17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Siapa yang tidak kenal dengan kungfu? Aliran bela diri yang sangat populer di dataran Asia, khususnya Hongkong, China, dan Taiwan ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran jika banyak sineas yang tertarik untuk menampilkan adegan perkelahian dengan seni bela diri kungfu ke dalam layar lebar. Untuk hal ini, para sineas dari Asia memang jagonya.

Jurus-jurus kungfu yang digencarkan oleh para pendekar ketika terlibat dalam sebuah perkelahian selalu menarik dan tak pernah bosan. Para penggarap film tentu menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang menjual. Nah, jika Anda ingin tahu apa saja film yang banyak menyuguhkan jurus kungfu yang keren-keren, Oliswel telah buat daftar film kungfu terbaik yang seru dan tak jarang memancarkan ketegangan.

1. The Way of the Dragon (1972)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Film kungfu action terbaik yang berasal dari Hongkong ini disutradarai oleh Bruce Lee dan dibintangi oleh dirinya sendiri bersama dengan beberapa rekannya seperti Nora Miao, Robert Wall, Chuck Norris, dan Hwang In Shik. Inti cerita yang dibawa oleh film kungfu jadul bertajuk The Way of The Dragon ini adalah tentang Bruce Lee sebagai Tang Lung yang menjadi ahli bela diri yang sedang berkunjung ke Roma.

Kedatangan Tang ke Roma dikarenakan sebuah tujuan yakni membantu sepupunya yang tengah berbisnis restoran. Ketika itu sepupunya sedang didesak untuk menjual rumahnya dengan harga murah. Saat Tang tiba, dia langsung berurusan dengan bos sindikat serta dua seniman bela diri dari Jepang dan Eropa. Adalah hal enteng bagi Tang untuk mengalahkan kedua jago kelahi itu, dia langsung membabat habis keduanya. Permasalahannya, apa yang telah dilakukan Tang mendapat perhatian dari seorang ahli bela diri Amerika, Colt (Chuck Norris), yang terkenal tak terkalahkan hingga akhirnya terjadilah duel antar dua petarung tangguh ini.

2. Enter the Dragon (1973)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Cerita awal dari film kung fu bagus ini adalah saat Bruce Lee berguru di perguruan Shaolin yang ada di China, dia mendapatkan misi penting dari Amerika untuk meringkus para penjahat besar. Adapun penjahat yang dimaksud di dalam film kung fu Bruce Lee ini adalah Han dan juga mantan satu perguruannya saat menimba ilmu bela diri di Shaolin.

Dari situlah, untuk bisa menangkapnya, Lee harus berjuang keras untuk menangkapnya dengan cara menyusup menjadi peserta turnamen yang telah diselenggarakan di area kekuasaan Han, di sebuah pulau. Pulau itu sendiri merupakan pulau antah berantah yang sulit ditemukan karena memang di area kekuasaan penjahat besar.

3. Fist of Legend (1994)

Film kungfu master ini bermula dari seorang murid yang telah membela gurunya, yang mana tokoh historisnya adalah Master Huo Yuan Jia dari perguruan silat di Jing Wu. Film ini dibuat oleh Gordon Chan sebagai sutradaranya di tahun 1994. Dalam filmnya tersebut, Master Huo Yuan Jia dianggap telah membahayakan bagi rencana dari invansi Jepang yang akan menuju ke daratan China. Karena posisinya yang dianggap cukup membahayakan untuk semua kalangan, maka dari itulah pihak Jepang ingin membunuhnya.

Supaya tidak menibulkan kecurigaan dan kekacauan, dibuatlah sebuah pertarungan silat yang dilakukan antara Master Huo melawan Akutagawa sebagai jago silat dari Jepang yang diperankan oleh Jackson Liu. Dalam pertandingan tersebut, Huo Yuan Jia tewas sehingga membuat salah satu muridnya, Chen Zhen alias Jet Li geram. Mengetahui kabar tersebut, Chen langsung bergegas pulang ke daratan China dan menantang Akutagawa dengan tujuan balas dendam sekaligus mengembalikan reputasi perguruan Jing Wu.

4. Legend Of The Fist: The Return Of Chen Zhen (2010)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Film ini menceritakan tentang ahli kungfu bernama Chen Zen. Selain terkenal dengan kemampuannya dalam melakukan aksi bela diri, dirinya juga dikenal dengan segala perbuatan baiknya. Suatu ketika, dirinya mendapat kabar berita yang buruk bahwa guru yang disayanginya tewas dibunuh. Tentu saja kematian gurunya membuat sangat tidak terima.

Akibatnya, Chen ingin membuat perhitungan dengan melakukan balas dendam kepada pembunuh gurunya yang mana merupakan kelompok tentara. Namun malang menimpa Chen, dia juga tewas terbunuh menyusul gurunya. Setelah peristiwa tersebut, semua orang menjadi semakin takut dengan kelompok tentara tersebut. Selama 7 tahun berlangsung, keadaan di kota semakin tidak terkontrol karena para tentara tersebut semakin haus nyawa. Hingga suatu ketika datanglah seorang pria misterius yang siap membasmi para tentara tersebut.

5. Snake in the Eagle’s Shadow (1978)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Dirilis pada tahun 1978, film kungfu China terbaik ini menampilkan kisah tentang sebuah perguruan silat di era kekaisaran China di masa lalu yang semakin hari kekuatan dari perguruan silat tersebut menjadi hilang. Hampir dari semua jurus yang dipunyai oleh murid-murid di perguruan tersebut hilang dan yang tersisa hanyalah satu jurus bernama kungfu ular.

Keadaan buruk yang menimpa perguruan tersebut ternyata dijadikan celah kesempatan untuk perguruan lain yang merupakan rival dari perguruan tersebut. Murid-murid dan guru dari perguruan lain itu datang menyerbu serta menewaskan hampir seluruh murid di perguruan tersebut hingga yang masih bertahan hidup hanyalah satu murid. Mampukah murid tersebut mengalahkan lawan-lawannya yang berjumlah tak sedikit itu?

6. The Legend of Drunken Master (1994)

Film kungfu klasik yang dirilis pada tahun 1994 ini bercerita tentang ahli kung fu dari China bernama Wong Fei Hung yang diperankan oleh Jackie Chan. Diceritakan bahwasanya dia baru saja kembali dari perjalanannya bersama ayahnya untuk mendapat banyak rempah – rempah yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengobatan. Namun sayangnya, rempah – rempah yang dibutuhkan tersebut tidak bisa ditemukan dengan mudah. karena letaknya ada di tempat yang tidak biasa ditemukan pada umumnya.

Hal tersebut membuat bapak dan anak tersebut memutuskan untuk pergi mencari rempah – rempah di tempat lain, sampai menuju ke luar kota. Buah perjuangan mereka ternyata memperoleh hasil. Namun sayang, saat perjalanan pulang, terdapat pemeriksaan barang-barang yang membuat keduanya menjadi panik. Hal ini karena keduanya sedang membawa rempah-rempah yang masih langka. Tak ingin usahanya sia – sia, Wong Fei Hung mulai menjalankan aksi agar bisa lolos dan membawa pulang rempah-rempah tersebut.

7. Once Upon a Time in China (1991)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Jagoan kungfu yang sangat terkenal, Wong Fei Hung, menjadi tokoh sentral dalam film bertajuk Once Upon a Time in China ini. Berkat keahliannya memainkan sebatang kayu yang dijadikannya sebagai senjata, serta tambahan gerakan-gerakan kungfu yang mematikan, Wong Fei Hung berhasil mengangkat film ini menjadi salah satu film yang sukses besar di perfilman Hongkong dan Hollywood.

Di sini, Wong Fei Hung ditugaskan untuk melakoni perannya sebagai ahli kungfu yang akan membantu bangsa China untuk melawan tirani bangsa asing di akhir abad ke-19. Bukanlah tugas yang mudah untuk diselesaikan bagi seorang Wong Fei Hung meskipun mempunyai keahlian bela diri yang mumpuni. Alasannya, dia harus bertarung meruntuhkan kekuasaan bangsa Eropa yang menggunakan senjata api semantara dia hanya mengandalkan kemampuan bela diri serta sebatang kayu yang dijadikannya sebagai senjata.

8. Ip Man (2008)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Aktor kelahiran China yang dikenal orang dengan keahlian bela dirinya, Donnie Yen, ditugaskan untuk memerankan tokoh krusial dalam film kungfu berdasarkan kisah nyata ini. Meski terdapat beberapa pembelokan sejarah, cerita yang disuguhkan oleh film kungfu Donnie Yen ini tetap menarik dan seru untuk diikuti. Ip Man sendiri bercerita tentang seorang ahli bela diri Wing Chun yang harus menjaga tanah kelahirannya dari penjajahan Jepang di China pada sekitar tahun 30-an.

Donnie Yen yang bermain sebagai Ip Man dikisahkan telah belaajr ilmu bela diri bernama Wing Chun sejak usia 13 tahun. Kecintaannya terhadap Wing Chun mendorong dia untuk membuka perguruan sendiri. Salah satu muridnya, Bruce Lee, adalah satu yang sangat dikenal orang. Padahal, Ip Man sendiri merupakan sosok guru yang jarang dikenal orang. Kehebatannya dalam bertarung ternyata mengundang rasa takjub dari tentara Jepang yang ingin mempekerjakannya. Namun, Ip Man menolak dan lebih memilih untuk pergi ke Hong Kong.

9. Ip Man 2: The Legend is Born (2010)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Suguhan lanjutan dari film kungfu Hongkong, Ip Man, di sini dia juga mengalami berbagai prahara kehidupan. Tepat ketika Ip Man beserta istri dan anaknya mendarat di tanah jajahan Inggris, Hong Kong, dia harus mencari cara agar bisa bertahan hidup di negeri tersebut. Tak ada jalan lain, Ip Man hanya bisa membuka perguruan baru di Hong Kong. Dengan bantuan dari seorang teman, dia bisa mendirikan tempat latihan baru. Sayangnya, keadaan di Hong Kong berbeda dengan di China. Bela diri Wing Chun belumlah dikenal banyak orang. Namun suatu ketika, dia mendapatkan murid pertama yang sangat konyol dan penuh tingkah.

Masalah belum selesai, Ip Man harus memenuhi “syarat” agar bisa bebas menjalankan perguruannya tersebut. Dia harus meladeni tantangan pendekar Kung Fu di Hong Kong yang salah satunya, Hung Gar (Sammo Hung), memiliki ilmu yang sama hebanya dengan hebat. Setelah berhasil melewati tantangan tersebut, Ip Man masih harus berduel dengan petarung Inggris yang ganas, Twister (Darren Shahlavi), dengan sejuta dendam dan semangat untuk melawan penindasan dari pemerintah Inggris.

10. The Karate Kid (2010)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Tak heran jika banyak orang setuju bila The Karate Kid dianggap sebagai salah satu film kungfu terbaik sepanjang masa. Selain menjual adegan tarung yang luar biasa, The Karate Kid juga menawarkan cerita begitu nikmat. Bagi Anda yang mungkin belum mengetahuinya, The Karate Kid adalah film kungfu anak kecil hasil remake dari film kung fu barat berjudul sama yang pernah populer di era 80-an.

The Karate Kid bercerita tentang Dre Parker (Jaden Smith) dan ibunya yang harus meninggalkan Amerika menuju Beijing karena himpitan ekonomi. Sebagai pendatang, Dre langsung didapuk oleh masalah. Dia menjadi sasaran empuk para berandalan yang sebaya dengannya. Dre yang hampir putus asa dan ingin kembali ke Amerika lantas mengubah niatnya setelah bertemu dengan Han (Jacke Chan) yang kemudian mengajarinya ilmu bela diri sekaligus menasihati Dre bahwa melarikan diri bukanlah cara yang baik ketika menghadapi sebuah masalah.

11. The Shaolin Temple (1982)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Dalam perfilman Hong Kong, terutama yang mengusung genre action atau sebut saja aliran bela diri kung fu, nama seperti Jackie Chan, Donnie Yen, Bruce Lee, Andy Lau, dan Jet Li bukan lagi nama yang baru. Untuk film kungfu jaman dulu ini, The Shaolin Temple, giliran Jet Li yang kebagian perannya sebagai anak dari seorang budak yang berhasil meloloskan diri dan menuju ke Kuil Shaolin.

