40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia

Film yang diangkat dari kisah nyata mempunyai keunggulan dari segi cerita. Biasanya, dalam sebuah film yang mengambil landasan cerita berdasarkan kisah nyata seorang tokoh atau sebuah peristiwa akan lebih menarik untuk disaksikan. Para sineas mengerti betul, bahwa film dengan cerita yang pernah terjadi mempunyai roh tersendiri yang mampu mengikat para penonton untuk terus menyimak alur cerita film secara keseluruhan hingga akhir.

Berikut ini ada beberapa film kisah nyata terbaik yang sangat layak untuk Anda tonton. Sebagian banyak dari film-film yang akan Oliswel bagikan berikut kemungkinan mengandung cerita yang sedikit dimodifikasi demi kepentingan cerita yang lebih menarik. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk dilihat apa saja judul-judul film yang dimaksud.

1. Schindler’s List (1993)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Selalu ada peristiwa yang menarik untuk kembali diungkap saat masa-masa pasukan Nazi menguasai beberapa negara di Eropa. Dalam Schindler’s List, Anda akan disuguhkan tayangan hitam putih oleh sang sutradara Steven Spielberg, agar tampak seperti video dokumenter. Dengan menjadikan film kisah nyata pengusaha sukses ini seolah-olah seperti video dokumenter, Schindler’s List menjadi film epik yang mampu menarik sejarah kelam dunia ke masa kini.

Pada film kisah nyata Nazi berjudul Schindler’s List, diceritakan seorang pengusaha Jerman bernama Oskar Schindler (diperankan oleh Liam Neeson) yang berhasil menyelamatkan ribuan orang Yahudi dari ancaman pembantaian oleh tentara Nazi. Schindler mengupayakan penyelamatan dengan mempekerjakan para Yahudi di pabriknya, kemudian dia membebaskan orang-orang Yahudi tersebut dengan cara menebusnya menggunakan uang hasil produksi dari pabriknya sendiri.

2. City of God (2002)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Sebagai saksi nyata kehidupan yang ganas di kota sebelah barat Rio De Jenairo, Alexandre Rodriguez mengajak Anda untuk bertualang lebih dalam menyusuri perjalanan kelam di kota tersebut. Lewat penuturannya sebagai Rocket (Alexandre Rodriguez), ia menceritakan dengan alur maju mundur. Kisahnya dimulai dengan menceritakan karakter-karakter yang mengisi kota tersebut.

Sebuah kota sakit yang dijuluki sebagai “Kota Tuhan”, daerah yang awalnya berkembang dari proyek perumahan untuk masyarakat kelas bawah tersebut telah banyak memotret tindakan kekerasan seperti pembunuhan dan perampokan. Kesengsaraan dan keputusasaan selalu membuntuti kehidupan masyarakat yang tinggal di dalamnya. Bisa dikatakan kalau City of God merupakan film kisah nyata bencana yang menimpa manusia. Pasalnya, selain dipenuhi dengan adegan kekerasan, banyak juga substansi dendam, penyalahgunaan obat, dan perjuangan keluar dari keputusasaan di dalamnya.

3. Goodfellas (1990)

Goodfellas adalah film drama kriminal yang rilis pada tahun 1990. Beberapa pemeran utama di dalamnya dimainkan oleh beberapa aktor ternama, seperti Robert DeNiro, Ray Liotta, dan Joe Pesci. Goodfellas mengambil landasan cerita dari novel berjudul Wiseguy yang ditulis oleh Nicholas Pileggi. Jalan cerita dari novel tersebut divisualisasikan sebagaimana adanya sehingga film ini menggambarkan kondisi asli.

Kisahnya tak lepas dari kehidupan tiga orang gangster, mereka adalah Henry Hill (Ray Liotta), Jimmy Conway (Robert DeNiro), dan Tommy DeVito (Joe Pesci). Mereka bertiga telah memulai karir sebagai gangster sejak kecil hingga waktu membawa mereka menjadi anggota mafia teratas di kota. Sebelum dikenal sebagai para mafia kelas kakap, banyak yang harus mereka lewati dan itu bukanlah hal yang mudah untuk diselesaikan.

4. Saving Private Ryan (1998)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Saving Private Ryan adalah film kisah nyata Amerika yang bercerita mengenai sebuah peperangan. Disutradarai oleh sutradara ternama Hollywood, Steven Spielberg, yang dirilis pada tahun 1998. Film ini termasuk ke dalam salah satu film Tom Hanks paling terkenal yang saat itu memang sedang menduduki puncak popularitas.

Saving Private Ryan sepenuhnya bercerita tentang peperangan dengan sedikit dibumbui oleh unsur drama dan tentunya aksi. Ceritanya sendiri mengikuti sekelompok tentara Amerika yang dipimpin oleh Kapten Miller (diperankan oleh Tom Hanks). Kelompok tersebut ditugaskan untuk menyelamatkan Private Ryan (diperankan oleh Matt Damon) yang keberadaannya tidak diketahui secara pasti. Banyak adegan peperangan epik yang melibatkan adegan-adegan menegangkan seperti baku tembak, granat, dan pesawat tempur.

5. The Pianist (2002)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Pianist adalah film kisah nyata sedih yang beraliran sama dengan Schindler’s List, masih mengambil tema tentang sejarah kelam yang dibuat oleh pasukan militer Nazi. The Pianist sukses besar di balik arahan Roman Polanski. Dengan memilih Adrien Brody sebagai pemeran utamanya, The Pianist selalu menarik untuk ditonton bagi mereka yang ingin mengetahui kekejaman Nazi saat itu.

