21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia

Film yang menceritakan perjalanan melintasi waktu menuju masa lalu ataupun masa depan memang selalu asik untuk disaksikan. Di balik alur cerita yang menarik dan penuh teka-teki, orang-orang juga mengaku suka dengan efek-efek visual yang ditampilkan pada film-film semacam itu.

Para sineas yang telah lama memiliki peran di dunia perfilman nampaknya sengaja membuat film-film bertemakan perjalanan waktu untuk mendorong setiap orang agar mempelajari banyak hal guna mewujudkan segala sesuatu yang terbilang mustahil. Seperti daftar film tentang mesin waktu terbaik yang akan Oliswel tampilkan berikut, Anda akan diajak berimajinasi sekaligus melontarkan pertanyaan: “Apakah hal tersebut suatu saat akan nyata dan benar-benar terjadi?”.

1. The Terminator (1984)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 47 menit
Genre : Action, Sci-Fi
Rating : 8,1/10 (IMDb)

Di masa depan, tepatnya pada tahun 2029, dunia dikuasai oleh komputer cerdas bernama Skynet, sementara umat manusia hampir musnah akibat terjadinya perang nuklir kala itu. Mengetahui akan adanya ancaman dari sisa-sisa umat manusia, Skynet lantas mengirimkan robot T-800 yang sosoknya tidak jauh berbeda dengan manusia biasa ke masa lalu, tepatnya ke tahun 1984.

T-800 mendapatkan tugas untuk membunuh seorang wanita yang bakal mempunyai anak bernama John, di mana John ini yang nantinya akan menjadi pemimpin pemberontakan terhadap kekuasaan yang dipegang oleh Skynet. Namun pemberontak masa depan juga ikut mengirimkan prajurit terbaiknya ke tahun 1984 untuk melindungi ibunda John yang pada saat itu bekerja menjadi pelayan restoran dan tidak menduga bahwa dirinya mempunyai peran penting untuk keselamatan umat manusia di masa depan.

Mampukah prajurit yang dikirim tersebut menghalangi usaha robot T-800 yang mempunyai kekuatan dan daya tahan jauh di atas manusia biasa untuk membunuh pelayan restoran tersebut? Anda bisa ketahui sendiri bagaimana kelanjutannya dengan menyaksikan film tentang mesin waktu terbaik berdurasi 108 menit yang rilis pada tahun 1984 ini.

2. Back to the Future 1, 2, dan 3 (Trilogy)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Back to the Future menjadi film sci-fi bertabur komedi yang sampai detik ini tidak pernah bosan untuk ditonton. Bagaimana tidak, kisah petualangan menjelajah waktu menjadi suguhan nikmat yang sejak tahun 1985 (rilisan seri pertama) hingga berbentuk trilogi “Back to the Future” yang sukses membuat setiap penontonnya terkesima.

Pada seri pertamanya, film tentang mobil mesin waktu bertajuk Back to the Future mengikuti tokoh utama bernama “Marty” McFly yang terbang mundur ke tahun 1955 untuk menolong seorang profesor bernama Doc Brown (yang tak lain adalah orangtuanya) untuk kembali jatuh cinta. Apabila Marty tidak berhasil menjalankan misi tersebut, maka efeknya adalah Marty tidak akan pernah dilahirkan di masa sekarang.

Kemudian pada seri keduanya, sang sutradara mengangkat ide cerita yang lebih konyol di mana Marty harus pergi ke masa depan, tepatnya tahun 2015, untuk mencegah kelompok dari keluarga Biff Tannen menjadi orang kaya dan beralaku semaunya akibat selalu menang lotre.

Sampai sekuel ketiganya, film mesin waktu mobil berjudul Back to The Future menampilkan pasangan Marty dan Dr. Emmet Doc Brown yang berkaitan dengan mesin waktu berupa mobil DeLorean DMC-12 keluaran 1981 untuk berangkat ke tahun 1885 dengan tujuan mencegah agar Doc tidak terbunuh oleh buyut keluarga Biff.

