28 Film Robert Downey Jr. Terbaik Selain Iron Man

Robert Downey Jr. adalah aktor kelahiran 1965 yang telah terjun ke dunia perfilman Hollywood sejak tahun 80an dengan menghidupkan tokoh pemain yang dermawan, jenius, dan sekaligus nakal ke dalam satu layar. Di tahun 2008, Downey mendapat kepercayaan dari Jon Favreau untuk bermain dalam Iron Man dengan memerankan tokoh jenius bernama Tony Stark yang pandai, cekatan, dan selalu berpikiran modern.

Belum lama ini, Downey ditasbihkan oleh Forbes sebagai aktor dengan pendapatan paling banyak. Pada film Iron Man yang dibintanginya, Downey mengumpukan pendapatan hingga $75 juta Amerika Serikat. Selain dia, ada juga Bradley Cooper, Leonardo DiCaprio, dan Dwayne Johnson yang masuk dalam jajaran teratas aktor dengan pendapatan tertinggi.

Bicara tentang keahlian bermain Downey, maka semua orang setuju jika dirinya dianggap sebagai salah satu aktor terbaik yang dimiliki oleh Amerika. Selain Iron Man yang membuat namanya semakin mencuat, Downey juga pernah tergabung dalam film-film lain yang tentunya tidak menjadikannya sebagai sosok inventor seperti Tony Stark. Penasaran dengan film Robert Downey Jr. terbaik selain Iron Man? Berikut Oliswel pilihkan untuk Anda. Film Robert Downey Jr. Terbaik

Rekomendasi Film Robert Downey Jr. Terbaik

Iron Man 2008 dan Film Marvel Lainnya

Iron Man 2008

Film Iron Man merupakan adaptasi dari karakter Marvel yang disutradarai oleh John Favreau. Film aksi ini diperankan oleh bintang Hollywood terkenal Robert Downey Jr. Dia juga bermain di Zodiac dan Avengers. Film ini dirilis pada 2 Mei 2008.

Film ini menceritakan awal mula produksi Iron Man. Tony Stark (Robert Downey Jr.) adalah pemilik Stark Industries, kontraktor militer besar yang diwarisi dari mendiang ayahnya, Howard Stark. Dia seorang penemu jenius, anak ajaib, dan playboy. Suatu hari, dia terbang ke Afghanistan untuk memamerkan senjata mematikannya, “Jericho”. Namun, keadaan mulai kacau dan kendaraan militer yang dikendarainya diserang oleh teroris. Dia diculik secara paksa oleh sekelompok teroris dan tubuhnya terluka oleh pecahan peluru.

Weird Science 1985

Judul film The Weird Science diambil dari majalah EC Comics tahun 1950-an. Tetapi jika Anda adalah penggemar Iron Man, ini adalah film yang bagus untuk ditonton, karena di Stranger Things, Anda akan melihat Robert Downey Jr., yang masih muda dan sembrono. Robert Downey Jr. berperan sebagai Ian, yang sering mengerjai Wyatt dan Gary.

Dua remaja dianggap bodoh. Nosy Wyatt dan Gary berhasil menciptakan karakter imajiner mereka dalam bentuk nyata, seorang gadis sempurna bernama Lisa. Maklum, Wyatt dan Gary adalah karakter yang selalu tidak punya pacar dan tidak punya akses ke wanita. Sehingga image Lisa diciptakan untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka Apakah Anda penasaran bagaimana gadis sempurna yang dirancang komputer ini, Lisa, mengubah kehidupan Wyatt dan Gary?

True Believer 1989

Eddie Dodd adalah mantan pengacara hak-hak sipil yang sekarang berspesialisasi dalam membela pengedar narkoba. Roger Baron, yang baru lulus dari sekolah hukum, telah mengikuti kasus-kasus besar Eddie dan sekarang ingin belajar dari kakinya. Dengan dorongan idealis Roger, Eddie dengan enggan menangani kasus seorang pria muda Korea yang, menurut ibunya, telah dipenjara selama delapan tahun karena pembunuhan yang tidak dilakukannya.