The Pianist mengambil fokus cerita di Polandia, di mana seorang pemain piano bernama Wladyslaw Szpilman yang hampir sepenuhnya mengisi jalan cerita, berjuang untuk terus bisa bertahan hidup di tengah incaran tentara Nazi. Bersama Wladyslaw, Anda akan diajak menyaksikan kekejaman tentara Nazi, bagaimana orang-orang tak berdosa dibakar dan ditembak mati, eksekusi di jalanan, dan masih banyak adegan yang begitu kejam lainnya.

6. Psycho (1960)

Pembunuhan keji yang dilakukan oleh Ed Gein di tahun 1950-an menjadi inspirasi bagi seorang Alfred Hitchcock. Lewat tangan emasnya, Psycho hadir sebagai karya yang unik dan tak boleh dilewatkan bagi siapapun yang ingin merasakan kengerian dari seorang pria yang mempunyai obsesi besar dalam melakukan pembunuhan.

Psycho bercerita tentang Norman Bates, sosok psikopat yang mempunyai obsesi membunuh dengan sangat kejam. Salah satu pembunuhan yang keji yang dilakukan oleh Norman dalam film ini bisa dilihat pada adegan seorang perempuan yang sedang asyik mandi, kemudian datang dirinya dengan sebilah pisau dan menghabiskan nyawa perempuan tersebut.

7. Temple Grandin (2010)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Temple Grandin adalah seorang gadis yang sejak usia 4 tahun sudah divonis dokter menderita autisme akut. Hal tersebut membuat ia berbeda dengan kebanyakan gadis lain. Dirinya sulit untuk mengekspresikan emosi dan beradaptasi dengan lingkungan. Meski demikian, Grandin adalah gadis yang istimewa. Di dalam dirinya terdapat bakat yang tidak dimiliki banyak orang yaitu kemampuannya untuk mengingat sebuah objek dengan sangat rinci.

Seorang profesor bernama Carlock (David Strathaim) mengetahui bakat yang ada di dalam diri Grandin. Profesor sekaligus guru sains di sekolah tempat Grandin menuntut ilmu itu pun akhirnya mendorong Grandin agar membuka dirinya kepada dunia lewat pendidikan yang lebih tinggi lagi. Berkat kegigihan, kerja keras, dan dukungan dari orang-orang terdekatnya, Grandin membuktikan kepada dunia bahwa orang sepertinya juga memiliki kesempatan untuk menjadi orang hebat.

8. Braveheart (1995)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film berdasarkan kisah nyata ini hanya mengambil latar peristiwa saat Inggris berkuasa di Skotlandia pada abad ke-13. Diceritakan seorang pria bernama William Wallace (Mel Gibson) yang gagah berani memimpin pasukan pemberontakan untuk merebut negara kelahirannya, Skotlandia. Dengan keberaniannya tersebut, William cepat dikenal dan mendapatkan dukungan dari rakyat yang ikut bergabung melakukan perlawanan.

William Wallace juga mengajak kaum bangsawan Skotlandia untuk ikut bergabung dalam perjuangannya. Ajakan tersebut disambut baik oleh Robert (Agus Mcfadven). William bersama pasukannya yang semakin besar telah merepotkan pihak Inggris. Pemberontakan yang ia lakukan berujung pada penangkapannya oleh pihak Inggris setelah dijebak oleh ayah Robert yang melakukan pengkhianatan. William mendapatkan hukuman penggam dan semangat perjuangannya diteruskan oleh raja Skotlandia berikutnya yaitu Raja Robert dan berhasil memerdekakan Skotlandia.

9. Raging Bull (1980)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Raging Bull diadopsi dari memoir berjudul “Raging Bull: My Story” yang ditulis sendiri oleh La Motta. Dia adalah seorang petinju kelas menengah berdarah Italia – Amerika yang terkenal sangat galak di tengah arena tinju. Dirinya juga dikenal sebagai sosok petinju yang temperamen, mudah sekali emosi, dan tidak bisa berpikir jernih.

Kisah hidup La Motta terangkum dengan sangat baik lewat karya mengagumkan seorang Martin Scorsese ini. La Motta dalam film ini diperankan dengan sangat baik oleh Robert De Niro, sementara La Motta sendiri berperan sebagai pendamping bagi De Niro agar bisa berakting layaknya seorang petinju profesional. Lewat film ini, Anda bisa menyaksikan sebuah keindahan lewat cara bertutur, visual, dan performa yang sangat apik.

10. Full Metal Jacket (1987)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Full Metal Jacket adalah film kisah nyata perang yang diciptakan dengan mengambil tema di Vietnam. Awalnya diceritakan para marinir muda yang sedang berada dalam masa pelatihan. Mereka dipimpin oleh Sersan Hartman (R. Lee Ermey) yang keras dan suka memaki sehingga tak jarang membuat setiap anggotanya merasa kesal.

Suatu ketika, salah seorang marinir bernama Joker (Matthew Modine) telah menjadi sersan dan bertugas sebagai jurnalis dalam kesatuan marinir. Bersama rekannya, Rafterman (Kevyn Major Howard), Joker ditugaskan untuk meliput peperangan yang terjadi di Vietnam. Perubahan karakter Joker alami setelah menjadi saksi kejam dan tragisnya perang Vietnam yang banyak menelan nyawa, mulai dari rekannya, para wanita, hingga anak-anak yang tidak bersalah.

