38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan

Posted on

Psikopat merupakan gangguan kejiwaan yang ditandai dengan beberapa perilaku abnormal seperti anti-sosial, tidak mempunyai empati, dan tindakannya berada di luar batas kepantasan (tak terkendali). Semakin ke sini, istilah psikopat banyak ditempelkan kepada para pelaku kriminal yang melakukan aksi kejahatan di luar batas normal manusia yang sejatinya mempunyai hati nurani.

Kelainan jiwa pada seorang psikopat ternyata menjadi daya tarik oleh sebagian orang, terutama para sineas perfilman barat ataupun Hollywood. Sejak tahun ’80 an sampai sekarang, kita sudah bisa melihat banyak sekali film barat yang menampilkan seorang psikopat dengan segala perilaku gila, aneh, dan liciknya.

Para pengidap psikopat menggunakan kecerdasan dan pesona mereka untuk memanipulasi para korbannya, termasuk polisi dan detektif. Itulah unsur menarik yang nampaknya menjadi alasan mengapa para sineas banyak menggarap film yang sepanjang ceritanya hampir dipenuhi dengan nuansa ketegangan. Berikut Oliswel tampilkan 38 film psikopat terbaik dengan tingkat kegilaan tersadis dan terseram yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan.

1. The Shining (1980)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Jalan cerita The Shining membuntuti keluarga Torrance yang sedang melaksanakan liburan musim dingin. Jack Torrance (Jack Nicholson) memilih untuk mengajak keluarganya berlibur dan menginap di sebuah hotel yang terisolasi selama musim dingin. Bersama anak, Danny Torrance (Danny Lloyd), dan istrinya, Wendy Torrance (Shelley Duvall), Jack mengalami banyak kejadian mistis dan supranatural di hotel tersebut.

Jack mendapat tawaran dan menerimanya sebagai karyawan di Overlook Hotel selama musim dingin. Tak pernah diketahui sebelumnya, hotel terpencil yang konon dibangun di atas kuburan tersebut ternyata memiliki rahasia kelam yang misterius. Sialnya, hal tersebut membuat Jack Torrance berubah menjadi gila, psikopat, neurotik, dan kacau sehingga istri dan anaknya berada dalam posisi yang terancam.

The Shining merupakan buah karya seorang sutradara perfeksionis bernama Stanley Kubrick. Cerita pada film psikopat terbaik The Shining merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King yang dikenal dengan julukan sang master misteri. Sepanjang jalan cerita, Kubrick membangun atmosfer yang kelam dan menegangkan yang tumbuh secara perlahan sampai kemudian menyentak dengan semaunya. Suguhan sederhana dari karya Kubrick yang terkenal akan “keabsurdan”-nya yang khas, membuat Anda merasakan banyak ambiguitas yang harus ditafsirkan sendiri.

2. The Silence of the Lambs (1991)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

The Silence of The Lambs mengikuti seorang murid unggulan FBI, Clarice Starling (Jodie Foster), yang diperintahkan untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap kasus Bufalo Bill, seorang pembunuh berantai yang menculik wanita untuk dikuliti. Clarice ditugaskan untuk mendatangi Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), seorang psikiater pintar sekaligus psikopat, pembunuh genius, dan kanibal yang dikurung di balik jeruji besi akibat perbuatannya.

Dr. Lecter setuju untuk diwawancarai dengan syarat berupa permintaan agar dirinya dipindahkan ke penjara dengan fasilitas yang lebih nyaman. Dengan kepintarannya, selama berinteraksi dengan Clarice, Dr. Lecter mulai menggasak kejiwaan Clarice. Kelihaiannya memainkan pikiran lawan membuat Clarice membeberkan motivasinya untuk melakukan penyelidikan kasus Bufalo Bill.

Sama seperti The Shining, The Silence of the Lambs juga film tentang psikopat yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Thomas Harris. Film yang disutradarai oleh Jonathan Demme ini memenangkan lima Academy Awards. Kesuksesan The Silence of the Lambs tak lepas dari karakter Dr. Lecter yang diperankan oleh Anthony Hopkins yang berhasil menggiring psikologis setiap pasang mata yang mengikuti jalan ceritanya.

3. Se7en (1995)

Kasus pembunuhan berantai yang belakangan ini terjadi mengharuskan dua orang detektif kepolisian, Mills (Brad Pitt) dan Somerset (Morgan Freeman), melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku. Si pelaku kejahatan yang psikopat melakukan pembunuhan dengan terminologi The Seven Deadly Sins atau tujuh dosa mematikan, yakni serakah, nafsu, iri hati, rakus, malas, marah, dan sombong.

Mills, detektif muda yang ambisius, dan Somerset, veteran yang akan segera pensiun, tak jarang berseteru karena perbedaan pendapat saat menjalankan tugas penyelidikan itu. Meski dipenuhi beragam konflik antar keduanya, mampukah mereka menemukan siapa dalang di balik tindakan kejahatan yang sudah banyak memakan nyawa tersebut?

Se7en merupakan film dengan karakter psikopat yang menghadirkan sebuah twist ending yang sangat memorable sepanjang sejarah perfilman. Dua aktor kawakan, Brad Pitt dan Morgan Freeman, bermain dengan sangat baik dan berhasil mencuri perhatian sebagai detektif atau agen rahasia yang mempunyai karakter berbeda.

4. The Dark Knight (2008)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Bruce Wayne adalah Batman, pahlawan bertopeng hitam yang berencana pensiun untuk memberikan dukungan kepada Harvey Dent, jaksa wilayah Gotham yang terkenal sebagai jaksa penuntut hukum yang benar-benar bersih dan adil. Namun, tanpa diduga sebelumnya, muncul seorang badut psikopat yang dapat membunuh orang sambil tertawa bernama Joker.

Batman tidak bisa melanjutkan rencana pensiun tersebut, terlebih ketika Joker mengancam Batman untuk membocorkan identitas aslinya. Jika tidak dituruti, Joker akan melakukan pembunuhan masal kepada penduduk Gotham. Mampukan The Dark Knight alias Batman mengatasi kegilaan dari mastermind kriminal psikopat bernama The Joker tersebut?

Joker merupakan villain dalam The Dark Knight. Berkat akting total dari Heath Ledger yang memerankan tokoh Joker, dirinya mendapat banyka pujian dari para penggemar sekaligus kritikus film. Bagaimana tidak, karena perannya tersebut, ia mendapatkan penghargaan Oscar yang diwakili oleh keluarganya.

Note: Heath Ledger meninggal dunia beberapa bulan setelah perilisan film psikopat tersadis ini.

5. Funny Games (1997)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, serta anak laki-laki berencana untuk mengadakan liburan di rumah mereka yang berada di tepi danau. Sesampainya di sana, ada dua orang pemuda yang datang untuk meminta empat butir telur. Setelah diberikan oleh sang nyonya pemilik rumah, mereka menjatuhkan telur tersebut dan memintanya lagi. Lantas sang nyonya memberikan telur lagi, dan kedua pemuda tak dikenal tersebut menjatuhkannya lagi.

