12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather

Al Pacino adalah satu dari sejumlah aktor papan atas legendaris yang dimiliki oleh Hollywood. Aktor yang lahir di Manhattan ini telah mengenyam dunia panggung selama lima dekade lebih. Selain menjadi aktor, Al Pacino juga telah merangkap perannya sebagai pembuat film dan penulis skenario. Di sepanjang hidupnya, Al Pacino telah mendedikasikan diri sebagai insan perfilman yang bakal menelurkan karya-karya luar biasa untuk penikmat film di seluruh dunia.

Nama Al Pacino mulai dikenal ketika membintangi trilogi The Godfather sebagai Michael Corleone yang perannya diadu dengan aktor legendaris lain, Robert De Niro yang bermain sebagai Vito Corleone. Selain The Godfather yang sukses dan menduduki peringkat kedua teratas pada situs IMDb, inilah ke-12 film Al Pacino terbaik lainnya pilihan Oliswel.com yang juga meraih pencapaian luar biasa baik dari segi pendapatan maupun tanggapan dari berbagai pihak.

1. Scarface (1983)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Dengan karakter yang kuat, Al Pacino pasti tampil prima dalam setiap film yang mengambil kisah seputar gangster atau mafia. Selain The Godfather, Al Pacino juga bermain dalam Scarface yang memuat kisah sepak terjang gembong mafia. Brian de Palma selaku sutradara memilih Al Pacino sebagai main character bernama Tony Montana yang berkeinginan untuk menjadi orang kaya.

Cuba yang menjadi negara asal Tony ketika itu telah memberinya jalan untuk bisa meraih mimpinya di Amerika Serikat. Dengan temannya, Manny Ribera, Tony memulai kehidupan di negeri Paman Sam sebagai pengedar narkoba hingga akhirnya Tony bertemu dengan bos mafia, Frank Lopez. Tak lama setelah itu, Tony berhasil mengembangkan bisnisnya dengan cepat berkat ketekunan, keuletan, dan sifat ambisiusnya.

2. Heat (1995)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Berjalan di bawah arahan sutradara Michael Mann yang juga merangkap diri sebagai produser, Heat mengolaborasikan dua aktor legenda di zamannya, Al Pacino dan Robert De Niro. Seperti biasa, film Al Pacino yang bagus ini ini juga bertemakan kriminal. De Niro bermain sebagai Neil McCauley yang menjadi ketua tim perampok yang berhasil merampok sebuah mobil bank sekaligus menghilangkan nyawa para penjaga mobil tersebut.

Sedangkan Al Pacino menjadi Vincent Hanna yang menjabat sebagai polisi yang menyelidiki perampokan yang dilakukan oleh Neil. Penampilan Al Pacino sebagai karakter polisi yang tak pernah lepas dari pekerjaannya sangat sempurna. Untuk De Niro, dengan pembawaannya yang tenang sebagai perampok handal juga menjadikan Heat sebagai salah satu mahakarya Mann yang akan selalu seru untuk ditonton berkali-kali.

3. Scent of a Woman (1992)

Terhitung sejak memulai karirnya pada 1969, Al Pacino yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan empat nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik belum berhasil memenangkannya. Barulah ketika bermain di Scent of a Woman, Al Pacino berhasil mendapatkan piala paling berharga di dunia perfilman itu. Al Pacino bermain dengan sangat baik sebagai seorang pensiunan tentara yang buta dan kesepian.

Selain Al Pacino, ada juga aktor muda ketika itu, Chris O’Donnell, yang berhasil mengimbangi penampilan Al Pacino sebagai seorang pelajar yang ditugasi untuk merawat Al Pacino. Awalnya Chris kesal dengan sifat keras kepala Al Pacino hingga akhirnya Chris tahu betapa menyedihkannya hidup tanpa orang terdekat bagi pensiunan tentara yang sekaligus buta seperti Al Pacino.

4. Dog Day Afternoon (1975)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Sutradara Sidney Lumet memang menunjukkan kapasitasnya sebagai sutradara berbakat. Setelah sukses menelurkan 12 Angry Men, Lumet kembali memarkan keahliannya dalam meramu cerita dalam tajuk Dog Day Afternoon. Ini adalah film yang dibintangi Al Pacino yang juga berkisahkan tentang perampokan yang pada beberapa bagian terdapat adegan tembak-tembakan antara pihak polisi dan perampok.

Apa yang menjadikan Dog Day Afternoon ini patut ditonton adalah karena ceritanya yang unik. Jika kebanyakan perampok dibuat selalu handal dan cerdik dalam menjalankan aksinya, maka Dog Day Afternoon justru menampilkan para perampok amatir yang terdiri dari Sonny (Al Pacino), Sal (John Cazale), dan Stevie (Gary Springer). Belum lagi para pegawai bank yang dirampok oleh mereka nantinya malah bersenda gurau dengan para perampok tersebut. Yang lebih lucu lagi adalah para polisi yang sudah membuat barikade tapi tidak bisa meringkus para perampok amatiran itu dengan cepat.

5. Carlito’s Way (1993)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Aktor-aktor kuat yang menjadi spesialis di ranah film bertemakan kriminal dipertemukan oleh Brian De Palma dalam Carlito’s Way. Selain Al Pacino, film ini juga dibintangi oleh Sean Penn dan Penelope Ann Miller. Film yang mereunikan De Palma dengan Al Pacino ini bercerita tentang mantan mafia bernama Carlito yang dimainkan oleh Al Pacino.

Carlito yang telah keluar dari penjara ingin memulai kehidupan barunya dengan tenang. Tapi apa boleh buat, orang-orang yang telah membebaskannya justru menyeretnya kembali ke dunia mafia yang lebih buruk dari sebelumnya. Film Al Pacino terbaik ini dipenuhi oleh intrik dan konflik yang kental. Selain itu konflik yang ada juga diperkeruh dengan dendam yang membuat nyawa Carlito dan pengacaranya terancam.

6. The Insider (1999)

Karya Mann lain yang menarik untuk disimak adalah The Insider, apalagi di dalamnya ada nama Al Pacino yang melegenda. The Inside berkutat pada ketegangan yang dialami oleh seorang dokter riset di perusahaan tembakau yang diperankan oleh Russell Crowe setelah dipecat dan ingin mengungkapkan kebusukan dari perusahaan itu.

Di samping Crowe, Al Pacino juga merasakan ketegangan karena dirinya terlibat dalam aksi pembongkaran itu. Al Pacino yang berperan sebagai jurnalis sekaligus produser ingin mendokumentasikan segala bukti yang pada akhirnya bisa menutup bisnis kotor dari perusahaan tembakau yang menjadi mantan tempat kerja Crowe tadi. Di sepanjang ceritanya, film yang dimainkan Al Pacino ini memberikan atmosfer yang begitu tegang tapi tidak meledak-ledak.

7. Donnie Brasco (1997)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Donnie Brasco adalah karya Mike Newell yang mempertemukan Al Pacino dengan aktor papan atas lain, Johnny Depp. Tentunya, karakter kuat yang melekat pada dua bintang Hollywood ini akan menjadikan film yang dibintangi Al Pacino semakin seru dan mengundang rasa penasaran. Film ini berangkat dari kisah nyata seorang mantan agen FBI yang berhasil menciduk 100 orang anggota mafia keluarga Bonanno.

Mantan agen mata-mata FBI dibintangi oleh Johnny Depp sebagai Donnie Brasco yang mempunyai nama asli Joseph Pistone. Depp menyamar masuk dalam jaringan mafia yang dipimpin oleh Al Pacino sebagai Lefty Ruggerio. Apa yang dilakukan Joseph membuatnya bimbang setelah mengetahui betapa menyedihkannya kehidupan Lefty. Belum lagi dengan masalah keluarganya yang kemudian membuat Joseph bingung untuk memilih antara karir, keluarga, atau sahabat.

8. Serpico (1973)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Hampir di setiap film yang membawa nama Al Pacino, hampir selalu namanya dipampang besar dalam poster filmnya. Seperti Serpico, film Al Pacino terbaik ini juga memasang nama Al Pacino dengan ukuran yang kontras di mata. Film ini juga berurusan dengan dunia kejahatan yang bergerak di bawah arahan sutradara ternama Sidney Lumett. Kisahnya mengadaptasi biografi seorang petugas kepolisian NYPD bernama Frank Serpico.

Untuk jalan ceritanya sama seperti Donnie Brasco, mengenai pihak berwenang yang harus menyamar agar bisa mengungkap kasus yang melanggar hukum. Frank Serpico yang diperankan oleh Al Pacino harus menyamar untuk mengusut kasus korupsi di lingkungan kepolisian yang juga diisi oleh rekan-rekannya sendiri. Keberadaan Serpico membuat tubuh kepolisian terancam dan dia sempat tertembak di area wajahnya hingga kemudian Serpico bersaksi di hadapan komisi pemerintah yang menyelidiki kasus tersebut sehingga dihadiahi Medali Kehormatan New York City Police Department.

9. The Devil’s Advocate (1997)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Aktor keras Al Pacino harus beradu peran dengan aktor dengan sejuta pesona Keanu Reeves dalam The Devil’s Advocate. Ini adalah film Al Pacino terbaik yang mengambil tema tentang setan yang memperdaya manusia. The Devil’s Advocate menyorot kehidupan pengacara bernama Kevin yang diperankan oleh Keanu. Kevin adalah pengacara yang dipenuhi ambisi dan tak pernah ingin kalah, meskipun kliennya sebenarnya bersalah.

Catatan kemenangan yang diraih oleh Kevin mengantarkannya pada sebuah pekerjaan yang ditugasi oleh John Milton yang diperankan oleh Al Pacino. Dan lagi-lagi, kasus itu bisa dimenangkannya dengan mudah. Tapi di balik kemenangan Kevin, ternyata ada campur tangan setan yang memudahkannya. Permasalahannya, sang setan itu meminta imbalan atas kebaikannya kepada Kevin dan Kevin pun mencoba untuk membalas kebaikan setan tersebut.

10. Insomnia (2002)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Insomnia merupakan film yang diperankan Al Pacino hasil remake dari film Norwegia berjudul sama. Film ini disutradarai oleh Christopher Nolan yang pernah bertanggung jawab atas kesuksesan film Christian Bale yakni trilogi Batman dan film Leonardo DiCaprio berjudul Inception. Di sini Al Pacino bermain sebagai polisi detektif yang ditugaskan ke Alaska bersama rekannya untuk menyelidiki kasus pembunuhan.

Di tengah penyelidikan, secara tak sengaja rekan Pacino tewas oleh peluru yang mental dari pistolnya. Bukannya mengaku, Pacino justru menutup-nutupinya karena mempunyai masalah dengan rekannya itu. Kebohongan itu justru membuat Pacino resah dan mengalami insomnia. Dia harus hidup di tengah kegelisahan karena polisi lokal mulai melakukan pengusutan kasus kematian rekannya juga seorang gadis yang tadinya menjadi tugas Pacino.

11. Danny Collins (2015)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Tidak banyak Al Pacino terlibat dalam proyek film komedi. Untuk itu, Danny Collins bisa dibilang sebagai film Al Pacino terbaik pertama yang bergenre komedi. FIlm ini terinspirasi dari kisah nyata penyanyi folk Steve Tilston yang bakal dibintangi oleh Al Pacino sebagai Danny Collins. Film ini sepenuhnya memotret kehidupan Collins yang tengah memasuki usia lanjut melakukan petualangan untuk mencari anggota keluarganya yang telah lama ditinggalkannya.

Penampilan Al Pacino pada film ini diganjar oleh nominasi Aktor Terbaik untuk film musikal atau komedi pada ajang penghargaan Golden Globe yang ke-73. Film ini bisa dibilang gagal dari segi pendapatan. Pasalnya, anggaran produksi Danny Collins yang menelan angka 10 juta dolar hanya bisa balik 8,2 juta dolar, itu pun baru pendapatan kotornya saja.

12. Wilde Salomé (2011)

12 Film Al Pacino Terbaik Selain Trilogi The Godfather Film

Aktor dengan nama asli Alfredo James Pacino itu pernah bermain sekaligus menyutradarai film berjudul Wilde Salome yang terbit pada tahun 2011. Film ini juga menggiringnya pada penghargaan di Festival Film Venesia atas penyutradaraannya. Meski sempat menemui kesulitan saat penggarapannya, Wilde Salome berhasil sukses berkat kecerdasan Pacino yang telah lama merasakan panggung drama Hollywood.

Aktor veteran Hollywood itu menyajikan film berjenis dokumenter yang memuat kisah penulis asal Irlandia bernama Oscar Wilde yang merupakan seorang perempuan pengidap homoseksualitas dengan pemikiran liberal yang menginginkan masyarakat bisa lebih manusiawi atas segala fakta yang diperlihatkan oleh semesta. Al Pacino memilih Jessica Chastain sebagai Wilde yang nantinya bakal membuat pentas bernama Salome ala Wilde sendiri.

Selama berkarir membintangi sejumlah daftar film Al Pacino terbaik itu, Al Pacino telah dinominasikan serta memenangkan banyak penghargaan seperti delapan nominasi Oscar, lima belas nominasi Golden Globe, lima nominasi BAFTA Awards, dan juga mendapatkan dua piala Tony Awards untuk penampilannya di panggung teater. Di tahun 2007, Al Pacino diberikan penghargaan prestasi seumur hidup oleh American Film Institute atas kontribusinya yang sangat besar terhadap industri Hollywood.

Berikan Komentar