11. A Beautiful Mind (2001)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film ini menceritakan seorang ahli matematika jenius bernama John Forbes Nash. Dia adalah pribadi yang suka menyendiri, introvert, dan pemalu. Meski begitu, Josh sangat arogan dan bangga dengan kepintarannya. Dia menolak untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi karena baginya perkuliahan hanya membuang-buang waktu. Sebagai gantinya, Josh lebih banyak belajar di luar kelas hingga dirinya mendapat gelar doktor dan diterima di pusat penelitian bergengsi, Wheeler Defense Lab di MIT.

Kehidupan Josh berubah ketika ia diminta Pentagon untuk memecahkan kode yang dikirim oleh tentara Uni Soviet. Dari situ, Josh bertemu dengan agen rahasia bernama William Parcher yang memintanya menjadi mata-mata. Semakin hari, Josh semakin teorbsesi dengan pekerjaannya sampai ia lupa waktu dan hidup di dunianya sendiri. Hingga suatu ketika, Alicia Larde, seorang gadis yang kemudian dinikahinya, mengetahui bahwa Josh selama ini tidak memiliki teman bernama William Parcher. Sejak saat itu, Josh mulai tidak tenang dan Larde memilih untuk membawa Josh ke sebuah rumah sakit jiwa untuk diobati.

12. Rush (2013)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film yang diangakat dari kisah nyata berikutnya adalah Rush. Film ini menceritakan rivalitas dua juara dunia balap F1, james Hunt (Chris Hemsworth) dan Niki Lauda (Daniel Bruehl) pada musim balap tahun 1976. Persaingan keduanya sebetulnya sudah dimulai saat mereka masih bergelut di Formula 3. Ketika itu james Hunt yang mengungguli posisi Niki Lauda.

Kekalahan tersebut membuat Niki sangat terpukul dan berlatih keras agar bisa mengalahkan James Hunt. Banyak pengalaman yang telah Niki lalui, mulai dari bergabung dengan Marlboro hingga dikontrak Ferrari. Sementara James Hunt sendiri bergabung dengan McLaren. Mereka berdua telah banyak menggoreskan nama dalam kejuaraan dunia balap, hingga suatu kompetisi balap yang mengharuskan mereka merebutkan gelar paling bergengsi di dunia yaitu World Championship.

13. The Wolf of Wall Street (2013)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Wolf of Wall Street bercerita tentang seorang makelar saham ternama di Amerika, Jordan Belfort (Leonardo De Caprio). Bersama dengan Donnie Azoff (Jonah Hill), mereka bekerjasama untuk membangun perusahaan yang kemudian menjadikan mereka sukses dan memiliki banyak sekali uang. Namun di tengah kesuksesan tersebut, mereka harus berurusan dengan aparat keamanan setempat karena terlibat dalam bisnis ilegal. Jordan terbukti melakukan sejumlah bisnis ilegal dan harus membayar dosa-dosanya dengan mendekam di balik penjara.

14. The Revenant (2015)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Revenant dibuat berdasarkan kisah nyata seorang penjerat hewan bernama Hugh Glass. Di dalam film kisah nyata bertahan hidup ini, Hugh Glass diperankan oleh seorang Leonardo DiCaprio. Ceritanya berangkat dari sebuah novel berjudul sama, di mana Hugh Class diserang oleh beruang Grizzly dan dirinya harus merangkak sejauh 200 mil selama enam minggu hingga sampai ke Fort Kiowa.

Yang lebih menyedihkan dari kisah Hugh Glass adalah di saat ia ditinggalkan oleh dua orang yang mencoba membantunya. Alih-alih membantu, dua orang tersebut ternyata lebih memilih untuk merampok Hugh yang sekarat. Buah perbuatan mereka meninggalkan dendam dalam diri Hugh. Dari rasa ingin membalaskan dendamnya tersebutlah Hugh bisa bertahan hidup dan meneruskan perjalanan.

15. Into the Wild (2007)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Into The Wild merupakan film kisah nyata terbaik yang mengisahkan seorang muda bernama Cristopher McCandless yang hidup dengan segala kecukupan materi. Dia adalah sosok kaya yang terpelajar, tapi dalam hatinya ia tidak merasakan sebuah kehidupan seperti yang seharusnya dia rasakan. Ditemani dengan mobil Datsun miliknya, dia memutuskan untuk pergi ke suatu tempat dan memulai perjalanan. Tidak ada satu orang pun, termasuk keluarganya, yang tahu kemana Cristopher pergi.

Perjalanannya tersebut selangkah demi selangkah menghadirkan arti hidup bagi dirinya. Dia bertemu orang-orang baru yang memberikan makna kehidupan yang lebih bergairah. Namun ambisi besarnya untuk bisa menemukan arti hidup yang sebenarnya harus terhenti saat dia bertahan dengan kesakitannya di alam liar Alaska hingga ajal menjemput dan tak ada satu orang pun yang berada di sana.

16. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Ini adalah film kisah nyata anjing dari Jepang yang sangat fenomenal. Film Hachiko telah menarik minat banyak orang dari berbagai penjuru negeri. Kisahnya yang menyentuh telah mengetuk pintu hati para penontonnya hingga tak tahan untuk menitikkan air mata. Jika Anda ingin mengetahui apa itu arti kesetiaan, sepertinya Hachiko dapat menunjukkan bagaimana cara melakukannya lewat film yang mengisahkan dirinya ini.

