40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood

Posted on

Sejak belia, Aamir Khan telah menjajal kemampuan aktingnya lewat industri Bollywood. Tak heran apabila pada usia yang belum menginjak kepala dua, Aamir Khan telah mendapatkan lampu hijau untuk terjun ke industri persinemaan India. Hal ini dikarenakan Aamir Khan terlahir dari keluarga yang sudah lama berkecimpung dalam dunia film, seperti pamannya, Nasir Hussain, yang memperkenankan keponakannya untuk bermain pada film besutannya, Yaadon Ki Baaraat (1973) dan Madhost (1974).

Meskipun pada awalnya sejumlah film yang dibintangi oleh Aamir Khan kurang mendapat perhatian, tapi dari tahun ke tahun, aktor yang telah dikaruniai dua anak dari pernikahan pertamanya itu tampak serius dalam mengembangkan kualitas bermainnya. Sampai detik ini, sudah lebih dari lima puluh film yang pernah dimainkan olehnya bersama lawan main seperti Katrina Kaif, Maduri Dixit, Kajol, dan Rani Mukherjee. Apabila Anda mengaku sebagai penggemar Aamir Khan, maka wajib sekali untuk mengetahui daftar film Aamir Khan yang menjadi sepak terjangnya selama terjun dalam industri perfilman Bollywood. Apa saja?

1. Dangal (2016)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Jika Salman Khan berperan sebagai pegulat bernama Sultan pada film yang belum lama rilis, Aamir Khan juga memainkan tokoh pegulat bernama Mahavir Singh Phogat pada Dangal. Pada proses syuting Dangal, Aamir Khan mengaku sangat bersemangat karena menganggap cerita pada film yang ini lain dari biasanya. Cerita yang sangat unik dan out of the box, begitu menurutnya.

Untuk keseluruhan plot dari film Bollywood yang dibintangi Aamir Khan ini sebetulnya sangat sederhana. Tapi karena dipadu dengan kedalaman karakter pemainnya, Dangal yang diharapkan mampu membalap kesuksesan dari PK -dan ternyata tidak– ini menjadi lebih hidup dan menggigit. Dangal akan membawa penontonnya mengenal hubungan keluarga yang terdiri dari ayah dan dua anak perempuannya.

Aamir Khan yang menjadi pegulat pada film ini sangat serius dalam penggarapannya. Untuk menyukseskan Dangal, Aamir Khan rela menambah berat badannya agar tampak seperti seorang pegulat yang sesungguhnya. Kemudian Dangal juga dilanjut dengan keputusan dari anak perempuan Mahavir yang ingin menjadi pegulat. Pada bagian tersebut, akan dijelaskan mengapa sang anak harus meneruskan jejak ayahnya yang di mana juga menjadi bagian klimaks dari film ini.

2. Taare Zameen Par (2007)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Aktor yang mendapat julukan The Perfectionist itu mendapat pujian besar lewat Taare Zameen Par. Pasalnya, film Aamir Khan yang paling bagus ini sarat akan pesan moral untuk banyak orang, terutama dari kalangan orangtua dalam memperhatikan anak-anaknya. Untuk Anda yang belum pernah menonton Like Stars on Earth jika dibahasaInggriskan ini, Oliswel sarankan untuk segera menontonnya.

Taare Zameen Par menyorot kehidupan anak penyandang disleksia, Ishaan Nandkishore Awasthi (Darsheel Safary), yang harus dipindahkan ke asrama oleh kedua orangtuanya karena nilai jelek yang selalu didapatkannya selama sekolah. Di asrama, Ishaan mendapatkan guru seni sementara bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) yang menjadi murid spesial baginya. Dengan waktu, kesabaran, dan ketulusan hati Ram dalam mendorong tingkat kepercayaan Ishaan, Oshaan pun berhasil mengatasi masalah pelajarannya dan kembali menemukan kepercayaan diri yang telah hilang.

Dengan membawa tagline “Every Child is Special”, Taare Zameen Par sangat cocok jika mendapatkan predikat sebagai film India terbaik yang dibintangi oleh Aamir Khan. Setiap manusia tidak ada yang sempurna. Tak peduli apa posisinya dalam masyarakat, setiap anak mempunyai kemampuan dan bakatnya masing-masing. Dari Taare Zameen Par, penonton akan dibuat terharu dengan kisah hidup Ishaan yang hidup dalam kekurangan perhatian, tapi ditekan oleh keinginan orangtua, terutama ayahnya, yang ingin anaknya mendapatkan nilai bagus, seperti kakanya, Yohaan.

