang pria dengan latar belakang berbeda, namun dapat bersatu tanpa melihat sisi yang –sebenarnya- bisa didiskreditkan.

Adalah Philippe (Francois Cluzet), pria yang mengalami kecelakaan nahas saat menaiki paralayang sehingga menyebabkan dirinya mengalami kelumpuhan. Seluruh anggota badannya tidak bisa digerakkan, kecuali kepalanya. Suatu ketika Philippe mencari orang yang bersedia mengasuhnya. Dari semua pendaftar, Philippe justru tertarik dengan seorang berandalan bernama Driss (Omar Sy), pria kulit hitam yang suka menggoda asistennya, Yvonne (Anne Le Ny).

Philips yang sudah merasa bahwa Driss adalah orang yang tepat untuk memberikan warna pada kehidupannya memulai kisahnya dengan pemuda serampangan itu. Alih-alih menjaga Philippe sebagaimana orang kebanyakan, justru dia memberikan “perawatan” yang berbeda, bahkan terkesan gila. Sampai akhirnya Philippe yang telah lama ditinggal istrinya jatuh cinta kepada sosok wanita bernama Eleoore, namun tidak berani mengungkapkannya. Hal tersebut membuat sahabatnya, Driss, dan asistennya, Yvonne, gemas dan bekerja sama untuk merencanakan pertemuan antara Philippe dengan Eleoore.

4. Bridge to Terabithia (2007)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Diangkat dari sebuah novel populer ciptaan Katherine Peterson yang mendapatkan penghargaan Newberry, Bridge to Terabithia menceritakan petualangan sepasang anak yang berujung pada persahabatan. Jesse Aaron (Josh Hutcherson) mempunyai impian untuk menjadi pelari tercepat di kelasnya. Namun, seorang murid baru, Leslie Burke (Annasophia Robb), telah mengandaskan mimpi Jesse.

Leslie yang mampu berlari lebih cepat dari Jesse, dan bahkan seluruh murid, mempunyai kegemaran menceritakan khayalannya. Sementara Jesse, adalah anak yang hobi menggambar. Meskipun berawal dari perseteruan mengingat Leslie yang lebih unggul dalam hal berlari, mereka akhirnya menjadi sepasang sahabat.

Dalam petualangannya, secara tidak sengaja mereka melihat dan menemukan kerajaan gaib di tengah hutan. Leslie yang suka berfantasi mengajak Jesse untuk menjadi penguasa kerajaan tersebut. Mereka menjadi raja dan ratu di kerajaan tersebut sampai pengalaman petualangan di hutan itu membuatnya menjadi anak yang lebih baik.

5. Ginger & Rosa (2012)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Ihwal persahabatan, memang tidak ada yang bisa menebak secara pasti akan berujung seperti apa. Tipe-tipe sahabat juga banyak, mulai dari yang benar-benar penyayang, dan ada juga yang menjadi pengkhianat. Gagasan tersebut yang mendorong Sally Potter untuk menggarap dan menulis sebuah film drama berjudul Ginger & Rosa.

Mengambil kisah di tahun 1962, Ginger & Rosa bercerita tentang sepasang sahabat wanita. Ginger (Elle Fanning) dan Rosa (Alice Englert) adalah dua orang yang sudah bersama sejak kecil, bahkan sedari bayi. Persahabatannya terus bertahan sampai mereka dewasa, yang pada saat itu sedang terjadi isu perang nuklir sehingga membuat mereka tersadar dan bergabung untuk menentang aksi dari pemerintahan Inggris.

Di sisi lain, Ginger yang mendapati ayahnya, Ronald (Alessandro Nivola), ingin bercerai dengan ibunya, Natalie, menjadi bersedih. Waktu yang terus berjalan membuat Ronald semakin akrab dengan Ginger dan sahabatnya, Rosa. Kedekatan mereka secara tak sadar membuat Ronald jatuh hati dengan Rosa.

Konflik mulai hadir ketika Ginger mengetahui bahwasanya Rosa mengandung anak dari buah cintanya dengan ayahnya, Ronald. Hal tersebut juga yang membuat istri Ronald, Natalie, memutuskan untuk bunuh diri. Rosa yang merasa bersalah harus menanggung malu dan menerima konsekuensi ditinggalkan oleh sahabatnya.

6. The Kite Runner (2007)

Seperti kebanyakan film persahabatan sejati yang menginspirasi lain, The Kite Runner adalah salah satunya. Diadopsi dari novel berjudul sama karya Kahled Hosseini, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk gambar oleh Marc Forster sebagai sutradara. Aktor yang memainkan tokoh di dalamnya terbilang sangat pas, dapat berakting secara natural sebagaimana anak-anak yang polos dan melihat carut-marut kehidupan dengan sudut pandangnya sendiri.

Mereka adalah Amir, anak seorang saudagar kaya bernama Agha Sahib yang tinggal di kota Kabul, Afghanistan, yang berteman dengan Hassan, anak seorang pelayang yang bekerja di rumahnya. Meskipun mempunyai status sosial yang terlampau jauh, Amir dan Hassan adalah dua sahabat yang kerap menghabiskan waktu untuk bermain layang-layang dan membaca buku cerita bersama.

Konflik yang menimpa keluarga Hassan akibat sebuah peristiwa memilukan membuat Amir dilanda perasaan bersalah karena tidak mampu membantu Hassan. Sampai kemudian Amir mencari cara menyingkirkan Hassan dari rumahnya, yang setelahnya justru meninggalkan celah kerinduan di hati Amir dan sang ayah, meskipun mereka sudah meninggalkan Afghanistan. Seiring waktu berjalan, setelah lama berpisah dengan Hassan, Amir memutuskan untuk kembali ke Kabul dengan tujuan menebus masa lalunya.

7. The Breakfast Club (1985)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

The Breakfast Club sukses menjadi film persahabatan remaja paling memorable yang dibesut oleh John Hughes. Dirilis pada tahun 1980-an, hingga kini disebut-sebut sebagai film persahabatan barat tentang remaja coming-of-age terbaik yang pernah dibuat. Isinya tak lain menceritakan hubungan persahabatan anak SMA yang terdiri dari lima orang remaja dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Kelima remaja tersebut adalah Andrew yang menjadi seorang atlet gulat, Claire Standish, gadis kaya yang tenar di sekolah, Brian Johnson, si kutu buku yang pintar, John Bender, bocah berandalan yang suka mencari masalah, dan Allison Reynolds, cewek aneh yang misterius. Kelimanya “bertemu” di perpustakaan sekolah saat mendapatkan hukuman dari gurunya yang galak dan tegas bernama Richard Vernon.

Awal mulanya, suasana di ruangan tersebut sangat canggung sampai akhirnya Bender, si murid berandalan mulai menggerutu dan berhasil menghidupkan suasana. Satu persatu dari mereka mulai membuka diri dan mengenal satu sama lain, bahkan mereka menunjukkan tentang dirinya yang ternyata lebih daripada apa yang anak-anak lain pikirkan dari mereka di sekolah tersebut.

Interaksi antar satu anak dengan yang lain secara tak sadar memberikan pesan kepada kita agar menjadi remaja apa adanya, tanpa perlu naif atas terjadinya sesuatu, termasuk tekanan dan masalah dalam hidup. Sepintar, malas, cantik, ataupun bandel kita, semua orang punya problematikanya masing-masing. Sebesar dan sebanyak apapun masalah yang menimpa, maka semuanya akan mendapati perasaan yang sama, tanpa mengenal latar belakangnya.

8. Friends With Benefits (2011)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Dylan yang diperankan oleh Justin Timberlake adalah seorang editor majalah di sebuah perusahaan di Los Angeles. Sedangkan Jamie yang diperankan oleh Mila Kunis adalah seorang wanita yang pekerjaannya merekrut orang untuk sebuah posisi di salah satu perusahaan di New York. Mereka adalah sepasang pemuda yang baru mengalami nasib sama, yakni diputusi oleh pacarnya karena kesibukannya masing-masing.

Trauma yang mengikuti membuat mereka takut untuk menjalin hubungan serius lagi. Hal tersebut menjadikan Dylan dan Jamie berteman tanpa status, meski satu sama lain saling menunjukkan ketertarikannya. Mereka pun berjanji untuk melakukan hubungan intim tanpa emosi dan perasaan sentimental. Akan tetapi, mampukah mereka menahan hubungan tersebut tanpa adanya perasaan lebih di sepanjang kisah persahabatannya?

Friends With Benefits secara langsung menggambarkan dampak sebuah hubungan yang gagal pada setiap orang, khususnya remaja. Mungkin Anda juga setuju dengan apa yang mereka lakukan akibat trauma tersebut, meskipun pada akhirnya perbuatan itu dapat membawa trauma baru yang pastinya menjadi problematika baru yang harus mereka sikapi masing-masing.

9. What If (2013)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Cinta memang penuh misteri, dan hanyalah takdir yang dapat menjawab misteri-misteri tersebut. Dia adalah Wallace (Daniel Radcliffe), pria dengan pekerjaan menyedihkan yang sekarang menjadi penyendiri setelah drop out dari sekolah dan mengetahui bahwa pacarnya berselingkuh dengan gurunya. Kisah hidupnya yang suram mulai berubah ketika ia menemani temannya ke sebuah pesta.

Di pesta tersebut, Wallace bertemu dengan Chantry (Zoe Kazan), gadis cantik yang berprofesi sebagai animator. Meski Wallace tahu bahwa Chantry telah lama berpacaran dengan Ben, ia tetap menjalin hubungan dekat sesaat dengan Chantry. Kebersamaan mereka menimbulkan chemistry yang membuat keduanya berpikir, mungkinkah cinta sejati itu adalah teman terbaikku?

What If (The F Word) mengikuti cerita yang pernah dimainkan dalam sebuah drama berjudul “Toothpaste and Cigars”. Film persahabatan jadi cinta dengan selipan komedi-komedi ringan membuat jalan cerita pada What If terasa lebih menarik untuk diikuti, meskipun banyak orang yang menganggap karya Michael Dowse ini serupa dengan Friends With Benefits di mana sepasang remaja dengan nasib sama yang tidak sengaja bertemu dan memulai kisah baru.

10. Forrest Gump (1994)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Forrest gump merangkum kisah hidup seorang anak dengan nama sama, Forrest Gump (Tom Hanks), yang terlahir dengan kondisi kaki yang sulit digerakkan. Ditambah lagi dengan keterbelakangan mental yang menimpa dirinya, membuat Gump tidak mudah beradaptasi dengan anak seusianya. Dia hanya tinggal bersama ibunya yang luar biasa yang mendidiknya menjadi anak yang kuat dan tidak boleh menyerah dengan takdir hidupnya.

Ketika kecil, Gump bertemu dengan seorang anak perempuan seumurannya di dalam bus yang ditumpanginya. Dia adalah Jenny (Robin Wright), satu-satunya orang yang mau memberikan tumpangan kepada Gump. Sejak pertemuan itu, keduanya menjadi teman masa kecil yang saling mendukung dan menyayangi. Persahabatan mereka tidak berjalan mulus. Semua bermula saat keadaan memaksa Gump pergi meninggalkan Jenny. Hal tersebut membuat Jenny menjalani hidup dipenuhi penderitaan dan hampir bunuh diri.

Gump yang harus mengikuti wajib militer ke Vietnam tidak bisa berhenti memikirkan Jenny. Bagaimanakah kisah cinta antara sepasang sahabat ini berakhir? Karya Robert Zemeckis ini sangat menginspirasi. Robert memasukkan segala unsur kehidupan di dalamnya, mulai dari sikap menghargai orang lain, tidak menyerah dengan keadaan, dan mendefinisikan apa itu kasih sayang dengan perbuatan.

11. Thelma & Louise (1991)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Bisa dikatakan kalau Brad Pitt memulai debutnya lewat film ini. Thelma & Louise adalah film garapan Ridley Scott yang di dalamnya juga dilakoni oleh aktor-aktris papan atas Hollywood lain. Walaupun membawa genre kriminal, Ridley tetap mengiringi ceritanya dengan unsur drama selama kurang lebih 2 jam 10 menit tayang.

Thelma (Geena Davis) adalah seorang ibu rumah tangga yang polos, lugu, dan serampangan, mempunyai suami seorang pegawai kantoran yang kasar dan arogan. Thelma bersahabat dengan seorang perempuan tangguh, rapih, dan berpikiran dewasa. Dia adalah Louise Sawyer (Susan Sarandon) yang juga memiliki pacar seorang gangster yang tergila-gila pada dirinya.

Suatu ketika, mereka berencana untuk berlibur ke sebuah vila milik teman Louise menggunakan mobil pribadi Louise. Tanpa sepengetahuan Louise, Thelma ternyata membawa sebuah pistol milik suaminya yang baru diketahui oleh Louise setelah mereka sudah sangat jauh dari rumah. Karena pistol tersebut, rencana liburan mereka pun berubah menjadi petualangan yang mendebarkan dengan agen FBI dan pihak kepolisian setelah Louse, secara tidak sengaja menembak seorang pria yang dikiranya ingin memperkosa Thelma.

12. 3 Idiots (2009)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Sistem pendidikan yang bobrok dapat membawa dampak yang buruk pada masa depan setiap siswa, baik yang mempunyai segudang potensi ataupun tidak. “Rancho” Shamaldas Chanchad (Aamir Khan), seorang mahasiswa baru di sebuah universitas terkenal yang dipimpin oleh seorang rektor bernama Virus Sahastrabuddhe (Boman Irani), seorang profesor kejam yang secara tidak sadar mengubah kampus seperti sebuah penjara.

Di awal kedatangannya, Rancho langsung menjadi pusat perhatian. Di sana ia bertemu dengan dua mahasiswa lain, mereka adalah Raju Rastogi (Sharman Joshi) dan Farhan Qureshi (Madhavan). Rancho yang unik kerap mengkritik dan melawan sistem yang ada menjadikan sang profesor membencinya. Sementara di sisi lain ada seorang mahasiswa cerdas yang menjadi pesaing Rancho, ia adalah Chatur “Silencer” Ramalingan (Omi Vadya), yang berani menantangnya untuk adu kesuksesan.

3 Idiots bukan hanya film tentang persahabatan, tetapi juga film mengenai pendidikan. Di dalamnya banyak sekali pesan moral yang disampaikan secara gamblang sehingga setiap penonton dapat menyimpulkannya dengan mudah lewat perspektifnya masing-masing. Selain itu, kita juga diajak untuk mengenal apa itu arti persahabatan yang sesungguhnya.

13. Remember the Titans (2000)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Di awal abad 20-an, perbedaan ras dan warna kulit di Eropa kerap mengundang perseteruan. Seperti itulah yang dialami oleh sepasang sahabat pada film tentang persahabatan ini. Julius yang berkulit hitam dan Gerry yang berkulit putih adalah sepasang sahabat yang sering berselisih karena perbedaan warna kulit antara keduanya.

Dikarenakan mempunyai hobi yang sama dan dipercaya untuk memperkuat tim American Footbal, The Titans, keduanya dipaksa untuk bermain secara profesional tanpa mempermasalahkan warna kulit. Sampai kemudian hubungan mereka semakin dekat sebagai sahabat, namun kekasih Gerry ternyata tidak suka melihat persahabatannya dengan Julius. Lantas kekasihnya menyuruh memilih dia atau Julius, dan dengan yakin Gerry memilih sahabatnya, dan hubungannya dengan kekasihnya pun putus.

Pilihan Gerry tidak salah, karena Julius memang sosok sahabat sejati yang selama ini ia butuhkan. Semuanya tampak tatkala Gerry mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia kehilangan kakinya. Pada saat-saat paling menyedihkan tersebut, Gerry hanya ditemani oleh Julius, dan bahkan hanya Julius satu-satunya sahabat yang ingin Gerry temui saat ini.

14. Love, Rosie (2014)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Kedekatan antara Rosie (Lily Collins) dengan Alex (Sam Claflin) sejak kecil telah menumbuhkan perasaan cinta yang sama-sama kuat satu sama lain. Kebiasaan mereka menjalani kehidupan bersama harus berakhir ketika Alex mendapatkan kabar bahwa keluarganya akan pindah ke Boston dan meninggalkan Dublin. Kepergian tersebut menjadi kekhawatiran bagi Alex dan Rosie, meskipun saat itu Alex sudah mempunyai pacar bernama Bethany (Suki Waterhouse) dan Rosie sedang dekat dengan Greg (Christian Cooke).

Rosie yang diterima di Boston University dan Alex yang masuk ke Harvard harus menjalani kehidupannya masing-masing. Namun, pada malam sebelum keberangkatannya, Rosie mendapati bahwa dirinya hamil. Rosie meminta Alex untuk terus melanjutkan hidupnya ke depan agar semua mimpinya bisa tercapai, dan Rosie akan menyusul. Sepanjang perpisahannya, mereka seringkali memikirkan satu sama lain. Sampai datang waktu di mana kisah persahabatan romantis antar keduanya berlanjut. Mereka menyadari bahwa satu-satunya kesempatan bagi mereka adalah mencari jalan agar bisa kembali bersama atau semua akan terlambat selamanya.

Film persahabatan dan percintaan karya Christian Ditter ini merupakan hasil adaptasi novel berjudul When Rainbow Ends karya Cecelia Ahern yang rilis pada tahun 2014. Meskipun mempunyai plot yang terbilang pasaran, Love, Rosie tetap menarik untuk dinikmati karena jalan ceritanya kebanyakan menyinggung perihal  cinta yang tentunya tidak akan bosan untuk terus dikenang dan dibicarakan.

15. Wendy and Lucy (2008)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Tidak ada satu orang pun yang ingin menghabiskan sisa hidupnya sendiri. Namun, tidak sedikit dari pengalaman hidup yang menjadikan seseorang lebih suka dengan kesendirian. Dia itu bernama Wendy (Michelle Williams), seorang wanita yang mempunyai sifat introvert sehingga jarang sekali mempunyai teman, bahkan untuk satu teman dekat Wendy tidak mempunyainya.

Wendy dianggap aneh oleh banyak orang karena terlalu suka dengan kesendiriannya. Pandangan dari orang lain tersebut akhirnya menyebabkan Wendy semakin menutup diri dari orang lain. Wendy hanya mempunyai satu sahabat dekat dalam hidupnya, yakni seekor anjing kesayangannya bernama Lucy. Hubungannya dengan Lucy membuat Wendy menganggap bahwa hanya anjing kesayangannya itu yang sanggup menerima ia apa adanya.

Benar sekali, Wendy and Lucy adalah film persahabatan dengan hewan yang cukup menyentuh dan mengharukan. Hidup sendiri memang menyedihkan, tapi tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menjalani hidupnya sendiri karena berbagai alasan, seperti kisah persahabatan manusia dan binatang yang terepresentasi pada Wendy dan Lucy ini.

16. The Great Gatsby (2013)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Gatsby adalah seorang pria yang mempunyai banyak aset dan kekayaan. Dirinya berteman dengan banyak jutawan. Suatu hari, Gatsby mengadakan pesta, dan tidak sedikit tamu yang datang ke pesta tersebut. Dikarenakan profil dirinya, Gatsby menganggap setiap orang di sekitarnya selalu hormat dan memperhatikannya.

Di pesta tersebut terjadi sebuah masalah yang membuat nyawa Gatsby berada dalam posisi terancam. Semua orang yang ada di pesta tersebut sibuk menyelamatkan dirinya masing-masing, hanya Nick yang berada di samping Gatsby. Peristiwa tersebut akhirnya merenggut nyawa Gatsby, dan saat ia meninggal ternyata tidak ada satu orang pun yang datang ke pemakamannya, kecuali Nick.

Inti dari The Great Gatsby adalah untuk mengenalkan kepada kita siapa dan bagaimana sebenarnya sahabat sejati itu. Film bertema persahabatan – drama – romansa ini mengambil cerita dari novel berjudul sama karya F. Scott Fitzgerald tahun 1925. Digarap dengan baik oleh Baz Luhrmann dan dibintangi oleh aktor terkenal Leonardo DiCaprio, Tobey Maguire, Joel Edgerton, dan Carey Mulligan.

17. The Boy in the Striped Pajamas (2008)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Pada saat Nazi berkuasa, hidup dua orang anak yang menjalin hubungan pertemanan yang bernasib memilukan. Bruno, seorang anak komandan Nazi yang baru berumur 8 tahun, tinggal di pinggiran kota bersama keluarganya dikarenakan ayahnya harus bertugas menjaga kamp konsentrasi Nazi. Bruno sedih karena di tempat tersebut tidak anak anak kecil seusianya sehingga dia tidak bisa bermain dengan siapapun.

Suatu ketika, Bruno melihat sebuah pemukiman yang dibatasi oleh pagar listrik. Di dalamnya terdapat banyak orang yang menggunakan baju tidur. Bruno mengira kalau itu adalah pemukiman, padahal tempat itu sejatinya adalah penjara untuk orang Yahudi. Di tengah kejenuhannya, Bruno nekat mendekati tempat itu dan bertemu dengan anak Yahudi seumurannya yang bernama Shmuel.

Sejak saat itu, Bruno dan Shmuel sering bermain bersama sembari menghabiskan hari demi hari meskipun dipisahkan oleh pagar listrik. Hingga suatu ketika Shmuel kehilangan ayahnya dan Bruno berniat membantu. Akan tetapi, perbuatan kedua anak itu berujung pada peristiwa malang. Tidak ada yang bisa disalahkan, kecuali kondisi masyarakat yang kala itu tengah diisi oleh manusia-manusia egois dan tak berperikemanusiaan.

The Boy in the Striped Pajamas bukan sekadar film persahabatan yang menyentuh hati dan paling sedih, tetapi juga gambaran perspektif berbeda dalam melihat perang dunia kedua. Persahatan yang mengikat seorang anak tentara Nazi yang polos dengan seorang tahanan anak Yahudi dapat menjadi buah pikiran yang patut kita renungkan sebelum memulai sesuatu yang dapat menimbulkan penderitaan.

18. Stand by Me (1986)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Stand by Me merupakan penuturan flashback dari seorang anak bernama Gordie LaChance. Ketika kecil, Gordie mempunyai tiga orang sahabat sahabat, mereka adalah Chris, Teddie, dan Vern. Masa-masa kecil yang tidak pernah terlupakan oleh Gordie, membuatnya termenung di dalam mobilnya, mengingat masa-masa kecil yang telah ia lewati bersama ketiga temannya di sebuah kota imajiner yang terletak di Maine, Amerika Serikat.

Gordie dan ketiga temannya tadi adalah empat orang sahabat yang sangat akrab. Suatu ketika, mereka melakukan petualangan untuk menemukan mayat di suatu tempat setelah mengetahuinya dari percakapan dua pemuda berandalan. Dengan pikiran bahwa “harta karun” tersebut bisa membuat mereka terkenal, keempat anak itu segera pergi mencari mayat tersebut.

Di tempat lain, ternyata ada juga berandalan yang mempunyai pikiran sama. Mereka tertarik untuk menemukan mayat tersebut agar bisa dikenal dan dianggap sebagai pahlawan kota. Tanpa saling mengetahui, si empat anak dan kelompok berandalan yang saling bermusuhan ini pun bersaing menuju tempat yang sama. Di sepanjang petualangannya, mereka banyak menemui kejadian-kejadian menarik.

19. Superbad (2007)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Superbad adalah film persahabatan anak sekolah yang menceritakan dua pelajar SMU yang tidak populer di sekolah, mereka adalah Seth (Jonah Hill) dan Evan (Michael Cera) yang sudah berteman sejak kecil. Saat menjelang masa-masa pelepasan, Jules (Emma Stone) mengajak mereka untuk datang ke pesta yang diadakannya, sekaligus meminta Seth untuk membelikan minuman keras.

Tawaran tersebut mereka terima karena Becca (Martha Maclsaac), wanita yang menjadi incarannya, juga meminta untuk dibelikan alkohol. Hal ini berani mereka lakukan dengan harapan agar menjadi lebih populer sekaligus mewujudkan mimpinya untuk melepas keperjakaannya di pesta tersebut.

Dengan bantuan seorang teman yang tak kalah culun, Fogell (Christopher Mintz-Plasse), mereka memulai mencari minuman keras. Petualangan mereka untuk mendapatkan minuman keras mulai didatangi oleh masalah demi masalah yang terus berdatangan silih berganti hingga akhir cerita. Berhasilkah mereka membawakan Jules dan Becca minuman keras sekaligus melepas keperjakaannya di pesta tersebut?

20. The Hangover (2009)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

The Hangover merupakan film yang menceritakan persahabatan empat orang pria dengan latar belakang berbeda. Mereka adalah, Doug, Phil – seorang guru, calon kakak iparnya Doug yang bernama Alan, dan Stu yang berprofesi sebagai dokter gigi. Dua hari menjelang pernikahan, Doug diajak untuk merayakan pesta bujang atau bachelor party dengan bepergian ke Las Vegas.

Masalah bermula ketika sesampainya di Las Vegas, mereka memesan kamar dan mengadakan perayaan kecil di atap hotel Caesar Palace. Mulanya semua tampak normal sampai kemudian malam berganti pagi, mereka mendapati dirinya terbangun di sebuah kamar hotel yang berantakan. Di kamar tersebut ada harimau dan bayi di dalam lemari. Lebih parahnya lagi, mereka menyadari bahwa Doug yang sebentar lagi akan menikah tidak berada di kamarnya alias menghilang.

Phil, Stu, dan Alan panik. Mereka berusaha keras untuk mencari kawannya yang hilang, mulai dari menelpon ponselnya, sampai menelusurinya ke seluruh hotel namun hasilnya nihil. Di manakah Doug, bagaimana kondisinya, dan apakah dia berhasil ditemukan oleh teman-temannya dalam keadaan selamat atau justru terjadi hal-hal yang membuat pernikahan Doug batal dilaksanakan?

21. Rush Hour Trilogy (1998, 2001 & 2007)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film
Rush Hour Trilogy yang dibintangi oleh Jackie Chan sebagai Yan Naing Lee dan Chris Tucker sebagai James Carter merupakan film komedi aksi yang cukup laris, sampai-sampai dibuat dua kali sekuel lanjutannya yang rilis pada tahun 2001 dan 2007. Di seluruh sekuelnya, kebanyakan menceritakan petualangan mereka yang menjadi sepasang sahabat yang bekerja sebagai detektif dan inspektur kepolisian.

Lee dan Carter adalah dua anggota kepolisian yang berasal dari negara berbeda yang harus bekerja sama untuk menangani kasus kejahatan yang sedang terjadii. Carter adalah detektif yang humoris, ceroboh, cerewet, arogan, dan sedikit flamboyan. Sedangkan Lee adalah sosok polisi yang pendiam, serius,d an ahli bela diri. Lee yang merupakan orang Timur harus berhadapan dengan Carter, warga Amerika keturunan Afrika.

Di sekuel pertamanya, mereka harus berhadapan dengan seorang bos yang mengepalai aksi pencurian benda-benda bersejarah di Cina. Setelah mafia tersebut berhasil ditangkap, mereka diseret untuk menelusuri pelaku bom di gedung Kedutaan Amerika Serikat di Hongkong. Sampai yang terakhir atau di sekuel ketiganya, Lee dan Carter melanjutkan petualangannya di Perancis untuk menyelidiki kasus penembakan yang menimpa teman dekat Lee.

22. The Perks of Being a Wallflower (2012)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

The Perks of Being a Wallflower mengikuti kehidupan seorang anak introvert bernama Charlie (Logan Lerman) yang tidak mempunyai teman dengan gadis populer di sekolahnya, Sam (Emma Watson), dan juga kakak tiri Sam yang bernama Patrick (Ezra Muller). Sam dan Patrick berusaha untuk membantu Charlie lebih percaya diri dan keluar dari masalah introvert-nya.

Film tentang persahabatan dan cinta ini adalah film Amerika Serikat tahun 2012 yang mengadopsi cerita pada sebuah novel berjudul sama tahun 1999. Sutradara film ini adalah Stephen Chboksy yang tak lain adalah sang penulis novel The Perks of Being a Wallflower sendiri. Lewat karyanya ini, Stephen nampaknya ingin mengenalkan kepada para penontonnya mengenai masa-masa remaja yang berwarna, mulai dari hubungan persahabatan, percintaan, seks, dan obat-obatan.

23. Midnight Cowboy (1969)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Joe Buck (Jon Voight) adalah pria dengan dandanan seperti koboi asal Texas yang mengelana ke New York untuk mencari penghasilan dengan menjadi gigolo para wanita-wanita kaya di daerah bernama Park Avenue. Di kota besar tersebut, ternyata Joe sulit beradaptasi dikarenakan sifatnya yang polos dan lugu hingga akhirnya dia bertemu dengan Ratso (Dustin Hoffman), gelandangan sakit-sakitan yang bersedia menjadi manajer Joe, namun menipunya dengan membawa sejumlah uang miliknya.

Hingga suatu hari, secara tidak sengaja Joe menemukan Ratso kembali. Bukannya marah, Joe justru prihatin melihat kondisi Joe yang tinggal di sebuah apartemen tak terawat. Mereka berdua akhirnya memulai babak baru untuk menjadi sahabat yang dapat bekerja sama lebih jujur agar bisa bertahan hidup di kota New York.

Midnight Cowboy adalah film klasik tahun 60-an yang digarap oleh sutradara John Schlesinger. Film ini memperoleh nominasi sekaligus menjadi pemenang piala Oscar pada kategori Best Picture pertama yang mendapat rating X dan filmnya sendiri mendapat rating R. Kekuatan film ini terletak pada ceritanya yang memikat disertai dukungan dari karakter utamanya yang unik, apalagi ditambah dengan akting dari seorang aktor tampan Jon Voight.

24. Frances Ha (2012)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Sekelumit kisah seseorang yang ditinggalkan oleh sahabatnya terangkum dengan baik di dalam film karya Noah Baumbach ini. Dia adalah Frances Halladay, perempuan berusia 27 tahun yang bekerja sebagai penari dan tinggal satu atap dengan sahabat baiknya yang bernama Sophia di Brooklyn. Suatu ketika, Sophie memutuskan untuk pindah ke Tribeca, tempat yang ia impikan sejak lama.

Frances kehilangan arah setelah ditinggal oleh Sophie. Dirinya mendatangi banyak tempat untuk mencari peruntungan dan kisah baru dalam hidupnya. Perjuangannya tidak sia-sia dan berbuah manis. Pada akhirnya, Frances yang sudah menjadi penari profesional dapat menikmati kebersamaannya lagi dengan Sophie yang kala itu juga sudah meraih semua mimpi-mimpinya.

Dua aktris cantik yang memerankan tokoh Frances dan Sophie di film ini adalah Greta Gerwig dan Mickey Sumner. Cerita mereka sebagai sepasang sahabat ternyata telah menginspirasi banyak orang yang optimis bahwa perpisahannya dengan sahabat saat ini bisa mempertemukannya kembali satu sama lain dengan membawa mimpi-mimpi yang berhasil dicapai.

25. 50/50 (2011)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Jika Anda sudah pernah menonton film tentang persahabatan paling bagus sebelumnya, yakni The Intouchables, maka 50/50 juga memiliki cerita yang sama. Film ini mengikuti kisah seorang pria yang menderita kanker bernama Adam (Joseph Gordon-Levitt) yang mempunyai pacar bernama Rachael (Bryce Dallas Howard) dan sahabat bernama Kyle (Seth Rogen) yang tidak suka dengan hubungan Adam dengan Rachael.

Setelah didiagnosa menderita penyakit di tulang belakangnya, Adam tetap optimis mempunyai peluang selamat meskipun hanya 50:50. Sebagai sahabat, Kyle memberi dukungan kepada Adam agar tetap kuat dan yakin bisa sembuh dari penyakitnya. Sementara itu, Rachael memilih untuk mundur teratur dan selepas itu Adam bertemu dengan seorang terapis yang eksentrik bernama Katherine McKay (Anna Kendrick).

Sang penulis skenario, Will Reiser, menulis skrip dengan perpaduan komedi dan drama yang seimbang. Joseph Gordon-Levitt tampil dengan akting yang memukau dan tetap karismatik meskipun dengan kepala plontos. Sementara Seth Rogen yang mempunyai appereance sebagai happy-go-lucky guy berhasil menggenapi akting Gordon sehingga timbul chemistry yang kuat dalam film ini.

26. Ghost World (2001)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Kelulusan adalah momen yang paling ditunggu oleh Rebecca (Scarlet Johansson) dan Enid (Thora Birch). Mereka adalah sepasang gadis yang telah lama bersahabat yang suka menghabiskan waktu bersama dengan pergi ke kafe, movie shop, dan hobi mengkiritik apapun yang mereka anggap aneh atau menggelikan.

Setelah acara wisuda selesai, mereka bingung mau apa karena tidak tertarik dengan kuliah. Sampai suatu saat mereka terdorong untuk membuntuti sepasang pria dan wanita paruh baya yang mereka sebut sebagai “pemuja setan” yang menjadi titik permulaan Enid bertemua dengan Seymour (Steve Buscemi). Kebersamaan Enid dan Seymour ternyata menyebabkan hubungan Enid dengan Rebecca mengalami keretakan.

Meski diberi judul Ghost World, film ini sama sekali tidak menampilkan setan-setan seperti di kebanyakan film horor. Judul tersebut hanya sebagai metafora atau penggambaran dari kehidupan yang dialami oleh Enid dan Rebecca yang tidak tahu arah setelah lulus SMA. Semua orang tentu mengalami masa-masa transisi dalam setiap fase kehidupannya. Setidaknya, itulah inti cerita yang ingin disorot oleh film tentang persahabatan ini.

27. The Sisterhood of the Traveling Pants (2005)

27 Film Tentang Persahabatan Terbaik Sepanjang Masa Film

Suatu ketika Carmen melihat celana jeans di tumpukan pakaian pada sebuah toko pakaian bekas. Dia membeli celana tersebut dan menganggap bahwa celana itu ajaib. Mengapa? Sebab celana itu ternyata muat dipakai oleh ketiga sahabatnya, mereka adalah Tibby yang kurus, Bridget, dan Lena. Persahabatan mereka merupakan “warisan” dari ibu-ibu mereka yang sekarang sudah jarang berkumpul karena menganggap persahabatan hanya membuang-buang waktu.

Ketika musim panas datang, keempat sahabat ini akan berpisah untuk menghabiskan waktu liburan dengan caranya masing-masing. Lena pergi ke Yunani mengunjungi kakek neneknya, Bridget mengikuti sebuah kamp untuk sepakbola, dan Carmen pergi ke rumah ayahnya, sedangkan Tibby tidak kemana-mana, ia hanya menghabiskan musim panasnya dengan bekerja di sebuah supermarket.

Selama liburan, mereka berjanji akan mengenakan celana jeans ajaib yang sudah dibeli oleh Carmen. Setiap orang akan menggunakan celana tersebut selama seminggu sebelum kemudian dikirim kepada teman yang lain dan melihat keajaiban apa yang diciptakan oleh si celana. Terkesan aneh namun sangat menarik, bukan?

Itulah daftar film tentang persahabatan terbaik yang beberapa di antaranya sangat mengharukan karena cerita yang ditampilkan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua. Jika Anda mempunyai seorang sahabat –atau lebih- yang begitu menghargai arti kebersamaan, buatlah tiap detik kebersamaan Anda menjadi sesuatu yang lebih berharga untuk dikenang saat dewasa nanti.

Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com