Hachiko adalah seekor anjing yang dirawat oleh seorang dosen di sebuah stasiun kereta api. Dosen tersebut bernama Parker, dia merawat Hachiko dengan penuh kasih sayang sampai Hachiko tumbuh besar. Hachiko selalu mengantar Parker ke stasiun kereta api dan menjemputnya lagi di sore hari. Sampai suatu hari, Parker meninggal dunia akibat terjatuh dan dari situ Anda akan diperlihatkan bagaimana kesetiaan Hachiko yang menunggu kepulangan Parker. Dia memutuskan untuk tidur di gerbong yang sudah tua. Hari demi hari hingga tahun-tahun berlalu, Hachi tetap saja menunggu Parker di stasiun tersebut sampai kematian pun “membawa”-nya bertemu kembali dengan majikannya.

17. Casino (1995)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film Casino mempunyai genre kriminal, ceritanya diadaptasi dari novel karya Nicholas Pileggi yang mengisahkan mafia dan pengusaha Casino di Las Vegas. Orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan aspek film kisah nyata bisnis kasino ini adalah Martin Scorsese. Sutradara kawakan tersebut membawa aktor langganannya, Robert De Niro, yang berperan sebagai Sam Rothstein pada film ini.

Casino bercerita tentang kehidupan Sam yang menjadi CEO bisnis Casino di Las Vegas. Sam terlibat masalah setelah memecat saudara dari anggota komisioner negara. Konflik yang bergulir sejak saat itu juga diperumit dengan hubungan pertemanan antara Sam dengan Nicky Santoro dan kisah cintanya dengan Ginger. Secara keseluruhan, konflik dalam film ini selalu menyimpan unsur konspirasi, kelicikan, kerakusan, cinta, pengkhianatan, dan balas dendam.

18. Heat (1995)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Dua aktor papan atas dunia dipertemukan dalam film kisah nyata action bertajuk Heat yang rilis pada tahun 1995. Mereka adalah Robert De Niro yang berperan sebagai Neil McCauley dan Al Pacino yang berperan sebagai Vincent Hanna. Neil adalah seorang perampok profesional, sementara Pacino bertugas sebagai seorang veteran polisi yang tentunya harus menghentikan aksi yang dilakukan oleh Neil.

Aksi kejar-kejaran antar detektif dan gembong kriminal pada Heat terinspirasi dari kisah nyata detektif Chuck Adamson yang melakukan pengejaran terhadap Neil McCauley yang tak lain adalah gembong kriminal di tahun 1960. Salah satu adegan paling menegangkan dalam film ini adalah ketika sang detektif dan pelaku kriminal duduk satu meja di sebuah restoran dan saling mengancam. Kejadian tersebut benar-benar terjadi antara detektif Chuck dan Neil.

19. The Help (2011)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Help menjadi potret isu rasialis antara warga kulit putih dan kulit hitam di Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Tate Taylor yang menjadi motor penggerak dalam film ini menyajikan cerita yang diadopsi dari novel karangan Kathryn Stockett. Ceritanya mengenai perilaku diskriminatif yang dilakukan warga kulit putih Amerika terhadap warga keturunan Afrika yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Dua orang pembantu rumah tangga yang terampil telah banyak membantu keluarga majikannya dalam beragam urusan dapur dan mengasuh anak. Namun sayang, para majikan tersebut tetap memandang sebelah mata para pembantunya yang berkulit hitam itu. Ketegangan mulai timbul ketika para pembantu dan majikan melakukan perang dingin. Tentu menjadi simalakama bagi para pembantu yang melakukan perlawanan, mereka harus berhati-hati karena perang tersebut bagaikan pedang bermata dua, bisa berakhir manis atau justru tragis.

20. 12 Years a Slave (2013)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

12 Years a Slave mempunyai tema yang hampir sama dengan film berdasarkan kisah nyata sebelumnya, The Help, di mana warga kulit hitam mendapat perlakukan semena-mena dari warga kulit putih Amerika. Dia adalah Solomon Northup, seorang pria kulit hitam yang mulanya beruntung. Kehidupannya berbeda dengan rata-rata warga kulit hitam lain, dia bisa menyicipi dunia pendidikan dan sukses sebagai seorang pemain biola yang terkenal.

Suatu ketika Solomon didatangi oleh dua orang yang mengaku bekerja sebagai pengusaha sirkus dan menginginkan Solomon untuk bekerja sebagai pengiring musik dengan janji bayaran yang sangat tinggi. Namun pada kenyataannya Solomon ditipu, dia menjadi korban penculikan dan dijual sebagai budak di New Orleans. Namanya pun diganti dan dia dengan terpaksa harus menerima nama baru tersebut agar tidak mendapat siksaan yang sangat sadis. Perjuangan Solomon tidak mudah, dia harus bertahan hidup agar bisa kembali ke istri serta kedua anaknya.

21. Touching the Void (2003)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Bagi Anda yang mencintai petualangan dan kegiatan mendaki gunung, maka sangat disarankan untuk menonton film kisah nyata pendaki gunung besutan Kevin Macdonald ini. Touching the Void dibuat berdasarkan autobiografi yang ditulis langsung oleh Joe Simpson, mengenai kisahnya bersama temannya, Simon Yates, saat melakukan pendakian ke gunung es Siula Grande di Peru pada tahun 1985.

Gunung dengan ketinggian mencapai 6344 mdpl tersebut berhasil ditaklukkan oleh mereka. Namun saat menuruni gunung, mereka harus dihadapi dengan sebuah insiden di mana kaki Simpson patah. Dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk terus melanjutkan perjalanan menuruni gunung itu, Joe dan Simon harus mengambil keputusan agar tetap bisa hidup dan kembali dengan selamat.