Chaplin (1992)

Chaplin (1992)

Siapa yang tidak kenal dengan Chaplin? Meskipun banyak yang belum pernah melihat wajahnya ataupun karya yang ditelurkannya, nama Chaplin sudah pasti tak asing di telinga. Komedian legendaris dengan kumis menggemaskan ini telah memberikan banyak kontribusi pada dunia perfilman sehingga Oscar memberikannya penghargaan spesial untuknya.

Pada tahun 1992, Robert Downey Jr. mendapatkan kesempatan untuk memerankan tokoh Chaplin. Tentu Downey merasa sangat bangga bisa memainkan sosok legendaris yang juga diidolainya ini. Totalitas yang ditunjukkan oleh Downey saat memerankan tokoh Charlie Chaplin mendapat nominasi Aktor Terbaik pada ajang Oscar, Golden Globe, dan BAFTA.

Film Robert Downey Jr. terbaik ini menceritakan masa kecil Charlie Chaplin hingga dia dewasa dan menjadi seorang legenda seperti sekarang. Kehidupan Charlie kecil tidaklah indah. Dia harus hidup miskin karena ibunya, Hannah Chaplin, tidak mampu menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kondisi sulit tersebut ternyata membuat ibunya mengalami gangguan jiwa dan harus direhabilitasi.

Semenjak itulah Charlie memulai perjuangannya dengan mengandalkan kemampuannya sebagai komedian yang memperagakan orang mabuk. Tak pernah berhenti berusaha, Charlie kemudian menjadi bintang film bisu besar yang berlanjut dengan keinginannya untuk menyutradarai filmnya sendiri. Kesuksesan yang didapat oleh Charlie tak serta-merta datang begitu saja. Saat menapaki karirnya, Charlie juga harus berhadapan dengan perceraian, tuduhan yang membuatnya harus bertanggung jawab, serta berujung pada diusirnya dari Amerika karena dianggap sebagai komunis.

Short Cuts 1993

Berdasarkan karya penulis cerita pendek terkenal Raymond Carver, ini adalah eksperimen yang berani: berdurasi 3 jam, 10 cerita, 22 karakter. Namun kejeniusan Robert Altman mengubahnya menjadi film layar lebar yang tidak membosankan dan otentik. Contoh sandiwara pahit yang tidak harus terhenti karena terlalu sentimental. Memenangkan Penghargaan Golden Lion Festival Film Venesia 1993 dan Penghargaan Golden Globe 1994 untuk Aktor Terbaik Khusus

Heart and Souls (1993)

Yuppie yang berhati hampa Robert Downey Jr. tertarik pada hantu empat orang yang meninggal saat dia dilahirkan. Waktu mereka dalam limbo hampir berakhir, tepat ketika pacarnya bosan dengan fobia komitmennya

Natural Born Killer 1994

Dimulai dengan pembunuhan ganda ayah Mallory yang kasar secara seksual (Rodney Dangerfield) dan ibu yang sangat lalai (Edie McClurg), pasangan anomik (Woody Harrison & Juliette Lewis) melakukan pembunuhan tiga minggu di seluruh negeri, memberi tahu semua orang siapa mereka adalah agar mereka mendapatkan penghargaan atas kejahatan mereka. Media langsung terpukau dengan pasangan ini, terutama Wayne Gale (Robert Downey Jr.), pembawa acara TV tabloid yang haus darah yang mengikuti setiap gerakan mereka. Pada saat mereka akhirnya ditangkap, mereka telah menjadi bintang media yang sangat besar sehingga polisi memperlakukan mereka lebih seperti selebriti daripada penjahat. Bahkan sipir Penjara Negara Bagian Batongaville, Dwight McClusky (Tommy Lee Jones), kagum.

