Written by 16:38 Film

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film bertemakan peperangan memang akan selalu seru untuk dinikmati. Bagaimana tidak, mungkin penonton akan berlarut dalam adegan mencengangkan yang membuat adrenalin menjadi meningkat. Lalu, apa saja rekomendasi film perang terbaik? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ada beberapa film perang terbaik yang patut direkomendasikan untuk ditonton. Dijamin Anda akan merasa puas setelah menontonnya. Berikut akan diulas satu per satu terkait film-film perang tersebut:

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

1. Overlord 2018

Overlord 2018

Film yang rilis bulan November di tahun2018 ini menghadirkan kondisi perang di Normandia. Pada peperangan ini dikenal dengan kata sandi operation Overlord. Film Overload ini digarap oleh sutradara Julius Avery.

Film berdurasi 110 menit ini menyuguhkan sinematografi dan visual yang cukup memikat. Bahkan prolog  dalam film ini juga disebut-sebut sebagai salah satu adegan terbaik. Film ini berceritakan tentang peperangan yang dibarengi dengan kemunculan zombie

2. Tolkien 2019

Film Tolkien pada dasarnya disadur dari biografi J. R. R. Tolkien. Jadi, dalam film ini sang sutradara berusaha keras untuk bisa menggali tentang kehidupan Tolkien.

Lihat juga film action terbaik

Tolkien hidup sebagai anak yatim piatu, perjalanan hidupnya penuh dengan perjuangan hingga mencapai kesuksesannya, terutama saat ia menjalani wajib militer.

Sutradara film Tolkien ini dipegang oleh Dome Karukoski. Film ini berhasil rilis pada 10 Mei 2019 melalui rumah produksi Fox Searchlight Pictures, Chernin Entertainment. Pemain yang membintangi film ini antara lain Nicholas Hoult, Lily Collins, Colm Meaney, dan Derek Jacobi.

3. Sand Castle 2017

Sand Castle 2017

Sand Castle merupakan film drama yang menayangkan perang Amerika Serikat. Film perang ini dirilis pada tahun 2017. Sutradara yang menggarap film ini ialah Fernando Coimbra, sedangkan naskahnya ditulis oleh Chris Roessner.

Bintang utama dalam film ini diperankan oleh Nicholas Hoult. Film yang bercerita tentang seorang tentara muda Amerika Serikat yang pemberani ini mampu memikat hati penonton. Tak heran jika film perang terbaik ini mendapatkan rating yang tinggi.

4. War Machine 2017

War Machine 2017

War Machine merupakan film bertemakan perang-perangan asal Amerika Serikat. Film ini sendiri disutradarai dan ditulis oleh David Michod. Sementara, pemain yang membintangi film ini ada Brad Pitt, Anthony Michael Hall, dan Anthony Hayes. Film ini bisa langsung disaksikan pada platform Netflix.

Film War Machine mengambil latar belakang tempat di Afganistan. Sebab, dalam alur ceritanya tentara tersebut dikirim ke medan peperangan di Afganistan. Meskipun bertajuk peperangan, film ini juga diimbangi dengan celotehan-celotehan lucu dari pemain.

5. Outlaw King 2018

Outlaw King 2018

Film Outlaw King bercerita tentang sejarah Raja Skotlandia. Film ini digarap oleh sutradara bernama David Mackenzie.

Berkat kegigihan semua person yang berperan dalam pembuatan film ini, Outlaw King dapat dirilis di Netflix pada tahun 2018 lalu. Pemeran film ini antara lain ada Chris Pine, Aaron Taylor-Johnson, dan Florence Pugh.

6. 13 Hours 2016

Sinopsis film 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi menceritakan aksi bertahan dalam peperangan yang terjadi di kompleks Amerika Serikat, di Libya.

Film ini disutradarai Michael Bay yang mengambil naskah yang ditulis Chuck Hogan dan Mitchell Zuckoff. Film yang dibintangi John Krasinski, Pablo Schreiber, dan James Badge Dale ini sukses mendapatkan nilai rating yang tinggi.

7. Dunkirk 2017

Dunkirk 2017

Film yang tayang pada 20 Juli 2017 lalu ini merupakan film sejarah pertama karya sutradara Christopher Nolan. Ia juga sekaligus sebagai penulis naskah. Naskah ditulis berdasarkan kisah nyata dalam penyelamatan 400 ribu tentara saat terjadi perang dunia kedua.

Dunkirk merupakan operasi militer yang terjadi di Dunkirk, Perancis. Operasi militer ini dikenal dengan nama lain sebagai The Battle of Dunkirk yang terjadi saat Perang Dunia kedua. Terjadi mulai 26 Mei hingga 4 Juni 1940.

8. Darkest Hour 2017

Darkest Hour termasuk film yang berbau dunia politik. Pasalnya, film ini menceritakan tentang masa-masa awal pemilihan Churchill sebagai perdana menteri Inggris pada masa Perang Dunia II.

Parlemen Inggris saat itu berniat melengserkan PM Neville Chamberlain yang kemudian mengundurkan diri dari posisinya. Film yang disutradarai oleh Joe Wright ini dirilis pada 12 Januari 2018. Film ini mengambil setting waktu dengan latar belakang tahun 1940.

Gary Oldman, Ben Mendelsohn, Kristin Scott Thomas, Lily James, Stephen Dillane dan Ronald Pickup bertindak sebagai bintang film yang menceritakan tentang Winston Churchill.

9. War for the Planet of the Apes 2017

Film ini bercerita tentang perang yang terjadi antara kera dan kelompok manusia yang dipicu dari aksi balas dendam pribadi kera bernama Koba (Toby Kebbell).

Caesar, pemimpin kera yang bijaksana mencoba meredakan perang dengan pasukan tentara manusia yang dipimpin oleh kolonel (Woody Harrelson). War for the Planet Apes akan hadir dengan efek CGI dan motion capture. Sebab, telah menggunakan teknologi kelas atas seperti pada film-film Hollywood lainnya.

Dengan demikian, film yang sedikit mengambil efek animasi ini bisa tampil dengan sempurna dan menuai banyak pujian yang menjadikannya salah satu film perang terbaik.

10. Da 5 Bloods 2020

Film Da 5 Bloods menggambarkan empat veteran Afrika-Amerika yang kembali ke Ho Chi Minh, Vietnam, dalam sebuah misi baru. Film ini ditayangkan di Netflix mulai 12 Juni 2020.

Film garapan sutradara Spike Lee ini lebih menyoroti empat veteran Afrika-Amerika yang pernah ditugaskan di Ho Chi Minh pada masa perang Vietnam. Empat veteran tersebut terdiri atas Paul (Delroy Lindo), Otis (Clarke Peters), Eddie (Norm Lewis), dan Melvin (Isiah Whitlock Jr).

Keempat orang tersebut membentuk pasukan kecil bernama The Bloods yang dipimpin oleh Norman (Chadwick Boseman). Kisah petualangan mereka dijamin bakal membuat penonton menjadi tegang.

11. Panipat 2019

Panipat mengangkat kisah peperangan pada 1761 antara Kerajaan India dan pasukan Afghan pimpinan Abdali. Bagi masyarakat Afghanistan, Abdali adalah bapak bangsa dan seorang pahlawan.

Sedangkan bagi masyarakat India, dia merupakan seorang penjahat yang membunuh ribuan pejuang Maratha dalam perang Panipat di sebelah utara Delhi.

12. A Hidden Life 2019

Drama dalam medan peperangan yang seru asal Austria ini digarap oleh sutradara Terrence Malick. Sutradara yang sekaligus penulis film ini, Terrence Malick menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk mengedit film ini.

Terrence Malick yang sebelumnya memenangkan Palme d’Or dengan ‘The Tree of Life’ pada tahun 2011 silam, kemudian kembali lagi meraih kesuksesannya dalam Festival Film Cannes.

Cerita film A Hidden Life diambil dengan latar Perang Dunia Kedua. Dalam film ini juga dilengkapi dengan menyelipkan Nazi dalam setiap plot film.

13. Unbroken 2014

Unbroken merupakan film perang Amerika pada tahun 2014 yang diproduksi dan disutradarai oleh Angelina Jolie. Sedangkan, naskahnya ditulis oleh Coen bersaudara, Richard LaGravenese, dan William Nicholson.

Film ini diambil dari buku non fiksi 2010 oleh Laura Hillenbrand, Unbroken: A World War II, Story of Survival, Resilience, and Redemption.

14. American Sniper 2014

Film yang dirilis 2014 ini memiliki genre aksi, biografi, dan drama. Sutradara penggarap dalam film ini adalah Clint Eastwood. Sedangkan naskah skenarionya ditulis oleh Jason Hall dan Chris Kyle. Film American Sniper dibintangi oleh Bradley Cooper, Sienna Miller, Kyle Gallner, dan masih banyak lagi.

Aksi yang menegangkan membuat film American Sniper jadi seru untuk ditonton. Film ini bercerita tentang Chris Kyle, ketepatan menembaknya telah menyelamatkan dirinya saat berada di medan perang, dan kejadian itu menjadikannya disebut seorang legenda. Setelah empat kali bertugas, Chris menemukan bahwa ada perang yang tak dapat ia hindari.

15. Beasts of No Nation 2015

Film tentang pemberontakan dan isu-isu HAM ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Novel tersebut ditulis oleh seorang novelis keturunan Amerika-Afrika.

Film Beasts of No Nation ini bercerita tentang bagaimana hak anak untuk belajar, bermain, dan mendapat kasih sayang, telah dirampas begitu saja dan dipaksa masuk dalam dunia perang.

Film ini dibintangi oleh Idris Elba dan Abraham Attah. Film berdurasi 137 menit ini mampu menyuguhkan sebuah ketegangan perang dari sudut pandang yang berbeda. Dan tentu saja akan mengajak penonton untuk merasakan bagaimana perjuangan kehidupan anak-anak dalam negara yang sedang berperang.

16. Jadotville 2016

Salah satu film aksi militer yang menarik adalah The Siege of Jadotville (2016) karya sutradara Richie Smyth.

Film ini mengambil kisah nyata pengepungan kontingen pasukan penjaga perdamaian PBB asal Irlandia di Kongo pada 1961. Keseruan dan ketegangan dari setiap alur cerita akan menghadirkan kepuasan bagi penonton.

17. Lone Survivor 2013

Film yang dirilis pada akhir 2013 ini disutradarai oleh Peter Berg dan dibintangi jajaran aktor ternama. Seperti Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Dan Bilzerian, Ben Foster, dan Emile Hirsch.

Cerita Lone Survivor beranjak dari kisah nyata tentara Amerika Serikat yang ditugaskan membunuh pimpinan Taliban, Ahmad Shah, pada 2005 lalu.

Lone Survivor mengikuti kisah tim Navy Seal, Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), Michael Murphy (Taylor Kitsch), Matthew Axelson (Ben Foster), dan Danny Dietz (Emile Hirsch). Mereka diberi misi untuk membunuh pimpinan Taliban, Ahmad Shah. Kisah serunya dapat dinikmati melalui streaming Netflix.

18. The Monuments Men 2014

Film peperangan yang dirilis 2014 ini memiliki genre komedi, drama, dan sejarah. Jadi, meskipun mengambil plot dalam medan pertempuran, tetap ada lelucon yang melengkapi keseruan petualangan dalam film ini.

Sutradara dalam film ini adalah George Clooney, sedangkan naskah skenarionya ditulis oleh George Clooney dan Grant Heslov. Film The Monuments Men dibintangi oleh George Clooney, Matt Damon, dan Bill Murray.

Film ini juga memiliki durasi keseruan selama 1 jam 58 menit. Ceritanya, ada sebuah tim peleton pada saat itu ditugaskan untuk menyelamatkan karya seni yang dicuri Nazi dan mengembalikan kepemilikannya.

19. First They Killed My Father 2017

First They Killed My Father merupakan sebuah film biografi tentang sejarah hubungan antara Amerika Serikat dengan Kamboja. Film ini berhasil dirilis pada tahun 2017. Sutradara dari filmnya juga seorang aktris Hollywood terkenal, Angelina Jolie.

Naskah film ini ditulis oleh Jolie bersama penulis sekaligus aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) asal Kamboja, Loung Ung.

Lihat juga film hacker terbaik

Loung Ung, salah satu di antara saksi hidup pada peristiwa Khmer Rouge atau Khmer Merah. Film bersejarah tersebut terpilih sebagai perwakilan Kamboja untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-90. Alhasil, film ini mendapatkan banyak sekali pujian.

20. Jojo Rabbit 2019

Jojo Rabbit mengusung kategori film bergenre komedi. Film ini dirilis awal 2019 silam. Film ini berhasil meraih gelar Best Adapted Screenplay dalam penghargaan bergengsi Academy Awards atau Oscar. Selain berhasil meraih Oscar, film ini juga mendapat rating memuaskan di IMDb dan RottenTomatoes.

Maka, tidak perlu diragukan lagi jika film ini dikatakan film perang terbaik. Sutradara Taika Waititi berhasil mengemas film menjadi tontonan menarik dalam balutan komedi, meskipun mengangkat tema perang Nazi.

Dalam film berdurasi 108 menit ini, Taika Watiti juga dapat memerankan sosok imajiner Hitler yang nyentrik dan kocak.

21. 300: Rise of an Empire 2014

Film 300: Rise of an Empire berasal dari Amerika dengan genre sejarah, aksi, dan fiksi. Film ini ditulis naskahnya oleh Zack Snyder, sedangkan sutradara film ini adalah Noam Murro. Sebenarnya, alur cerita dari film ini dibuat berdasarkan cerita Battle of Artemisium dan Battle of Salamis.

22. Wonder Woman 2020

Alur cerita dari film Wonder Woman 1984 diadaptasi dari karakter DC Comics Wonder Woman, yang kemudian didistribusikan oleh Warner Bros Pictures. Sutradara besutan oleh Patty Jenkins, film ini merupakan sekuel dari film tahun 2017 Wonder Woman.

Film ini juga termasuk installment kesembilan dalam DC Extended Universe (DCEU). Wonder Woman 1984 ini mengangkat tentang kisah 70 tahun setelah kejadian dalam film Wonder Woman yang pertama.

Namun, pada film kali ini perang yang disoroti ialah perang dingin. Gal Gadot sebagai tokoh utama harus melawan pengkhianatan Cheetah.

23. Battle: Los Angeles 2011

Film yang digarap oleh sutradara Jonathan Liebesman ini merupakan film perang sekaligus fiksi ilmiah yang tayang tahun 2011.

Battle Los Angeles memuat cerita tentang adanya benda terbang asing di langit Los Angeles. Lalu diturunkanlah ribuan tentara, salah satunya veteran perang Irak, Sersan Staf Michael Nantz (Aaron Eckhart).

Pada waktu itu, ia baru saja akan menikmati masa pensiunnya. Namun, ia dan timnya harus ditugaskan untuk mengevakuasi warga Los Angeles. Kemudian, perang sengit dengan alien pun tidak bisa terhindarkan lagi.

24. Red Dawn 2012

Film ini dibintangi Patrick Swayze, C. Thomas Howell, Lea Thompson, dan beberapa nama lain. Pada tahun 2012, film yang digarap John Milius ini dibuat versi baru dengan judul sama. Pemeran utama diganti dengan yang lebih muda seperti Chris Hemsworth.

Namun, alur ceritanya terjadi perang antara Amerika Serikat dan Korea Utara. Film ini berlatar belakang tahun 1984, saat Perang Dingin masih berlangsung.

Red Dawn menceritakan invasi Korea Utara ke Amerika Serikat. Sebagian orang berpendapat jika film ini adalah skenario terburuk jika terjadi perang dunia ketiga.

25. Inglourious Basterds 2009

Inglourious Basterds merupakan film bertema perang yang ditulis dan disutradarai Quentin Tarantino. Film yang dirilis pada 2009 ini dibintangi Brad Pitt, Christoph Waltz, Michael Fassbender, Eli Roth, Diane Kruger, Daniel Brühl, Til Schweiger, dan Mélanie Laurent.

Cerita film Inglourious Basterds mengilustrasikan kisah tentang sejarah alternatif untuk mengakhiri dominasi Nazi.

26. Jarhead 2005

Film ini mengulik sisi lain kehidupan para tentara Amerika Serikat pada saat bertugas dalam Perang Teluk di Timur Tengah.

Film yang dipandu oleh sutradara Sam Mendes ini diangkat dari kisah nyata. Kisah perjalanan yang ditulis oleh Anthony Swofford, mantan tentara Amerika yang pernah bertugas di Perang Teluk.

27. The Ghazi Attack 2017

The Ghazi Attack menceritakan tentang seorang kapten Kapal Selam INS Karanj (S21) yang diperintahkan untuk mengintai perairan India.

Film ini mengilustrasikan peristiwa perang antara India dan Pakistan pada 1971 silam. Kapal selam PNS Ghazi milik Pakistan yang terkenal hebat tenggelam secara misterius. Hingga saat ini, tenggelamnya kapal selam tersebut masih belum terkuak.

28. Rambo 2008

Film yang disutradarai oleh George P Cosmatos ini dibintangi oleh artis-artis berbakat seperti Sylvester Stallone, Charles Makasar, dan Julia Nickson.

Seorang veteran perang Vietnam John Rambo ditawari sebuah kesepakatan oleh mantan bosnya (Kolonel Trautman) untuk mencari tahanan perang AS di Vietnam.

29. Kesari 2018

Film Kesari terinspirasi kisah seorang prajurit Sikh yang berpartisipasi dalam pertempuran Saragarhi. Prajurit tersebut juga sangat merindukan putrinya yang diasingkan. Film ini diperankan oleh artis Bollywood terkenal Akshay Kumar dan Parineeti Chopra.

30. 300 2006

Film berjudul 300 ini termasuk jenis film genre fantasi. Film ini disutradarai oleh Zack Snyder, sedangkan alur ceritanya diangkat dari komik asli. Banyak adegan seru dalam setiap plot cerita pada film ini.

31. Master and Commander: The Far Side of the World 2003

Master and Commander: The Far Side of the World adalah film aksi, petualangan, dan drama yang berhasil rilis tahun 2003. Sutradaranya ialah Peter Weir. Master and Commander: The Far Side of the World menceritakan pertarungan antara kapal Inggris HMS Surprise  dan privateer Prancis.

32. Troy 2004

Film Troy yang dirilis tahun 2004 ini dibintangi oleh aktor-aktor papan atas, seperti Brad Pitt, Eric Bana, dan Orlando Bloom. Film ini bercerita tentang Perang Troya untuk memperebutkan wanita cantik.

33. Three Kings 1999

Three Kings merupakan film drama perang satir yang ditulis dan disutradarai oleh David O. Russel. Film ini diangkat dari sebuah cerita karya John Ridley tentang pencurian emas dengan gaya Kelly’s Heroes. Pemeran utamanya adalah George Clooney, Mark Wahlberg, Ice Cube, dan Spike Jonze.

Lihat juga film kolosal terbaik

Rekomendasi Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Lainnya

34. Heneral Luna 2015

35. Behind Enemy Lines 2001

36. Enemy at the Gates 2001

37. The Last Samurai 2003

38. The Thin Red Line 1998

39. The Patriot 2000

40. Saving Private Ryan 1998

41. Braveheart 1995

42. Schindler’s List 1993

43. Empire of the Sun 1987

44. Glory 1989

45. Full Metal Jacket 1987

46. Memphis Belle 1990

47. Kelly’s Heroes 1970

48. Where Eagles Dare 1968

49. The Dirty Dozen 1967

50. The Longest Day 1962

Film perang terbaik tersebut tentu akan membuat adrenalin Anda meningkat. Serasa larut dalam alur cerita. Bahkan, sangat sayang untuk terlewat menonton. Dengan menonton film-film di atas, dijamin Anda akan menemukan keseruan yang luar biasa!

Tags: film perang, film perang terhebat, vidioperang seru full, film perang terbaik, Film perang thn 40
Tags: Last modified: 8 January 2021