12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia

Dinosaurus adalah hewan purba yang saat ini sangat populer dimasukkan ke dalam sebuah layar lebar. Rasa kagum disertai penasaran yang menyelimuti film-film bertemakan dinosaurus menjadi daya magnet bagi setiap orang yang menyaksikan. Tontonan spesial semacam ini juga terkadang bisa menjadi pembuka wawasan yang praktis bagi setiap orang untuk mengenal lebih dekat atau setidaknya mengetahui tentang bentuk dan cara hidup seekor ataupun sekumpulan dinosaurus.

Dalam perfilman Hollywood, telah digarap cukup banyak film-film yang melibatkan dinosaurus karena mampu menghibur sekaligus meledakkan jumlah angka penonton. Dari sekian banyak film yang ada, para sineas rasanya lebih tertarik untuk mengetengahkan unsur live-action ketimbang mengupas kembali sejarah peradaraban hewan purba tersebut. Bagi Anda yang penasaran apa saja film dinosaurus terbaik di dunia saat ini, Oliswel telah membuat daftarnya berikut ini.

1. 100 Million BC (2008)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

100 Million B.C. yang rilis pada tahun 2008 ini disutradarai oleh Griff Furst ditemani dengan Paul Bales sebagai pengarang ceritanya. Film aksi yang dirilis dengan judul Jurrasic Commando di Perancis ini mempunyai alur yang mirip dengan film Jurassic Park dan Carnosaur. Film barat dinosaurus ini mempunyai beberapa kesamaan cerita dengan kejadian yang digambarkan pada film The Philadephia Experiment di tahun 1984.

100 Million B.C. berpusat pada sekelompok angkatan laut bernama SEAL, yang dipimpin oleh Dr. Frank Reno (Michael Gross), yang pernah terlibat dalam proyek Percobaan Philadelphia. Ceritanya dimulai pada tahun 2008 ketika Reno telah berhasil menciptakan mesin waktu untuk dipakai menjelajah ke tahun 70.000.000 SM dalam rangka menyelamatkan tim 1949 yang dipimpin oleh saudara Reno, Erik (Christopher Atkins). Awalnya semua berjalan lancar, namun ulah Carcharodontosaurus dengan panjang 18 meter dan tinggi 6,1 meter yang melakukan perjalanan menjadi malapetaka bagi penduduk kota Los Angeles, sekaligus Reno beserta timnya.

2. Jurassic Park (1993)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Setelah rilisan pertamanya, bisa dibilang kalau Jurrasic Park merupakan film tentang dinosaurus tersukses yang pernah dibuat. Jurassic Park yang berhasil rilis pada 1993 merupakan seri pertama dari film Jurassic Park. Untuk ukuran film lama, Jurassic Park I juga cukup berhasil dari segi visual. Berkat kepiawaian dari pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatannya, film dinosaurus tirex ini banyak menuai pujian, terutama mengenai visual efek dinosaurus yang tampak dengan cukup nyata.

Terhitung tahun 2015, film dinosaurus jaman dahulu yang pernah menyabet 3 piala Oscar di ajang Academy Awards sekaligus sempat menduduki tatanan tertinggi dalam film yang sukses besar secara komersil ini telah diikuti oleh tiga sekuel. Untuk sekuel pertamanya, Jurassic Park berkisah di sebuah pulau penampungan dinosaurus hasil rekayasa genetik. Awalnya keadaan di pulau tersebut tiada disertai masalah sampai keadaannya berubah menajdi tak sesuai rencana. Para dinosaurus besar itu mengamuk dan berhasil lolos dari kurungan mereka.

3. The Land Before Time (1988)

Sebelum lahir Jurassic Park, ternyata Hollywood juga pernah menampilkan kisah dinosaurus yang dalam penggarapannya langsung ditangani oleh Steven Spielberg serta beberapa sineas sekaliber dirinya, seperti Don Bluth, George Lucas, Kathleen Kennedy, dan Frank Marshall. Bagi para pecinta film yang menceritakan kehidupan dinosaurus, mungkin setuju jika The Land Before Time masih harus bertengger di urutan pertama “menginjak” beberapa film bertemakan serupa lainnya.