Di Kuil Shaolin, dia mempelajari ilmu kung fu. Keinginannya belajar ilmu bela diri dimotori oleh rasa dendam dia kepada seorang jenderal pengkhianat yang juga telah membunuh ayahnya. Dalam usahanya, dia dibantu oleh para biksu yang menyelamatkan sang kaisar. Buah keberhasilan mereka diberikan penghargaan oleh sang kaisar.

12. New Dragon Inn (1992)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

New Dragon Inn hasil garapan Raymond Lee merupakan film tentang kungfu yang dibintangi oleh Donnie Yen, Tony Leung, Brigitte Lin, dan Maggie Cheung. Bisa dibilang kalau New Dragon Inn termasuk sebagai film kolosal terbaik karena melibatkan cukup banyak orang. Meski membawa cerita yang klise, New Dragon Inn tetap berhasil membuat banyak orang terpukau dengan pertarungan menegangkan yang ditunjukkan pada bagian klimaksnya.

Dikisahkan tentang zaman kekaisaran Tsao Siu-yan. Kasim zalim yang begitu gila dengan kekuasaan itu mempunyai pasukan elit yang terdiri dari pemanah terampil dan penunggang kuda yang tangguh. Sementara di sisi lain, ada para pendekar sekutu Zhou Huai’an yang meloloskan diri dari kukungan kaisar Tsao Siu-yan dan pasukannya yang diberinama Pasukan Balai Timur. Para pendekar tersebut harus menuju ke Penginapan Pintu Naga. Upayanya untuk meloloskan diri pun tercium dan pertarungan antara para pendekar dengan Pasukan Balai Timur pun tak bisa terelakkan.

13. Twin Dragons (1992)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Bagi pecinta film kungfu Jackie Chan, tentu akrab dengan salah satu filmnya yang berjudul Twin Dragons ini. Film kungfu Hong Kong yang digarap oleh Sammo Hung Kam-Bo lewat skenario yang ditulis oleh Barry Wong dan Hark Tsui ini bercerita tentang Jackie Chan yang terlahir kembar. Karena suatu kejadian, mereka terpisah lama dan akhirnya bertemu kembali.

Jika Anda penasaran, kisah dari terpisahnya mereka dimulai sejak kelahirannya. Mrs. Ma yang tak lain adalah ibunya tengah mengandung dan melahirkan dua anak kembar identik di sebuah rumah sakit. Pada waktu yang bersamaan, ada seorang pidana yang berupaya untuk kabur dan mengambil salah satu bayi Mrs. Ma. Anak pertama yang diberi nama Ma Yau hidup dengan Mrs. Ma di New York yang kemudian sukses menjadi seorang pianis dan konduktor, sementara anak satunya lagi bernama Wan Ming yang berprofesi sebagai montir jalanan. Tanpa mengetahui kalau mereka mempunyai saudara kembar, nasib secara tak senagaja mempertemukan mereka kembali.

14. Dragon/Wu Xia (2011)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Lagi-lagi, keahlian aktor Tiongkok, Donnie Yen, kembali dimanfaatkan oleh Peter Chan dalam film bertajuk Dragon atau Wu Xia yang merupakan hasil remake dari film sebelumnya, One Armed Swordsman, yang terbit pada tahun 1960-an. Dalam penggarapannya, Dragon/Wu Xia menyedot dana hingga 20 juta USD. Berlatar di kota kecil Tengchon, provinsi Yunnan, Tiongkok, menjadikan Dragon/Wu Xia termasuk ke dalam film kungfu terbaik yang tak boleh Anda lewatkan.

Kisahnya membuntuti seorang detektif yang juga membuntuti Liu Jin-Xi (Donnie Yen). Bermula ketika Liu yang merupakan seorang pengrajin mengeluarkan ilmu bela dirinya untuk menyelamatkan hidup penjaga toko karena ulah dua gangster yang merusak ketenangan di desa tempat ia tinggal. Detektif tersebut yakin bahwa teknik bela diri yang digunakan oleh Liu merupakan salah satu seni bela diri terlarang dari perguruan setan di kawasan itu.