Only You (1994)

Only You (1994)

Only You merupakan romcom menarik mengenai pencarian takdir dan jodoh. Robert Downey Jr. harus berperan sedikit usil tapi tetap nyentrik dan memancing senyum kecil sebagai pria yang secara tak sengaja bertemu dengan wanita cantik bernama Faith Corvatch yang pergi ke Italia hanya untuk menemukan jodohnya yang diramalkan oleh papan Ouija bernama Damon Bradley. Lucu memang, tapi itulah yang dilakukan oleh Faith yang yakin benar bahwa Damon Bradley sungguh ada dan ditakdirkan menjadi pendamping hidupnya kelak.

Berbagai kelucuan menyelimuti bagian awal hingga pertengahan sebelum pada klimaksnya Robert Downey Jr. yang diceritakan sebagai Damon Bradley palsu harus bermain dramatis dengan lawan mainnya, Marisa Tomel yang memerankan karakter Faith. Apa yang lebih menarik dari Only You tidak hanya terletak dari kisahya, tetapi juga keindahan kota-kota di Italia yang begitu romantis dan cocok dijadikan lokasi untuk mempererat chemistry.

Restoration 1995

Seorang calon dokter muda, Robert Merivel menemukan dirinya dalam pelayanan Raja Charles II dan menyelamatkan nyawa seseorang yang dekat dengan Raja. Merivel bergabung dengan istana Raja dan menjalani kehidupan mewah yang diberikan kepada seseorang dari posisinya. Merivel diperintahkan untuk menikahi nyonya Rajanya untuk mengalihkan kecurigaan ratu.

Dia diberi satu perintah oleh raja dan itu tidak jatuh cinta. Situasi memburuk ketika Merivel menemukan dirinya jatuh cinta dengan istri barunya. Akhirnya, Raja mengetahui dan membebaskan Merivel dari posisi dan kekayaannya. Kejatuhannya dari kasih karunia meninggalkan Merivel di mana dia pertama kali memulai. Dan melalui perjalanan dan reuni dengan seorang teman lama, ia menemukan kembali cintanya pada pengobatan sejati dan apa artinya menjadi seorang dokter.

Richard III 1995

Lakon klasik William Shakespeare dibawa ke masa kini dengan setting sebagai Great Britian di tahun 1930-an. Perang saudara telah meletus dengan House of Lancaster di satu sisi, mengklaim hak atas takhta Inggris dan berharap untuk membawa kebebasan ke negara itu. Yang menentang adalah House of York, yang dipimpin oleh Richard III (Sir Ian McKellen) yang terkenal, yang memerintah pemerintahan fasis dan berharap untuk menempatkan dirinya sebagai raja diktator.

U.s. Marshals 1998

US Marshals Sam Gerard menemani satu pesawat penuh narapidana dari Chicago ke New York. Pesawat jatuh secara spektakuler, dan Mark Sheridan lolos. Tetapi ketika Agen Keamanan Diplomatik John Royce ditugaskan untuk membantu Gerard merebut kembali Sheridan, menjadi jelas bahwa Sheridan lebih dari sekadar pembunuh biasa.

Wonder Boys 2000

Wonder Boys 2000

Pada hari istri ketiganya meninggalkannya dan agen sastranya datang untuk menekannya untuk menyelesaikan novel tujuh tahun yang ditulis, profesor Carnegie Mellon, Grady Tripp, juga mengetahui bahwa nyonyanya yang sudah menikah sedang hamil. Tujuh tahun sebelumnya, dengan novel pertamanya, dia adalah anak ajaib. Begitu juga dengan agennya. Keduanya sekarang membutuhkan sesuatu. Selama akhir pekan, alih-alih membuat pilihan, ia terombang-ambing dalam kabut asap. Salah satu muridnya, James Leer, mungkin membangkitkan perasaan ayah di Grady dan menimbulkan dorongan homo-erotis di agen. Politik akademik memperumit hal-hal: nyonya Grady adalah rektor perguruan tinggi, suaminya memimpin departemen Grady, James baru saja menembak anjing suaminya. Apa yang harus dilakukan?

Chef 2014

Ketika Chef Carl Casper (Jon Favreau) tiba-tiba berhenti dari pekerjaannya di sebuah restoran terkemuka di Los Angeles setelah menolak untuk mengkompromikan integritas kreatifnya untuk pemilik pengendalinya (Dustin Hoffman), dia harus memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Menemukan dirinya di Miami, ia bekerja sama dengan mantan istrinya (Sofia Vergara), temannya (John Leguizamo) dan putranya untuk meluncurkan truk makanan. Mengambil jalan, Chef Carl kembali ke akarnya untuk menyalakan kembali hasratnya untuk dapur — dan semangat untuk hidup dan cinta

Good Night, and Good Luck 2005

Good Night, and Good Luck 2005

Ditetapkan pada tahun 1953, pada masa-masa awal jurnalisme siaran televisi. Edward R. Murrow (David Strathairn) dan stafnya yang berdedikasi — dipimpin oleh co-produser Fred Friendly (George Clooney) dan reporter Joseph Wershba (Robert Downey, Jr.) di ruang berita CBS — menentang tekanan perusahaan dan sponsor, dan mendiskreditkan taktik yang digunakan oleh Joseph McCarthy selama perang salibnya untuk membasmi unsur-unsur Komunis di dalam pemerintahan. Murrow, yang saat itu menjadi pembawa acara serial CBS “See It Now,” mengungkap penipuan, intimidasi, dan manipulasi McCarthy yang berkuasa saat itu dalam salah satu momen jurnalisme paling berani dalam sejarah.

Kiss Kiss Bang Bang (2005)

Sebelum memainkan tokoh detektif paling jenius di dunia, Sherlock Holmes, Downey pernah juga terlibat dalam kasus rumit yang harus diselidikinya dalam film garapan Shane Black bertajuk Kiss Kiss Bang Bang. Film yang dibintangi Robert Downey Jr. ini merupakan film kriminal neo-noir yang juga terdapat unsur komedi hitam yang kental.

Kiss Kiss Bang Bang mengikuti Harry Lockhart (Downey), pencuri amatir yang menjadi buronan polisi setelah gagal saat melakukan sebuah perampokan. Saat kabur ke Los Angeles, secara tak sengaja Harry mengikuti audisi dan dinyatakan hebat oleh sang produser yang terkesan dengan kehebatannya berakting. Setelah itu, Harry bertemu dengan Perry van Shrike dan aktris bernama Harmony Faith Lane yang ternyata adalah teman lamanya yang pernah dia sukai.

Pada mulanya semua tampak lancar hingga suatu hari Harry dan Perry mendapati sebuah kasus pembunuhan yang rumit untuk dipecahkan. Kisah yang sederhana tapi disajikan dengan begitu apik oleh Shane menjadikan Kiss Kiss Bang Bang mendapatkan apresiasi lebih dari para penonton saat ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2005. Selama proses syuting, Van Kilmer yang bermain sebagai Perry van Shrike harus menahan diri untuk tidak meneguk alkohol demi membantu Downey menyukseskan program pemulihan diri dari kecanduan alkohol dan obat-obatan.

A Guide to Recognizing Your Saints (2006)

Hampir semua anak pasti pernah dibanding-bandingkan dengan orang lain oleh orangtuanya. Seperti Dito Montiel, sosok yang sejak kecil selalu dianggap pecundang dan tidak dipedulikan oleh ayahnya, Monty. Mencoba untuk memulai hidup baru, Dito pergi meninggalkan tempat tinggal asalnya di Astoria menuju California untuk mengejar impiannya menjadi penulis dan sutradara terkenal.

Kisah hidup Dito Montiel yang penuh lika-liku akhirnya diterjemahkan ke versi layar lebar oleh dirinya sendiri yang kini telah menjadi seperti apa yang diingkannya. Kebetulan Robert Downey Jr. yang dipilih untuk memainkan sosok Dito ketika dewasa, sementara masa mudanya akan diperankan oleh Shia LaBeouf. Temannya Dito yang selalu dibangga-banggakan oleh ayahnya, Antonio, diperankan oleh Channing Tatum.