22. The Miracle Worker (1962)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film kisah nyata mengharukan ini bercerita tentang seorang anak kecil yang saat berusia 10 tahun menjadi buta dan tuli. Dia adalah Hellen Keller, anak perempuan yang tumbuh dalam keluarga yang merawatnya dengan penuh kasih sayang. Hellen sendiri adalah pribadi yang susah dikendalikan, dia selalu mengundang kekacauan di dalam rumah sehingga keluarganya perlu memberikan perhatian ekstra kepadanya.

Sampai suatu ketika orang tua Hellen mencarikan pengasuh yang dapat mendidik dan memberikan pelajaran pada Hellen. Mereka mendapatkan seorang pengasuh bernama Ny. Sullivan. Ny. Sullivan mendidik Hellen dengan cara yang cukup keras, namun pada aslinya dia begitu sayang kepada Hellen. Berkat kegigihan dan kesabaran darinya, Hellen mampu tumbuh menjadi perempuan yang berprestasi. Dia menjadi pengacara terkenal dan aktif menyeru kepada dunia agar peduli kepada penyandang tunanetra dan tunarungu.

23. Hotel Rwanda (2004)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Apabila Anda pernah menonton Schindler’s List, maka Hotel Rwanda mempunyai jalan cerita yang hampir sama. Ceritanya mengenai seorang pahlawan di tengah kemelut pertikaian antara kelompok Tutsi dan Hutu di Rwanda. Dia adalah Paul Rusesabagina, seorang manajer hotel yang memberikan perlindungan pada lebih dari 1.200 pengungsi Tutsi agar tidak menjadi sasaran aksi genosida yang dilakukan oleh kelompok Hutu.

Kepahlawanan dan keberanian seorang Paul mendadak muncul ketika konflik antar warga Tutsi dan Hutu kian memanas. Di tengah-tengah keadaan kota yang mencekam, Paul diminta untuk menghibur dan menenangkan penghuni hotel. Dari situ juga, Paul merasa terpanggil untuk menyelamatkan ribuan warga Tutsi, termasuk istri dan beberapa tetangganya yang merupakan keturunan Tutsi.

24. Dog Day Afternoon (1975)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Dog Day Afternoon bercerita tentang tiga orang penjahat amatir yang hendak melakukan perampokan bank, mereka adalah Sonny (Al Pacino), Stevie (Gary Springer), dan Sal (John Cazale). Film ini berangkat dari kisah nyata mengenai peristiwa perampokan bank di sebuah bank di Brooklyn, New York pada 22 Agustus 1972.

Film ini dibesut oleh Sidney Lumet yang juga dikenal lewat karya lainnya yang berjudul 12 Angry Men. Hampir keseluruhan cerita mengambil latar bank di mana ketiga orang tersebut melakukan perampokan. Bukan hanya itu, Anda juga tidak akan mengira bahwa perampokan yang dilakukan oleh para amatir ini telah membuat polisi cukup kesulitan selama 12 jam sebelum bisa menggiring para perampok tersebut keluar. Belum lagi dengan unsur komedi hitam yang ditawarkan dan bagaimana timbul kedekatan antara para perampok dan sandera.

25. The Imitation Game (2014)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Seluruh perangkat komputasi yang sangat familiar dan lekat dengan kehidupan hampir setiap orang saat ini merupakan buah kepintaran dari seorang Alan Turing. Pria yang super jenius ini menjadi pelopor kehadiran perangkat cerdas berupa komputer. Kisahnya bisa Anda saksikan lewat film The Imitaion Game di mana Alan Turing diperankan oleh aktor ternama Benedict Cumberbatch.

Alan Turing adalah ahli matematika yang terkenal dari Inggris. Kala perang melawan Jerman di PD II, Turing menciptakan sebuah alat yang dapat memecahkan kode Enigma legendaris Jerman. Berkat alat tersebut, Inggris dapat mengetahui manakah sasaran Jerman untuk melancarkan serangan. Tapi semua tidak semulus yang Anda kira, perang tetap berjalan karena bagi beberapa petinggi Inggris: war is money.

26. Prayers for Bobby (2009)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film yang rilis pada tahun 2009 ini diangkat dari sebuah buku dengan judul yang sama. Menceritakan perjuangan seorang remaja pria yang hidup di tengah keluarga yang hangat, penuh kebahagiaan, dan menjadi umat Kristen yang begitu taat dengan Tuhan. Dia adalah Bobby, pria yang dari luar tampak biasa saja, namun dalam dirinya tersimpan sebuah kegelisahan besar menyangkut kehidupannya.

Bobby hidup dalam tekanan mengetahui bahwa dirinya memiliki sebuah “penyakit” yang membuat ia berbeda dengan kakak serta anak-anak lainnya. Ibunya melakukan segala cara agar bisa menyembuhkan Bobby sekaligus berupaya agar seluruh anggota keluarga bisa berkumpul bersama kelak di surga. Namun sayang, perjuangan Bobby berujung tragis. Anda akan banyak menemukan pelajaran lewat kisah nyata seorang Bobby pada film ini.

27. The King’s Speech (2010)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The King’s Speech mengambil sosok Raja Inggris keenam, dia adalah Prince Albert yang pada film kisah nyata motivasi ini diperankan oleh Colin Firth. Albert tidak pernah berharap menjadi raja Inggris, namun takdir telah memerintahkan ia agar naik tahta dan menjadi seorang raja meneruskan Raja George V. Celaka bagi Albert, dia tahu benar keterbatasan yang dia miliki, yakni tidak bisa berbicara di depan umum.

