10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover

Bradley Cooper termasuk salah satu aktor papan atas Hollywood. Selain diberkahi dengan pesona yang terpancar dari wajah, Bradley Cooper juga diketahui fasih dalam berbahasa Prancis. Aktor berkelahiran Philadelphia, 5 Januari 1975 ini pertama kali menyukai dunia akting saat mendengar keberadaan sekolah drama bernama Actors Studio Drama School yang sudah menjebolkan aktor mentereng seperti Jack Nicholson dan Robert De Niro. Setelah lulus dari Universitas Georgetown, Cooper langsung beranjak ke sekolah drama tersebut.

Karir pertama Cooper dimulai dengan peran kecil pada serial TV S*x and The City di tahun 1999 sebagai tokoh Jake dalam episode They Shoot Single People, Don’t They?. Setelah tampil prima pada serial TV, Cooper langsung dikejar-kejar oleh banyak insan perfilman. The Hangover merupakan jembatan pertama yang mengantarkan Cooper masuk nominasi di berbagai ajang penghargaan. Lewat trilogi The Hangover juga nama Cooper mulai melambung dan memberikan kepercayaan kepada banyak sineas tentang kemampuannya yang bisa diandalkan.

Selain The Hangover, Cooper juga pernah terlibat dalam proyek pembuatan film lain dengan memegang berbagai peran dengan bermacam-macam karakter. Untuk menentukan mana film terbaik Bradley Cooper, memang tidak terlalu banyak yang bisa dipilih mengingat tak sedikit pula sineas yang menyia-nyiakan kepiawaiannya dalam bermain. Oleh karenanya, berikut merupakan sepuluh film Bradley Cooper terbaik yang Oliswel sarankan untuk Anda tonton.

1. Silver Linings Playbook (2012)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Silver Linings Playbook menjadi duet pertama antara Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence. Film yang disutradarai dan ditulis oleh David O. Russell ini juga dibintangi oleh aktor idola Cooper, Robert De Niro. Silver Linings Playbook sendiri merupakan film drama-komedi romantis yang ceritanya diadaptasi dari novel berjudul sama karya Matthew Quick.

Film ini mengisahkan tentang pengidap bipolar bernama Patrick Pat Solitano yang diperankan oleh Cooper. Pat adalah anak dari sepasang suami istri yang diperankan oleh Robert De Niro dan Jacki Weaver. Setelah menjalankan perawatan di rumah sakit jiwa, Pat berkeinginan untuk mendapatkan kembali istrinya. Di tengah perjalanannya, Pat bertemu dengan wanita cantik bernama Tiffany Maxwell (Lawrence) yang membantunya dengan syarat harus bersedia ikut kompetisi dansa bersamanya.

Saat menjalani latihan dansa, Pat dan Tiffany semakin dekat dan hubungan mereka bergulir ke arah yang lebih jauh seiring datangnya masalah yang ada yang harus mereka tangani. Silver Linings Playbook mersaih kesuksesan secara komersil dan penghargaan. Di Academy Awards, film Bradley Cooper terbaik ini mendapatkan delapan nominasi yang menjadi film pertama sejak 1981 yang masuk nominasi Oscar untuk empat kategori pemeran terbaik dan juga film pertama sejak 2004 yang dinominasikan untuk Lima Besar Oscar di mana Lawrence berhasil membopong satu piala pada kategori Aktris Terbaik.

2. Limitless (2011)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Satu tahun sebelum Silver Linings Playbook muncul ke layar lebar, Cooper pernah dipasangkan dengan aktor legendaris Robert De Niro dalam Limitless. Jika di SLP Cooper bermain sebagai anak dari De Niro, di Limitless mereka tidak lagi berhubungan darah. Limitless berpusat pada Cooper yang diceritakan sebagai penulis yang selalu buntu ide dan tulisannya tak pernah diterbitkan. Dengan segala keputuasaan, Cooper ternyata menemukan masa depan yang cerah lewat cara yang tidak benar.

Eddie Morra (Bradley Cooper) adalah penulis sekaligus pecundang yang sudah tak bergairah untuk meneruskan kemampuan menulisnya karena sudah sangat lama karyanya tak pernah rilis ke pasaran. Di tengah kemurungan yang menerpa, Eddie bertemu dengan sobat lama yang memperkenalkannya pada NZT-48, obat yang bisa memacu kerja otak sepenuhnya. Dengan obat tersebut, Eddie bisa menyelesaikan buku hanya dalam waktu satu hari. Bukan cuma itu, setelah konsumsi NZT-48, Eddie juga bisa belajar bahasa asing dalam waktu singkat dan hampir semuanya bisa dia pelajari dengan mudah.

Film yang dibintangi Bradley Cooper ini memang mempunyai banyak celah logika yang susah diterima nalar. Namun meski demikian, Limitless ternyata tak seburuk yang sebagian orang katakan. Terbukti film ini mampu bertahan di sepuluh besar box office selama 4 pekan tayang. Bicara mengenai Cooper, di sini dia membuktikan dirinya sangat layak mendapat acungan jempol setelah bermain sebagai pengidap obat dari awal hingga akhir dengan sangat baik.

3. American Hustle (2013)

Di tahun 2013, David O. Russell kembali merilis film yang jajaran pemainnya juga pernah terlibat dalam film besutannya sebelumnya, Silver Linings Playbook. Di samping nama Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence, American Hustle juga turut diramaikan oleh Christian Bale yang harus bermain sebagai penipu ulung dengan kedoknya menjalankan usaha laundry. Tokoh lain yang semakin memperlengkap plotnya ada Amy Adams dan Robert De Niro dengan secuil peran.

Irving Rosenfeld (Bale) yang telah melakukan banyak penipuan dengan modus meminjamkan uang kepada orang-orang bersama rekan sekaligus kekasih gelapnya, Sydney Prosser (Amy Adams), harus menyerah di tangan agen FBI cerdas, Richard Richie DiMaso (Cooper). Dengan ancaman serius yang dilontarkan oleh Richie, Irving dan Sydney harus menuruti keinginannya yang dipenuhi ambisi untuk bisa meningkatkan derajat karirnya.

Sebelum dirilis, American Hustle digadang-gadang akan menjadi bakal calon pemenang Oscar. Benar saja, ketika perhelatannya berlangsung, American Hustle masuk dalam 10 nominasi Academy Award. Selain di Academy Award, film yang diperankan Bradley Cooper ini juga menerima 7 nominasi dalam Golden Globe Award yang tiganya, Film Musikal atau Komedi Terbaik, Aktris Terbaik, dan Aktris Pendukung Terbaik, berhasil dimenangkan.

4. The Place Beyond the Pines (2012)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Dua aktor papan atas Bollywood, Bradley Cooper dan Ryan Gosling, bermain satu layar pada The Place Beyond the Pines. Agar terasa imbang, Cooper maupun Gosling mendapatkan peran dengan porsi yang cukup dan adil untuk keduanya. Untuk menyiasatinya, The Place Beyond the Pines terbagi dalam tiga segmen cerita di mana Gosling menjadi cerita pembuka yang dilanjut dengan peran dari Cooper sebagai pengganti Gosling.

The Place Beyond the Pines bercerita tentang Luke (Gosling) yang meninggalkan istri karena pekerjaannya sebagai stuntman akrobat motor. Sekembalinya, Luke mendapati istrinya, Romina, telah memulai hidup baru dengan pria lain bernama Kofi bersama Jason yang kemudian diketahui Luke kalau Jason adalah anaknya. Mengetahui hal itu, Luke mengajak Romina untuk hidup bersama dengannya lagi, tapi Romina menolak karena menganggap Luke tak bisa memberikan kehidupan yang layak untuk Jason.

Terdesak dengan tanggung jawab, Luke pun nekat melakukan pencurian bermodalkan kemampuannya bermotor. Satu dua perampokan sukses berjalan hingga kenekatannya harus berakhir di tangan Avery (Cooper) yang melesatkan timah panas yang menewaskan Luke. Sejak itu, The Place Beyond the Pines langsung berganti ke kisah yang didominasi oleh Avery. Pada bagian kedua, Avery mengalami dilema setelah mengetahui kalau Luke ternyata punya anak yang menjadi sahabat dari anaknya sendiri, AJ.

5. American Sniper (2014)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Peristiwa yang mengambrukkan gedung kembar pada 11 September memang tak jarang menjadi daya tarik banyak sineas untuk mengangkatnya ke layar lebar. Seperti di tahun 2014, ada American Sniper yang hampir sepenuhnya dikuasai oleh Bradley Cooper. American Sniper mengangkat kisah nyata penembak jitu Amerika, Chris Kyle, yang berperang di Irak antara tahun 2003 sampai 2009.

Bradley Cooper yang bermain sebagai Chris Kyle diakui sempurna oleh banyak kalangan. Dengan kisah yang menarik serta dukungan yang diberikan oleh Cooper lewat aktingnya telah mengantarkan American Sniper sebagai pemimpin di jajaran box office yang hanya dalam waktu dua minggu, film Bradley Cooper terbaik ini meraup keuntungan hingga Rp720.000.000.000. Pendapatan yang sedemikian besar itu juga yang membuat American Sniper menjadi salah satu film Hollywood dengan pendapatan terbesar di awal tahun 2014.

Selain untung besar dari segi pendapatan, American Sniper juga memperoleh keuntungan lain dari sisi penghargaan. Di ajang Academy Awards, American Hustle telah membawa nama pemain serta kontributor lain masuk dalam banyak kategori. Kemudian pada ajang American Film Institute Awards, American Sniper memenangkan nominasi “Top Ten Films of the Year”. Pencapaian luar biasa dari American Sniper ternyata juga diikuti dengan berbagai kritik dan protes yang dikemukakan oleh banyak kelompok. Belum lagi menurut banyak ahli sejarah yang membeberkan bahwa film ini juga cukup banyak melenceng dari kenyataannya.

6. The Words (2012)

Suatu kebanggaan buat Cooper bisa bermain dalam The Words. Film yang bermain dengan kekuatan kata-kata ini memasangkan dua karakter dengan beberapa kesamaan latar belakang. Pertama, ada pria tua (Ben Barnes) yang menuliskan kisah cintanya dengan Celia yang harus berujung pada perceraian dan sakit hati. Kedua, ada Rory yang bercita-cita sebagai penulis terkenal. Tapi permasalahannya, Rory tak cukup pandai untuk mengurai kata-kata sehingga tidak ada satu pun tulisannya yang berhasil diterbitkan.

Pada film ini, Cooper mengambil peran sebagai Rory Jansen. Sebagai penulis yang tulisannya tidak juga berhasil diterbitkan, Rory hampir putus asa. Namun perjalanannya ke Paris untuk berbulan madu dengan istrinya, Dora, telah menyeretnya ke masa depan yang cemerlang, meskipun banyak dari kita yang tidak menyetujuinya. Semua itu bermula pada ditemukannya buku berisikan cerita yang ditulis oleh orang tak dikenal.

Rory yang menulis ulang kisah tersebut ternyata berhasil menelurkan “karyanya” untuk kali pertama yang meraih sukses luar biasa. Permasalahannya, Rory mengakui tulisan itu sebagai karyanya. Hingga suatu ketika, di bangku dekat danau, Rory bertemu pria tua yang mengaku kalau itu tulisannya. Merasa bersalah dan tak ingin kehilangan karirnya yang sedang gemilang, Rory menghadapi dilema besar serta rasa bersalah yang kemudian membuatnya bernasib sama seperti tokoh utama pada kisah yang ditulis oleh pria tua tersebut.

7. The A-Team (2010)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Mungkin ini merupakan film Bradley Cooper pertama bergenre laga. The A-Team berkutat pada empat serdadu veteran perang Irak yang dituduh melakukan kejahatan. Untuk membersihkan namanya, keempat serdadu itu nekat lari dari tahanan yang kemudian membuat keempatnya harus menghidupi diri dengan menjadi serdadu bayaran dan membentuk kelompok mereka dengan sebutan “The A-Team”.

The A-Team pertama kali tayang dalam bentuk serial yang tayang di televisi sekitar 1980-an. Antusias besar dari penonton akan cerita yang dimiliki oleh The A-Team ternyata memberikannya kesempatan untuk hadir ke layar lebar dengan pengerucutan cerita. Untuk perannya sebagai empat serdadu diisi oleh Liam Neeson, Bradley Cooper, Quinton Jackson, dan Sharlto Copley.

8. Burnt (2015)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Burnt adalah film yang dimainkan Bradley Cooper pertama yang mengharuskannya berperan sebagai juru masak. Sebagai pria berdarah Italia, jelas Cooper tak bermasalah jika harus menjadi juru masak. Di sini, Cooper harus memainkan tokoh utama bernama Adam Jones dengan segala tetek bengek permasalahan hidupnya. Burnt sendiri merupakan suguhan drama yang juga dibalut dengan unsur komedi. Selain Bradley Cooper, Burnt juga diisi oleh bintang Hollywood lain seperti Lili James, Sienna Miller, dan Uma Thurman.

Kisahnya berkisar pada Adam Jones, juru masak di salah satu restoran di Paris yang mendapatkan 2 bintang. Celakanya, Adam adalah koki yang berperangai buruk. Bukan cuma itu, kebiasaannya menghabiskan uang dengan foya-foya, mabuk-mabukan, dan memakai obat-obatan terlarang ternyata berimbas pada karirnya. Mulai dari pekerjaan hingga restorannya, semuanya harus hilang hanya karena ulahnya sendiri. Berangkat dari penyesalannya, Adam kembali meniti karirnya di London untuk menjadi chef lagi dengan harapan bisa menjadi koki profesional dengan mendapatkan tiga bintang.

9. Aloha (2015)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Setelah mengantarkan nyawa di medan perang sebagai Chris Kyle, satu tahun setelahnya Cooper terlibat lagi dalam proyek film romantis bertajuk Aloha. Bicara tentang tingkat keberhasilan, Aloha memang belum bisa disebut sebagai film romantis terbaik karena kekuatan plotnya yang terbilang lemah sehingga tak bisa berbuat banyak untuk memainkan emosi penontonnya. Meskipun begitu, sebagai penggemar Bradley Cooper dan suguhan drama romantis, Aloha tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Aloha bercerita tentang Brian Gilcrest (Cooper) yang mendapatkan tugas untuk mengawasi peluncuran satelit militer di Aloha, Hawaii. Di sana, Brian bertemu dengan pilot pesawat tempur cantik, Allison Ng. (Emma Stone), yang membuatnya jatuh cinta dalam seketika. Tak lama setelah menjalin asmara, Brian dikejutkan dengan kedatangan Tarcy (Rachel McAdams), kekasih Brian yang hilang beberapa tahun lalu dan muncul kembali di kehidupan Brian.

Film Bradley Cooper satu ini merupakan film yang mereunikan Bradley Cooper dengan Rachel McAdams yang sebelumnya pernah bermain sebagai pasangan di film komedi romantis berjudul Wedding Crashers yang rilis tahun 2005. Pada film tersebut, Bradley dan Rachel diceritakan bertunangan dan ketika ingin menikah, keduanya harus putus. Jadi bisa dibilang kalau Aloha ini menjadi film pertemuannya Bradley dan Cooper.

10. Serena (2014)

10 Film Bradley Cooper Terbaik Selain The Hangover Film

Serena menjadi pertemuan kembali Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence. Keduanya harus beradu peran sebagai sepasang kekasih. Film yang dibintangi Bradley Cooper ini mengambil latar tahun 1920-an, di mana ketika itu sedang melewati era Depresi Amerika setelah perang. Bradley Cooper bermain sebagai George Pemberton, suami dari Tiffany Serena yang diperankan oleh Jennifer Lawrence.

Untuk ceritanya, Serena lebih dominan pada kisah asmara yang terjalin antara pengusaha kayu, George, dengan istrinya, Tiffany. Permasalahannya, pada suatu hari Tiffany mengetahui kalau suaminya punya masa lalu yang membuatnya terpuruk. Setelah terbongkar semua kebohongan yang dikubur dalam-dalam oleh George, Tiffany langsung “mengambil gergaji” dengan tujuan mengutuhkan kembali perasaannya terhadap suaminya.

Serena mengadaptasi kisah yang tertulis dalam novel berjudul sama karya Ron Rash. Novel yang beredar pada tahun 2008 ini mendapatkan predikat sebagai salah satu buku dengan penjualan terbaik hingga saat ini. Tokoh Tiffany atau Serena yang diperankan oleh Lawrence ternyata menjadi pertimbangan para juri Oscar yang kemudian membuatnya diganjar piala dalam kategori Aktris Terbaik.

Itulah daftar film Bradley Cooper terbaik. Kalau disejajarkan dengan aktor Hollywood lain semisal Tom Cruise, memang Cooper masih belum bisa menandinginya dari segi prestasi. Meskipun demikian, aktor berdarah Italia-Amerika ini juga tak bisa diremehkan mengenai kualitas aktingnya mengingat The Hangover yang juga digolongkan sebagai blockbuster movie berkat keberadaannya.

Berikan Komentar