Tampaknya film dinosaurus kartun The Land Before Time tidak begitu tertarik untuk mengupas sisi antagonis dari para dinosaurus. Film dinosaurus untuk anak-anak ini mengisahkan petualangan dinosaurus untuk mencari dunia baru setelah meteor menghantam bumi. Untuk anak-anak di bawah umur, The Land Before Time masih layak ditonton karena ceritanya tak seperti kebanyakan film khas Hollywood, dan dikarenakan berefek kartun, maka film ini sangat ideal untuk ditonton oleh anak-anak. Film ini akan membuat siapapun yang menontonnya menjadi terharu ketika melihat perjuangan seekor anak dinosaurus yang harus menghidupi dirinya sendiri karena ibunya telah tewas terbunuh saat berupaya melindunginya.

4. Jurassic World (2015)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Untuk urutan berikutnya, sepertinya Jurassic World juga sangat layak bila dimasukkan ke dalam daftar film tentang dinosaurus terbaik. Berbagai unsur telah dimiliki oleh Jurassic World, mulai dari petualangan, ketegangan, hingga sedikit drama. Tokoh utama yang kerap disorot dalam film dinosaurus pemakan daging Jurassic World ialah Chris Patt yang berperan vital sebagai seorang pekerja yang harus melakukan aksi penyelamatan bagi para pengunjung.

Jurassic World menceritakan tentang sebuah pulau yang sangat luas. Di dalam pulau tersebut terdapat taman-taman yang diisi oleh berbagai spesies dinosaurus, berikut ukurannya masing-masing. Para ilmuwan yang mengetahui bahwa dinosaurus telah punah segera melakukan upaya rekayasa genetik guna mempertahankan eksistensi binatang dinosaurus ini. Masalah menghampiri ketika salah satu spesies memakan korban dan taman tersebut mulai porak-poranda oleh makhluk besar yang melakukan teror serta menimbulkan bahaya bagi mereka yang terjebak di pulau tersebut.

5. Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2009)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Karena daftar film ini hanya menampilkan beberapa judul film yang bertemakan dinosaurus, maka seri ketiga film animasi Ice Age terasa lebih pas untuk dimasukkan, dibanding seri pertama dan keduanya. Untuk seri ketiganya, film Ice Age dinosaurus kembali menampilkan para hewan yang kembali bertualang hingga menemukan populasi sisa dinosaurus yang masih bertahan dari kepunahan di sebuah hutan tropis yang terhalang kabut tebal.

Awalnya tidak ada masalah dari pertemuan tersebut. Namun, dikarenakan Sid yang iri melihat kebahagian pasangan Manny dan Ellie yang sedang menantikan kehadiran bayi mamut mereka, Sid salah langkah dalam mencari kebahagiaan untuk dirinya. Dia malah mengambil telur-telur dinosaurus yang kemudian menyebabkannya ditangkap oleh induk dinosaurus tersebut. Kecerobohannya membuat Manny dan kawan-kawan harus berhadapan dengan bahaya dari para dinosaurus tersebut, di “markasnya”, agar bisa menyelamatkan Sid yang tengah ditawan oleh sang induk dinosaurus.

6. The Good Dinosaur (2015)

The Good Dinosaur adalah film animasi tentang dinosaurus yang dirilis oleh Pixar setelah Inside Out. Seperti biasa, Pixar selalu berhasil dalam memberikan tontonan yang apik untuk keluarga. Film dinosaurus air ini adalah salah satu contohnya di mana tak ada batasan usia bagi penontonnya. Kehadirannya di tahun 2015 mungkin menjadi dilema bagi para pecinta film yang menceritakan dinosaurus. Pasalnya, film bertema sama dengan membawa tajuk Jurassic World juga muncul pada tahun itu.

Film yang mendapat arahan dari sutradara kawakan dalam dunia animasi ini bercerita tentang kehidupan di bumi apabila tidak ada asteroid dari luar angkasa yang dengan “perasaan bahagia” datang menghantam bumi sekaligus menghancurkan eksistensi kehidupan para dinosaurus. Cerita yang dimiliki oleh film kartun anak dinosaurus ini sangatlah unik, di dalamnya Anda akan diberi tontonan segar tentang hubungan dinosaurus berjenis Apaosaurus yang beteman dengan manusia.

7. Dinosaur (2000)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Tanpa melihat trailer ataupun sinopsisnya, tentu orang-orang sudah tahu kalau Dinosaur adalah film yang bercerita tentang dinosaurus. Film ini merupakan film buatan Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2000, disutradarai oleh Eric Leighton, diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation, dan dirilis oleh Walt Disney Picture. Film Dinosaur banyak menampilkan tempat-tempat yang megah, seperti Angel Falls dan Venezuela.

Ceritanya sendiri bisa dibilang cukup menarik, meskipun pada masa promosinya ataupun penayangannya tidak terlalu banyak menuai antusiasme yang tinggi dari para pecinta film dinosaurus. Pertama-tama, Dinosaur membuka kisah tentang ibu Iguanodon yang harus meninggalkan sarangnya akibat serangan Carnotaur karivora. Hanya satu telur yang tersisa, namun perselisihan dengan Oviraptor menyebabkan telur itu jatuh ke air dan dinosaurus yang “terlahir” dari telur tersebut memulai petualangannya sendiri.

8. Land of the Lost (2009)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Untuk mengirim ketegagan, Land of the Lost menggunakan cara yang cukup basi, sama seperti 100 Million B.C., yakni menggunakan alat yang mampu mengirim manusia ke masa lalu. Bedanya, 100 Million B.C. adalah film yang hadir lebih dulu di tahun 90-an, maka Land of the Lost terkesan kurang mampu membawa ide segar. Sementara bicara mengenai efek visual yang dihadirkan, Land of the Lost juga tak mampu berbuat banyak. Tapi walau bagaimanapun, jika Anda memang pecandu film tentang dinosaurus, maka Land of the Lost adalah pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Film ini dibuka dengan memperkenalkan tokoh utama, seorang ahli purbakala berama Rick Marshall (Will Ferrell) yang harus turun jabatan karena membuat teori yang tak masuk akal. Namun ternyata, pada suatu ketika teori yang dikemukakan oleh Rick memang benar. Dia menjadi bergairah, terutama ketika bertemu dengan Holly Cantrell (Anna Friel). Mereka berdua mencoba mesin yang menjadi pendorong Rick untuk memperkenalkan teorinya. Bersama dengan pemandu tur, Will Stanton (Danny R. McBrinde), saat mencobanya, terjadi gempa bumi sehingga mereka berpindah waktu tanpa alat tersebut. Alhasil, mereka harus mengalami petualangan di tempat asing yang dikuasai oleh hewan purbakala itu. Tak ada senjata dan peralatan, mereka hanya berbekal keberanian, kenekatan, dan ilmu yang dimiliki oleh Rick agar bisa bertahan hidup dari ancaman hewan purbakala yang tak bersahabat itu.

9. Walking With Dinosaurs 3D (2013)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Jika selama ini Anda berburu film dinosaurus yang menegangkan, mungkin sekarang harus menambahkan unsur lain dalam film yang akan Anda saksikan, meskipun bertemakan sama. Untuk itu, Oliswel sarankan Anda menyaksikan Walking With Dinosaurs. Lewat film dinosaurus 3D ini, Anda akan diajak kembali ke 70 juta tahun silam oleh seekor burung Alexomis bernama Alex (John Leguizamo) untuk mengenal sejarah peradaban hewan purbakala bertubuh jumbo itu.