Untuk mengatasi kegugupannya tersebut, Prince Albert lantas mengikuti terapi dari Lionel Logue (diperankan oleh Geoffrey Rush). Logue adalah terapis dengan metode yang aneh namun efektif. Berkat Logue, Albert pun bisa sembuh dari gagapnya. Tiba saatnya bagi Prince Albert untuk mengambil alih tampuk kekuasaan. Dirinya berpidato di hadapan banyak warga Inggris. Konon, sepanjang pemerintahan Prince Albert alias Raja George VI, Lionel Logue selalu hadir ketika sang raja berpidato.

28. The Straight Story (1999)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Straight Story merupakan road movie persembahan David Lynch. Film ini dibesut oleh Lynch dengan menarik kehidupan seorang Alvin Straight, seorang veteran perang yang melakukan perjalanan jauh dari Lowa ke Wisconsin yang berjarak kurang lebih 400 KM. Alvin melakukan perjalanan tersebut menggunakan traktor. Adapun tujuan dari perjalanan jauh yang ia tempuh adalah untuk menjenguk saudaranya yang sedang sakit yang sudah lama tidak ia temui.

Alvin Straight pada film ini diperankan oleh Richard Farnsworth. Berkat perannya yang sangat natural, dia dihadiahkan nominasi Best Actor pada ajang penganugerahan Oscar. Sementara saudaranya Alvin yakni Lyle Straight yang diperankan oleh Harry Dean Stanton juga memainkan aktingnya dengan sangat baik, terlihat dari ekspresi raut wajah yang begitu alami.

29. Rope (1948)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Sutradara yang begitu terkenal lewat film-film cetusannya, Alfred Hitchcock, mengeluarkan sebuah film berwarna pertamanya berjudul Rope di tahun 1948. Dalam film ini, nampak sekali betapa Hitchcock terinspirasi dengan kisah pembunuhan yang terjadi secara nyata pada tahun 1924 di mana terjadi pembunuhan terhadap Bobby Franks oleh kedua temannya, Nathan Leopold dan Richard Loeb. Alasan pembunuhan tersebut sangat konyol, mereka hanya ingin mempraktikkan kejeniusan mereka lewat pembunuhan.

Pada Rope, ceritanya juga sama, yakni mengenai pembunuhan terhadap David Kentley (diperankan oleh Dick Hogan) oleh kedua temannya, Philip Morgan (Farley Granger) dan Brandon Shaw (John Dall). Mereka melakukan pembunuhan tersebut hanya untuk membuktikan kejeniusannya sebagai “perfect murder”, yang artinya melakukan tindakan pembunuhan secara sempurna sampai tidak terlacak oleh siapapun juga. Setelah aksinya berlalu, Shaw dan Morgan lantas mengadakan sebuah pesta dan menjadi tuan rumah pada pesta tersebut. Tepat di tengah-tengah berlangsungnya pesta, disembunyikan mayat David Kentley secara rapi.

30. Catch Me If You Can (2002)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film yang diangkat dari kisah nyata satu ini sangat sukses dan cukup fenomenal pada zamannya. Catch Me If You Can bercerita tentang seorang pria cerdas bernama Frank Abagnale Jr. yang pada film ini dipegang perannya oleh Leonardo DiCaprio. Saat usianya belum menginjak 19 tahun, Frank sudah berhasil melakukan pemalsuan cek dan memperoleh uang hingga jutaan dollar dengan cara yang bervariasi.

Frank sendiri merupakan pemuda yang berasal dari keluarga yang bermasalah. Dirinya memutuskan untuk pergi dari rumah dan agar bisa bertahan hidup, dia belajar hingga menjadi ahli dalam memalsukan cek. Penipuan demi penipuan yang telah ia lakukan akhirnya tercium oleh pihak kepolisian dan agen FBI. Dari situ, Frank harus berurusan dengan seorang agen utusan FBI, Hanrraty (diperankan oleh Tom Hanks), yang ditugaskan untuk memburunya.

31. Dallas Buyers Club (2002)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Dallas Buyers Club memaksa Matthew McConaughey dan Jared Leto untuk mengubah ukuran tubuhnya menjadi sangat kurus hanya agar bermain total dengan peran yang dibawanya masing-masing. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pengidap HIV yang divonis dokter waktu hidupnya hanya tinggal 30 hari lagi.

Dia adalah Ron Woodrof (diperankan oleh Matthew McConaughey), seorang homophobia yang terinfeksi virus HIV dan menurut dokter kesempatan hidupnya tinggal 30 hari lagi. Demi mempertahankan hidupnya, Ron mengonsumsi obat-obatan dari badan kesehatan Amerika, AZT. Namun kenyataannya obat itu tidak membawa dampak apa-apa baginya. Dari situ dia mulai nekat mencari obat-obatan ilegal. Dan ternyata, obat-obatan tersebut mujarab. Ron terlihat seperti orang yang tidak berpenyakit. Setelah mengetahui keefektifan dari obat tersebut, Ron meningkatkan aksinya dengan mengedarkan obat-obatan ilegal tersebut kepada pengidap HIV lainnya.

32. The Sound of Music (1965)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Sound of Music bisa dikatakan sebagai film tentang musik yang sangat menarik untuk ditonton oleh siapapun. Film ini bercerita tentang sesosok biarawati yang bekerja sebagai pengasuh atau perawat anak-anak seorang duda perwira angkatan laut. Biarawati tersebut adalah Maria, sesosok wanita biarawati yang cerdas, anggun, baik, dan begitu taat terhadap ajarannya. Dia dikirim oleh gereja sebagai pengasuh anak-anak seorang perwira angkatan laut, Kapten Von Trapp.