15. Shaolin (2011)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Aktor asal Hong Kong yang tampak berwibawa, Andy Lau, dimainkan oleh Benny Chan dalam filmnya yang berjudul Shaolin. Rilis pada 2011, film ini langsung meracuni para pecinta film kungfu tanah air. Shaolin mengambil kisah di China pada abad ke-20 di mana saat itu keadaan di negara tersebut sedang tidak aman akibat konflik dan perang. Masing-masing kerajaan saling berperang guna memperluas wilayah mereka.

Di sini, Andy Lau berperan sebagai Hao Jie, sosok pemimpin perang yang sombong karena selama ikut peperangan, tak pernah sekalipun dia mengalami kekalahan. Rakyat kecil yang tak tahu menahu tentang perang banyak yang menjadi korban dari perang tak berkesudahan ini. Rakyat tersebut pun akhirnya harus mencari tempat berlindung dan tempat tersebut adalah kuil Shaolin. Hao Jie yang mengetahui kabar tersebut pun marah dan menanatang penduduk kuil untuk berperang melawannya.

16. Kung Fu Yoga (2017)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Jackie Chan tampak antusias untuk membintangi sebuah film kungfu komedi garapan Stanley Tong berjudul Kung Fu Yoga ini. Selain memperlihatkan aksi jotos yang seru, film ini juga menawarkan komedi lucu yang mana juga menjadi keahliannya. Ditemani dengan aktor lintas negara, Kung Fu Yoga menjadi sebuah drama aksi yang dipenuhi dengan keseruan sekaligus kelucuan.

Cerita pada film kung fu comedy ini berpusat pada pencarian harta peninggalan bernama “Magadha” di dalam sebuah gua es. Dua orang profesor, Jack dan Ashmita, serta para asistennya, Kyra, Xiaoguang, dan Nuomin, bersama-sama mencari harta tersebut. Ada juga Jones Lee yang kemudian bergabung. Di dalam gua tersebut, ada sekelompok pemberontak yang mengklaim harta kerajaan tersebut. Jones Lee yang berhasil mengambil berlian besar kemudian pergi meninggalkan rekan satu timnya. Permasalahan pun menjadi semakin rumit. Selain harus melarikan diri dari gua yang beku tersebut, Jack juga harus pergi menuju Gunung Suci agar bisa menyelamatkan dua rekannya yang diculik.

17. Fearless (2006)

17 Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa Film

Untuk yang terakhir, Oliswel sarankan Anda menyaksikan Fearless yang dibintangi oleh Jet Lie, Li Sun, Yong Dong, dan Yun Qu ini. Dimotori oleh Ronny Yu dengan mengeksekusi skenario yang ditulis oleh Chris Chow dan Richard Epcar, Fearless hadir sebagai sebuah tontonan drama biografi yang layak untuk disimak. Di film ini, Jet Li adalah sosok utama yang mempunyai karakter sama seperti Andy Lau dalam film Shaolin karena keahliannya bela dirinya yang hebat.

Diceritakan tentang legenda China bernama Huo Yuan-jia (Jet Li), seorang ahli bela diri yang besar kepala setelah ahli menguasai teknik bela diri lewat buku ayahnya yang juga seorang seniman bela diri. Dia menantang banyak orang untuk bertarung dengannya hingga suatu ketika dia harus kehilangan ibunya akibat perbuatannya sendiri. Sepeninggalan ibunya, dia berkelana tanpa tujuan yang jelas hingga bertemu dengan seorang nenek dan cucunya yang buta yang mengubah sifat Yuan-jia.

Dari ke-17 film kungfu terbaik yang telah Oliswel sebutkan di atas, nampaknya ada yang menarik perhatian kita. Meskipun citra perfilman Hollywood selalu tampak lebih unggul, namun untuk urusan genre yang melibatkan pertarungan, sepertinya para sineas dari barat harus mengakui kehebatan para sineas sekaligus aktor-aktor dari Asia.

Berikan Komentar