10 Film Mandarin Terbaik Sepanjang Masa

Biasanya film berbahasa Mandarin kebanyakan diproduksi oleh Perfilman di China dan juga Hongkong. Film film Mandarin sendiri sebenarnya sudah ada di awal tahun 1900-an namun kenal pada era 1970-an. Pada saat itu banyak film-film silat produksi Shaw Brothers dan juga Golden Harvest yang menarik minat publik.

Selain itu, film Mandarin pada saat itu juga dibantu kepopulerannya dengan kehadiran icon kungfu Bruce Lee yang pada akhirnya mampu menembus perfilman Hollywood. Mulai saat itu akhirnya banyak sineas China dan Hongkong yang merasa terinspirasi dengan perfilman Eropa yang lebih mengarah pada visi modern. Pada akhirnya Hal inilah yang kemudian memperkaya Khazanah perfilman Hongkong dan juga Cina.

Lihat juga film kolosal terbaik sepanjang masa

Adapun para sineas yang dianggap sebagai pembawa gelombang baru yakni John Woo dan Tsui Hark. Keduanya mampu menghadirkan film action dengan mutu tinggi sekaligus membuat harum nama perfilman Hongkong di kancah dunia. Untuk itu berikut adalah deretan film Mandarin yang diproduksi oleh China dan Hongkong dengan kualitas yang baik serta dibintangi oleh para bintang film populer.

     Film Mandarin Terbaik Sepanjang Masa

The Way of the Dragon 1972

The Way of the Dragon 1972

Siapa yang tak kenal dengan nama Bruce Lee. Saat membahas tentang film Mandarin, nama yang satu ini sudah sangat familiar. Film ‘The Way of the Dragon’ ini dirilis pada tahun 1972 dengan genre action, komedi dan crime. Adapun sutradara yang bertindak dalam film ini ialah Bruce Lee sendiri sekaligus pemain di dalamnya. Adapun pemain lain yang juga turut berperan dalam film ini yaitu Chuck Norris dan Nora Miao.

Film ini diproduksi oleh perusahaan Concord Production Inc. Film ini mengisahkan tentang tanglung yang memiliki tekad untuk melawan kelompok gangster yang ingin menguasai restoran milik keluarganya. Karena merasa tidak mampu melawan Tang, akhirnya kelompok gangster membayar seorang yang jago bela diri bernama Colt.

Raise the Red Lantern 1991

Raise the Red Lantern 1991

Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul Wives and Concubines yang merupakan karya Su Tong yang sebelumnya telah terbit pada tahun 1990. Sementara film ini sendiri dirilis pada tahun 1991 dengan mengambil genre drama, history dan romance. Film ini disutradarai oleh Yimou Chang dengan pemeran di dalamnya yaitu Saifei He, Jingwu Ma, Li Gong.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis muda yang menjadi istri keempat saudagar kaya. Saudagar itu sendiri mempunyai banyak aturan yang akhirnya menimbulkan ketegangan dalam rumah tangga.

Pada akhirnya film ini juga diadaptasi menjadi drama ballet yang juga disutradarai oleh Zhang Yimou. Film ini juga mampu masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film. Namun satu hal yang perlu diketahui tentang film ini yaitu film ini tidak lulus sensor untuk ditampilkan di bioskop-bioskop China karena adanya kandungan kritik terhadap pemerintah pada saat itu.

Hard Boiled 1992

Hard Boiled 1992

Film ini merupakan film Hongkong terakhir dari sutradara John Woo sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke Hollywood dan meneruskan trend film-film gangster yang digarapnya. Film ini dirilis pada tahun 1992 dengan genre action, crime dan thriller. Beberapa peran yang ternama dari film ini yaitu Yun-Fat Chow, Tony Chiu-Wai Leung, Teresa Mo. Sementara perusahaan yang memproduksi nya yaitu Golden Princess Film Production, Milestones Pictures.

Film ini memiliki tensi action yang meningkat serta menuai pujian sekaligus cibiran karena para gangster yang tampil sadis dan glamor. Di Cina dan Hongkong, film ini mendapatkan ulasan yang cukup seimbang. Namun, di Hollywood film ini mendapatkan pujian karena adanya adegan klimaks yang terjadi di rumah sakit serta melibatkan seorang bayi. Bahkan adegan tersebut disebut sebagai salah satu adegan action terbaik yang pernah ada.

Farewell my Concubine 1993

Farewell my Concubine 1993

Film berjudul ‘Farewell my Concubine’ ini dirilis pada tahun 1993 dengan genre drama, music dan romance. Film ini disutradar’ai oleh Kaige Chen dengan pemeran di dalamnya yaitu Li Gong, Fengyi Zhang dan Leslie Cheung. Film ini diproduksi oleh perusahaan Beijing Film Studio. Kehadiran film ini juga dianggap sebagai penting prihal pergerakan fifth movement yang akhirnya memperkenalkan sineas China ke kancah internasional.

Film ini sendiri merupakan adaptasi novel karya Lilian Lee yang terbit di tahun 1985. Film ini mampu mengeksplorasi efek dari adanya kekacauan politik di China tepatnya pada pertengahan abad ke-20.

Baik itu kehidupan penduduk secara kelompok, keluarga maupun individu ditampilkan dalam film ini. Film ini juga menampilkan jalinan kisah cinta segitiga yang membuat sisi romance nya terlihat.

Infernal Affairs 2002

Infernal Affairs 2002

Film berjudul ‘Infernal Affairs’ ini dirilis pada tahun 2002 dengan genre crime drama dan misteri. Ada dua orang sutradara dibalik film ini yaitu Alan Mark dan Andrew Lan. Beberapa pemeran dari film ini yaitu Anthony Chau-Sang Wong, Tony Chiu-Wai Leung dan Andy Lau. Film ini diproduksi oleh perusahaan Media Asia Films, Basic Pictures. Film ini mampu menyajikan cerita yang menghanyutkan serta ketegangan dalam adegannya.

House of Flying Daggers 2004

House of Flying Daggers 2004

Tidak jauh berbeda dengan film film Mandarin lainnya, film ini juga menampilkan kemampuan beladiri yang begitu mengagumkan. Karena genre-nya yang memadukan antara action, adventure dan drama, maka penonton juga bisa melihat roman percintaan di dalam film ini.

Adapun sutradara yang berperan dibalik layar film ini adalah Yimou Zhang. Bahkan film ini pernah mewakili Cina untuk masuk dalam nominasi Oscar. Pada saat itu, film ini masuk dalam kategori best International feature film dan cinematography. Sinopsis dari film ini mengisahkan tentang Kapten polisi yang membebaskan seorang wanita cantik dia dipenjara supaya bisa bergabung dengan gerombolan pemberontak.

Red Cliff 2008

Red Cliff 2008

Film ini dirilis pada tahun 2008 dan mengambil setting zaman perang dinasti Han. Film ini mengusung genre action, adventure dan drama. Adapun sutradara berperan dibalik film ini yaitu John Woo. Bintang lainnya yang juga berperan dalam film ini yaitu Takeshi Kaneshiro, Fengyi Zhang dan Tony Chiu-Wai Leung.

Film ini cukup direkomendasikan untuk para penikmat film kolosal. Adapun cerita dalam film ini dimulai ketika perdana menteri Dinasti Han membujuk Kaisar Han untuk berperang. Namun ternyata rencana tersebut tidak berjalan karena kedua kerajaan memutuskan untuk membentuk aliansi membela diri.

IP Man Series 2008

Film berjudul ‘IP Man Series’ ini dirilis pada tahun 2018-2019 memiliki genre action, biografi dan drama. Sutradara dalam film ini yaitu Wilson Yip. Beberapa pemeran yang membintangi film ini yaitu Lynn Hung, Danny Chan, Kent Cheng dan Donnie Yen.

Film ini diproduksi oleh perusahaan Mandarin Films, Pegasus Motion Pictures. Film ini bercerita tentang guru Bruce Lee yang begitu sudah terkenal dalam film-film Mandarin. Film ini mempunyai 4 series yang semuanya Ceritakan tentang kisah Sang Master.

Lihat juga film kungfu terbaik sepanjang masa

Nah itulah beberapa film mandarin terbaik sepanjang masa mulai dari genre romantis, action, kolasal, silat, kungfu, laga, komedi, perang, judi, horor, gangster dan mafia.

Anda juga dapat menonton film mandarin di layanan seperti iqiyi, netflix dengan subtitle indonesia tentunya jadi tidak perlu bingung arti dan maksud dalam alur cerita tersebut.

Rate this post

Leave a Comment

error: