34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler

Siapa yang tidak kenal dengan Shahrukh Khan? Aktor yang saat ini telah dinobatkan sebagai aktor paling kaya di India itu tengah memiliki kehidupan yang sempurna setelah belasan tahun sebelumnya dia harus menerima berbagai ujian kehidupan yang menimpa keluarganya bersama ibu serta adiknya. Karir Shahrukh Khan di industri hiburan Bollywood, terutama dalam ranah perfilman, telah mencapai titik puncak setelah puluhan tahun mengenyam skrip demi skrip untuk setiap adegan yang dimainkannya.

Aktor tampan Shahrukh Khan sudah menghabiskan lebih dari 20 tahun menapaki karir di Bollywood. Ketenarannya yang diperoleh saat ini tentu tidak didapat dalam sehari dua hari. Sepak terjang Shahrukh Khan sudah dimulai sejak tahun 1988 dengan bermain pada serial berjudul Fauji yang tayang di stasiun televisi India. Seiring berjalannya waktu, sekarang ini Shahrukh Khan telah mencatut namanya pada banyak sekali film. Penasaran dengan apa saja daftar film Shahrukh Khan terbaik dan terlaris? Berikut akan Oliswel.com beritahu untuk Anda yang mengaku sebagai pengagum berat SRK.

1. Swades (2004)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

SRK mengaku bangga bisa dipilih oleh Ashutosh Gowariker selaku sutradara dan penulis sebagai pemeran utama pada film ini. Swades menjadi film Shahrukh Khan terlaris yang memberikan banyak kesan tentang kecintaan terhadap tanah kelahiran. Pada film yang juga dibintangi oleh Gayatri Joshi ini, Shahrukh Khan memerankan tokoh bernama Mohan Bhargava yang berkat keberhasilan dan kepintarannya membuat dia menjadi seorang ilmuwan.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya, Mohan mendapatkan lampu hijau untuk bisa berkontribusi di NASA. Mohan mendapatkan tugas untuk memonitor cuaca dalam proyek peluncuran satelit agar bisa memprediksi curah hujan yang mana hal tersebut bisa berguna untuk memanajemen bencana dan pertanian. Hingga pada suatu hari, Mohan tersadar akan pentingnya orang-orang cerdas India untuk mendedikasikan diri membawa perubahan bagi negara kelahirannya tersebut.

Swades menjadi gambaran dari pergolakan batin manusia yang direpresentasikan oleh Mohan ketika harus memilih antara keinginannya untuk terus menyelam bersama mimpi-mimpinya atau membuka mata dan menyadari tanggung jawab yang harus dilakukannya sebagai bentuk balas budi darinya kepada negaranya. Film yang mendapatkan trofi pada Filmfare Awards dan Penghargaan Film Nasional ini sangat direkomendasikan untuk Anda tonton.

2. Chak de! India (2007)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

Untuk berikutnya, kami menempatkan Chak de! India pada urutan kedua. Chak de! India yang dibintangi Shahrukh Khan bercerita tentang seorang kapten tim hoki yang menghilang selama tujuh tahun dan kembali untuk melatih tim hoki wanita di India yang kemudian membawa tim tersebut mendapatkan juara pada Piala Dunia. Tentunya, Shahrukh Khan yang menjadi kapten tim hoki tersebut. Dia memerankan tokoh bernama Kabir Khan.

Film Shahrukh Khan terbaik yang berarti “Semangat! India” ini disutradarai oleh Shimit Amin. Dari kerja keras Shimit selaku sutradara dan SRK sebagai bintang utama, keduanya diganjar penghargaan pada ajang penghargaan prestisius Oscar versi Bollywood, International Indian Film Academy (IIFA), untuk kategori Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik. Sedangkan untuk filmnya sendiri, Chak de! India memperoleh penghargaan pada kategori Skenario Terbaik di ajang yang sama.

3. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Bicara tentang percintaan, Bollywood bisa dibilang sebagai raja film romantis sedataran Asia. Sebut saja Dilwale Dulhania Le Jayenge yang menampilkan kisah asmara dari “The King of Bollywood”, Shahrukh Khan, dengan Kajol. Film Shahrukh Khan dan Kajol ini mempertemukan dua insan non-residen India yang jatuh cinta saat mengadakan liburan bersama teman-temannya di Eropa.

Shahrukh Khan bermain sebagai Raj Malhotra dan Kajol dipercaya untuk memainkan Simran Singh yang menjadi lawan main dari SRK. Diceritakan bahwasanya Raj bertemu dengan Simran ketika menghabiskan hari libur di Eropa. Sejak pandangan pertama, Raj dan Simran saling menaruh hati dan menjalin hubungan asmara. Tapi permasalahannya, ayah Simran telah merencanakan perjodohan untuk putri tercintanya itu. Tak ingin kehilangan Simran begitu saja, Raj pun harus berjuang memenangkan hati ayah Simran agar bisa meminang anaknya, Simran.

