20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018

Posted on

20 desain jendela rumah minimalis – Salah satu bagian terpenting untuk sebuah rumah adalah adanya jendela. Hampir tidak ada rumah yang dibangun tanpa adanya jendela. Bagian rumah yang satu ini memang mempunyai peranan yang cukup vital bagi sebuah rumah. Pasalnya jendela menjadi jalan keluar masuknya cahaya ke dalam rumah. Serta yang tidak kalah penting, jendela juga menjadi sarana pertukaran / sirkulasi udara di dalam rumah.

Saat ini model jendela semakin bervariasi sesuai dengan perkembangan tren desain rumah yang semakin modern. Ada banyak model jendela yang bisa diaplikasikan dalam sebuah rumah. Misalnya untuk bagian depan rumah menggunakan jendela yang kecil tapi tinggi atau jendela yang lebar tapi disertai dengan teralis. Untuk jendela bagian belakang atau samping rumah minimalis dibuat begitu besar bahkan lebih besar dari pintu. Tujuannya adalah sebagai jalan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah.

Lihat juga 20 Desain Taman Rumah Minimalis

Selain pemilihan model jendela, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan material yang digunakan untuk jendela tersebut. Di era modern ini ada banyak pilihan material jendela yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai desain jendela yang baik dan menarik, berikut ini 20 desain jendela rumah minimalis yang bisa anda jadikan inspirasi.

20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018

1. Desain Jendela Rumah Minimalis Ukuran Besar

20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah

Dari segi ukuran, desain jendela dibedakan menjadi dua yaitu jendela berukuran besar dan jendela berukuran kecil. Untuk jendela berukuran besar bisa diletakkan dimana saja sesuai dengan selera penghuni rumah. Namun untuk menjaga keamanan, jenis jendela ini lebih cocok diletakkan di bagian dalam rumah. Misalnya di samping atau dibelakang yang menghubungkan dengan halaman samping atau halaman belakang.

Jendela berukuran besar juga bisa diletakkan di depan rumah, hanya saja akan lebih baik jika dilengkapi dengan menambahkan teralis. Pada desain rumah minimalis, penggunaan jendela berukuran besar menjadi salah satu karakternya. Jendela berukuran besar umumnya didominasi oleh penggunaan material kaca. Pemilihan jendela tersebut berkaitan dengan pengaturan pencahayaan di dalam rumah minimalis.

2. Desain Jendela Rumah Minimalis Ukuran Kecil

20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah

Untuk desain rumah minimalis, jendela berukuran kecil tidak begitu banyak digunakan. Jika pun digunakan biasanya diletakkan di depan rumah di samping pintu utama untuk menjaga privasi dan keamanan penghuni rumah. Atau jika menggunakan jendela yang berukuran kecil, biasanya dibuat berjajar lebih dari satu jendela.

Penggunaan jendela kecil lebih difungsikan sebagai ventilasi udara sebuah rumah. Penempatan paling pas adalah di bagian atas jendela utama / pintu utama atau bisa juga diletakkan di kamar mandi. Jendela kecil juga cocok digunakan untuk kamar depan yang menghadap langsung ke depan rumah.

3. Desain Jendela Rumah Minimalis dengan Teralis

20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah

Dari 20 desain jendela rumah minimalis, salah satu yang paling sering kita temui adalah desain jendela yang dilengkapi dengan teralis. Menambahkan aksesori teralis pada sebuah jendela bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan keamanan rumah. Tapi bisa juga berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah.

Pasalnya saat ini banyak sekali model teralis yang bisa dipilih. Teralis tidak lagi monoton seperti besi panjang yang melindungi jendela. Dengan perkembangan tren yang semakin modern, desain teralis dibuat lebih bervariasi menyesuaikan selera pasaran. Ada bentuk teralis minimalis yang hanya mengombinasikan bentuk lurus vertikal dan horizontal. Ada juga model teralis yang dibuat seperti ukiran bunga yang menarik.

Dalam pemilihan teralis untuk jendela rumah minimalis, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya dari letak jendela, bentuk jendela, atau fungsi dari teralis itu sendiri. Anda bisa memilih model teralis klasik, teralis modern, atau model teralis unik lainnya. Selain dari segi bentuk teralis, warna teralis juga bermacam-macam. Jika rumah anda adalah rumah dengan konsep minimalis sebaiknya memilih teralis dengan warna netral seperti hitam atau putih dengan model yang minimalis pula.

4. Desain Jendela Rumah Minimalis Dominan Kaca

20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah

Saat ini desain jendela yang dominan menggunakan kaca banyak juga dipilih untuk desain rumah minimalis. Terlebih untuk penempatan dalam rumah atau belakang rumah yang menghubungkan area rumah dengan taman belakang. Jendela dominan kaca umumnya digunakan untuk ukuran jendela yang besar.

