12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil

Posted on

12 Desain Ruang Makan Minimalis – Generasi 90-an dinyatakan sebagai generasi yang rentan dengan kekurangan lahan. Pasalnya, generasi ini dianggap hidup dimasa yang kurang ramah dengan luas lahan. Dipungkiri atau pun tidak, nyatanya memang demikian. Guna membagi lahan untuk generasi tersebut, para arsitektur menciptakan desian rumah minimalis.

Meskipun tidak bisa ditampik bahwa model ini benar-benar tampak sederhana dan terkesan sempit. Terlepas dari hal tersebut, desain minimalis juga mempunyai kelebihan dibanding model lain. Memboyong tema demikian, hal tersebut juga akan berpengaruh pada susunan dan dekorasi ruangan. Salah satunya ruang makan. Setidaknya, 12 desain Ruang Makan Minimalis Mungil ini akan membuat suasana rumah tetap nyaman meski dengan ukuran limit.

1. Ruang Makan dan Televisi

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Merging adalah salah satu istilah yang tenar di rumah minimalis. Mereging atau penyatuan adalah penggabungan beberapa lokasi menjadi satu. Salah satunya adalah ruangan televisi atau keluarga dengan kamar makan. Sebagai bahan penyekat, kita tetap dan masih menggunakan tembok. Namun, tembok tersebut mempunyai celah di tengah sebagai lubang pandang. Frame tersebut biasanya mempunyai proporsi dimensi yang berbeda di setiap sisi, kecuali kanan dan kiri. Khusus bagian bawah, ia akan lebih tinggi karena menutupi area bawah meja makan.

Lihat juga 10 Tips Desain Mushola Minimalis

Alternatif lain untuk alat penyekat adalah gebyok. Item tersebut kebanyakan diketahui orang dengan model tiga layar. Akan tetapi, gebyok sudah mempunyai beragam wujud lain, termasuk yang lebih kecil. Mirip dengan gebyok, penyekat dari eceng gondok berframe kayu juga memiliki fungsi sama. Dari segi harga, eceng gondok tentunya lebih ekonomis. Hanya saja, ia tidak mampu bertahan lebih lama serta perawatan pada permukaan eceng gondok perlu dirutinkan. Jika tidak, jamur berwarna putih akan muncul. Frekuensi kemunculannya akan lebih tinggi manakala pemisah ruangan tersebut baru dipasang.

2. Model Klasik

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Gaya ini tentunya bertentangan dengan beragam konsep minimalis. Namun, istilah ini digunakan dalam interior minimalis hanya sebagai pemerkecil ukuran dan pengambilan aksen. Biasanya, model klasik bercirikan ruangan luas dan prabot dari bahan kayu nan mewah. Namun, hal tersebut dapat diakali dengan beragam cara guna mengahadirkan kesan mewah pada model minimalis.

Paling utama adalah dinding yang dirubah dengan wallpaper. Berbeda dengan cat, item tersebut mempunyai banyak motif dan pattern. Sedangkan kursi datang menggunakan bahan rotan. Selain murah, dudukannya pun nyaman, meskipiun tak dilengkapi dengan busa. Adapun meja tetap menggunakan kayu pada papannya belaka, sedangkan penyangga dan kaki meja adalah rangka besi.

3. Konsep Open Space

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Konsep Open Space sebenarnya sudah muncul di beberapa negara dan banyak diaplikasikan. Fungsi utamanya, pastilah untuk memperlebar ruangan dan memanipulasi ukurannya. Pada dasarnya, konsep tersebut menyarankan kepada para pemilik rumah untuk menyatukan satu atau tiga ruangan sekaligus. Sebagai penyekat atau pembatas, kita dapat menggunakan gebyok ala Jawa, Betawi, atau Jepang. Bahan pilihan lain bisa pula menggunakan karpet atau rug. Alasannya, ruangan akan tampak lebih memadai. Salah satu contoh di desain ruang makan minimalis adalah penggabungan dengan dapur.

Sebagaimana dapur pada umumnya, kita dapat memanfaatkan kitchen cabinet baik base atau wall. Keduanya akan meringkaskan alokasi ruangan lebih rapi. Terlebih, kitchen base dapat dimanfaatkan secara serba guna. Selain penyimpanan lokasi perkakas dapur yang berat di bagian dalam, atasnya dapat difungsikan sebagai letakkan piring, gelas, dll. Di satu sisi, pemanfaatan sebagai butcher pun akan lebih baik. Namun, pastikan bahwa bahan kayu pada kitchen base telah terlapisi dengan bahan anti air.