A Guide to Recognizing Your Saints merupakan adaptasi dari memoir berjudul sama yang ditulis oleh Dito Montiel sedari usianya muda hingga dewasa dan meraih kesuksesan sebagai seorang sutradara dan penulis ternama di Amerika Serikat. Kehidupan Dito begitu keras. Ketika muda, Dito sudah harus menghadapi berbagai prahara kehidupan seperti permasalahan remaja, persahabatan, dan yang paling mengerikan adalah hubungannya dengan Monty yang rumit.

Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006)

Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006)

Child with Toy Hand Grenade in Central Park, New York City adalah salah satu karya dari fotografer profesional bernama Diane Arbus yang pada tahun 2006 kisahnya dilepaskan ke layar lebar. Dengan menukil sepenggal kisah pada biografinya yang ditulis oleh Patricia Bosworth, jadilah film yang begitu luar biasa dan patut untuk disimak oleh semua orang.

Untuk Downey sendiri, dia bisa dibilang sebagai “orang ketiga” yang awalnya membuat kehidupan Diane (Nicole Kidman) yang begitu membosankan dengan rutinitasnya sebagai asisten fotografer yang tak lain adalah suaminya berubah menjadi lebih menarik, tapi lama kelamaan menimbulkan love affair yang memunculkan ketidakberatan hati Diane untuk bercerai dengan suaminya, Allan Arbus (Ty Burrel). Setelah bercerai, Diane memulai karirnya sebagai fotografer profesional.

Sepenuhnya film yang dimainkan oleh Robert Downey Jr. satu ini didominasi oleh Diane yang menajdi tokoh sentral. Bisa dibilang tak ada scene yang tidak menampilkan sosoknya. Selain menawarkan kisah yang menarik tentang fotografer cantik, Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus juga diperindah dengan tata rias yang cantik seperti gaun-gaun era 50an, tata rambut yang klasik dan anggun, serta riasan wajah yang identik dengan masa lalu.

A Guide to Recognizing Your Saints 2006

Dito adalah seorang penulis sukses yang tinggal di Los Angeles, yang dipanggil pulang ke Astoria setelah 15 tahun absen ketika ayahnya sakit parah. Kenangan masa mudanya kembali membanjiri saat ia mengunjungi kembali lingkungan lama, mencoba untuk membangun kembali hubungan dengan ayahnya dan bertemu dengan ‘santo’ – beberapa teman masa kecil Dito yang tidak di penjara atau mati.

Saat Dito menemukan dirinya dibawa kembali ke peristiwa masa muda yang membentuknya, pemeran karakter yang tak terlupakan terungkap di musim panas 1986 yang terik. Ini termasuk Laurie, kekasih masa kecil Dito; Mike O’Shea, seorang Skotlandia yang ditransplantasikan dengan nama Irlandia yang bercita-cita menjadi musisi punk rock; Giuseppe, anggota geng jalanan Dito yang ceroboh, destruktif, dan mungkin gila; dan Antonio yang tak terlupakan, sahabat Dito yang angkuh dan mudah berubah bergulat dengan ayah yang kasar.

A Scanner Darkly 2006

“A Scanner Darkly” diatur di pinggiran kota Orange County, California di masa depan di mana Amerika telah kalah perang melawan narkoba. Ketika seorang polisi yang menyamar (Reeves) yang enggan diperintahkan untuk mulai memata-matai teman-temannya, ia diluncurkan dalam perjalanan paranoid ke dalam absurd, di mana identitas dan kesetiaan tidak mungkin untuk dipecahkan. Ini adalah kisah peringatan penggunaan narkoba berdasarkan novel karya Philip K.

Dick dan pengalamannya sendiri. “A Scanner Darkly” dibintangi oleh Keanu Reeves, Robert Downey Jr., Woody Harrelson, Winona Ryder dan Rory Cochrane dan ditulis untuk layar dan disutradarai oleh Richard Linklater. Seperti novel grafis yang menjadi hidup, “A Scanner Darkly” akan menggunakan fotografi aksi langsung yang dilapisi dengan proses animasi canggih (rotoscoping interpolasi) untuk menciptakan visi masa depan yang menghantui dan bergaya. Teknologi, yang pertama kali digunakan dalam film Richard Linklater tahun 2001 “Waking Life,” telah berkembang untuk menghasilkan dampak dan detail yang lebih emosional.