3. 3 Idiots (2009)

Setelah menyadarkan banyak orang tua melalui Taree Zameen Par, dua tahun setelahnya, aktor kelahiran Mumbai, India itu kembali hadir dengan sejumlah kritik terhadap sistem pendidikan kolot yang masih dianut oleh banyak perguruan tinggi, terutama di India, lewat 3 Idiots. Pada 3 idiots, Aamir Khan bertindak sebagai peran utama yang merupakan mahasiswa pintar tapi tidak mau patuh terhadap peraturan kampus karena menurutnya itu tidak baik.

Selain Aamir Khan, ada juga dua aktor lain yang menjadi sahabatnya. Mereka adalah Farhan Qureshi (R. Madhavan) dan Rastogi Raju (Sharman Joshi) yang berteman sangat dekat dengan Rancchoddas “Rancho” Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan). Kemudian untuk pemanis, diselipkan kisah percintaan yang melibatkan Aamir Khan dengan Kareena Kapor di mana Kareena memerankan tokoh bernama Pia yang menjadi putri dari rektor kolot bernama Virus di kampus mereka. Sedari kedatangan Rancho ke kampus tersebut, humor-humor ringan akan mengocok perut Anda selama berjam-jam hingga menuju akhir cerita.

3 Idiots pada paruh awal hingga pertengahan hanya berkutat pada kehidupan ketiga sahabat tersebut selama di kampus. Pada bagian akhir, 3 Idiots mulai sedikit menunjukkan plot twist yang bisa membuat penontonnya sedikit bingung hingga kemudian ditutup dengan terbongkarnya rahasia yang selama ini disembunyikan oleh Rancho. Sebagai informasi tambahan, 3 Idiots tak sepenuhnya menjadi buah pikiran dari Rajkumar Hirani selaku sutradara dan penulis skenario, melainkan hasil adopsi kisah dari novel Five Point Someone yang ditulis oleh Chetan Bhagat.

4. Andaz Apna Apna (1994)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Sudah lebih dari dua dekade semenjak peluncurannya, Andaz Apna Apna masih terasa hangat di hati para penggemar Bollywood tanah air. Andaz Apna Apna termasuk film Aamir Khan terlaris karena ketika itu belum banyak film komedi yang diciptakan. Jadi tak heran jika kemudian Andaz Apna Apna menjadi suguhan komedi terbesar dalam sejarah persinemaan India. Pada awalnya, film ini membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk syuting karena konflik dan ego dari Aamir Khan dan Salman Khan yang ingin “memimpin”.

Untuk jalan ceritanya, Andaz Apna Apna secara sederhana memperkenalkan kehidupan dua pemuda miskin yang diperankan oleh Aamir dan Salman Khan. Dikarenakan punya mimpi untuk menjadi orang kaya, kedua pemuda itu berebut untuk mendapati hati seorang putri jutawan yang diperankan oleh Raveena. Kedua Khan itu kemudian beradu gombal dan kecoh untuk mendahului satu sama lain. Tak heran dengan perannya yang begitu menghibur, Andaz Apna Apna pernah masuk ke dalam empat nominasi pada Filmfare Awards 1995.

Kemudian di sisi lain, kedua pemuda tersebut juga harus melindungi sang putri dari rencana seorang mafia yang ingin mengambil alih semua kekayaan sang putri. Pada sepanjang cerita, Aamir dan Salman Khan bertindak dengan segala kekonyolan hanya agar bisa memenangkan hati Raveena. Tak banyak yang bisa dilakukan penonton selain ketawa selama menyaksikan kedua aktor ini beradu peran dan memberikan komedi-komedi khas Hindi yang baik, lucu, dan cerdas.

5. Rang De Basanti (2006)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Tayang ke layar lebar pada 26 Januari 2006, Rang De Basanti langsung diserbu oleh penggemar drama sejarah yang dibintangi oleh Aamir Khan, Siddharth Narayan, Sharman Joshi, Soha Ali Khan, Waheeda Rehman, R. Madhavan, Kunal Kapoor, Atul Kulkarni, dan Alice Patten. Dengan durasi tayang hampir 160 menit, film Aamir Khan terbaik yang satu ini datang menggunakan tiga bahasa: Hindi, Punjabi, dan Inggris.

Di India, warna kuning melambangkan pengorbanan. Itulah maksud dari Rang De Basanti yang mengisahkan lima pemuda yang terlibat dalam proyek pembuatan film dokumenter oleh seorang wanita Inggris di mana kelima orang tersebut menjadi tokoh pejuang revolusi India untuk kemerdekaan tanah kelahiran yang dibanggakannya.

Pada film ini, Aamir Khan memainkan karakter DJ bernama Chandrashekhar Azad yang berusia 25 tahunan ketika saat itu dia tengah memasuki kepala empat. Di ajang penghargaan Oscar versi Bollywood, Rang De Basanti berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik. Selain itu, film hasil tangan Rakeysh Mera ini juga memperoleh penghargaan utama pada Indian Film Academy Awards (IIFA) sebagai bentuk promosi bagi perfilman India di seluruh dunia.

6. PK (2014)

Sampai sekarang, PK menjadi film India terlaris sepanjang sejarah Bollywood yang menduduki urutan pertama dengan perolehan angka pendapatan tertinggi sebesar $49 juta Amerika Serikat yang kemudian dibuntuti oleh Bajrangi Bhaijaan yang juga dibintangi oleh pemeran utama pada film ini, siapa lagi kalau bukan Aamir Khan. Di film ini, Aamir Khan memerankan sesosok alien yang tersesat atau terdampar di bumi.

PK atau “Pee Kay” yang berarti mabuk merupakan film Aamir Khan terbaik yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani. Premis yang ingin disampaikan oleh PK cukup berat, yakni tentang Tuhan, penipu, cinta, dan terorisme. Untuk mengawetkan keinginan bertahan penonton, PK disajikan dalam bentuk komedi berbalut fiksi ilmiah. Padahal, bagi yang sadar, PK adalah suguhan berat yang akan membuat penonton larut dalam gaya satir dari penyampaiannya.

7. Lagaan (2001)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Pembukaan abad ke-20, Aamir Khan langsung menjual India ke mata dunia lewat perannya dalam Lagaan yang terbit pada 2001. Ini merupakan kali pertama Aamir Khan memproduseri sebuah film di bawah naungan Aamir Khan Productions yang juga dikepalai olehnya. Melalui keberanian dan idealismenya, Aamir Khan bersama sutradara Ashutosh Gowariker berhasil mengantarkan Lagaan masuk nominasi pada Penghargaan Oscar dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik yang meskipun harus dikalahkan oleh No Man’s Land.

Tak peduli dengan ketidakberuntungannya Lagaan dalam meraih Oscar, karena pada kenyataannya film Aamir Khan terbaik yang satu ini juga mendapatkan perhatian yang tak main-main dari masyarakat India. Untuk Anda yang penasaran, Lagaan menyorot tentang masa kolonial Inggris di India yang ketika itu kerap melakukan pemungutan pajak yang kemudian muncul olahraga cricket yang menjadi olahraga nomor satu di India.

8. Dil Chahta Hai (2001)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Di tahun yang sama dengan Lagaan, Aamir Khan juga turut hadir dalam Dil Chahta Hai. Film Bollywood yang berarti Hati Menginginkan ini menampilkan cukup banyak aktor aktris ternama India seperti Aamir Khan, Saif Ali Khan, Akshaye Khanna, Dimple Kapadia, Preity Zinta, dan Sonali Kulkarni. Dil Chahta Hai membuntuti kisah persahabatan dari tiga pemuda yang tinggal di Mumbai di mana ketiga sahabat tersebut mempunyai karakter yang sangat berbeda.

Siddhart Sinha (Akshay Khanna) mempunyai sifat yang tenang dan misterius. Dia jatuh cinta diam-diam dengan janda bernama Tara Jaswal yang umurnya limabelas tahun lebih tua darinya. Kemudian ada sosok Akash Malhotra (Aamir Khan) yang membuat kesalahan serius dengan meremehkan perasaan Sid tersebut. Lalu terakhir adalah Sameer yang diperankan oleh Saif Ali Khan.

Film ini sekejap terlihat seperti suguhan drama percinataan ala Bollywood pada umumnya. Tapi jika ditelisik lebih dalam, Dil Chahta Hai sebetulnya lebih menyorot tentang perbedaan kepribadian dan sisi psikologis dari masing-masing karakternya di mana kemudian hal tersebut yang memengaruhi hubungan sosial dan cara mereka menjalani hidup. Lewat film ini, Akshay Khanna diganjar oleh penghargaan pada Indian Movie Award (IMA) sebagai Peran Pembantu Terbaik.

9. Sarfarosh (1999)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Sebelum menyambut abad ke-20, Aamir Khan bersama Sonali Bendre harus beradu peran dalam Sarfarosh. Film yang ditulis dan disutradarai oleh John Matthew Matthan ini merupakan film bergenre kriminal menegangkan yang menyorot kehidupan Ajay Singh Rathod, seorang pemuda yang berkuliah di jurusan kedokteran. Impian besar Ajay untuk menjadi dokter harus dilenyapkan setelah dia melihat kakaknya dibunuh oleh kelompok teroris dengan memulai sepak terjang baru di akademi kepolisian.

Ketika proses penggarapannya, John selaku sutradara mengaku khawatir dikarenakan saat itu sedang terjadi konflik Kargil antara India dengan Pakistan. Meskipun begitu, kecerdikan John bersama para pemain telah membuat Sarfarosh dianggap sukses secara kritik maupun komersil. Dengan budget 80 juta rupee, Sarfarosh berhasil meraup pendapatan hingga 300 juta rupee di box office. Beberapa penghargaan juga diraih oleh film Aamir Khan terlaris satu ini, seperti di ajang Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Film Terbaik.

10. Earth (1998)

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

Earth dirilis di India dengan nama 1947: Earth, sebuah drama India periode 1998 yang mengadaptasi kisah pada novel buatan Bapsi Sidhwa berjudul Cracking India. Film ini disutradarai oleh Deepa Mehta yang merupakan instalmen kedua dari trilogi Elements karyanya. Dengan kecerdikan Mehta dalam meramu cerita, Earth kemudian didapuk dengan penghargaan pada Academy Awards untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di tahun 1999.

Kebanyakan dari Anda mungkin belum pernah menonton film Aamir Khan ini karena memang saat ini sudah kalah saing dengan film-film India lain yang beraroma cinta-cintaan. Untuk itu, jika Anda penasaran, Earth akan memulai kisahnya dengan menampilkan Lahore pada masa sebelum dan saat partisi India di tahun 1947 lewat penuturan Lenny saat usia dewasa di mana dia sendiri merupakan seorang penderita polio yang berasal dari kalangan Parsi kelas menengah.

Lenny yang diperankan oleh Maia Sethna dan Shabana Azmi itu menarasikan kisahnya dengan kembali pada masa lalu ketika di wilayah tempatnya tinggal sedang terjadi ketegangan antara umat Hindu, Sikh, dan Muslim. Di tengah konflik yang mencuat kala itu, Lenny berusaha untuk tetap netral pada apa yang tengah terjadi. Dia saat itu hidup bersama kedua orangtuanya, Bunty (Kitu Gidwani) dan Rustom (Arif Zakaria).

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

11. Jo Jeeta Wohi Sikandar (1992)
🌟 8.3/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

12. Raakh (1989)
🌟 7.7/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

13. Rangeela (1995)
🌟 7.6/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

14. Qayamat Se Qayamat Tak (1988)
🌟 7.6/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

15. Holi (1985)
🌟 7.6/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

16. Hum Hain Rahi Pyar Ke (1993)
🌟 7.5/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

17. Ghulam (1998)
🌟 7.4/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

18. Dil Hai Ki Manta Nahin (1991)
🌟 7.4/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

19. Talaash (2012)
🌟 7.3/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

20. Ghajini (2008)
🌟 7.3/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

21. Fanaa (2006)
🌟 7.2/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

22. Dhobi Ghat (2010)
🌟 7.1/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

23. Akele Hum Akele Tum (1995)
🌟 7.1/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

24. Ishq (1997)
🌟 6.9/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

25. Dil (1990)
🌟 6.8/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

26. Mangal Pandey: The Rising (2005)
🌟 6.7/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

27. Baazi (1995)
🌟 6.6/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

28. Mann (1999)
🌟 6.2/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

29. Afsana Pyar Ka (1991)
🌟 6.2/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

30. Deewana Mujh Sa Nahin (1990)
🌟 6.1/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

31. Raja Hindustani (1996)
🌟 6.1/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

32. Isi Ka Naam Zindagi (1992)
🌟 6.1/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

33. Daulat Ki Jung (1992)
🌟 6.0/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

34. Love Love Love (1989)
🌟 5.9/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

35. Jawani Zindabad (1990)
🌟 5.9/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

36. Aatank Hi Aatank (1995)
🌟 5.6/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

37. Dhoom 3 (2013)
🌟 5.4/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

38. Awwal Number (1990)
🌟 5.4/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

39. Tum Mere Ho (1990)
🌟 5.1/10

 

40 Film Aamir Khan Terbaik Dalam Industri Bollywood Film

40. Mela (2000)
🌟 3.8/10

 

Memang tidak semua film Aamir Khan terbaik yang bertengger pada daftar di atas memperoleh banyak perhatian dari publik. Tapi meskipun demikian, ada cukup banyak film yang diperankan oleh Aamir Khan meraih berbagai nominasi dan bahkan memenangkan beragam penghargaan pada ajang Filmfare Awards ataupun Oscar Bollywood (Boscar).

Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com