Tetesan air dari kucuran gelas dan piring akan mengikis permukaan sedikit demi sedikit. Biasanya, warna akan memudar dan dilanjytkan dengan pengkroposan kayu. Untuk item seperti kompor dan pencucian, mereka dapat rata setinggi kitchen base. Ukuran terbaik setidaknya cabinet tersebut tidak melebihi pinggul. Kurang lebih 100 cm sampai 120 cm. Sedangkan wall cabinet kitchen yang di sarankan oleh 12 desain ruang makan minimalis setidaknya setinggi hidung atau dagu. Ukuran tersebut akan mempermudah penggapaian benda-benda.

4. Dimensi Dapur dan Ruang Makan

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Menggunakan kedua cabinet tersebut, ruangan akan termanage dengan baik dan paling banter hanya membutuhkan ruangan 2 m x 4 m. Terkadang bisa lebih kecil lagi. Tentunya, hal tersebut tidak termasuk ruang sajian. Sebagaimana perlengkapan ruang bersantap, perkakasnya juga harus diperhatikan. Standardnya, kebutuhan meja dan kursi dapat disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga. Namun, perlu diberi ekstra kursi apabila suatu hari dikunjungi oleh tamu. Secara regular, pemisahan keduanya tidak terlalu mencolok karena kita hanya menaruh perkakas makan di sana.

Namun, perabot dapur juga menggunakan kitchen bar. Sesuai dengan namanya, bentuk meja ini seperti meja di bar, namun digunakan di dapur. Baik ukuran tinggi, lebar, maupun dimensi lain, semuanya tidak jauh berbeda. Merging keduanya akan menciptakan ruangan dengan dimensi 3 m x 3 m. Sayangnya, tempat makan semacam ini akan lebih cocok untuk kehidupan bergaya youth.

5. Variasi Warna Dinding dan Plafon

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Variasi dari 12 desain ruang makan minimalis yang tenar lainnya adalah warna. Warna tetap menjadi ujung tombak penentu terang, redup, besar, atau kecilnya suatu ruangan. Biasanya, warna tunggal lebih banyak diaplikasikan guna menciptakan ilusi optic supaya ruangan tampak lebih luas. Beberapa diantaranya adalah ragam gradasi abu-abu dan juga putih. Abu-abu sendiri dimanfaatkan banyak desainer kenamaan karena kemampuannya memantulkan cahaya. Kebanyakan menggunakan model grey as ash dan white as paper. Untuk plafon atau langit-langit ruang makan, kita dapat memanfaatkan warna yang senada. Dengan tambahan detil klasik atau modern, keduanya akan menyatu sesuai dengan tema.

6. Gaya Pintu

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Salah satu unsur yang diperhatikan saat ini adalah pintu. Penggunaan pintu pada ruang makan bermakna ruangan tersebut memang dijadikan ruangan makan sedari awal tanpa merging dengan ruangan lain. Untuk menghemat alokasi ruangan, pintu model Jepang sangat disarankan. Namun, pintu jenis sliding ini membutuhkan space di sisinya sebagai tempat bergeser.

7. Ciri Sederhana

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Bagi penyuka konsep sederhana dan alami, model tempat makan sederhana dapat diwujudkan dengan perabot yang sederhana pula. Tanpa mengurangi esensinya, desain ini biasanya didominasi oleh material kayu. Sedangkan warna ruangan sedikit lebih klasik. Sebagai bahan tambahan, lampu gantung dengan daya kuat sangat dibutuhkan. Pasalnya, ruangan ini akan menyerap cahaya lampu daripada memantulkannya. Oleh sebab itu, kebanyakan desainer menempatkan desain ini di samping jendela sisi rumah sekaligus menghadap taman.

8. Pilihan Lampu Gantung

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Penerangan pada 12 desain ruang makan minimalis kebanyakan hanya disandarkan pada satu lampu belaka. Lampu untuk ruangan ini dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Khusus model klasik, lampu gantung Kristal akan sangat membantu menciptakan nuansa tersebut. Adapun versi modern dan sederhana, lampu gantung bertutup kanvas lebih menjadi pilihan prioritas utama. Sebagai bahan penyangga, material stainless steel sangat direkomendasikan. Selain sekuat besi, keuntungan stainless steel mempunyai lapisan nikel anti korosi.