Charlie Bartlett 2007

Di antara pemberontak sekolah menengah klasik, ada yang bolos, nakal, iseng dan penipu – tetapi tidak pernah ada orang yang seperti Charlie Bartlett (Anton Yelchin). Seorang optimis, seorang pencerita kebenaran dan perencana yang tak kenal takut, ketika Charlier dengan licik memposisikan dirinya sebagai “psikiater” penghuni sekolah barunya, yang memberikan nasihat jujur ​​​​dan resep yang kuat, dia tidak tahu cara di mana dia akan mengubah teman-teman sekelasnya, teman-teman sekelasnya. kepala sekolah dan potensi hidupnya sendiri

Zodiac (2007)

Film Robert Downey Jr. Terbaik Zodiac (2007)

David Fincher memerintahkan Robert Downey Jr. bersama bintang lain seperti Jack Gyllenhall, Mark Ruffalo, dan Anthony Edwards untuk melakukan penyelidikan atas kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seseorang yang menamai dirinya Zodiac. Downey yang berprofesi sebagai jurnalis harus bekerja sama dengan kartunis Robert Graysmith untuk menemukan siapakah sosok di balik Zodiac yang sebenarnya.

Film terlaris Robert Downey Jr. garapan Fincher ini merupakan film bergenre thriller dan suspense dengan durasi tayang selama lebih dari 2 jam. Naskah yang dimiliki oleh Zodiac terinspirasi dari kejadian nyata yang sudah menjadi rahasia umum tentang sosok Zodiac, pembunuh berantai misterius yang sampai sekarang masih menjadi misteri dan tidak diketahui siapakah dia sebenarnya. Peran dari keempat pemain, termasuk Robert Downey Jr. sangatlah jempolan. Untuk Downey sendiri dia memerankan tokoh bernama Paul Avery yang dibekali oleh sifat yang sedikit arogan tapi tingkahnya terkadang memancing senyum.

Tropic Thunder (2008)

Superstar aksi yang dimanjakan Tugg Speedman (Ben Stiller) berperan dalam film perang terbesar dan termahal yang pernah diproduksi. Dia berangkat ke Asia Tenggara dengan “Who’s Who” dari rekan bintang selebriti. Mereka termasuk Kirk Lazarus (Robert Downey Jr.), aktor pemenang Oscar® tiga kali yang intens; Jeff Portnoy (Jack Black), bintang dari serial komedi populer “The Fatties”; multi-platinum hip-hop-bintang-menjadi-pengusaha-menjadi aktor Alpa Chino (Brandon T. Jackson); dan pemain pertama Kevin Sandusky (Jay Baruchel). Segera setelah produksi dimulai, para aktor dilemparkan ke dalam situasi kehidupan nyata dan dipaksa untuk menjadi unit pertempuran yang mereka gambarkan, untuk menemukan jalan keluar dari hutan dalam keadaan utuh.

The Soloist (2009)

The Soloist (2009)

Direncanakan bisa masuk ke bioskop pada akhir 2008, ternyata The Soloist mengalami penundaan sehingga baru bisa tayang pada 24 April 2009. The Soloist memuat kisah nyata dari persahabatan seorang jurnalis di Los Angeles Times, Steve Lopez, dengan seorang musisi jalanan kulit hitam, Nathaniel Ayers, yang menderita skizofrenia. Untuk kedua tokoh utamanya, ada Robert Downey Jr. sebagai jurnalis dan Jamie Foxx sebagai gelandangan dan musisi jalanan yang berbakat.

The Soloist merupakan film yang diperankan Robert Downey Jr. yang menyentuh hati. Pada satu bagian, penonton seakan diberi tahu tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam hubungan persahabatan. Hal itu ditunjukkan oleh Steve yang diperankan oleh Downey dengan berusaha keras agar bisa membantu mewujudkan keinginan Nathaniel untuk tampil di Walt Disney Concert Hall.