Alex akan menceritakan sahabatnya, Patchi (Justin Long), yang kerap ditindas oleh sang kakak, Scowler (Skyler Stone). Sang kakak yang memiliki tubuh lebih besar dari Patchi sangat berambisi untuk memimin kawanan dengan menggantikan peran sang ayah. Dengan bermodalkan keberanian dan kegigihan, Patchi menjalani petualangan yang memaksanya bertahan hidup dengan menggunakan semua kekuatan di dalam dirinya. Kisah yang diangkat oleh Walking With Dinosaurs merupakan kisah keluarga yang sangat menyentuh. Bahkan, berkat keahlian John Colle selaku penulis skenario, ditemani Barry Cook dan Neil Nightingale, Walking With Dinosaurs menjadi tontonan yang kental dengan rasa kekeluargaan dan kebaikan hati.

10. Dino Time (2012)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Kembali ditampilkan film animasi tentang dinosaurus yang rilis pada tahun 2012. Film ini bercerita tentang tiga orang anak yang melakukan petualangan tak sengaja menuju ke puluhan juta tahun sebelumnya, di mana mereka dibawa ke dunia yang tengah diduduki oleh komplotan dinosaurus. Mereka bertiga adalah Ernie Fitzpatrick (Pamela Adlon), Max Santiago (Yuri Lowenthal), dan Julia (Tara Strong).

Kedatangan mereka ke zaman purbakala disebabkan oleh ketidaksengajaan mereka bertiga yang merusak mesin waktu. Akibatnya, mereka dibawa pergi mundur ke-65 puluhan juta tahun. Petualangan mereka penuh dengan ketegangan, sangat seru, dan benar-benar menakjubkan. Pertanyaan besarnya, bisakah mereka kembali pulang ke zaman di mana bumi telah dikuasai oleh manusia seperti mereka?

11. Dinosaur 13 (2014)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Berangkat dari hasil temuan seorang ahli paleontologi berkebangsaan Amerika Serikat bernama Pete Larson. Dia menemukan fosil dinosaurus, tepatnya Tyrannosaurus Rex yang mempunyai ukuran sangat besar dan bahkan terbilang paling besar dalam sejarah yang pernah ditemukan. Fosil tersebut ditemukan oleh Pete dan timnya di Dakota Selatan.

Buah penemuan Pete beserta timnya ternyata memperoleh perhatian dari pemerintah sehingga temuan tersebut disita. Untuk merebut kembali hasil temuan tersebut, Pete beserta kawan-kawannya yang sama-sama menjadi seorang ahli paleontologi harus berjuang untuk menuntut kebebasan yang tengah dirampas oleh pihak pemerintah yang bergerak di bawah payung hukum.

12. Cowboys vs. Dinosaurs (2015)

12 Film Dinosaurus Terbaik dan Terlaris di Dunia Film

Setelah sukses lewat Live Free or Die Hard, di tahun 2015, Ari Novak turut meramaikan pasar perfilman Hollywood dengan menghadirkan sebuah film bertemakan dinosaurus. Cerita pada film ini ditulis oleh Anthony Fankhauser. Sebagaimana judulnya, mereka berdua berkolaborasi untuk menampilkan pertarungan epik antara cowboy dan dinosaurus.

Kisahnya bermula ketika sebuah pusat tambang di Livingston, Montana, diledakan. Ketika itu muncul secara tiba-tiba sekelompok dinosaurus yang hendak menimbulkan bencana pada kota mereka beserta penduduknya. Berawal dari ancaman tersebut, seorang koboi beserta beberapa temannya bersatu untuk menyelamatkan kota tempat tinggalnya dari amukan hewan purbakala tersebut.

Itulah ke-12 film dinosaurus terbaik yang pernah ada sepanjang perfilman layar lebar. Meskipun sebagian besarnya merupakan kisah fiktif, tapi tidak sedikit pula yang dibuat berdasarkan fosil-fosil dinosaurus asli yang berhasil ditemukan dan diteliti oleh para ahli arkeologi ataupun paleontologi di berbagai negara.

Berikan Komentar