Lampu utama tersebut masih dapat dimodifikasi dengan rangkaian lampu lain. Nyatanya, beragam variasi design interior telah memberikan beragam pilihan, seperti fireflies. Ini adalah lampu pendamping untuk menciptakan suasana keindahan. Model semacam ini menuntut lampu kecil dengan warna kuning bolam. Kemudian, mereka dimasukkan pada wadah seperti toples sebelum digantung di sekitar lampu utama.

9. Penyangga

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Desain ruang makan bertema minimalis juga perlu memperhatikan soal penyangga. Soal yang satu ini lumayan menjadi permasalahan beragam pemilik rumah. Pasalnya, desain minimalis mencoba untuk memaksimalkan ruangan baik bawah maupun atas. Ketika mengeksplorasi bagian atas, ternyata penyangga tidak mampu menahan beban benda. Alhasil, penyangga kalah dengan massa dari benda di atasnya.

Guna mengatasi hal tersebut, banyak pelaku interior yang mengakalinya dengan besi L. Besi ini sudah tersedia di toko bangunan dengan beragam ukuran dan harga.Salah prioritas di ruang untuk makan adalah lokasi piring dan gelas. Terlpas dari hal itu, penggunaan bahan penyangga kayu juga dapat dimodifikasi dengan bentuk yang hampir sama. Namun, peruntukan ini tidak disarankan bagi amatir. Mengingat, siku pada kayu bisa jadi patah karena ketidakmampuannya menahan berat. Penyangga lain yang dibutuhkan pada ruang makan ini adalah lampu. Meskipun stainless stell diprioritaskan sebagai bahan terbaik, namun kayu tetap mempunyai tempat tersendiri. Bahan tersebut nyatanya termasuk isolator terbaik, bahkan kekuatannya menyamai besi untuk jenis tertentu.

10. Ruang Ala Restoran

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Detil dan mix-match mendekorasi ruangan tentunya membutuhkan daya kreatifitas dan referensi. Salah rujukan dengan konsep minimalis adalah ruang makan ala restoran. Konsep ini tentunya lebih kecil dan mudah diikuti dari pada menggunakan konsep konvensional. Pasalnya, ruangan restoran sederhana juga bertema minimalis pula. Untuk menghemat budget, kita juga bisa menggunakan kursi plastik dengan rangka besi. Selain harganya terjangkau, kekuatan dan kepraktisan juga sangat dibutuhkan.

Tidak berbeda jauh, desain-desan ruang makan minimalis ala restoran juga menggunakan meja dengan bahan serupa. Dari meja dan kursi tersebut, kita akan mendapatkan akses keselarasan. Untuk ukuran meja sendiri, diameter 100 cm sudah cukup luas apabila berbentuk lingkaran. Bentuk ini akan meringkas ruangan dari pada bentuk persegi. Alhasil, beberapa orang akan menempati setiap sisi dan maksimal hanya empat orang saja.

11. Ruang Makan Lesehan

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

Ruang makan lain yang dapat diciptakan adalah model lesehan. Bagi warga Indonesia, tentunya sudah hafal dan luwes menekuk lutut mereka. Desain ruang makan ini mempunyai beberapa keuntungan. Selain dapat diposisikan pada ruangan, konsep ini juga bersifat portable. Hanya saja, model Indonesia ini perlu dikombinasikan dengan aksesoris dan perabot gaya makan lesehan model Jepang. Untuk kursi, kita dapat menggantinya dengan bantal duduk. Adapun meja, pastikan tidak memilih meja lebar dan besar. Alasan utamanya, saat kita bersila, makanan akan sulit teraih.

12. Ruang Sajian Ala Angkringan

12 Inspirasi Gambar Desain Ruang Makan Minimalis Mungil Rumah

12 desain ruang makan minimalis juga memberikan keunikan. Bangku panjang yang kerap dijadikan tempat duduk di angkringan pun disulap menjadi estetika tinggi. Benda tersebut lebih banyak berperan untuk meminimalisir kebutuhan ruangan. Menggunakan desain tersebut, mejanya pun harus menggunakan model persegi panjang. Para penyedia item tersebut kebanyakan memilih bahan kayu untuk bangku. Sedangkan meja mengandalkan besi sebagai kaki meja. Kedua item tersebut diberi pernis supaya mengkilat dan tekstur naturalnya muncul.

Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com