Due Date (2010)

Due Date (2010)

Walaupun komedi bukan wilayah Downey, tapi usahanya perlu diapresiasi dalam Due Date garapan sutradara Todd Philips yang pernah meluncurkan trilogi The Hangover. Bersama dengan Zach Galifianakis, Downey mencoba pengalaman baru untuk membuat penontonnya tertawa. Jalan cerita yang dimiliki oleh Due Date bisa dibilang pengulangan tema dari karya Todd sebelumnya, The Hangover. Tidak masalah asalkan pada akhirnya bisa membuat semua orang terhibur.

Pada film ini, Downey mendapatkan tugas sebagai pemeran Peter dan Zach sebagai Ethan. Awalnya, Peter hanya ingin pulang tepat waktu agar bisa berada di samping istrinya yang ingin melahirkan. Tapi di luar pengetahuan Downey, ada campur tangan orang lain yang menyebabkannya harus menempuh jalur darat. Lebih parahnya lagi, Peter tak bisa sampai rumah tepat pada waktu yang telah diperhitungkannya. Orang yang mengganggu perjalanan tersebut tak lain adalah Ethan yang diperankan oleh Zach.

Dua karakter berbeda yang bertemu secara tidak sengaja menjadi daya tarik pada film yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. ini. Downey dengan karakter pria yang keren dan berwibawa harus menghadapi Ethan yang rusuh dan menimbulkan malapetaka bagi Peter. Tentunya, karakter Peter tidak harus dibuat melakukan kekonyolan-kekonyolan karena tugas tersebut harus dilakukan oleh Ethan. Untuk ukuran film komedi, Due Date bisa dibilang cukup menghibur. Terlebih dengan kehadiran Downey yang membuat mata tak ingin berpaling dari kehebatan bermainnya yang sudah teruji.

Sherlock Holmes (2009 & 2011)

Sherlock Holmes

Sherlock Holmes adalah film Robert Downey Jr. terbaik yang dibalut dengan petualangan, misteri, kejahatan, dan sedikit laga. Selain Downey, Sherlock Holmes juga dibintangi oleh Jude Law dan Rachel McAdams yang semuanya berada di bawah arahan sutradara Guy Ritchie. Sherlock Holmes berkisah tentang seorang detektif yang sangat ahli dalam menyelidiki berbagai macam kasus, Sherlock Holmes (Downey).

Dalam menangani tiap kasus yang tidak bisa dipecahkan oleh orang biasa, Holmes ditemani oleh Dr. John Watson (Law) yang tak lain adalah dokternya sendiri. Pada Sherlock Holmes pertama, keduanya harus menghadapi kasus seseorang yang bangkit kembali setelah mati digantung. Sedangkan sekuel keduanya, Holmes dan Watson harus menyelidiki kasus kematian yang menimpa pewaris tahta Austria.

Baik Sherlock Holmes pertama maupun sekuelnya, keduanya sama-sama mendulang kesuksesan. Guy Ritchie begitu pandai menerapkan formula yang sama dalam menggambarkan Sherlock Holmes. Untuk menambah performanya, Ritchie juga menyajikan visual hasil rekaannya bersama tim efek spesial sehingga Sherlock Holmes tak hanya menarik dari segi cerita, tetapi sinematografinya juga.

The Judge (2014)

The Judge (2014)

Setelah bosan untuk memainkan karakter-karakter dengan tinkah laku yang agak nyeleneh, The Judge menjadi pelarian Robert Downey Jr. untuk mengasah kemampuan dirinya bermain di luar stereotip yang melekat dengannya. Digerakkan oleh David Dobkin, The Judge berjalan dengan alur yang cukup lambat karena memfokuskan cerita pada dua tokoh utamanya, Robert Downey Jr. sebagai Hank Palmer dan Robert Duvall sebagai ayahnya yang tak akur dengan Palmer sejak lama.

