10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Film Romantis Indonesia Terbaik – Film romantis merupakan salah satu genre film yang cukup menjadi favorit banyak orang. Kamu bisa menonton film ini bersama pasangan. Walaupun bergenre romantis, namun bukan berarti selalu memiliki akhir yang membahagiakan. Karena ada beberapa film romantis yang justru memiliki akhir yang menyedihkan.

Lihat juga 20 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Di Indonesia sendiri, film dengan genre romantis ini sudah menjadi favorit banyak orang, bahkan sudah memiliki angka penonton yang mencapai jutaan. Nah, dalam artikel ini kami akan membahas 10 film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa. Simak ulasannya berikut ini.

10 film romantis Indonesia yang terbaik

Dunia perfilman Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini juga ditandai dengan banyaknya film-film berkualitas baik yang bermunculan, termasuk film dengan genre romantis. Bagi kamu yang ingin menonton film romantis dan merasakan ‘baper-baperan’, kami akan merekomendasikan 10 film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa, yaitu:

Ada apa dengan cinta (2002)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Merupakan salah satu film yang menjadi tanda kebangkitan dunia perfilman di Indonesia. Film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini menjadi film romantis terbaik yang dijamin membuat kamu semakin baper.

Film ini menceritakan tentang Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang memiliki geng dengan teman-teman ceweknya. Kehidupannya menjadi berwarna semenjak bertemu dengan Rangga (Nicholas Saputra), cowo super dingin dan tertutup yang sukses membuat Cinta penasaran. Mereka akhirnya bisa bersama walaupun sempat terlibat pertengkaran. Namun kebahagiaan keduanya usai karena Rangga memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negri.

Film ini akhirnya dibuat sekuelnya setelah 12 tahun kemudian. Walaupun jarak film keduanya sangat jauh, namun sekuelnya berhasil menuai kesuksesan yang besar.

Eiffel, I’m In love (2003)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Selain dari segi ceritanya, film ini juga didukung oleh latarnya yaitu kota Paris sebagai kota paling romantis di dunia. Keindahan kota sangat terasa, hal inilah yang membuat suasana romantis sangat terasa di film ini.

Eiffel, i’m in love adalah film yang menceritakan tentang Tita dan Adit. Pada awal hubungan, mereka saling cuek dan tidak menghiraukan satu sama lain. Baru setelah salah satu harus ke Paris, mereka merasakan kerinduan satu sama lain. Kabarnya film ini juga akan ada sekuelnya dan masih dibintangi oleh aktor dan aktris yang sama.

Heart (2006)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

10 film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa ini bisa membuat kamu meneteskan air mata. Heart merupakan drama percintaan yang menceritakan tentang Rachel (Nirina Zubir) yang diam-diam menyukai teman masa kecilnya yaitu Farel (Irwansyah). Namun perasaan Farel justru berlabuh pada Luna (Acha Septriasa), sosok gadis yang baru dikenalnya.

Luna sendiri sebenarnya mengindap penyakit yang sangat membutuhkan donor hati. Rachel yang awalnya menganggap Luna sebagai saingan justru melakukan sesuatu untuk menyelamatkan hidup Luna. Dan semua ini dilakukan demi orang yang dicintainya, yaitu Farel. Film ini sukses melambungkan nama Acha dan Irwansyah, dan membuat Acha menjadi salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di Indonesia.

Ayat-ayat Cinta (2008)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Ini merupakan salah satu dari 10 film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa yang memiliki cerita unik. Film ini mengisahkan tentang Fahri (Fedi Nuril), pria asal Indonesia yang menyelesaikan studinya di Mesir. Fahri yang tidak mudah akrab dengan wanita justru membuat wanita tertarik. Salah satunya adalah Maria (Carissa Putri), tetangganya yang beragama kristen koptik. Kemudian ada pula Aisha (Rianti Cartwight) gadis bercadar yang juga hadir dalam kehidupan Fahri.

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama. Film ini mengambil setting tahun 1930-an, menceritakan tentang Zainuddin (Herjunot Ali) yang menaruh hati pada Hayati (Pevita Pearce), Hayati pun juga merasakan yang sama. Namun karena perbedaan status mereka tidak bersama. Hal ini ditambah dengan kehadiran AZiz (Reza Rahardian), seorang pemuda kaya dan terpandang.

Cerita dalam film ini akhirnya ditutup dengan kematian Hayati yang hendak pulang ke kampung halamannya dengan menumpang kapal van der wijck, kapal tersebut tenggelam dan menewaskan seluruh penumpangnya. Meninggalkan zainudin yang menyesal karena tidak sempat mengungkapkan perasaannya pada Hayati.

Habibie dan Ainun (2012)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Film ini merupakan kisah nyata dari kisah cinta mantan presiden Indonesia, B.J Habibie dan istirnya Ibu Ainun. Film ini juga layak masuk dalam 10 film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa. Dalam film ini kamu bisa menyaksikan keindahan cinta antara keduanya. Bahkan hingga usia lanjut dan maut memisahkan. Ibu Ainun meninggal dunia dan menyisakan duka mendalam bagi Pak Habibie. Kini ia hanya sendiri dengan cintanya untuk Indonesia dan untuk Ibu Ainun. Hingga maut menjemputnya.

Love (2008)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Di film ini kita bisa menemukan 5 kisah berbeda dan tidak berhubungan satu sama lain. Walaupun begitu, film ini tetap dikemas sedemikian rupa, jadi tidak membingungkan. Plot ceritanya membuat para penonton terhanyut untuk tetap mengikuti alurnya.

Film ini juga dibintangi oleh banyak aktor dan aktris terbaik di Indonesia. Peran mereka memberikan hasil cerita yang sangat memuaskan. Beberapa aktor dan aktris yang terlibat diantaranya adalah Sophan Sophiaan, Widyawati, Luna Maya, Surya Saputa, Wulan Guritno, Acha Septriasa, dll.

Love Story (2011)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Film romantis ini memasangkan Acha dan Irwansyah untuk ketiga kalinya. Film ini menceritakan tentang Ranti dan Galih yang selalu bersama sejak kecil. Rasa cinta pun akhirnya tumbuh di keduanya. Namun peraturan adat melarang mereka bersama karena Ranti dan Galih berasal dari dua desa yang dipisahkan oleh sungai. Jika mereka bersama, bencana akan terjadi.

Cin(T)a (2009)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Konflik utama dalam film ini adalah perbedaan ras. Bercerita mengenai mahasiswa batak keturunan Cina, yang bernama Cina dan seorang mahasiswi asal Jawa bernama Annisa. Mereka saling mencintai namun terbentur oleh perbedaan etnis yang akhirnya melatarbelakangi perbedaan lain seperti agama, tradisi dan juga prinsip hidup. Secara garis besar, film ini sebenarnya bercerita tentang kehidupan pluralisme yang sebenarnya merupakan suatu bentuk keindahan. Film ini juga diambil dari sudut pandang yang berbeda.

Radit dan Jani (2008)

10 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Film

Pada awal kemunculannya, film ini memang sempat menjadi kontroversi. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa film ini menjadi salah satu film romantis di Indonesia. Film ini menceritakan tentang sepasang kekasih yaitu Radit dan Jani yang tetap bersama walaupun keadaannya sulit bagi mereka berdua. Masalah datang ketika Jani hamil dan Radit tidak bisa lepas dari jeratan narkoba. Akhirnya mereka mulai memikirkan untuk membuat perubahan dalam hidup mereka jika ingin kehidupan anak mereka lebih terjamin.

Demikian daftar 10 film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa. Pasti kamu sudah pernah menonton beberapa film diatas kan?

Berikan Komentar