3. The Time Machine (2002)

Durasi : 1 jam 36 menit
Genre : Sci-Fi, Adventure, Action
Rating : 5,9/10 (IMDb)

Film The Time Machine berhasil masuk nominasi Academy Award untuk kategori Best Make Up. Disutradarai oleh Simon Wells dan pemainnya ada Guy Pearce, Mark Addy, Phylida, Law, Sienna Guillory, dan beberapa nama lain. Film tentang mesin waktu terbaik rilisan tahun 2002 ini menawarkan kisah perjalanan waktu yang tidak biasa, dimana sang tokoh utama harus berjuang melawan suratan takdir yang menimpa hubungan asmara dia bersama kekasihnya.

The Time Machine mengisahkan seorang pemuda jenius bernama Alex Hartdgen yang selalu teringat dengan sebuah kejadian tragis yang menimpa kekasihnya, Emma. Setelah peristiwa yang menghancurkan hidupnya tersebut, Alex menciptakan sebuah mesin waktu agar bisa kembali ke masa lalu untuk mengubah malam yang membuat calon istrinya tersebut tewas. Namun, berhasilkah segala upaya yang telah dilakukan oleh Alex untuk menyelamatkan kekasihnya dengan bantuan mesin waktu ciptaannya tersebut?

4. Predestination (2014)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 37 menit
Genre : Drama, Mystery, Sci-Fi
Rating : 7,4/10 (IMDb)

Berlatar belakang pada tahun 1992, seorang agen pemerintah yang menjabat sebagai polisi mesin waktu bernama John mendapatkan tugas untuk pergi ke masa lalu, tepatnya ke tahun 1970 dalam sebuah misi “terakhir” untuk mengejar teroris yang dikenal dengan sebutan Fizzle Bomber. Dalam perjalanan menyelesaikan tugas tersebut, John bertemu seorang pria yang mirip dengan wanita. Tanpa disangka-sangka, pria transgender tersebut memegang kunci yang dibutuhkan oleh John dalam misi tersebut.

Film yang berjudul Predestination ini merupakan karya fiksi ilmiah yang berasal dari Australia. Disutradarai oleh Spierig bersaudara (Michael Spierig dan Peter Spierig) dengan cerita yang diadaptasi dari cerpen berjudul “All You Zombies” karya Robert A. Heinlein yang terbit tahun 1959. Film mesin waktu terbaru ini mendapatkan penghargaan Special Award untuk kategori Best Sci-Fi Film dan Best Screenplay dalam 9th Toronto After Dark Film Festival pada tanggal 16 – 24 Oktober 2014.

5. Twelve Monkeys (1995)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 2 jam 9 menit
Genre : Thriller, Mystery, Sci-Fi
Rating : 8,1/10 (IMDb)

Pada tahun 2035, populasi manusia yang masih hidup tinggal 1% dikarenakan wabah virus mematikan yang penyebarannya didalangi oleh sebuah organisasi bernama Twelve Monkeys. Untuk mempertahankan eksistensi manusia kala itu, dilakukanlah berbagai cara hingga ditemukan sebuah mesin waktu yang bisa digunakan untuk mengetahui asal muasal virus, memperoleh segala informasi, dan melokalisir agar virus tidak menyebar.

Satu orang narapidana mengajukan diri sebagai relawan untuk menjalankan tugas tersebut. Dia dikirimkan ke tahun 1990 yang ternyata 6 tahun lebih awal sebelum wabah tersebut menyebar. Tentu bukan hal mudah untuk narapidana tersebut dalam menyelesaikan misinya, terlebih dia dianggap gila dikarenakan membawa kabar yang sulit dipercaya. Lalu, mampukah dia mencegah penyebaran virus yang bisa membunuh sekitar 5 juta manusia tersebut?

12 Monkeys adalah film tentang mesin waktu garapan Terry Gilliam dan penulis skenario David Webb Peoples. Melibatkan aktor ternama Brad Pitt, 12 Monkeys berhasil meraih banyak penghargaan seperti piala Oscar pada Academy Awards tahun 1996 kategori Best Actor in a Supporting Role. Selain Brad Pitt, 12 Monkeys juga diramaikan oleh aktor dan aktir populer lain seperti Bruce Wills dan Madeleine Stowe.

6. Safety Not Guaranteed (2012)

Durasi : 1 jam 26 menit
Genre : Comedy, Drama, Romance
Rating : 7,0/10 (IMDb)

Tiga orang jurnalis berita untuk majalah di Seattle, Darius, Jeff, dan Arnau menyelidiki sebuah iklan yang dipasang oleh seorang pria bernama Kenneth. Iklan yang dipasang oleh Kenneth berisikan ajakan kepada seseorang untuk pergi ke masa lalu bersama dengannya menggunakan mesin waktu. Berita tersebut tentu terkesan konyol, bahkan terdengar mustahil bagi mereka bertiga (dan tentunya orang lain yang membaca).

Kemudian ketiga wartawan tersebut berkunjung ke kota sang pembuat iklan dan Jeff yang sebetulnya mempunyai tujuan ke kota tersebut untuk bertemu dengan crush lainnya meminta Darius mendekati Kenneth yang percaya bahwa dirinya benar-benar mampu menciptakan mesin waktu. Kenneth sendiri merupakan seorang petugas swalayan yang mempunyai sifat aneh. Pada akhirnya, mereka bertiga melanjutkan penelusuran untuk mengetahui lebih jauh kabar berbayar yang mereka anggap sebagai lelucon tersebut.

Safety Not Guaranteeed merupakan film time traveling yang mencampurkan banyak unsur seperti drama, romansa, dan komedi menjadi satu sehingga membawa alur cerita yang menarik dan tidak membosankan. Film menceritakan mesin waktu ini digarap di Australia, sama seperti Predestination. Pada tahun 2012, film Safety Not Guaranteed terpilih menjadi pemenang nominasi ALMA Award pada kategori aktris film komedi terfavorit.

7. Midnight in Paris (2011)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 34 menit
Genre : Comedy, Fantasy, Romance
Rating : 7,7/10 (IMDb)

Saat berlibur di Paris bersama istri dan kedua orang tua dari istrinya, Gil Pender yang diperankan oleh Owen Wilson merasakan kejanggalan kota tersebut. Tepat pada malam di mana ia berjalan menuju hotel sendirian, Gil yang mempunyai keinginan besar untuk menjadi seorang penulis novel bertemu beberapa orang yang membawanya ke masa lalu, atau tepatnya di era 1920-an.

Gil bertemu banyak seniman agung yang namanya tercantum dalam buku sejarah hingga sekarang, seperti Salvador Dali misalnya. Di sana Gil juga mempunyai kesempatan untuk menunjukkan karyanya yang belum selesai pada mereka. Sejak malam itu, Pil merasakan kenyamanan di kota Paris sekaligus “melunaskan kekesalannya” kepada istrinya yang bernama Inez dan orang tuanya yang menganggap bahwa keinginannya hanyalah impian yang tak logis.

Film Midnight in Paris mengikuti jalan cerita yang ditulis oleh Woody Allen yang juga duduk sebagai sutradara. Woody Allen menunjukkan keahliannya sebagai seorang sineas sehingga berhasil membuat salah satu filmnya ini memenangkan banyak penghargaan, seperti piala Oscar untuk kategori Best Writing dan Original Screenplay pada Academy Awards di Amerika Serikat tahun 2012 lalu.

8. Primer (2004)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 17 menit
Genre : Drama, Sci-Fi, Thriller
Rating : 7,0/10 (IMDb)

Aaron, Abe, Robert, dan Philip adalah empat pemuda cerdas yang mempunyai kesukaan terhadap ilmu sains. Mereka berempat melibatkan diri dalam sebuah proyek ilmiah untuk menciptakan penemuan terbaru. Setelah mendapati banyak kegagalan, mereka berhasil membuat mesin yang mempunyai kemampuan untuk mengurangi massa sebuah benda.

Pada kelanjutannya, mesin tersebut didapati mampu melakukan perubahan pada benda dengan menghasilkan zat baru yang sebetulnya baru bisa dihasilkan beberapa tahun mendatang. Dari situ, mereka menemukan keanehan dari mesin tersebut. Hingga pada akhirnya, mereka mengetahui bahwa mesin tersebut merupakan mesin waktu.

Film Primer yang disutradarai oleh ini menawarkan cerita yang berbeda dengan kebanyakan film barat tentang mesin waktu lain, di mana fokus utama membahas sains yang memaparkan konsep kerja atau lain hal dari mesin tersebut. Anda akan dibuat pusing bila tidak mempunyai dasar yang kuat mengenai ilmu fisika. Meskipun film ini banyak membuat pusing penontonnya, Primer berhasil meraih 3 piala dalam 7 nominasi acara penghargaan bergengsi di industri perfilman hollywood.

9. Frequency (2000)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 58 menit
Genre : Crime, Drama, Mystery
Rating : 7,3/10 (IMDb)

Kebakaran yang merenggut nyawa seorang ayah dari anak bernama John Sullivan membuatnya sangat terpukul dalam menjalani hidup. Tepat pada tanggal kepergian ayahnya, John dengan ibunya memperingati hari berkabung tersebut di rumah mereka. Dalam rumah tersebut, John secara tidak sengaja menemukan radio kuno yang biasa digunakan oleh ayahnya selagi hidup.

Keanehan pun terjadi, radio tersebut mampu menangkap frekuensi misterius yang menghubungkan John dengan sosok ayahnya yang hidup di masa lalu. Dengan alat tersebut, John mencoba menyelamatkan ayahnya dari kebakaran yang bakal merenggut hidupnya. Namun, perbuatan John tersebut justru menimbulkan efek domino yang memengaruhi takdirnya di masa depan.

Frequency akan menjadi film yang siap untuk menguras perasaan Anda. Sang sutradara Gregory Hoblit nampaknya sengaja menyelipkan unsur drama sepanjang ceritanya. Hal ini nampak betul dengan gambaran kedekatan hubungan anak dan ayahnya sampai takdir yang menjadi pemisah mereka berdua. Frequency tidak menyelipkan dialog-dialog ataupun gambaran visual yang berhubungan dengan mesin waktu. Meskipun begitu, cerita ringan dan dramatisasi yang dihadirkan oleh film ini cukup menarik untuk terus diikuti.

10. The Butterfly Effect (2004)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 53 menit
Genre : Sci-Fi, Thriller
Rating : 7,7/10 (IMDb)

Penyakit kehilangan memori jangka pendek yang diderita oleh Evan Terbor merupakan warisan dari ayahnya yang dianggap gila karena kelainan tersebut sehingga membuat ayahnya dirawat di rumah sakit jiwa. Evan kecil yang dirawat oleh ibunya dibawa ke psikiater dengan harapan tidak mengalami nasib sama seperti ayahnya. Psikiater tersebut memberi saran agar Evan menulis berbagai kejadian yang dialaminya dalam buku catatan harian.

Tujuh tahun berselang, penyakit Evan perlahan sembuh dan membuatnya mengingat kembali apa yang telah ia alami lewat buku catatan tersebut. Hingga sampailah dia pada lembaran kosong, Evan mencoba mengingat kejadian apa yang telah menimpanya sampai-sampai tidak ia tuliskan dalam bukunya. Cerita berlanjut, dan Evan yang mempunyai kemampuan untuk kembali ke masa lalu mencoba memperbaiki segalanya. Namun, mengubah satu hal berarti berubah banyak hal lain yang mengikutinya.

The Butterfly Effect merupakan film hollywood tentang mesin waktu yang bergerak di bawah arahan J. Mackye Gruber dan Eric Bress selaku sutradara dan penulis naskah. Film yang menggunakan teori chaos “Butterfly Effect” ini mampu menggugah daya tarik tersendiri dengan membawa alur yang merambat ke dimensi lain. Dibuat dengan cerita yang sangat kompleks dan tanpa paradoks, film ini sangat cocok untuk Anda yang suka menggunakan nalar untuk mengikuti kemauan sang penggarap film bersama cerita yang ditawarkan.

11. Click (2006)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 47 menit
Genre : Comedy, Drama, Fantasy
Rating : 6,4/10 (IMDb)

Seorang arsitek bernama Michael Newman dengan jiwa pekerja keras menghabiskan waktu-waktu malamnya untuk mengerjakan proyek-proyek pembangunan yang diberikan oleh bosnya, John Ammer. Pekerjaan tersebut kerap membuatnya frustasi karena banyak kehilangan waktu kebersamaannya dengan istri dan anak-anaknya. Ditambah lagi dengan hadirnya tetangga yang membuat Michael merasa cemburu.

Sampai suatu malam, Michael diberikan remot universal oleh seorang penemu ekstentrik bernama Morty di mana remot tersebut mempunyai kemampuan untuk mengendalikan waktu dengan melewatkan atau mempercepat beberapa kejadian dalam hidup Michael. Namun, remote tersebut pada akhirnya membuat Michael menyadari bahwa hidupnya berada di bawah kendali remot tersebut dan ia pun mulai belajar untuk menghargai semua momen berharga yang dilalui bersama dengan keluarganya.

Film penemu mesin waktu berjudul Click ini rilis pada tahun 23 Juni 2006 ini mengikuti tokoh utama yang diperankan oleh Adam Sandler. Cerita yang disajikan cukup menghibur dengan menampilkan beberapa adegan lucu dan terkadang nampak konyol. Selain itu, Anda juga akan memetik pesan-pesan moral seperti pentingnya memanfaatkan waktu kebersamaan dengan orang yang kita cintai.

12. Men In Black III (2012)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 46 menit
Genre : Action, Adventure, Comedy
Rating : 6,8/10 (IMDb)

Sosok alien jahat bernama Boris yang dipenjara oleh agen K berhasil kabur dari tahanan khusus makhluk asing yang berlokasi di bulan demi membalaskan dendamnya kepada agen K yang selain memenjarakan dirinya, juga memutuskan salah satu tangannya. Boris menjalankan rencana balas dendam menggunakan mesin waktu dengan berangkat ke tahun 1969 untuk membunuh agen K agar bisa menguasai umat manusia di kemudian hari.

Sementara itu, agen rahasia J yang tak lain adalah rekan dari agen K mendapati suatu hal yang ganjil karena secara mendadak agen K dikabarkan telah meninggal 40 tahun yang lalu. Padahal, sehari sebelum datang informasi mengejutkan tersebut, agen J dan agen K sempat menjalankan tugas bersama. Keanehan tersebut berlanjut dengan agen J mengetahui aksi jahat Boris yang sengaja pergi ke masa lalu untuk membunuh agen K muda. Dari situ, agen J ikut pergi ke masa lalu untuk mencegah Boris membunuh agen K muda.

Lantas, apakah agen J berhasil menyelamatkan nyawa dari agen K agar bisa melindungi bumi dari serangan alien bersama bangsanya di masa depan? Jawabannya bisa Anda ketahui dengan melihat sendiri film tentang perjalanan mesin waktu Men in Black seri ketiga ini yang salah satu tokoh utamanya adalah Will Smith sebagai agen J dengan tingkat kocak sebagai ciri khasnya dalam berakting.

13. Hot Tub Time Machine (2010)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 41 menit
Genre : Comedy, Sci-Fi
Rating : 6,4/10 (IMDb)

Bersahabat sejak SMA, Adam, Lou, Nick, dan Jacob yang telah dewasa merasa dirinya selalu menjadi pecundang yang membuat kehidupannya jarang disapa oleh bahagia. Adam yang baru saja dicampakkan oleh Lou, kekasihnya, merupakan tipe pria yang suka berpesta namun tak pernah menemukan pesta. Sementara itu, Nick merupakan pria yang takut dengan istrinya dan Jacob mempunyai kegilaan terhadap video game sampai-sampai membuat ia tak pernah keluar dari rumah.

Dengan niat untuk menemukan melupakan nasib buruk yang kerap menimpa mereka, empat bersahabat tersebut memutuskan untuk berlibur di sebuah resor ski. Awalnya, mereka tidak merasakan apapun saat berpesta di sebuah bak mandi air panas (jacuzzi). Hingga kemudian, keempat pecundang ini dikirim ke masa lalu — tepatnya ke tahun 1986 — oleh kolam air panas tersebut untuk memperbaiki hidup mereka yang berantankan.

Hot Tub Time Machine sangat cocok untuk Anda penyuka film komedi. Film ini tidak terlalu mengedepankan konsep dari mesin waktu yang rumit untuk dipahami dengan dasar sains yang mengimbanginya seperti film tentang mesin waktu yang dipenuhi hal-hal yang berbau ilmiah. Anda akan merasa terhibur menyaksikan John Cusack, Clark Duke, Craig Robinson, dan Rob Corddy dengan segala kelucuannya masing-masing dari mereka.

14. Deja Vu (2006)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 2 jam 6 menit
Genre : Action, Sci-FI, Thriller
Rating : 7,0/10 (IMDb)

Ledakan besar terjadi di kapal feri yang menewaskan lebih dari 500 orang. Seorang agen ATF bernama Douglas Carlin yang mempunyai kemampuan analisa suatu kejadian dengan baik mencoba mengungkap peristiwa tersebut. Keahlian yang dimiliki Doug membuat Paul Pryzwarra, seorang agen FBI, terkesan sehingga melibatkan Doug dalam proyek rahasia.

Proyek rahasia yang dikepalai oleh FBI tersebut menggunakan sebuah teknologi yang memungkinkan mereka untuk melihat secara beruntun kejadian 4 hari yang lalu. Dalam waktu 3 hari, Doug menggunakan teknologi tersebut untuk mengungkap pelaku terorisme yang banyak menewaskan banyak orang tersebut. Dengan teknologi yang sangat canggih itu, Doug yakin bisa mencegah kejadian ledakan kapal feri tersebut sekaligus menangkap teroris yang melakukan aksi kejahatan tersebut.

Judul film Deja Vu berasal dari kata Perancis yang berarti “pernah melihat”. Dirilis pada tahun 2006 lalu, Deja Vu garapan Tony Scott ini berhasil mengundang respon yang beragam dari banyak kalangan. Film Deja Vu juga tercatat sebagai film yang sangat sukses dari segi pendapatan dan menjadi film ke-23 paling laris di tahun 2006. Film tentang mesin waktu terbaik ini juga sanggup menang di Golden Reel Award pada tahun 2007.

15. Somewhere In Time (1980)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 2 jam 6 menit
Genre : Action, Sci-FI, Thriller
Rating : 7,0/10 (IMDb)

Foto wanita cantik yang menggantung di dinding kamar hotel membuat seorang pria bernama Richard Collier jatuh cinta dengan pesona kecantikannya, meski hanya berwujud gambar statis bergantung dalam bingkai. Richard yang selalu menatap wanita tersebut dikejutkan dengan munculnya wanita tua yang memberikan ia Gold Watch sembari berpesan: “Come back to me!”.

Pesan tersebut membuat Richard penasaran sehingga dirinya menemukan cara untuk kembali ke masa lalu untuk menelusuri siapakah sebenarnya wanita tersebut. Richard pun pergi ke tahun 1912 dengan cara yang unik, dan usahanya tersebut membuahkan hasil. Richard berhasil menemui wanita tersebut dan rasa penasarannya pun terbayarkan. DIrinya mengetahui siapa wanita tua yang mendatanginya tersebut, namun di sisi lain Richard harus berjuang agar bisa meneruskan pertemuannya dengan wanita tersebut. Apakah yang akan Richard lakukan agar bisa menemui wanita tersebut setiap harinya?

Film Somewhere in Time memang lebih tepat dikatakan sebagai film romantis tentang mesin waktu, bukan film yang bertemakan mesin waktu. Tapi cerita yang disajikan berhasil membuat banyak orang mengharapkan mendapat nasib yang sama seperti Richard. Dengan menggunakan mesin waktu, maka kita mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan yang berdampak buruk pada hubungan asmara kita di kemudian hari.

16. Looper (2012)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 59 menit
Genre : Action, Crime, Drama
Rating : 7,4/10 (IMDb)

Berlatar belakang di masa depan, dimana mesin waktu sudah ditemukan. Para mafia dan bos kriminal yang hendak membunuh seseorang menggunakan mesin tersebut untuk mengirim calon korbannya ke masa lalu agar dibunuh oleh sekawanan pembunuh yang disebut sebagai looper. Sampai satu bagian cerita berfokus pada seorang Looper bernama Joe yang tidak disangka harus membunuh dirinya sendiri dari masa depan sebagai bagian dari proyek “close the loop”.

Looper hadir dengan premis yang unik, dengan mengangkat konsep time traveler yang dipadukan dengan unsur kriminal. Sangat menarik untuk disimak dan ditebak alur ceritanya. Pada beberapa scene tampak dibahas konsep waktu yang mudah dicerna dan beberapa menghadirkan konsep yang mind blowing. Hal tersebut yang menjadikan Looper menjadi salah satu film sci-fi terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan.

17. Project Almanac (2015)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 46 menit
Genre : Sci-Fi, Thriller
Rating : 6,4/10 (IMDb)

Sekelompok remaja yang terdiri dari lima orang, David, Quinn, Adam, Christina, dan Jessie menemukan sebuah mesin buatan mendiang ayah David yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada hari ulang tahun David yang ke-7. Alat tersebut menimbulkan rasa penasaran mereka hingga mereka berhasil menghidupkannya dengan sumber energi yang diperoleh dari mobil milik Jessie.

Mesin tersebut mereka beri nama Project Alamanac, dimana mempunyai kemampuan untuk mengirim seseorang ataupun benda ke masa lalu. Awal mula mereka bahagia karena dapat memperbaiki masa lalu, sampai kemudian mereka menyadari akan bahaya di masa depan yang bakal timbul akibat perbuatan mereka sendiri di masa lalu.

Project Almanac menggunakan sinematografi yang cukup unik layaknya film-film indie ataupun dokumenter karena diambil dari kamera tunggal. Cerita yang disuguhkan terbilang umum dan bisa ditemui pada film-film serupa lainnya. Namun tidak ada salahnya juga buat Anda menyaksikan keseruan dan efek fantasi yang ditawarkan oleh film bertema mesin waktu yang rilis pada tahun 2015 ini.

18. Groundhog Day (1993)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 41 menit
Genre : Comedy, Fantasy, Romance
Rating : 8,1/10 (IMDb)

Tiga orang yang bekerja dalam perusahaan penyiaran berita cuaca mendapatkan tugas untuk meliput perayaan hari Marmot tanah yang jatuh pada tanggal 2 Februari di kota Punxsutawney, Pennsylvania. Phil yang menjadi pemawa acara bersamaan dengan sifat pesimis dan egosentrisnya menjalankan misi tersebut dengan berat hati. Phil menganggap perayaan tersebut tak lain sebagai hal yang tidak penting baginya.

Hingga pada satu hari setelah perayaan tersebut Phil merasakan keanehan, dia mendapati dirinya terbangun dengan mengulang siklus waktu (kembali ke tanggal 2 Februari) di mana perayaan Groundhog Day berlangsung, dengan kejadian yang sama percis dengan hari sebelumnya. Hal ini membuat Phil memanfaatkan kejadian tersebut untuk melakukan segala tindakan hedonisme dan mengakhirinya dengan bunuh diri karena frustasi dirinya terjebak dalam lingkaran waktu dengan mengulangi hari yang sama lagi dan lagi.

Lantas, apakah aksi bunuh diri yang Phil lakukan berhasil membuatnya keluar dari lingkaran waktu tersebut, atau justru terus berulang? Groundhog Day yang tayang dengan durasi 101 menit ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Film yang rilis pada tahun 1993 lalu ini menyatukan unsur fantasi dan asmara berdasarkan cerita yang ditulis oleh Ramis yang juga bertindak selaku sutradara ditemani oleh Danny Rubin.

19. About Time (2013)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 2 jam 3 menit
Genre : Drama, Fantasy, Romance
Rating : 7,8/10 (IMDb)

Pria asal Cornwall, Inggris, yang bernama Tim Lake pada usia 21 diberitahu oleh ayahnya bahwa laki-laki di keluarganya mempunyai kemampuan spesial untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dengan satu batasan yakni mereka cuma bisa mengulang kembali ke tempat dan waktu yang pernah mereka lalui sebelumnya. Tim Lake menggunakan kemampuan tersebut untuk memperbaiki kembali kehidupan percintaannya.

Perjuangan Tim untuk merancang dengan baik kisah asmaranya tidak berjalan dengan mulus, meskipun dia mempunyai kesempatan berulang untuk memperbaikinya. Hal ini tidak membuat Tim putus asa, dia tetap menjalankan hidupnya sampai berhasil menemukan kekasihnya dengan bantuan dari kemampuannya tersebut.