Palmer yang berprofesi sebagai pengacara sukses di kota harus kembali ke desa untuk membantu ayahnya yang terjerat kasus dugaan pembunuhan. Selama proses pencarian kebenaran, Palmer dan ayahnya, Judge Joseph Palmer, merajut kembali tali penghubung yang selama ini telah putus sekian lamanya. Akting dari duo Robert begitu menjual dan saling berlawanan. Selain Robert Downey Jr. dan Robert Duvall, The Judge juga menawarkan ensemble cast lain seperti Vera Farmiga, Billy Bob Thornton, Vincent D’Onofrio, Leighton Meester, dan Melissa Leo.

I Am Steve McQueen (2014)

“I Am Steve McQueen” menceritakan kisah hidup yang luar biasa dari aktor, pembalap, dan ikon budaya legendaris ini. Wawancara ekstensif, klip film, rekaman arsip, dan cuplikan suara mencatat kariernya yang luar biasa sambil berfokus pada korelasi antara pengalamannya di layar dan di luar layar. Film dokumenter ini diceritakan melalui mata orang-orang yang paling mengenalnya termasuk sebagian besar keluarganya yang mengikuti jalannya ke dunia akting termasuk putra Chad, (“Karate Kid”), cucunya Steven (“Vampire Diaries”), cucu perempuan Molly (“ Carjacked”) dan mantan istrinya Neile Adams McQueen (“This Could Be The Night”), Ali MacGraw (“Love Story”), dan jandanya mantan model Barbara Minty McQueen. Juga akan ditampilkan sederet tokoh dari Hollywood termasuk Gary Oldman, Pierce Brosnan, Marisa Miller, Robert Vaughn, Randy Couture, John Gilmore, Zoe Bell, Norman Jewison, Kristin Kreuk, dan Ben Mankiewicz.

Dikenal sebagai “King of Cool,” McQueen akan selamanya dikenal dalam pengetahuan sinematik dengan ketampanan, kepribadian bad-boy, dan karisma yang membara. Dia tumbuh dari preman kota kecil menjadi aktor dengan bayaran tertinggi dan paling dicari di generasinya. Penghargaan McQueen termasuk “The Sand Pebbles” (di mana ia dinominasikan untuk Academy Award), “The Thomas Crown Affair,” “The Getaway,” “Papillon,” “The Magnificent Seven,” dan “The Towering “Inferno.”

McQueen hidup cepat dan mengemudi lebih cepat, menyalurkan hasratnya untuk balap mobil dan sepeda motor ke dalam aksi mani dan adegan kejar-kejaran di film klasik seperti “The Great Escape” dan “Bullitt.” “Dalam masa pergolakan sosial, seni McQueen meniru hidupnya melalui ekspresi sinematik dari esensi sejatinya sendiri,” kata Derik Murray, Produser Eksekutif. “McQueen menjadi simbol kebebasan dan individualitas Amerika dan film dokumenter ini benar-benar menangkap semangatnya yang tak terlupakan.”

Dolittle 2020

Tujuh tahun setelah kematian istrinya, John Dolittle (Robert Downey Jr.) yang eksentrik, dokter dan dokter hewan terkenal di Inggris Victoria, menjadi seorang pertapa, bersembunyi di balik tembok tinggi Dolittle Manor, dengan hanya ditemani hewan peliharaannya. Tetapi ketika Ratu Victoria (Jessie Buckley) jatuh sakit parah, Dolittle yang enggan dipaksa untuk berlayar dalam petualangan epik ke pulau mitos untuk mencari obat, mendapatkan kembali kecerdasan dan keberaniannya saat ia melintasi musuh lama dan bertemu makhluk menakjubkan.

Itulah daftar film Robert Downey Jr. terbaik sepanjang masa. Tak bisa dipungkiri kalau Iron Man adalah salah satu blockbuster movie yang sampai kapanpun akan terus diingat oleh banyak orang. Berkat kehebatannya dalam berakting, Downey juga menjadi salah satu aktor kesayangan para sineas yang terlibat dalam menerjemahkan tokoh-tokoh super dalam novel terbitan Marvel. Daya tarik Downey yang begitu besar telah memberikan pundi-pundi pendapatan mencapai empat miliar dolar AS di bioksop-bioskop seluruh dunia serta jutaan dolar dari video serta suvenir film.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment