23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia

Film bertemakan agen rahasia semakin menjamur di kancah perfilman Hollywood. Tak heran, aksi penyelidikan ataupun menuntaskan suatu misi sulit yang dilakukan oleh agen rahasia memicu rasa penasaran setiap pasang mata yang menyaksikan.

Kebanyakan film agen rahasia selalu dihiasi dengan adegan yang menegangkan, seperti memata-matai musuh, kejar-kejaran dengan mobil mewah, hingga menyamar secara langsung di tempat pesta. Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkannya. Berikut akan Oliswel tampilkan beberapa judul film agen rahasia terbaik dan paling hebat di dunia yang bisa Anda saksikan di rumah.

1. The Bourne Identity (2002)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Jason Bourne (Matt Damon) yang berhasil diselamatkan oleh nelayan setelah dirinya terombang-ambing mengapung di tengah laut mengalami lupa ingatan. Punggungnya yang tertembak lantas menimbulkan tanda tanya besar, “What was going on?”. The Bourne Identity menceritakan perjalanan menemukan identitas diri seorang Bourne ditemani oleh Marie (Franka Potente) yang dalam perjalannya tersebut ia menjadi buronan agen CIA dan pembunuh bayaran lain tanpa alasan yang diketahuinya.

2. The Bourne Supremacy (2004)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

The Bourne Supremacy menjadi sekuel lanjutan dari The Bourne Identity. Pada film sebelumnya, Bourne nyatanya belum berhasil mengetahui apa yang telah dilakukannya sehingga menjadi buronan CIA dan beberapa kelompok lain. Hal tersebut membuat ia dan kekasihnya Marie terpaksa harus berpindah-pindah kota agar demi menghilangkan jejak. Namun, masalah bertambah besar ketika ada pemberitaan tentang kematian Perdana Menteri yang dibunuh oleh Jason Bourne. Hal tersebut yang kemudian memaksa Bourne muncul untuk membeberkan semua masalah rumit tersebut.

3. The Bourne Ultimatum (2007)

Pada sekuel ketiga ini, Bourne menemukan sebuah operasi bernama Blackbriar dengan anggapan akan membuatnya berhasil menemukan masa lalu dirinya yang telah hilang. Pada proses pencariannya, Bourne harus melakukan perjalanan ke berbagai kota seperti Moskow, London, Paris, New York, Turin, hingga Maroko. Pada The Bourne Ultimatum yang hingga kini menjadi rekomendasi film barat tentang agen rahasia terbaik, Anda akan banyak melihat adegan kejar-kejaran yang terangkai dengan apik pada film ini.

4. Mission: Impossible (1996)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Bisa dikatakan kalau Mission Impossible adalah film detektif terbaik yang tak bakal lenyap ditelan zaman. Ethan Hunt (Tom Cruise), seorang agen terpercaya dalam organisasi rahasia IMF mendapatkan tugas untuk mencuri data penting di Kedutaan Amerika yang berada di Praha. Dalam aksi menjalankan misi rahasia tersebut, Hunt tidak menyangka akan mendapat gangguan dari kelompok bersenjata lengkap yang membunuh rekan-rekannya.

Kejadian tersebut tentu membuat Hunt marah. Sialnya lagi, Hunt justru mendapat tuduhan sebagai pelaku pembunuhan tersebut dari organisasi yang menugaskannya dengan anggapan mau mencuri data yang dimiliki oleh IMF. Karena hal tersebut, Hunt terpaksa melakukan aksi balas bendam terhadap pelaku sebenarnya tanpa bantuan dari IMF.

5. Mission: Impossible II (2000)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Seorang agen IMF, Sean Ambrose (Dougray Scott) melakukan aksi pembelotan. Dia mempunyai niatan jahat untuk menyebarkan virus penyakit mematikan bernama “Chimera” yang berhasil dicuri dari laboratorium. Virus tersebut hanya bisa dihentikan dengan obat penawar bernama Bellerophon yang juga dibawa oleh Sean. Obat penawar ini akan dijual kepada pembeli yang berani membayar dengan harga mahal, tentu ini didalangi dengan pikiran busuk untuk memperoleh keuntungan.

Tanpa pikir panjang, IMF memberikan misi kepada Hunt untuk menangkap Ambrose baik mati atau hidup serta bisa memusnahkan virus Chimera sebelum menjangkiti semua orang. Hunt beserta rekannya melakukan aksi penangkapan tersebut dalam waktu yang sangat terbatas. Mampukah ia melakukannya? Silakan Anda temukan jawabannya dengan menyaksikan sendiri dalam film agen rahasia terbagus Mission: Impossible II ini.

6. Mission: Impossible III (2006)

Film Mission: Impossible III menceritakan agen Hunt beserta tiga rekan agen IMF lain untuk menolong temannya yang dijadikan sandera. Aksi penyelamatan yang dilakukan oleh mereka bertiga pun membuahkan kekesalan dalam diri Hunt sehingga mencari pemimpin dalam kelompok penjahat yang telah menyandera temannya tersebut yaitu Owen Davian.

7. Mission: Impossible IV – Ghost Protocol (2011)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Tugas lain yang diserahkan kepada Hunt dalam film Mission: Impossible IV menjadi lebih sulit karena dirinya harus berpacu dengan waktu. Misi tersebut adalah mencegah Hendricks, pria berkebangsaan Rusia yang ingin memulai revolusi manusia dengan memicu perang nuklir antara Rusia dan Amerika. Akan tetapi, Hendricks membutuhkan kode untuk meluncurkan misil pertama ke Amerika yang rupanya berada dalam sebuah paket penting.

Kode peluncuran nuklir yang berada dalam paket tersebut rupanya menjadi target Hunt dan teman-temannya untuk mempermudah langkahnya. Bersama timnya Ethan harus memanipulasi kode nuklir pada transaksi yang dilakukan oleh Hendricks tersebut. Mereka menyelinap, namun aksinya diketahui oleh kedua pihak. Petualangan baru pun mereka dapatkan. Bagaimanakah nasib mereka selanjutnya, mampukah Ethan Hunt dan rekannya menyelamatkan bumi dari perang nuklir? Selengkapnya dapat Anda tonton dalam film agen rahasia keren yang diperankan oleh Tom Cruise ini.

8. Mission: Impossible V – Rogue Nation (2015)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Dalam lanjutannya, Mission: Impossible V menawarkan cerita yang tak kalah menarik dengan sekuel-sekuel sebelumnya. Pada sekuel kelimanya, Ethan Hunt yang menjadi agen mata-mata organisasi rahasia di Amerika Serikat harus berurusan dengan penjahat yang super cerdik dengan rencana ingin menghancurkan IMF (Impossible Mission Force).

Hunt dan kelompoknya yang hampir tak pernah gagal dalam misi-misi sulit sebelumnya tampak kesulitan untuk menangkap ketua kelompok organinsasi bawah tanah bernama “Syndicate”. Namun, bukan Hunt namanya kalau tidak berhasil. Bagiamana cara ia mematahkan kecerdasan seorang penjahat yang kejam dan sulit ditemukan jejaknya? Silakan Anda tonton sendiri aksi Hunt bersama kawannya dalam Mission: Impossible V – Rogue Nation.

9. Spectre (2015)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Siapa yang tidak kenal dengan James Bond (Daniel Craig) dengan kode 007-nya? Dalam film Spectre yang dirilis pada tahun 2015 ini, Bond beserta bintang lain seperti Christoph Waltz, Ralph Fiennes, Dave Bautista, dan Ben Whishaw terlibat dalam aksi Bond mengungkap organisasi rahasia bernama “Spectre”.

Organisasi rahasia yang menjadi incarannya tersebut telah banyak terlibat dengan berbagai aksi kejahatan. Bond mengetahui dirinya ditugaskan untuk membongkar Spectre dari berkas misi sebelumnya yang berisikan potongan foto terbakar dan selembar kertas dengan noda hitam di dalamnya.

10. Kingsman: The Secret Service (2014)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Sebuah film bertemakan action yang disutradai oleh Matthew Vaughn, Kingsman: The Secret Service tayang pada 11 Februari 2015 di bioskop Indonesia. Film ini digarap oleh rumah produksi Marv Film, TSG Entertainment, dan Shangri-La Entertainment. Ceritanya diangkat dari sebuah buku komik tentang agen rahasia karya Mark Millar, Dave Gibbons, Mark Strong, dan Michael Caine.

Film Kingsman: The Secret Service menceritakan seorang remaja bernama Eggsy, pemuda serampangan yang menjadi anggota berusia muda dalam program agen rahasia tingkat tinggi di Kingsman. Eggsy yang mempunyai potensi di atas rata-rata dan agen rahasia muda lainnya mendapat tugas untuk memusnahkan ancaman musuh yang sangat berbahaya bernama Richamond Valentine.

11. The Man From U.N.C.L.E (2015)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film garapan Warner Bros, RatPac-Dune Entertainment, dan Wigram Production ini nampaknya patut diacungi jempol. Film agen rahasia terbaik yang diadaptasi dari serial TV tahun 1964 dengan judul sama karya Sam Rolfe ini mendapat peringkat tinggi dalam beragam situs film populer. Film ini disutradarai oleh Guy Ritchie yang turut membantu Lionel Wigram sebagai penulis naskahnya.

The Man From U.N.C.L.E menceritakan dua agen rahasia yang sebenarnya bermusuhan untuk melakukan kerjasama menghentikan sebuah organisasi kriminal misterius yang sedang mengembangkan senjata nuklir. Kedua agen rahasia ini bertugas untuk melakukan pengawalan terhadap seorang anak perempuan yang mana ayahnya adalah seorang ilmuwan dari Jerman. Ayah anak tersebut menjadi kunci untuk menyusup ke dalam organisasi kriminal tersebut.

12. Breach (2007)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Dalam film agen rahasia yang membawa nama FBI ini, sang sutradara mengangkat cerita menarik yang tidak biasa ditemui pada film dengan tema serupa lainnya. Breach menceritakan seorang anggota FBI muda, Eric O’Neill, yang mendapat tugas untuk melakukan pengintaian terhadap agen FBI senior bernama Robert Hanseen yang dicurigai sebagai mata-mata dari Rusia yang terlibat dalam kematian beberapa agen rahasia Amerika.

Tanpa dikira, Eric yang melakukan pengawalan terhadap Hanseen justru menjadi mentor bagi Eric. Eric yang tadinya tidak taat sama sekali pada agamanya ikut dengan Hanseen yang justru seorang katolik yang taat untuk melakukan ibadah. Dalam perjalanannya, FBI kesulitan untuk menangkap Hanseen. Hal ini membuat mereka berencana untuk menangkap Hanseen saat ia berada dalam misi memata-matai.

13. Salt (2010)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Angelina Jolie, menjadi ikon utama dalam film ini. Salt sendiri merupakan film agen rahasia wanita yang menceritakan seorang Evelyn Salt (Angelina Jolie) yang mencoba memperbaiki nama baiknya setelah disiksa di penjara akibat dicurigai sebagai agen mata-mata Amerika.

Salt yang tengah dipenjara tersebut mendapat bantuan dari kekasihnya, Mike Krans, dengan melakukan pertukaran tahanan kepada pihak CIA. Proses pembebasan Salt berhasil dilaksanakan, seorang agen CIA bernama Ted Winter yang menjadi gantinya. Setelah dirinya keluar, Salt mengatakan bahwa akan datang hari dimana ia akan membunuh Presiden Rusia.

14. Skyfall (2012)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Daniel Craig juga menjadi peran utama dalam film ini. Skyfall mengisahkan seorang James Bond yang telah dianggap mati akibat tercebur ke dalam sungai dan menghilang mengerjakan misi untuk mendapatkan bos dari Patrice, seseorang yang berhasil mencuri data penting dari laptop. Data tersebut tidak boleh bocor karena berisikan identitas tentang agen-agen NATO yang sedang menyamar ke dalam berbagai organisasi teroris di seluruh dunia.

Bond bersama rekan barunya, Q (Ben Whishaw) harus bertualang mencari dalang untuk mengetahui alasan hard drive tersebut dicuri. Dalam perjalanannya, Bond bertemu dengan mantan agen di MI6, Raoul Silva, beserta rencana jahatnya untuk menjatuhkan MI6 dan M (ketua MI6) diikuti dengan alasannya melakukan hal tersebut.

15. Argo (2012)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini disutradarai oleh aktor papan atas yakni Ben Affleck yang juga ikut serta sebagai pemain dalam film ini. Film Argo mengisahkan salah seorang pemimpin negara Irak bernama Shah yang dilengserkan dari tampuk kekuasaan karena dianggap tidak adil dan menyusahkan rakyat. Namun, Shah mendapatkan perlindungan dari pihak Amerika sehingga membuat rakyat Irak menjadi marah dan tidak terima akibat perlakuan tersebut. Hal ini menyebabkan rakyat Irak melakukan penyerangan terhadap Kedubes Amerika Serikat yang berada di Irak sekaligus melakukan penyanderaan terhadap beberapa orang yang berada dalam bangunan tersebut.

Mengetahui hal ini, pihak Amerika Serikat harus melakukan penyelamatan terhadap warga Amerika yang disandera tersebut. Rencana yang mereka jalankan adalah melakukan syuting film palsu dengan latar belakang Irak, tentunya ini diharapkan bisa memudahkan para agen CIA masuk ke daerah yang sedang tidak kondusif tersebut. Untuk mengetahui apakah mereka berhasil menyelamatkan warga Amerika yang ditahan, silakan Anda simak sendiri dalam film agen rahasia terbaik Argo.

16. Sicario (2015)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film Sicario ditulis oleh Taylor Sheridan dan disutradarai oleh Denis Villeneuve. Merupakan film thriller yang mengikuti seorang petugas FBI (Emily Blunt) yang dikirim dengan misi melakukan pencarian dan penangkapan seorang bos kartel narkoba di Meksiko.

Blunt menjalankan misi tersebut dibantu dengan dua rekannya sesama anggota CIA. Mampukah mereka membongkar jaringan narkotika tersebut? Film agen rahasia terbaik yang berjalan selama 121 menit ini juga dibintangi oleh artis berkelas Hollywood, seperti Benicio Del Toro, Josh Brolin, dan Jon Bernthal.

17. Bridge of Spies (2015)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film yang banyak mendapat respon positif dari pecinta film di seluruh negeri ini adalah hasil arahan sutradara peraih tiga Piala Oscar, Steven Spielberg. Bridge of Spies sendiri merupakan film agen rahasia Inggris yang mengisahkan seorang pengacara bernama James Donovan (Tom Hanks) yang direkrut oleh anggota CIA.

Donovan mendapatkan tugas untuk melakukan negosiasi pembebasan seroang pilot Amerika Serikat yang pesawatnya lumpuh akibat ditembak jatuh di Uni Soviet. Donovan bertujuan membebaskan pilot tersebut dengan cara pertukaran tawanan. Jika berhasil, pihak Uni Soviet (Rusia) akan mendapatkan Rudolf Abel, seorang mata-mata Rusia yang pernah dibela Donovan beberapa tahun sebelumnya.

18. Taken (2008)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film hollywood tentang agen rahasia yang disutradari oleh Pierre Morel ini melibatkan aktor ternama Liam Neeson, Maggie Grace, dan Leland Orser. Liam yang berperan sebagai agen pensiunan CIA dalam film ini menjadi kunci kesuksesan film Taken. Taken sendiri menceritakan tentang agen rahasia yang sedang membangun kedekatan dengan anak perempuannya, Kim, setelah perceraiannya dari Lenore yang tak lain adalah ibunya Kim.

Singkat cerita, Bryan (Liam Neeson) yang berhasil menyelamatkan seorang penyanyi bernama Sheerah mendapatkan saran berharga darinya. Tentu hal ini akan menjadi berita bahagia bagi anaknya, Kim, mengetahui ia mempunyai cita-cita menjadi seorang penyanyi. Namun, sebelum sempat mengabarkan, Kim yang masih berusia 17 tahun ini meminta izin pada ayahnya untuk berwisata ke Paris dengan sahabatnya. Bryan dengan berat hati mengizinkan anak tercitanya untuk pergi. Keseruan mulai terlihat tatkala Kim dan Amanda diculik oleh penjahat dari Albania saat berada di Paris. Di sini, Anda akan diperlihatkan bagaimana Bryan sangat ahli dalam “mencabut nyawa” manusia-manusia yang diselimuti oleh pikiran-pikiran jahat semasa hidupnya.

19. Casino Royale (2006)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film Casino Royale cocok untuk Anda yang belum pernah melihat aksi keren dari seorang James Bond pada film-film lain. James Bond yang diperankan oleh Daniel Craig dalam film ini menjadi awal cerita dirinya sebagai agen rahasia MI6 dengan kode sandi 00 (bukan 007). Tugas awal yang diemban oleh Bond adalah menyelidiki seorang teroris bernama Molaka yang telah banyak melakukan aksi teror di berbagai negara.

Dalam penyelidikannya, Bond ternyata mendapat banyak kesulitan, terutama saat mengetahui bahwa Molaka mempunyai hubungan erat dengan jaringan teroris besar di dunia. Judul Casino Royale sendiri diambil dari permainan poker bernama Le Casino Royale yang menjadi sarana untuk mendapatkan dana melimpah dalam film ini. Bond yang tadinya mengungkap jaringan teroris tersebut seorang diri mendapat bantuan dari seorang wanita sesama agen dari MI6. Namun sayangnya, bukan hal mudah untuk mempersatukan mereka.

20. Ronin (1998)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Ronin termasuk salah satu film agen rahasia CIA yang wajib Anda tonton. Digarap oleh sutradara John Frankenheimer dan seorang penulis naskah J.D. Zeik. Film asal Amerika Serikat yang rilis tahun 1998 ini membawa genre laga, petualangan, dan kriminal. Aktor yang memegang karakter dalam film ini adalah Robert De Niro, Jean Reno, Natascha McElhone, Stellan Skarsgard, dan Sean Bean.

Ronin merupakan film tentang mantan agen rahasia dari banyak agensi, seperti CIA dan KGB. Keahlian mereka berlima seperti mengoperasikan komputer, senjata, dan bahkan mengendarai mobil membuat kelompoknya mampu melakukan banyak hal.

Kehebatan kelompok yang berisikan mantan intelijen ini mendapat perhatian dari salah satu pihak. Deidre, seorang wanita yang disuruh oleh pemimpinnya untuk menemui mereka berlima dan memberikan tugas dengan bayaran tinggi. Tentu tugas yang diberikan tidak mudah untuk diselesaikan oleh mereka. Terlebih disaat muncul konflik yang ditimbulkan oleh salah satu anggotanya yang memilih berkhianat.

21. True Lies (1994)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Film True Lies diproduksi oleh Lightstorm Entertainment dan Twentieth Century Fox Film Corporation. Disutradarai oleh James Cameron dan naskah cerita ditulis oleh Claude Zidi. Film True Lies rilis pada tanggal 15 Juli 1994 di Amerika Serikat. Bintang utama dalam film ini diperankan oleh Arnold Schwarzenegger.

True Lies mengajak Anda mengikuti seorang mata-mata bernama Harry Tasker yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger. Harry mendapatkan misi dari pemerintah untuk memata-matai seorang pemimpin kelompok teroris bernama “The Crimson Jihad” yang memiliki rudal nuklir.

Dalam aksinya, Harry mendapati banyak rintangan. Karena terlalu sibuk dengan pekerjannya, hubungan ia dengan istrinya mulai berantakan karena mengetahui istrinya selingkuh dengan lelaki lain. Ini menjadi beban berat bagi Harry. Di satu sisi, ia harus melaksanakan tugas dari pemerintah untuk melakukan pengintaian, namun di lain sisi lain pikirannya hanya terfokus pada masalah istrinya.

22. The Good Shepherd (2006)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

The Good Shepherd mengisahkan seorang pemuda bernama Edward Wilson yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Pada saat kuliah, Edward tergabung dalam kelompok “Skull and Bones” yang juga berisikan orang-orang cerdas seperti dirinya. Namun tidak bisa dipungkiri, kecerdasan Edward nampak sangat menonjol ketimbang teman-temannya dalam kelompok tersebut.

Hal tersebut yang membuat Edward mendapatkan tugas khusus untuk memata-matai seorang profesor di kampusnya. Dalam proses penyelidikannya, Edward ditunjukkan dengan rahasia terbesar yang selama ini profesor tersebut sembunyikan rapat-rapat. Dengan kesuksesannya menyelesaikan tugas tersebut, Edward diajak bergabung ke sebuah organisasi mata-mata. Dalam organisasi tersebut, banyak orang yang mengagumi keahliannya sehingga membuat Edward menjadi anak emas dalam organisasi tersebut.

The Good Shepherd mempunyai durasi tayang hampir 3 jam. Film bergenre agen rahasia ini disutradarai oleh Robert De Niro yang sempat bermain dalam film bertemakan agen rahasia juga, Ronin. Aktor yang membintangi film The Good Shepherd adalah Matt Damon, Angelina Jolie, Alec Baldwin, dan Tammy Blanchard.

23. Safe House (2012)

23 Film Agen Rahasia Terbaik & Paling Hebat di Dunia Film

Safe House is a not popcorn movie. Safe House memulai cerita seorang agen baru CIA bernama Matt Weston yang ditugaskan untuk menjaga rumah tahanan sementara bagi buronan incaran Amerika Serikat di Cape Town, Amerika Serikat. Hingga suatu hari hadir buronan kelas kakap CIA yang dianggap berkhianat karena telah membocorkan identitas para agen rahasia untuk meraup keuntungan.

Tobin Frost yang dibawa ke rumah tahanan sementara tersebut menimbulkan ketegangan. Hal ini terlihat disaat dirinya diintrogasi, kemudian datang sekelompok agen rahasia lain yang melakukan penyerangan dan merebut buronan mantan agen CIA tersebut. Pada saat itu, Matt lah yang menjadi sosok pahlawan bagi Tobin untuk memastikan dirinya tetap hidup dan bisa diadili oleh negaranya.

Safe House sangat cocok untuk Anda yang mencintai film action. Film action agen rahasia terbaik di dunia ini banyak menyematkan unsur-unsur laga seperti tembak-menembak hingga aksi kejar-kejaran mobil yang menegangkan. Film Safe House yang digarap oleh Daniel Espinosa mempunyai durasi 115 menit dengan menawarkan cerita yang tidak biasa. Anda akan diajak berkenalan pada situasi pertempuran antar sesama agen CIA yang sangat seru. Tentu dalam setiap adegannya terdapat beragam intrik dan pertarungan yang menggunakan teknologi canggih.

Itulah ke-23 daftar judul film agen rahasia terbaik di dunia yang paling hebat dan keren sepanjang masa. Dengan aksi-aksi memukau yang dilakukan oleh para lakon di dalam setiap adegan pada film-film tersebut, Anda akan merasa dimanjakan dengan suguhan berdurasi yang diputar dalam layar kaca rumah Anda.

Berikan Komentar