Sang nyonya perlahan kesal terhadap pemuda tersebut yang juga tidak sengaja menjatuhkan telepon rumahnya ke dalam bak cuci piring sehingga rusak. Masalah telur pecah dan telepon rusak tersebut ternyata membuat kegiatan liburan keluarga tersebut jauh dari kata menyenangkan. Kedua pemuda itu justru melakukan permainan “lucu” yang mempertaruhkan nyawa keluarga kecil tersebut.

Funny Games adalah tontonan yang dapat membuat Anda kesal. Pasalnya, sang sutradara, Michael Haneke, memilih untuk mengambil sudut pandang film dari antagonisnya. Film yang bertema psikopat berjudul Funny Games menjadi representasi kekerasan yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita, namun dengan cara yang sama sekali tidak biasa.

6. Peeping Tom (1960)

Mark Lewis (Carl Boehm) adalah seorang kameramen yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai fotografer untuk foto porno. Mark adalah pria yang terlihat pendiam, tenang, dan misterius. Di balik kebiasaannya memegang kamera, ternyata Mark mempunyai sisi gelap yang tidak diketahui orang-orang sekitarnya, yakni membunuh wanita dan merekam ekspresi terakhir dari korban sebelum menemui ajalnya.

Kebiasaan mengerikan yang dilakukan oleh Mark tersebut dilakukan karena dirinya begitu terobsesi dengan ekspresi para korban yang ketakutan di saat mengetahui ajal akan segera menjemput. Hingga suatu hari datang seorang wanita bernama Helen (Anna Massey), yang tertarik dengan sosok Mark dan mengetahui beberapa hal termasuk masa lalu Mark yang kelam.

Peeping Tom tidak banyak menampilkan adegan berdarah seperti kebanyakan film psikopat tersadis lain. Nampaknya, sang sutradara, Michael Powell, lebih memilih untuk mengajak kita untuk merasakan bagaimana perasaan takut yang luar biasa saat mengetahui bahwa ajal akan segera menjemput.

7. Seven Psychopaths (2012)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Seorang penulis naskah film, Marty Faranan (Colin Farrell), tengah mengalami writer’s block atau kebuntuan ide. Naskah film yang diberinya judul Seven Psychopaths tersebut belum mempunyai karakter-karakter tokoh sekaligus cerita yang mendetail, meskipun Marty sudah mempunyai konsep cerita yang menjadi cikal bakal bagaimana nasib dari karyanya tersebut.

Di tengah kebuntuan tersebut, Marty ditemani oleh sahabatnya, Billy Bickle (Sam Rockwell), seorang aktor yang kebetulan sedang tidak mendapatkan tawaran bermain film sehingga terpaksa mencari penghasilan dengan cara menculik anjing dan berpura-pura mengembalikannya pada sang pemilik. Hingga suatu ketika Billy menculik anjing yang dimiliki oleh seorang bos mafia yang begitu mencintai anjingnya.

Keadaan tersebut semakin memburuk karena Charlie yang tak lain adalah pemilik anjing yang dicuri oleh Billy, berusaha mati-matian untuk menemukan Billy. Marty yang secara tidak sengaja berada dalam “kisah” tersebut mendapatkan inspirasi untuk mengisi cerita pada naskahnya berdasarkan pengalamannya berurusan dengan para psikopat tersebut.

Seven Psychopaths banyak menampilkan adegan brutal penuh darah dan potongan tubuh. Apabila Anda menyukai film gore semacam itu, maka Seven Psycophats adalah pilihan yang tepat. Pada film psikopat terbaik di dunia ini, Martin McDonagh yang menjadi perancang juga menawarkan berbagai macam twist di sepanjang filmnya sehingga tidak ada yang bisa menebak kemana arah ceritanya akan dibawa.

8. Ichi the Killer (2001)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Anjo, bos geng Yakuza mendadak menghilang bersama 3 juta Yen yang dibawanya. Selama dirinya menghilang, banyak anggota geng tersebut yang mengira bahwa pimpinannya telah tewas dibunuh oleh tangan kanannya, Kakihara yang justru masih percaya kalau Anjo, bosnya, masih hidup dan sedang disandera di suatu tempat.

Bersama anggota lainnya, Kakihara melakukan pencarian untuk menemukan Anjo. Mereka mengintrogasi orang-orang yang dicurigai menjadi pelaku dibalik hilangnya bos Anjo. Tidak lama kemudian, Kakihara menghadapi sebuah masalah. Dirinya harus berhadapan dengan sosok misterius bernama Ichi yang telah menewaskan banyak anggotanya dengan pembunuhan yang super sadis.

Sebelum Anda tertarik untuk menonton film berbau psikopat ini, perlu diketahui kalau Ichi the Killer merupakan salah satu film yang menceritakan tokoh psikopat yang di-banned di banyak negara. Film ini banyak menampilkan adegan kekerasan, kekejaman, mutilasi anggota tubuh, hingga hujan darah yang boleh jadi bakal membuat Anda tidak nafsu makan setelah menontonnya.

9. Thief His Wife & Her Lover (1989)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Sebuah restoran mewah dengan latar yang cukup berwarna dan terkadang sangat kontras dimiliki oleh seorang gangster egois yang keras kepala. Pemilik restoran tersebut mempunyai seorang istri yang berada dalam kontrolnya. Sang istri yang merasa tertekan ternyata jatuh hati kepada seorang pria dan mereka bersepakat menjalin hubungan rahasia.

Semula, perselingkuhan antara sang istri pemilik restoran dengan kekasih gelapnya yang tak lain adalah seorang kutu buku mulai tercium oleh sang suami. Mengetahui hal tersebut, timbullah rencana jahat dari sang suami untuk menghabisi nyawa dari kekasih gelap sang istri.

Thief His Wife & Her Lover mengemas cerita yang sederhana mengenai cinta, pengkhianatan, dan balas dendam. Peter Greenway yang duduk sebagai sutradara pada film psikopat terlaris ini seakan mengajak kita untuk lebih berhati-hati. Pesan yang tak kalah sederhana dari Peter yang coba disampikan lewat karyanya ini intinya adalah jangan sampai kita bermain api kalau belum siap menerima sambaran api yang tiba-tiba menghampiri kita.

10. The Devil’s Rejects (2005)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Pada salah satu kota hidup sebuah keluarga tekenal yang dikenal sebagai keluarga Firefly. Keluarga Firefly bukan dikenal karena sesuatu yang pantas dipuji, melainkan karena keganasannya. Keluarga Firefly telah menculik lebih dari 70 orang dan membunuhnya. Mereka melakukan hal tersebut hanya untuk bersenang-senang.

Teror yang telah lama menghantui penduduk kota tersebut membuat polisi menjadikan keluarga Firefly sebagai buronan nomor satu. Mereka harus ditangkap, baik dalam keadaan hidup ataupun mati demi menghentikan teror dan mengembalikan keadaan kota. Sampai suatu hari, polisi berhasil menangkap dua anggota keluarga Firefly dan menjadikannya saksi. Keluarga Firefly yang tidak terima dengan tindakan dari pihak kepolisian tersebut berniat untuk melakukan balas dendam.

The Devil’s Rejects adalah film tentang keluarga psikopat yang mempunyai durasi tayang selama 107 menit. Disutradari oleh Rob Zombie yang sekaligus menggarap naskahnya. Film The Devil’s Rejects rilis pertama kali pada 22 Juli 2005 di bioskop-bioskop Amerika Serikat.

11. Natural Born Killers (1994)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Mickey Knox (Woody Harrelson), seorang pengantar daging yang mempunyai pacar bernama Mallory (Juliette Lewis) adalah sepasang kekasih dengan hobi yang sangat jarang dimiliki oleh pasangan lain. Kedua pasangan ini suka melakukan pembunuhan hana untuk mencari kesenangan semata. Sudah banyak korban yang berjatuhan di tangan mereka, termasuk polisi.

Kegilaan yang dimiliki oleh sepasang kekasih psikopat ini disebabkan oleh masa lalu yang kelam. Mickey mengalami trauma pada masa kecilnya, yakni melihat dengan mata kepalanya sendiri saat ayahnya mati dibunuh dengan sadis oleh orang lain. Sedangkan Mallory telah lama dan sering dimarahi, ditakut-takuti, dan disiksa oleh ayahnya sendiri. Perbuatan mereka tentu menjadi perhatian polisi. Berhasilkan Mickey dan Mallory selamat dari kejaran polisi?

Natural Born Killers adalah hasil karya sutradara Oliver Stone dengan karakter pemain yang mengikuti alur cerita dari Quentin Tarantino sebagai penulis naskah. Film yang mengangkat genre aksi drama ini dirilis pada tahun 1994, mempunyai durasi tayang selama 122 menit tanpa scene yang dipotong, atau 118 menit dengan scene yang dipotong.

12. The Night Of The Hunter (1955)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Harry Powell (Robert Mitchum) adalah seorang narapidana sekaligus pria karismatik yang mengaku sebagai pengkhotbah. Kemampuannya untuk merangkai kata-kata dimanfaatkan olehnya untuk mendekati orang-orang yang bakal menjadi korbannya dengan tujuan agar mereka mau menuruti segala keinginannya.

Di dalam penjara, Harry bertemu dengan sesosok pria yang menjadi terpidana hukuman mati bernama Ben Harper karena melakukan pembunuhan dan perampokan uang. Mengetahui hal tersebut, Harry berupaya untuk mendekati Ben agar membocorkan di mana tempat ia menyembunyikan uangnya sebelum di penjara.

Setelah mengetahui uang tersebut berada di rumah Ben, Harry yang baru bebas dari penjara segera mendatangi rumahnya dan merencanakan niat untuk menikahi janda Harper. Niatan tersebut semata-mata hanya untuk mendapatkan uang yang disimpan oleh Ben Harper. Bagaimanakah nasib janda Harper setelah rumahnya dimasuki oleh seorang pembunuh berantai berdarah dingin yang tak diketahui asal-usulnya tersebut?

13. Basic Instinct (1992)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Kematian yang menimpa pemilik klub malam sekaligus seorang bintang rock, Johnny Boz, menjadi kasus pembunuhan yang sangat mengerikan. Johnny ditemukan tewas dalam keadaan terikat di tiang dengan syal sutra putih dan ditikan dengan pemecah es di kamar tidurnya. Seorang detektif, Nick Curran (Michael Douglas), mendapatkan tugas untuk mengungkap kasus tersebut.

Dalam penyelidikannya, Nick yang mempunyai seorang kekasih yang berprofesi sebagai psikolog bernama Dr. Beth Garner (Jeanne Triplehorn), bertemu dengan seorang wanita yang cantik, pintar, dan seksi bernama Catherine Tramell (Sharon Stone). Daya tarik yang dimiliki oleh Catherine serta suaranya yang sensual dan erotis membuat Nick tak mampu menahan diri. Nick melakukan hubungan intim dengan Catherine yang membuat penyelidikan semakin rumit.

Basic Insict adalah film yang disutradarai oleh Paul Verhoeven yang terbilang menjadi film psikopat paling mengerikan dan kontroversial di eranya, terutama dikarenakan beberapa adegan seks yang dibilang sangat vulgar. Meski demikian, film yang tayang pada tahun 1992 ini juga dikategorikan sebagai film yang sangat cerdas. Di sepanjang ceritanya, Anda akan diajak untuk berpikir, berimajinasi, dan bertanya-tanya.

14. M (1931)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

M merupakan film psikopat terseram yang menampilkan kisah seorang pembunuh berantai yang kebanyakan korbannya adalah anak-anak. Penculik dan pembunuh anak-anak kecil di kota Berlin tersebut bernama Hans Beckert (Peter Lorre). Perbuatannya yang meresahkan warga tentu membuat polisi turun tangan untuk segera menangkap Hans.

Aktivitas polisi dengan tujuan menangkap Hans ternyata berdampak pada bisnis mafia sehingga pencarian terhadap Hans tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian, tetapi juga oleh para mafia. Dalam perburuannya, kontras sekali dengan intrik politik, terutama mengenai anti-NAZI yang saat itu sedang berkuasa di Jerman. Apakah nasib Hans akan berakhir di tangan polisi, atau justru ke tangan para bos mafia?

M bisa dikatakan sebagai pionir film yang menghadirkan tema pembunuhan berantai. Bahkan seorang sutradara legendaris Alfred Hitchcock mengaku terinspirasi dengan film bersuara pertama karya Fritz Lang ini. Sekilas, pengambilan gambar yang terfokus pada tokoh personal terasa sangat membosankan. Akan tetapi, jika Anda mau lebih memperhatikan, nampaknya Lang sengaja melakukan hal tersebut untuk menunjukkan pembangunan perubahan emosi dari dialog ke dialog oleh para pemainnya.

15. Hard Candy (2005)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Berawal dari chatting online, Jeff Kohvler (Patrick Wilson) mengajak lawan bicara mayanya, Hayley Stark (Ellen Page), untuk melakukan pertemuan. Mereka bertemu di sebuah kafe untuk melakukan kopi darat dan setelahnya, mereka melanjutkan perjalanan hingga sampailah mereka ke rumah Jeff.

Di rumah Jeff, mereka berbincang-bincang dengan tujuan agar lebih mengenal satu sama lain. Tanpa sepengetahuan Jeff, Hayley memasukkan obat tidur pada minuman Jeff. Mendadak, Jeff bangun dalam keadaan terikat sembari kebingungan. Tak jarang Jeff bertanya kepada Hayley kenapa dia mengikatnya ke bangku.

Setelah itu, Hayley mulai menceritakan dosa apa yang dahulu pernah Jeff lakukan, yakni memperkosa dan membunuh seorang anak gadis demi memuaskan hasrat berahinya. Sontak saja, Jeff terheran dan mengelak pernyataan yang disampaikan oleh Hayley. Dalam benak Jeff timbul pertanyaan, darimana wanita ini bisa tahu? Apa alasan Hayley melakukan ini? Serta adakah benang merah antara Hayley dengan gadis yang pernah disetubuhi olehnya itu?

16. We Need to Talk About Kevin (2011)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Wee Need to Talk About Kevin merupakan film psikopat anak kecil yang bercerita tentang Kevin Khatchadourian (Ezra Miller), seorang anak yang sedari kecil mempunyai kehidupan yang kelam, dirinya sulit beradaptasi dan tidak memiliki ketertarikan terhadap apapun. Saat berusia remaja, Kevin dijebloskan ke dalam penjara setelah melakukan aksi pembunuhan berantai yang dilakukan kepada teman-teman SMA-nya.

Kehadiran adik perempuannya, Cella (Ashley Gerasimovich), yang cerah ceria membuat Kevin cemburu. Kecemburuan Kevin berdampak pada kematian hewan peliharan Cella. Bahkan, mata Cella juga ikut buta. Namun sayangnya, Franklin (John C. Reilly) yang tak lain adalah ayahnya, menganggap hal tersebut murni sebagai kecelakaan, meskipun ibunya, Eva (Tilda Swinton), telah menaruh kecurigaan kepada Kevin.

17. Reservoir Dogs (1992)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Delapan orang pria sedang menikmati sarapan sembari membicarakan lagu Like A Virgin kepunyaan Madonna. Keenam pria tersebut tidak diketahui namanya dan hanya menggunakan nama samaran, seperti Mr. White, Mr. Orange, Mr. Blue, Mr. Blonde, Mr. Pink, dan Mr. Brown. Dua diantaranya adalah sepasang ayah, Joe Cabot, dan putranya, Eddie.

Keenam pria tersebut mempunyai rencana untuk merampok sebuah toko berlian atas perintah dari Joe Cabot. Sesampainya pada aksi perampokan, ternyata semuanya tidak berjalan mulus. Mr. Pink yang juga terlibat dalam perampokan tersebut menaruh kecurigaan kepada salah satu di antara kelima temannya melakukan pengkhianatan dengan membocorkan rencana perampokan tersebut pada polisi. Hingga akhirnya, situasi semakin tidak terkendali karena munculnya rasa saling curiga antara satu rekan dengan rekan yang lain.

Reservoir Dogs yang tayang pada tahun 1992 ini merupakan film psikopat terpopuler karya Quentin Tarantino yang juga ikut bermain memerankan tokoh Mr. Brown. Karakter psikopat yang dimiliki seorang rekannya, Mr. Blonde, ketika menyiksa dan memotong telinga seorang polisi dengan iringan lagu “Stuck in the Middle With You”, merupakan adegan yang begitu gila dan memorable.

18. There Will Be Blood (2007)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Seorang penambang minyak yang kaya raya, Daniel Palinview, tidak lantas membuatnya merasakan ketenangan akibat hidupnya yang berlimang dosa dan dihimpit oleh kekangan dari seorang pendeta muda. Kerakusannya terhadap harta pada diri Daniel sudah ada sejak ia menemukan tambang perak yang berlimpah dan mendapatkan hak paten atas tambang tersebut.

Kegilaan Daniel terhadap harta sulit melebur dengan ketentraman jiwanya. Seorang manusia rakus, kejam, dan tidak berperikemanusiaan merupakan karakter yang dimiliki oleh seorang Daniel. Sementara anak adopsinya, H.W, yang telah lama menjadi partner bisnisnya, menjadi sangat marah karena kehadiran seorang pria bernama Henry yang datang untuk meminta pekerjaan dan menjadi sangat dekat dengan Daniel.

There Will Be Blood yang berada di bawah naungan Paramount Pictures merupakan hasil garapan sutradara Paul Thomas Anderson yang sekaligus menjadi produser dan penulis naskahnya. Paul membesut film mengenai psikopat ini karena terinspirasi dari novel berjudul OIL! (1927) milik Upton Sinclair. Akting sempurna dari seorang Daniel Day-Lewis sebagai penambang yang tamak berhasil mengantarkannya ke berbagai pada nominasi piala Oscar.

19. Cape Fear (1991)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Akibat kasus kejahatan berupa pemerkosaan dengan kekerasan yang telah dilakukannya, Max Cady (Robert De Niro), dijebloskan ke dalam penjara. Setelah bebas dari penjara yang mengurung dirinya selama 14 tahun, ternyata tidak membuat Cady mendapatkan efek jera. Cady bukan memulai hidup sebagai pribadi yang lebih baik karena masa lalu yang kelam, melainkan melakukan aksi balas dendam kepada pengacaranya sendiri.

Sam Bowden (Nick Nolte), yang tak lain adalah pengacara atas kasus yang menimpa Cady, ternyata melakukan kesalahan besar dengan menyembunyikan dokumen yang sebetulnya bisa membebaskan Cady dari hukuman berat. Cady melakukan aksi teror kepada keluarganya, termasuk sang istri, Leigh (Jessica Lange) yang apatis, dan anaknya, Danielle (Juliette Lewis) yang baru berusia 15 tahun dan merupakan merupakan seorang remaja bermasalah.

Film thriller psikopat yang dirancang oleh sutradara ternama, Martin Scorsese, pada tahun 1991 ini merupakan hasil remake film keluaran 1962 dengan judul yang sama. Di dalam Cape Fear, Robert De Niro merupakan tokoh psikopat yang sangat kejam. Aktingnya dalam memainkan permainan kucing dan tikus yang menuntut nyawa terhadap keluarga Sam sangatlah patut untuk diberi apresiasi.

20. No Country for Old Men (2007)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Saat berburu kijang di suatu tempat, Llewelyn Moss (Josh Brolin) secara tidak sengaja menemukan tas berisikan uang sebesar 2 juta dolar hasil transaksi obat bius di tempat berburunya tersebut. Dengan segera, Moss membawa uang tersebut dan meninggalkan seseorang keturunan Meksiko yang terlibat dalam transaksi obat bius tadi.