Perlu Anda ketahui kalau Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ) merupakan salah satu film romantis Shahrukh Khan tersukses dan terlaris di sepanjang perfilman Bollywood. Saking populernya, DDLJ ditayangkan oleh satu bioskop bernama Maratha Mandir setiap waktu tanpa jeda. Sejak tahun 1995 – 2015, bioskop yang berlokasi di Mumbai, India, itu terus menayangkan DDLJ. Bahkan, bioskop itu telah menjadi salah satu destinasi untuk mereka yang ingin mengenang masa pacaran bersama kekasihnya sebelum menikah. Luar biasa, bukan?

4. Kabhi Haan Kabhi Naa (1994)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

“Terkadang Iya, Terkadang Tidak”, itulah arti dari film Shahrukh Khan yang lucu berjudul Kabhi Haan Kabhi Naa dalam bahasa Indonesia. Disutradarai oleh Kundan Shah, Kabhi Haan Kabhi Naa hadir dalam bentuk drama komedi khas Hindi yang memperlihatkan akting cemerlang dari Shah Rukh Khan bersama pemain lain seperti Suchitra Krishnamurthy dan Deepak Tijori.

Kabhi Haan Kabhi Naa berkisar antara Sunil yang diperankan oleh SRK. Sunil yang digambarkan sebagai sosok pecundang pada film Shahrukh Khan terbaik ini mendirikan sebuah band bersama teman-temannya. Pada suatu hari, datang perempuan bernama Anna yang bergabung ke dalam band tersebut dan Sunil jatuh hati pada Anna. Namun sayangnya, Anna justru menaruh hati pada personel band lain bernama Chris yang sifatnya sangat bertolak belakang dengan Sunil.

Tak peduli dengan perannya sebagai pecundang, karena kenyataannya, melalui Kabhi Haan Kabhi Naa, Shahrukh Khan mendapatkan banyak pujian atas penampilan terbaiknya pada film tersebut. Bahkan, Shahrukh Khan sendiri sempat mengatakan kalau film tersebut merupakan film kesukaannya. Lewat perannya yang begitu apik dalam Kabhi haan Kabhi Naa, Shahrukh Khan meraih Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Penampilan Terbaik.

5. Dear Zindagi (2016)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

Tak sedikit dari kritikus serta pengamat film yang memprediksi kalau Dear Zindagi bakal menjadi film Shahrukh Khan yang gagal. Alasannya, Shahrukh Khan yang berpasangan dengan artis muda Alia Bhatt lebih cocok seperti sepasang ayah dan anak, bukan sepasang kekasih. Tapi pada saat peluncuran Dear Zindagi ke publik, hanya butuh waktu satu minggu saja film ini langsung bisa mengumpulkan pemasukan yang sudah melebihi budget pembuatannya.

Untuk Anda yang penasaran dengan jalan cerita pada film Shahrukh Khan satu ini, Dear Zindagi berpusat sutradara muda berparas cantik yang memiliki kehidupan percintaan yang kurang beruntung. Telah menghadapi banyak kegagalan dalam bercinta membuat masalah yang dimiliki olehnya semakin menumpuk. Hingga pada suatu hari dia menemukan semangatnya kembali setelah bertemu dengan seorang dokter yang mampu menjawab setiap pertanyaan seputar masalah hidupnya.

Mengingat Dear Zindagi melibatkan aktor paling terkenal di Tanah Hindustan, rasanya cukup mengejutkan setelah mengetahui bahwa film ini digarap dengan biaya produksi paling rendah dibanding film-film Shahrukh Khan lainnya. Tapi Anda tak perlu memandang remeh film ini karena Gauri Shinde telah meramu ceritanya dengan sangat baik. Bahkan, Alia Bhatt yang bisa dibilang sebagai aktris baru berhasil menyeimbangi akting yang luar biasa dari SRK.

6. My Name Is Khan (2010)

Berikutnya ada My Name Is Khan yang mungkin sebagian dari Anda sudah pernah menontonnya. Film ini berpusat pada Shahrukh Khan yang memerankan seorang penderita autisme bernama Rizwan Khan. Dia adalah seorang pria muslim yang berasal dari Mumbai. Kisah Khan dimulai saat dia tinggal di Amerika Serikat dan serangan teroris yang mengambrukkan menara kembar di London pada 11 September terjadi.

Dengan mengusung tema tentang terorisme, SRK lewat My Name Is Khan ingin mendobrak opini publik yang dibentuk oleh media-media berkepentingan khusus yang menuduh kalau serangan tersebut dilakukan oleh sekelompok umat muslim yang berlindung di balik kata berjuang. Film ini memperoleh cukup banyak penghargaan, seperti pada ajang penghargaan International Indian Film Academy (IIFA) dan Filmfare Awards untuk berbagai kategori.

7. Kal Ho Naa Ho (2003)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

Ingin menguji seberapa kuat Anda menahan air mata? Coba nonton film Shahrukh Khan yang mengharukan satu ini. Kal Ho Naa Ho dengan “senang hati” mengajak para penontonnya melihat kisah penuh kebahagiaan yang justru ditutup dengan perasaan manis bercampur pahit. Shahrukh Khan pada film ini berperan sebagai seorang pria yang datang bagaikan malaikat untuk kehidupan seorang wanita di mana sebetulnya dia sendiri sedang menderita dan butuh pertolongan.

Aman Mathur (Shahrukh Khan) pindah ke New York di mana dia menjadi tetangga baru dari Naina (Preity Zinta), perempuan yang selalu cemberut akibat masalah keluarganya yang cukup rumit. Aman datang dengan sejuta keajaiban, selain berhasil membuat Naina tersenyum dan bahkan menaklukkan hatinya, dia juga telah mengubah kehidupan ekonomi keluarga Naina dengan membantu usaha kuliner Jennifer yang tak lain adalah ibunya Naina.

Permasalahannya, perasaan cinta Aman tak bisa semena-mena dia berikan pada Naina karena dia tahu kalau Naina punya seorang sahabat bernama Rohit (Saif Ali Khan) yang telah lama mencintai Naina. Dikarenakan hal tersebut dan masalah serius lain yang tak ingin diceritakan olehya, Aman kemudian memilih untuk berbohong pada Naina dengan berpura-pura sudah menikah dengan Priya (Sonali Bendre) yang sebetulnya adalah dokter pribadi Aman.

8. Veer-Zaara (2004)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

Veer-Zaara adalah suguhan drama percintaan khas India yang disutradarai oleh Yash Chopra dan diinduksemangi oleh Yash Raj Films. Di dalamnya, terdapat nama beberapa pemain lama dalam perfilman Bollywood, yakni Shahrukh Khan dan Preity Zinta. Untuk pemain pendukung, Veer-Zaara menghadirkan nama lain seperti Rani Mukerji, Divya Dutta, Manoj Bajpayee, Kirron Kher, dan Anupam Kher. Selain itu, ada juga aktor gaek Amitabh Bachchan dan Hema Malini yang memberikan penampilan istimewa pada film ini.

Film ini berpusat pada dua tokoh, Veer (Shahrukh Khan) dan Zaara (Preity Zinta). Keduanya bertemu saat bus yang ditumpangi oleh Zaara mengalami kecelakaan. Ketika itu, Veer adalah anggota penyelamat yang kemudian menemani perjalanan Zaara menuju India untuk membuang abu dari mendiang ibunya. Kebersamaannya ternyata berlanjut pada tumbuhnya benih-benih cinta antara satu sama lain.

Tapi yang jadi permasalahan, Zaara ternyata sudah mempunyai tunangan dan akan segera menikah. Tahu tentang hubungan Zaara dengan Veer, tunangannya tersebut lantas melakukan fitnah yang mengakibatkan Veer dipenjara selama puluhan tahun. Sampai kemudian Veer bisa bebas dan perjuangannya untuk mempertahankan harga diri dari cinta sejatinya, Zaara, berbuah manis untuknya.

9. Darr (1993)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

Pada awal tahun 90an, nama Shahrukh Khan bagaikan seonggok batu di tengah pegunungan. Belum banyak yang mengenal dia. Jadi ketika bermian di Darr, Shahrukh Khan masih kalah tenar dengan Sunny Deol yang menjadi lawan mainnya bersama dengan Juhi Chawla. Pada film ini, SRK harus beradu peran dengan Sunny Deol untuk bisa memenangkan hati dari sesosok wanita bernama Kiran yang karakternya dimainkan oleh Juhi Chawla.

Film ke-9 SRK ini memerintahkan Shahrukh Khan untuk bermain sebagai seseorang yang bengal dan beringas. Jadi saat dia harus berebut dengan Sunil (Sunny Deol), berbagai cara ditempuhnya, bahkan hingga percobaannya untuk mengakhiri hidup Sunil. Jika Anda ingin melihat perubahan karakter dari seorang SRK, maka film ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Tapi jika Anda tak ingin kehilangan pandangan baik tentang SRK, lebih baik untuk menghindari film yang satu ini.

10. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

Setelah menyedot perhatian publik lewat perannya bersama Kajol dalam DDLJ, tiga tahun setelahnya Shahrukh Khan kembali berpasangan dengan Kajol dalam Kuch Kuch Hota Hai. Seperti yang Anda ketahui, Kuch Kuch Hota Hai merupakan film yang kemudian melambungkan nama Shahrukh Khan ke mata penduduk Indonesia. Jadi bisa dibilang kalau film Shahrukh Khan terlucu ini menjadi media bertemunya SRK dengan penggemar Bollywood di tanah air.

Bicara mengenai ceritanya, Kuch Kuch Hota Hai menampilkan kisah asmara yang menyayat hati. Sebuah drama percintaan yang memberikan makna tentang cinta sejati di mana kita harus rela berkorban demi kebahagiaan orang yang kita cintai meskipun orang yang kita cintai tersebut memperoleh kebahagiaannya bersama sahabat kita. Sangat manis, menyentuh, dan pastinya mengharu biru, itulah tiga kesan yang mewakili inti cerita yang disampaikan oleh Kuch Kuch Hota Hai.

Kemudian bicara mengenai kesuksesan dari film ini, Kuch Kuch Hota Hai tercatat setidaknya telah mendapatkan 13 penghargaan pada tiga ajang penghargaan di bidang film berbeda. Seperti di Filmfare Awards, Kuch Kuch Hota Hai telah mengantarkan Shahrukh Khan dan Kajol mendapatkan penghargaan sebagai Aktor dan Aktris Terbaik. Lalu di Zee Cine Awards dan Sansui Viewer’s Choice Movie Awards, Shahrukh Khan dan Kajol kembali meraih penghargaan untuk kategori yang sama seperti pada ajang Filmfare Awards.

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

11. Hey Ram (2000)
🌟 8.0/10 | 186 menit | Drama, History

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

12. Baazigar (1993)
🌟 7.8/10 | 175 menit | Crime, Drama, Musical

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

13. Dil Se.. (1998)
🌟 7.8/10 | 163 menit | Drama, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

14. Devdas (2002)
🌟 7.6/10 | 185 menit | Musical, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

15. Kabhi Khushi Kabhie Gham… (2001)
🌟 210 menit | Drama, Musical, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

16. Raees (2017)
🌟 7.4/10 | 143 menit | Action, Crime, Drama

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

17. Fan (2016)
🌟 7.4/10 | 142 menit | Action, Drama, Thriller

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

18. Don (2006)
🌟 7.2/10 | 171 menit | Action, Crime, Thriller

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

19. Rab Ne Bana Di Jodi (2008)
🌟 7.2/10 | 167 menit | Comedy, Drama, Musical

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

20. Mohabbatein (2000)
🌟 7.1/10 | 216 menit | Musical, Drama, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

21. Dil To Pagal Hai (1997)
🌟 7.1/10 | 179 menit | Comedy, Musical, Drama

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

22. Main Hoon Na (2004)
🌟 7.0/10 | 179 menit | Action, Comedy, Drama

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

23. Anjaam (1994)
🌟 7.0/10 | 170 menit | Thriller

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

24. Deewana (1992)
🌟 7.0/10 | 185 menit | Action, Comedy, Crime

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

25. Raju Ban Gaya Gentleman (1992)
🌟 7.0/10 | 152 menit | Musical, Comedy, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

26. Pardes (1997)
🌟 7.0/10 | 191 menit | Musical, Romance, Action

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

27. Jab Tak Hai Jaan (2012)
🌟 6.9/10 | 176 menit | Drama, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

28. Karan Arjun (1995)
🌟 6.9/10 | 175 menit | Action, Comedy, Fantasy

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

29. Baadshah (1999)
🌟 6.9/10 | 175 menit | Action, Comedy, Crime

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

30. Yes Boss (1997)
🌟 6.9/10 | 163 menit | Comedy, Drama, Musical

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

31. Ashoka the Great (2001)
🌟 6.7/10 | 176 menit | Action, Drama, History

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

32. Paheli (2005)
🌟 6.7/10 | 140 menit | Fantasy, Romance

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

33. Chamatkar (1992)
🌟 6.7/10 | 171 menit | Comedy, Drama, Fantasy

 

34 Film Shahrukh Khan Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler Film

34. Om Shanti Om (2007)
🌟 6.6/10 | 162 menit | Action, Comedy, Drama

 

Jika ingin dicantumkan seluruhnya, maka pada daftar film Shahrukh Khan terkenal di atas akan diisi oleh ratusan judul film, mulai dari film lawas hingga masa kini. Pada film urutan kesebelas hingga terakhir, Shahrukh Khan juga bermain dengan aktor aktris ternama lain seperti Salman Khan, Hrithik Roshan, Katrina Kaif, Kareena Kapoor, Anushka Sharma, Deepika Padukone, Juhi Chawla, Aishwarya Rai, Madhuri Dixit, Karisma Kapoor, Sushmita Sen, dan masih banyak lagi.

Berikan Komentar