Bukan hal yang mudah bagi Maria dalam menjadi pengasuh. Pasalnya, ketujuh anak kapten Von Trapp sangatlah susah diatur dan begitu usil serta nakal. Namun berkat kesabaran dan kecerdasannya, Maria mampu mengubah mereka menjadi anak-anak yang baik. Bahkan, Maria juga mengajari anak-anak Kapten Von Trapp bernyanyi, berdansa, dan bersandiwara, sampai-sampai keluarga Von Trapp memperoleh julukan The Von Trapp Family Singers.

Sosok Maria yang dipenuhi sifat keibuan ternyata membuat Kapten Von Trapp terpincut kepadanya, begitupun dengan Maria yang juga tertarik terhadap sosok Kapten Von Trapp yang berwibawa. Namun bukan hal yang mudah bagi mereka hingga menjadi suatu keluarga yang bahagia, terlebih lagi ketika keluarganya menjadi sasaran militer rezim Nazi akibat Kapten Von Trapp enggan tunduk pada mereka.

33. Cinderella Man (2005)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Petinju legendaris Amerika Serikat, Jim Braddock, ceritanya dicatutkan lewat film kisah nyata tentang olahraga bertajuk Cinderella Man. Ron Howard adalah sutradara yang menyuguhkan kisah hidup seorang Jim Braddock lewat film ini. Ron mengajak dua bintang berbakat peraih Oscar, Russell Crowe dan Renee Zellweger, sebagai pemegang peran pasangan suami istri keluarga Jim.

Dikisahkan seorang pria yang hidup di era depresi Amerika Serikat sekitar tahun 1930-an, Jim Braddock, yang harus bekerja keras untuk bisa menafkahi istri beserta beberapa anaknya. Jim sendiri mempunyai kecintaan yang begitu besar terhadap tinju, dia ingin sekali menjadi petinju terkenal. Karena sebauh keberuntungan tak terduga, Jim berhasil naik ring dan mengalahkan petinju peringkat dua dunia.

Sejak pertarungan itu, nama Jim mulai dikenal dan menjadi idola jutaan rakyat Amerika Serikat, serta mendapatkan julukan sebagai Cinderella Man. Dalam perjalanan karirnya, Jim harus bertemu dengan lawan terberatnya, Max Baer, juara dunia kelas berat yang sudah menewaskan dua lawannya di tengah ring. Dengan semangat serta motivasi yang begitu besar, Jim tidak mundur selangkah pun ketika mengetahui siapa lawannya itu. Dari pertarungan sensasional antara Jim dan Max, Jim berubah dari pria sederhana menjadi seorang legenda.

34. Papillon (1973)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film berjudul Papillon adalah film drama asal Amerika besutan Franklink J. Schaffner yang ceritanya ditulis oleh Dalton Trumbo bersama dengan Lorenzo Semple Jr.. Papillon adalah film yang diadaptasi dari sebuah autobiografi karangan Henry Charriere yang pada film ini diperankan oleh Steve McQueen. Selain Henry, ada juga tokoh penting lain yakni Louis Dega yang dimainkan perannya oleh Dustin Hoffman.

Papillon bercerita tentang Henry Charriere yang mendapat tuduhan pembunuhan sehingga dihukum dan dibawa ke French Guaina. Henry sendiri adalah pria yang mendapatkan julukan sebagai “Papillon” karena memiliki tato kupu-kupu di dadanya. Kehidupannya di kamp kerja French Guaina sangatlah keras. Karena itu, dia mencari cara agar bisa kabur dari sana hingga akhirnya Henry bertemu dengan seorang pemalsu bernama Louis Dega yang keduanya sama-sama berupaya untuk kabur dari French Guaina bagaimanapun caranya.

35. Marvellous (2014)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Sangat disarankan bagi Anda untuk menonton film Marvellous yang mengadaptasi kisah hidup bernama Neil Baldwin, pria kelahiran 1945 yang mempunyai keterbatasan intelejensi, namun memiliki semangat hidup yang sangat tinggi. Neil Baldwin adalah sosok pria yang selalu melihat segala sesuatu dari sisi positif. Dia tidak mengizinkan keterbatasannya untuk merenggut kebahagiannya, sebagaimana pernyataan yang acap ia dengungkan: “Aku selalu ingin bahagia, jadi aku memutuskan untuk bahagia.”.

Neil yang biasa disebut Nello sangat menyukai sirkus, sampai-sampai dia bekerja sebagai badut dalam atraksi sirkus. Lewat kebiasaannya menjadi badut, kemudian Neil dikenal sebagai “Nello the Clown”. Suatu Nello mendapatkan undangan sebagai kitman dari klub favoritnya, Stoke City. Dia menerima tawaran tersebut dan langsung bekerja sebagai kitman. Kemampuannya dalam berkomunikasi dengan orang lain membuat dia disukai banyak orang. Hingga para mahasiswa/i di Keele University memberikan gelar Master pada Nello.

36. All the President’s Men (1976)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film ini diilhami oleh hasil tulisan dua orang wartawan dari The Washington Post, Bob Woodward dan Carl Bernstein, yang berjudul sama, All the President’s Men yang rilis pada 1974. Dari autobiografi tersebut, seorang sineas, Alan J. Pakula, terinspirasi dan menuangkan kisah “heroik” mereka dalam melakukan investigasi pada kasus Watergate yang melibatkan orang nomor satu di negara adidaya Amerika Serikat, presiden Richard Nixon.

All the President’s Men menceritakan dua kolega, Bob Woodward dan Carl Bernstein, yang menyelidiki kasus Watergate. Kerja keras mereka membuahkan hasil berupa pengunduran diri Nixon dari kursi kepresidenan. Setelah kasus tersebut mencuat, Woodward dan Bernstein mendapat serangan pertanyaan dari publik mengenai siapakah narasumber utama mereka yang disebut sebagai “Deep Throat”. Film yang berasal dari kisah nyata ini digarap dengan sangat baik oleh Alan sebagaimana kejadian aslinya, sehingga All the President’s Men diganjar penghargaan Oscar pada tahun 1976.

37. The Diving Bell and the Butterfly (2007)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

Film asal Perancis dengna judul Le Scaphandre et Le Papillon ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang editor, Jean-Dominique Bauby, pada sebuah majalah Perancis ternama, Elle, yang pada tahun 1995 telah mencapai usia 43 tahun. Kisahnya menarik untuk ditayangkan lewat layar berdimensi karena penuh inspirasi dan pelajaran mengenai hidup, seperti perjuangan dalam ketidakberdayaan, berpikir positif, dan semua akan indah pada waktunya.

The Diving Bell and the Butterfly merujuk langsung pada keadaan Jean yang terkena serangan jantung sehingga menjadikan seluruh organ tubuhnya lumpuh, kecuali mata kirinya. Menggunakan mata kirinya, Jean mencoba menggambarkan aspek dunia yang ada dalam pikirannya, dari siksaan psikologi atas takdir yang membuatnya tak berdaya hingga cerita khayalannya dari tempat yang hanya bisa dikunjungi oleh ia seorang.

38. The Untouchables (1987)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Untouchables adalah film drama kriminal Hollywood yang dibintangi oleh Robert De Niro, Kevin Costner, Andy Garcia, Sean Connery, dan Charles Martin Smith dengan sutradara Brian De Palma yang ditemani oleh penulis skenario, David Mamet. The Untouchables termasuk film dari kisah nyata dari sebuah autobiografi milik Ness saat mengadili Al Capone dalam masa pelarangan peredaran alkohol.

Diceritakan Al Capone (Robert De Niro) menguasai seluruh kota Chicago selama masa pelarangan peredaran minuman keras Seorang bernama Eliot Ness (Kevin Costner) ditugaskan untuk memburu Al Capone, namun menemui banyak hambatan karena banyaknya polisi koruptor di Chicago. Berbekal saran seorang polisi senior, Jim Malone (Sean Connery), Ness merekrut anggota dari akademi kepolisian yang belum terlibat dalam bisnis Al Capone, yakni George Stone (Andy Garcia) dan Oscar Wallace (Charles M. Smith).

39. The Insider (1999)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

The Insider adalah film yang bercerita tentang dua orang dengan latar belakang berbeda yang berani menghadapi risiko dan tekanan yang besar demi menjunjung tinggi kode etik dalam pekerjaannya masing-masing. Mereka adalah Jeffrey Wigand, seorang ilmuwan sekaligus presiden eksekutif di perusahaan rokok yang mengetahui kecurangan perusahaan dalam memalsukan kandungan nikotin, dan Lowell Bergman, seorang wartawan dengan integritas tinggi yang harus meninggikan nilai-nilai kebenaran publik meski banyak sekali taruhannya.

Dari pernyataan Wigand, Bergman melakukan segenap cara untuk mengungkap kecurangan perusahaan rokok Brown & Williamson tempat di mana Wigand pernah bekerja. Meski tak jarang mendapatkan serangkaian ancaman dari luar, upaya mereka membuahkan hasil yang berujung pada hukuman legal yang diberikan kepada perusahaan rokok Brown & Williamson atas praktik bisnis yang tidak sehat. Berkat keberaniannya pula, mereka memperoleh pengakuan publik dan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai harganya dalam hidup mereka.

40. A Night to Remember (1958)

40 Film Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa di Dunia Film

A Night to Remember adalah gambaran asli peristiwa kelam yang menimpa kapal Titanic. Di dalamnya tidak ada embel-embel percintaan seperti film kisah nyata romantis bertajuk Titanic yang terbit beberapa puluh tahun setelah A Night to Remember rilis. Ceritanya sendiri tidak sembarangan, melainkan diambil berdasarkan buku berjudul sama karya Walter Lord, yang di dalamnya berisikan informasi yang lebih detil dan lebih akurat yang diperoleh dari para survivor dalam kapal saat insiden tersebut terjadi.

Film yang secara riil menampilkan situasi mencekam tatkala Titanic tenggelam juga menyuguhkan beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui. Seperti tentang Californian, kapal yang berada dekat dengan Titanic tapi tidak mendengar panggilan SOS darinya, lalu Carpathia, kapal yang berada jauh dari Titanic tetapi mendengar panggilan SOS tersebut. Selain itu juga terdapat subplot-subplot riil dari para survivor yang bisa dipastikan membuat Anda bergidik ngeri saat menyaksikannya.

Dengan menonton film kisah nyata yang inspiratif dan sarat makna seperti yang telah tercantum di atas, kita bisa menarik sebuah pelajaran berharga dari setiap film kita saksikan. Pelajaran tersebut bisa menjadi modal bagi kita untuk mengarahkan serta mengontrol kehidupan ke arah yang lebih baik.

Berikan Komentar