Moss yang berhasil membawa uang tersebut menyuruh istrinya, Carla Jean (Kelly Macdonald), untuk pergi ke rumah ibunya. Moss kemudian menyembunyikan uang tersebut di sebuah motel. Tanpa disadari olehnya, ternyata di dalam tas berisikan uang hasil transaksi tersebut telah diletakkan alat pelacak. Tentu, Moss menjadi buruan. Seorang pembunuh bayaran berdarah dinggin, Anton Chigurh (Javier Bardem), yang melarikan dari penjara diperintahkan untuk melacak uang tersebut. Apakah Moss selamat dari kejaran narapidana yang terkenal berdarah dingin tersebut?

No Country for Old Men adalah film bergenre psikopat dan crime-thriller buatan Amerika yang rilis pada 9 November 2007. Disutradarai oleh Joel dan Ethan Coen. Merupakan film psikopat Amerika yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Cormac McCarthy. Berkat akting dari pemain dan sentuhan cerita dari sang sutradara, No Country for Old Men berhasil meraih banyak penghargaan pada ajang bergengsi seperti British Academy of Film Awards, Golden Globes, dan Academy Awards.

21. Blue Velvet (1986)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Jeffrey Beaumont (Kyle McLachlan) adalah seorang pemuda yang secara tidak sengaja menemukan sepotong telinga di sebuah padang rumput. Penemuan yang tidak biasa tersebut menimbulkan rasa penasaran Jeffrey yang pada akhirnya membawanya bertemu dengan sosok wanita bernama Dorothy Vallens (Isabella Rosselini), seorang penyanyi kafe yang anak dan suaminya sedang diculik oleh seorang psikopat bernama Frank Booth (Dennis Hopper).

Mata kepala Jeffrey yang bersembunyi di balik lemari mengintip aksi Frank melakukan penyiksaan sekaligus hubungan intim yang menegangkan terhadap Dorothy. Tidak ada alasan ataupun manfaat dari semua yang dilakukan oleh Jeffrey atas penemuannya sekaligus yang dilakukannya tersebut. Namun, rasa penasarannya seakan tidak terlunaskan bila tidak terus mencari tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dennis Hopper pada Blue Velvet berperan sebagai psikopat yang sangat sinting, penganut aliran oedipus kompleks, sekaligus seorang sadomasokis yang kerap berkata kasar. David Lynch yang terkenal berkat gaya surealisnya di film sebelumnya, The Elephant Man (1980), juga menciptakan film ini dengan nuansa hitam penuh ketegangan, meskipun bercerita linier dan tidak menimbulkan pertanyaan.

22. American Psycho (2000)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Hidup sebagai businessman yang kaya raya membuat Patrick Beatman (Christian Bale) dikerubungi banyak wanita, mulai dari wanita-wanita kelas bawah hingga kelas atas. Ditambah lagi dengan ketampanannya, daya pikat yang dimilikinya semakin banyak menarik wanita untuk berada di pelukannya.

Akan tetapi, di balik kemewahan dan kesempurnaan hidupnya, Patrick menyimpan rahasia tergelap di dalam dirinya yang tidak diketahui oleh orang-orang sekitarnya. Patrick ternyata seorang psikopat yang tak segan membunuh orang hanya karena masalah remeh. Bersama dengan ketidakwarasannya, mulai terungkap alasan-alasan yang berbatasan dengan realita yang ada.

American Psycho adalah film psikopat terbaik yang sangat menegangkan, disutradari oleh Mary Haron yang juga menyusun naskahnya. Rilis pada tahun 2000, mendapat sambutan luar biasa dari penikmat film berwarna. Hingga kini, American Psycho masih dianggap sebagai film psikopat barat yang paling menyeramkan.

23. Misery (1990)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Paul Sheldon (James Caan) adalah seorang novelis yang sukses dan terkenal berkat karakter bernama Misery Chastaine, tokoh yang menjadi karakter utama dalam novel romantis buatannya, mengalami kecelakaan saat hendak kembali ke New York untuk mengembalikan novel terbarunya yang baru rampung ia selesaikan. Untungnya, nasib baik masih mengikutinya. Dirinya diselamatkan oleh seorang wanita bernama Annie Wilkes (Kathy Bates), seorang mantan perawat dan (kebetulan) juga seorang fans berat novel Misery milik Paul.

Sebagai bentuk balas budi kepada Annie karena telah merawatnya, Paul mempersilakan Annie untuk membaca novel yang baru saja dibuatnya. Annie yang begitu terobsesi dengan karakter Misery mendadak berubah menjadi wanita pemantik rasa takut dalam diri Paul, karena mengetahui bahwa tokoh pujaannya tersebut “dimatikan”. Annie yang ternyata seorang psikopat gila memaksa Paul untuk menulis ulang dan menghidupkan kembali Misery, tokoh pujaan Annie, dalam novel tesebut, atau nyawa Paul yang menjadi taruhannya.

Atmosfer mencekam bisa Anda rasakan jika mengikuti perubahan emosi yang terjadi secara mendadak dalam diri Annie pada film psikopat wanita karya Rob Rainer ini. Aktingnya sebagai sosok psikopat bernama Annie Wilkes akan membuat bulu kuduk Anda bergidik. Annie yang tadinya tampak sebagai wanita lemah lembut, mendadak berubah dengan berteriak histeris setelah mengetahui “kenyataan” yang baru diterimanya tidak selaras dengan harapannya.

24. A Clockwork Orange (1971)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Seorang remaja bernama Alex adalah sosok psikopat yang hanya mencintai dua hal dalam hidup, yakni kekerasan dan Beethoven. Penjahat kambuhan dan tak bermoral ini ditangkap oleh polisi dengan tuduhan pembunuhan dan pemerkosaan. Keinginannya untuk bebas lebih cepat mendorong Alex untuk bertobat dan berubah, dirinya banyak melakukan hal-hal baik selama di penjara.

Setelah bebas dari jeruji tahanan, Alex hidup kembali ke tengah-tengah masyarakat. Sebagai seseorang yang baru saja menebus kesalahannya dengan berubah menjadi lebih baik ternyata tak lantas membuat Alex bernasib baik. Sekelompok orang yang dulu pernah menjadi korban dari Alex melakukan aksi balas dendam kepada Alex. Bagaimanakah nasib Alex pasca bebas sebagai penjahat sekaligus psikopat yang terobsesi dengan nyawa seseorang?

Sutradara legendaris Stanley Kubrick sepertinya ingin menyampaikan pesan bahwa tidak ada satu pun manusia yang bisa mengubah manusia lain, kecuali dirinya sendiri lewat filmnya ini. Hal tersebut bisa dilihat pada bagian kedua dari A Clockwork Orange, atau tepatnya saat eksperimen Ludovico Technique yang ditujukan kepada Alex.

Note: Eksperimen Ludovico Technique adalah sebuah eksperimen yang dapat mengubah seorang penjahat menjadi seseorang yang lebih baik.

25. Mr. Brooks (2007)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Pria sukses yang tampak berwibawa, Earl Brooks (Kevin Costner), merupakan sosok family man yang sukses di pekerjaan dan berhasil meraih penghargaan sebagai Man of the Year. Di balik anggapan yang melekat dalam diri Mr. Brooks, ternyata ada rahasia terbesar dalam diri Mr. Brooks yang bila diketahui orang lain maka bisa merusak reputasinya.

Mr. Brooks ternyata mempunyai teman imajinasi bernama Marshall (William Hurt) yang selalu memengaruhi dan mendorong Mr. Brooks untuk melakukan pembunuhan. Sensasi yang dirasakan oleh Mr. Brooks saat melakukan pembunuhan menjadikannya ketagihan, meskipun dirinya sudah berjanji tidak akan membunuh lagi. Sampai suatu ketika, Mr. Brooks melakukan kesalahan dan muncul konflik yang membuat dirinya ketakutan, merasa terancam, dan mengkhawatirkan “penyakit”-nya akan menurun ke putrinya.

Kevin Costner dan Demi Moore adalah dua aktor yang memainkan peran aktif pada dua tokoh psikopat di dalam film Mr. Brooks. Dengan kecerdasan dari seorang Bruce A. Evans sebagai sutradara sekaligus penulis skenario ditemani oleh Raynold Gideon, Mr. Brooks menjadi film thriller yang sekaligus berhasil meletakkan unsur psikologi di dalamnya.

26. Psycho (1998)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Marion Derek (Anne Heche) adalah seorang pembantu rumah tangga yang telah lama bekerja pada majikannya yang kaya raya. Suatu ketika, kekasih Marion, Sam Loomis (Viggo Mortensen), terlibat hutang yang sangat besar, yakni empat ratus juta rupiah. Sam Loomis yang tidak tahu lagi harus meminta tolong kepada siapa meminta bantuan kepada Marion. Hingga Marion nekat mencuri uang majikannya dan membawanya untuk diberikan pada Sam.

Di perjalanan, Marion mendapatkan hambatan. Badai besar membuat Marion harus bermalam di sebuah motel. Pemilik motel, Norman Bates (Vince Vaughn), menyambut Marion dengan ramah, bahkan ia juga mengajak Marion makan malam bersama. Saat makan malam itu, tanpa dipikirkan sebelumnya, Marion bercerita tentang uang yang diambil dan dibawanya tersebut. Sialnya, Marion tidak mengetahui bahwa Norman ternyata seorang psikopat yang mempunyai kepribadian buruk dan gila. Hal tersebut menyebabkan Marion berada dalam situasi berbahaya yang mengancam nyawanya.

Psycho adalah film klasik yang dirancang oleh Gus Vant Sant ditemani oleh Joseph Stefano sebagai penulis skenarionya. Sebagai penonton, kita diajak untuk mengamati tingkah laku si psikopat Norman Bates yang bermasalah dengan dirinya. Kedatangan Marion seakan menjadi makan malam bagi Norman Bates yang dalam dirinya menyimpan sebuah rahasia yang dipengaruhi oleh ibunya yang telah meninggal. Atmosfer menegangkan yang didatangkan semakin lama semakin terasa mencekan dan mengejutkan.

27. Saw (Movie Series)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Apabila Anda mencari film psikopat terbaik sepanjang masa, maka salah satu film yang bisa menjadi jawabannya adalah Saw. Saw adalah film serial pembunuh yang disebut-sebut sebagai film horor yang paling sukses oleh Guinness World Records. Sudah banyak sekuel-sekuel lanjutan dari keganasan seorang pembunuh berjuluk “Jigsaw” tersebut.

Saw menjadi film psikologi yang banyak mengundang perasaan takut dan tegang di sepanjang ceritanya. Kemasan cerita yang sebetulnya monoton, namun berkat kegilaan dari sutradara James Wan yang sangat berani dalam menampilkan kesadisan dari sosok Jigsaw di dalamnya membuat Saw menjadi salah satu franchise film horor psikologis sepanjang masa.

28. The Human Centipede (2009)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Melakukan perjalanan mengelilingi Eropa adalah rencana sekaligus impian besar bagi Lindsay (Ashley C. Williams) dan Jenny (Ashlynn Yennie) yang tak lama lagi akan terwujudkan. Pengalaman liburan yang seharusnya menyenangkan ternyata berubah menjadi bencana saat mobil yang mereka naiki mengalami bocor di tengah jalan yang sepi. Dikarenakan tidak mendapat pertolongan, mereka memutuskan untuk mencari rumah terdekat yang bisa dimintai pertolongan.

Dr. Heiter, yang tak lain adalah pemilik rumah yang mereka datangi, menyambut hangat kedatangan mereka. Keramahan Dr. Heiter ternyata menimbulkan rasa curiga kepada Lindsay, namun semua terlambat karena Jenny sudah lemas terkena pengaruh obat yang diberikan oleh Dr. Heiter pada minumannya. Benar saja, Dr. Heiter ternyata seorang dokter gila yang terkenal setelah melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam. Lindsay dan Jenny berada di dalam ruang operasi sebagai objek percobaan Dr. Heiter yang terobsesi untuk menciptakan manusia kelabang.

Karakter Dr. Heiter yang diperankan oleh Dieter Laser pada film ini perlu kita acungi jempol. Laser mampu menciptakan kesan sebagai dokter dengan kelainan jiwa yang hanya dengan melihat gerak-gerik dan mimik posenya saja, kita sudah bisa menebak seberapa gila sosok Dr. Heiter pada film psikopat terbaik berjudul The Human Centipede hasil besutan Tom Six ini.

29. Taxi Driver (1976)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Malam yang panjang di tengah kota yang ramai penduduk, New York, bagaikan surga bagi seorang bekas tentara perang Vietnam bernama Travis Bickle (Robert De Niro). Travis yang menderita insomnia memilih untuk menghabiskan waktu malam dengan bekerja sebagai supir taksi. Namun, Travis harus memaksa diri agar bisa beradaptasi dan nyaman dengan kehidupan malam kota New York yang dipenuhi dengan “sampah”, menurutnya.

Di balik kemudi taksi yang dibawanya, Travis yang seorang penyendiri mulai terpengaruhi keadaan mentalnya karena lingkungan kelam di malam hari kota New York. Karakternya yang kaku, depresif, dan tampak seperti tak punya arah dalam hidup, mendadak berubah menjadi sosok yang brutal karena kesepian dan keterasingan yang melandanya. Kesengsaraan yang menusuk jiwa ditambah dengan sakit hati yang menimpanya setelah dijauhi oleh wanita yang disukainya membuat Travis memutuskan untuk melakukan apapun untuk membuat dunia menjadi lebih baik, dengan caranya.

Alur yang cenderung lambat pada film psikopat terbaik berjudul Taxi Driver hasil besutan sutradara ternama, Martin Scorsese, mampu terabaikan berkat inti dari keseluruhan cerita serta pesan yang tersampaikan dalam benak kita. Banyak penggemar film yang menganggap bahwa Scorsese sengaja menampar kesadaran kita, sebagai manusia, untuk lebih peduli satu sama lain lewat film yang memperoleh rating cukup tinggi di IMDb ini.

30. Dead Ringers (1988)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Elliot dan Beverly Mantle (Jeremy Irons) merupakan dokter kandungan sukses yang kembar identik. Meski mempunyai wajah dan perawakan yang sama serta sulit dibedakan, keduanya mempunyai sifat berbeda. Elliot mempunyai kebiasaan buruk yakni menggoda dan meniduri pasiennya sebelum dicampakkan kepada kembarannya, Beverly.

Suatu ketika datang pasien wanita yang berprofesi sebagai aktris, Claire Niveau (Genevieve Bujold), yang mengalami depresi berat sehingga menjadi pecandu narkoba. Kedatangan Claire membuat mereka jatuh cinta kepadanya. Pengaruh obat-obatan yang dipengaruhi oleh Claire disertai stres berkepanjangan akhirnya membawa masalah utama pada banyak orang.

Dead Ringers adalah film psikopat yang menyeramkan karya David Cronenberg, yang mempunyai jalan cerita yang tidak biasa dan hadir dengan tampilan luar biasa. Sebagai film lahir pada akhir tahun 80-an, Dead Ringers menjadi sajian yang dapat mengundang ketakutan banyak orang. Ditambah lagi dengan kemampuan akting dari seorang Jeremy Irons yang memerankan dua tokoh sekaligus menjadikan cerita horor yang hendak disampaikan terasa lebih mengerikan.

31. Mother’s Day (1980)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Seorang ibu psikopat bernama Natalie “Mother” Koffin (Rebecca De Mornay), membesarkan ketiga putranya dengan cara yang tidak biasa. Pada suatu hari, mereka melaksanakan rencana perampokan bank, namun gagal sehingga ketiga putra Natalie terpaksa lari dan bersembunyi ke rumah lamanya bersama sang adik, Johnny (Matt O’Leary), yang saat itu sedang dalam keadaan terluka.

Setelah tiba di rumah lamanya, mereka mendapati rumah tersebut telah dihuni oleh keluarga lain. Dikarenakan panik, penghuni baru rumah tersebut menjadi sasaran mereka. Penghuni baru rumah tersebut beserta tamunya pun menjadi sandera dari ketiga putra Mother sembari menunggu kedatangan Natalie ke rumah itu. Hingga seseorang yang ditunggu-tunggu datang, yang tak lain adalah Natalie, membuat suasana rumah sempat tenang sejenak, lalu mendadak menegangkan setelah Natalie mengetahui bahwa uang yang seharusnya dikirim oleh ketiga putranya tidak mereka terima.

Mother’s Day merupakan film buah tangan Darren Lynn Bousman yang menceritakan tentang keluarga psikopat. Darren menyuguhkan cerita dengan balutan suasana yang mencekam sejak awal, yakni adegan penculikan seorang bayi yang dilakukan oleh seorang suster gadungan. Dalam proses penculikan tersebut, terjadi pertumpahan darah yang membuat Mother’s Day semakin menampakkan dirinya sebagai tipikal film bernuansa horor yang begitu kental dengan gaya-gaya film produksi Hollywood.

32. Ed Gein (2000)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Ed Gein (Edward Theodore Gein), adalah seorang pria yang mempunyai masalah keterbelakangan mental. Hidup bertiga dengan ibu dan adiknya di sebuah peternakan terpencil di Wisconsin, Amerika Serikat. Ibunya merupakan wanita yang mengalami gangguan jiwa karena begitu paranoid dengan masalah seksualnya. Pada suatu hari, adiknya meninggal dunia dan Ed hanya tinggal berdua dengan ibunya. Kedekatan mereka semakin kuat hubungannya.

Hingga suatu hari, ibunya Ed meninggal dunia. Ed yang bermasalah dengan dirinya dan tidak lagi mempunyai teman hidup mulai berpikir untuk melakukan transeksual, dengan tujuan agar bisa menjadi ibu bagi dirinya sendiri. Kegilaan Ed dimulai dengan membongkar kuburan dan mengambil tubuh mayat, baik seluruhnya ataupun beberapa potongan organ tubuhnya. Obsesinya terhadap mayat (nekrofilia) semakin hari semakin parah, sampai suatu ketika polisi mendapati kegiatan Ed Gein dan mendatangi rumahnya di peternakan yang di dalamnya berisikan organ-organ tubuh serta mayat seorang wanita yang digantung terbalik.

Kisah Ed Gein, tokoh psikopat asal Texas ini sudah merebak kemana-mana, sampai-sampai dikomersilkan ke dalam novel dan film psikopat kisah nyata. Chuck Parello, adalah sineas yang berani mengambil cerita dari kisah nyata seorang psikopat yang menghabiskan 10 tahun hidupnya di rumah sakit jiwa ini menjadi sebuah tontonan berdurasi.

33. Fatal Attraction (1987)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Dan Gallageher (Michael Douglas) adalah sosok family man yang mempunyai keluarga kecil bahagia bersama istri, Beth (Anne Archer), dan anak tercinta, Ellen. Suatu ketika, Beth dan Ellen pergi meninggalkan Dan untuk mengunjungi rumah sang nenek. Sewaktu ditinggal oleh istri dan anaknya, Dan bertemu sosok wanita menggoda, Alex Forrest (Glenn Close), di sebuah pesta bisnis. Sebagai pria normal pada umumnya, ditambah dengan adanya kesempatan, Dan tidak mampu menahan godaan sampai terjadilah cinta satu malam dengan Alex.

Masalah mulai muncul ketika Dan hanya menganggap bahwa hubungannya dengan Alex saat itu sebatas iseng-iseng, seperti kebanyakan orang. Alex yang saat itu sudah terlanjur cinta dengan Dan, tidak bisa melepaskan Dan begitu saja. Tanpa dinyana, Alex ternyata wanita gila yang begitu terobsesi dan haus dengan kasih sayang. Untuk mencegah Dan pergi dari kehidupan Alex, Alex memulai aksi teror demi teror yang ditujukan kepada Dan dan keluarganya.

Fatal Attraction merupakan film buatan Adrian Lyne yang dapat menjadi pelajaran sekaligus bahan pertimbangan untuk para pria agar jangan pernah bermain api. Mengapa? Sebab ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa seburuk apapun sifat dan penampilan seorang pria, namun apabila pernah melakukan hubungan intim dengan wanita, maka wanita tersebut akan sangat sulit untuk bisa lepas darinya.

34. The Stepfather (1987)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Adalah Michael Harding (Penn Badgley), yang baru tiba dari sekolah militer, mendapati seorang pria tak dikenal bernama David Harris (Dylan Walsh) tinggal bersama ibu dan adik-adiknya. David yang dikabarkan akan menjadi calon suami baru bagi ibunya, tampak seperti pria yang mendahulukan keluarga. Namun, berbeda dengan Michael, ia justru curiga bahwa David tidaklah sebaik seperti perkiraan keluarganya selama ini.

Upaya David untuk bisa saling mengenal dengan Michael ternyata sulit. Semakin hari, Michael justru semakin curiga dengan David. Ia pun berusaha untuk mencari tahu lebih jauh mengenai sosok David, ditemani dengan kekasihnya Kelly dan dua teman ibunya. Sisi gelap David harus segera terungkap sebelum semuanya terlambat.

The Stepfather merupakan film yang rilis pada tahun 80-an. Dylan Walsh yang berperan sebagai David dalam film ini, bisa dikatakan berhasil dalam membawakan perannya sebagai tokoh psikopat dengan segala keanehan yang berasal dari masa lalunya yang misterius.

35. DERANGED (1974)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Tokoh psikopat di dalam film Deranged ialah Ezra, seorang pria yang sepanjang hidupnya hanya tinggal bersama ibunya yang sudah tua dan sakit-sakitan. Hidup di tanah pertanian yang sepi, menjadikan Ezra sebagai tumbuh menjadi sosok yang tertutup dan kesepian. Pada suatu hari ibunya meninggal. Beban berat yang dipikul oleh Ezra semakin terasa berat. Dia mulai berubah menjadi sosok pria yang ganas dan tidak waras.

Semuanya dia mulai dengan mengawetkan tubuh ibunya yang telah meninggal untuk terus dirawat dan dijaga. Selain itu, semakin lama kegilaan Ezra semakin bertambah, ia mulai memburu dan membunuh wanita-wanita muda untuk dipajang mayatnya dan dijadikan sebagai hiasan sekaligus teman pengusir sepi di rumahnya.

36. Maniac (2012)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Frank Zito (Elijah Wood), seorang pria yang tinggal dengan ibunya, Angela (America Olivo), yakni seorang PSK yang kerap membawa lelaki hidung pulang ke rumahnya. Angela menjadikan Frank sebagai orang yang tidak mengenal dunia luar, sampai suatu hari ibunya meninggal, kemudian Frank yang mentalnya terganggu itu memberanikan diri untuk berkenalan dengan dunia luar yang selama ini luput darinya.

Frank memulainya dengan mengikuti situs kencan online, hingga akhirnya membawa Frank bertemu dengan seorang perempuan dan berkencan dengannya. Pada mulanya, semua baik-baik saja, hingga Frank berhalusinasi dan membunuh perempuan tersebut yang kemudian menguliti kulit kepalanya untuk ditempelkan di kepala manekin koleksinya. Kegiatan tersebut terus dilakukan Frank sampai suatu ketika ia bertemu dan jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Anna (Nora Arnezeder), yang saat itu sudah punya kekasih. Mengetahui hal tersebut, Frank terus mengejar Anna agar bisa dipersunting sebagai istri Namun, obsesinya yang terlalu besar menyebabkan Anna mati dalam keadaan yang mengerikan di tangannya.

Elijah Wood, yang mengisi peran sebagai tokoh psikopat dalam film hasil remake dengan film berjudul sama pada tahun 1980 ini, mengeluarkan bakat aktingnya yang luar biasa. Penonton seakan dibuat tidak percaya, di balik wajahnya yang menawan, ternyata dirinya juga “cocok” apabila memiliki sisi psikopat yang sadis.

37. Audition (1999)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Audition adalah film psikopat asia yang membuntuti seorang pria yang sudah tua, Aoyama (Ryo Ishibasi), yang tinggal berdua dengan putranya yang masih remaja, Shgehio (Tetsu Sawaki), setelah ibunya meninggal dunia karena sakit. Meski hanya tinggal berdua, mereka tetap bahagia. Namun walau bagaimanapun, tetap ada yang kurang, yakni sosok wanita pendamping bagi Aoyama.

Atas dorongan dari anaknya, Aoyama ingin menikah lagi. Dengan bantuan dari temannya, Yoshikawa (Jun Kunimura), yang merupakan produser film, mengadakan sebuah audisi untuk film dan mencari pemeran utama wanita yang sebetulnya mempunyai tujuan utama untuk mencarikan wanita yang cocok bagi Aoyama.

Dari seluruh peserta yang ikut, Aoyama ternyata sudah tertarik dengan wanita muda bernama Asami (Eihi Shiina). Aoyama yakin kalau Asami adalah wanita yang tepat bagi dirinya. Namun ternyata, Asami menyimpan misteri yang begitu kelam yang membawa Aoyama dilanda perasaan takut yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

38. Carrie (2013)

38 Film Psikopat Terbaik, Tersadis & Paling Mengerikan Film

Carrie White (Chloe Grace Moretz) adalah remaja perempuan dengan sifat pemalu dan kuper yang terlahir secara ajaib. Suatu saat di sekolah, Carrie menstruasi dan berpikir bahwa ia akan mati karena kehabisan darah. Karena panik dan takut, Carrie berteriak dan meminta tolong kepada temannya. Akan tetapi, teman-teman Carrie justru mengolok-ngolok dan menertawakannya.

Chris Hargensen (Portia Doubleday), adalah salah satu teman Carrie yang ikut meledeknya. Dia bahkan tega merekam kejadian tersebut dan mengunggahnya ke Youtube. Karena hal tersebut, Chris diskors dan tidak bisa ikut acara Promnight. Kemduian datanglah sahabat Chris bernama Sue (Gabriela Wilde) yang merasa bersalah dan ingin menebus kesalahan tersebut dengan meminta pacarnya, Tommy (Ansel Elgort), untuk menemani Carrie ke acara Promnight.

Di acara tersebut, saat pemilihan Raja dan Ratu, kotak suara disabotase oleh Chris. Carrie dan Tommy yang terpilih naik ke atas panggung. Chris yang telah menyusun rencana jahat kepada Carrie, memulai aksinya. Ia menyetel video menstruasi Carrie di layar lebar ditambah lagi Carrie tersiram dengan ember berisikan darah babi. Carrie yang menyadari akan kemampuan supranaturalnya memilih untuk menggunakan kekuatan tersebut untuk membunuh semua teman-temannya di dalam gedung itu, termasuk Chris dan pacarnya.

Itulah ke-38 daftar film psikopat terbaik sepanjang masa yang beberapa di antaranya sudah sangat terkenal di dunia. Dari daftar film tersebut, ada beberapa yang berhasil mendapatkan predikat sebagai film cult dan disturbing movie. Sebelum Anda memutuskan untuk menyetel salah satu atau lebihnya, selalu pertahankan pikiran positif Anda karena tidak ada yang bisa menjamin Anda tidak terpengaruh – atau malah terinspirasi – oleh sosok-sosok psikopat yang ada di dalam film-film tersebut.

Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com