Jalinan cerita About Time dikemas dengan sederhana dan bahkan terkesan datar bagi banyak orang. Meskipun demikian, About Time juga tampak secara nyata mengirimkan pesan-pesan moral yang bisa kita petik setelah menyaksikan film tentang mesin waktu ini. Seperti hidup tidak selamanya indah, selalu ada hal buruk yang pasti mewarnai hari-hari kita. Pada film asuhan Richard Curtis ini, Anda yang peka terhadap perasaan seseorang bisa dengan mudah menangis oleh beberapa scene-nya, terutama saat ayah Tim meninggal karena divonis terkena kanker.

20. Donnie Darko (2001)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 53 menit
Genre : Drama, Sci-Fi, Thriller
Rating : 8,1/10 (IMDb)

Donnie Darko membawa cerita penuh misteri yang dialami oleh seorang pemuda bernama sama – dengan judul — yang belum siap menghadapi realitas hidup yang karut-marut. Donnie sendiri merupakan pria yang mempunyai – entah – imajinasi, harapan, atau khayalan akan sosok bernama Frank, yang memakai kostum kelinci besar dan tampak mengerikan.

Frank mendatangi Donnie untuk memberitahukan bahwa dalam waktu sekitar 28 hari dunia ini akan terjadi kiamat dilanjutkan dengan sejumlah petunjuk yang berhasil menyelamatkan nyawanya dari pesawat jet yang jatuh percis di atas kamarnya. Donnie yang agresif kerap melakukan hal yang menggambarkan ketidakmampuannya menghadapi kekuatan dunia dengan menggapnya sebagai ancaman ditangani oleh seorang psikiater.

Konsep time travel di film Donnie Darko akan muncul pada saat-saat akhir. Anda harus berkonsentrasi saat plot tersebut datang. Perlu konsentrasi tinggi dalam menonton film ini, sebab kental dengan unsur enigmatik. Film yang memadukan thriller psikologis dan fiksi ilmiah ini dikemas dengan plot yang kaya, berlapiskan gagasan, disertai dengan keragaman tafsir. Setiap penonton akan mengambil persepsi sendiri, begitu mungkin keinginan sang sutradara Richard Kelly yang secara “kejam” membangun cerita rumit yang tidak bisa dipahami secara sederhana.

21. The Time Traveler’s Wife (2009)

21 Film Tentang Mesin Waktu Terbaik di Dunia Film

Durasi : 1 jam 47 menit
Genre : Drama, Fantasy, Romance
Rating : 7,1/10 (IMDb)

Kelainan genetik yang menimpa Henry, seorang pustakawan di Chicago yang mempunyai kekasih bernama Claire, seorang seniman wanita, membuat dirinya bisa tiba-tiba menghilang dan berpindah ke waktu lain yang tidak bisa ditebak dan dihindari saat kondisinya tertekan. Claire yang meyakini bahwa Henry adalah pasangan hidup yang telah ditakdirkan untuknya berjanji tak akan pernah meninggalkan Henry karena apa pun yang bakal terjadi.

Keanehan yang dialami oleh Henry tentu membuatnya tidak bisa menjalani hidup normal layaknya orang lain. Sementara itu, Claire yang sangat mencintai Henry harus sering kali merasakan hidup sendiri karena sang suami bisa saja hilang tiba-tiba dan muncul di lain waktu. Kenyataan yang menimpa kedua pasangan ini tentu menggantungkan perasaan mendalam yang tak mampu diungkapkan, terutama oleh Claire yang berusaha tegar membina rumah tangga meski dirinya tak pernah tahu sampai kapan dirinya akan hidup berdampingan dengan sang suami.

Sang sutradara Robert Schwentke terbilang berhasil atas karyanya yang satu ini. Film yang menggunakan tema time travel dengan balutan kisah dramatis antar 2 insan yang saling jatuh cinta, namun terhalang oleh suratan takdir yang tidak bisa dielak oleh mereka berdua. Benar-benar dalam, total romantis, dan tentunya bakal menguras air mata Anda.

Itulah daftar film tentang mesin waktu terbaik yang dapat mengisi waktu senggang Anda di rumah. Setelah menyaksikan salah satu film pada daftar tersebut, apakah Anda percaya bahwa mesin waktu itu (kemungkinan) benar-benar ada?

Berikan Komentar