Jenis jendela dominan kaca ini mempunyai manfaat penting bagi rumah dalam hal pencahayaan. Dengan memilih menggunakan jendela kaca, otomatis cahaya matahari akan lebih mudah masuk dan menerangii seisi rumah. Pemilihan jendela jenis ini juga bermanfaat untuk menghemat listrik. Pasalnya anda tidak perlu menyalakan lampu ketika pagi hingga sore hari sampai sinar matahari menghilang.

Jendela kaca ini juga cocok untuk dikombinasikan dengan semua bahan material penyusun rangka jendela. Baik kayu, aluminium, maupun fiber-glass. Disamping kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan, jenis jendela ini juga mempunyai kekurangan. Karena terbuat dari kaca maka jendela ini tidak aman digunakan di depan rumah jika tidak disertai teralis. Selain itu material kaca yang dominan lebih mudah pecah jika terkena benda yang berat.

5. Desain Jendela Rumah Minimalis Dominan Kayu

20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah   20 Desain Jendela Rumah Minimalis 2018 Rumah

Desain jendela rumah minimalis dominan kayu memang saat ini sudah jarang digunakan masyarakat. Umumnya material kayu hanya digunakan sebagai rangka jendela yang kemudian dikombinasikan dengan kaca di bagian tengahnya. Namun desain dominan kayu ini cocok untuk orang yang ingin menghadirkan kesan klasik natural di rumahnya. Model jendela kayu susun berlapis dari atas kebawah akan nampak indah menghiasi rumah minimalis anda jika diletakkan diantara dua jendela kaca.

Jika anda menginginkan jendela rumah berbahan dasar kayu, yang perlu anda perhatikan adalah kualitas kayu yang akan dipakai. Karena kayu rentan terhadap serangan hama bernama rayap, maka memilih kayu dengan kualitas terbaik akan menjadi pilihan yang tepat. Salah satu kayu yang banyak digunakan untuk elemenn bangunan rumah adalah kayu jati. Meski harganya cukup tinggi, kekuatan kayu tersebut telah dipercaya banyak orang.

Tips Memilih Material Untuk Digunakan Jendela Minimalis

Setelah membahas mengenai 20 desain jendela rumah minimalis, berikutnya kita perlu mengetahui bahan material apa saja yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat rangka jendela rumah yang akan dikombinasikan dengan jendela kaca. Berikut ini beberapa bahan tersebut.

1. Kayu

Material rangka jendela jenis kayu merupakan material yang paling umum digunakan di setiap rumah dari dulu hingga kini. Jenis material ini memberikan kesan natural pada bangunan rumah anda. Hampir semua bangunan rumah di Indonesia tetap menggunakan rangka kayu untuk jendela rumah mereka. Material kayu juga cocok untuk segala konsep desain rumah, termasuk rumah minimalis. Selain itu kayu juga mudah diwarna sesuai dengan tema rumah.

Ada kelebihan dan kekurangan dari penggunaan material kayu untuk jendela rumah. Pertama untuk kelebihannya antara lain adalah daya tahan dan usia penggunaan relatif lama. Terutama untuk jenis kayu yang kualitasnya bagus. Kemudian kayu juga mampu menahan beban yang lebih kuat.

Disamping kelebihan, ada juga kelemahan kayu yaitu mudah rusak oleh cuaca dan sering kali bermasalah dengan binatang pemakan kayu yakni binatang rayap. Apalagi jika kayu yang digunakan kurang berkualitas.

2. Aluminium

Jenis bahan aluminium mempunyai kelebihan dari segi harganya yang terjangkau. Selain itu material aluminium adalah yang paling efisien diantara bahan rangka jendela yang lain. Bahan aluminium mulai diperhitungkan untuk pembuatan rangka jendela rumah. Bahannya ringan dan mudah pengerjaannya. Aluminium juga tidak rentan terhadap perubahan cuaca dan musim hujan. Namun anda harus lebih teliti saat membeli aluminium karena sama seperti kayu, aluminium mempunyai beberapa macam kualitas yang berbeda.

3. Fiber-glass

Untuk bahan ketiga dalam pembuatan rangka jendela adalah bahan fiber-glass. Bahan ini memang belum umum digunakan untuk jendela rumah di Indonesia, namun ada beberapa kelebihan dari material ini diantaranya cocok baik untuk interior maupun eksterior rumah. Jendela yang terbuat dari material fiber-glass akan tampak segar dan bersih. Selain itu juga cocok untuk digunakan pada rumah dengan konsep minimalis.

Tips Memilih Desain Jendela Rumah Minimalis

Untuk memilih desain jendela rumah minimalis yang cocok bagi hunian anda, simaklah beberapa tips di bawah ini sebagai referensi anda.

1. Pilih warna jendela yang sesuai

Tips memilih desain jendela rumah minimalis yang pertama adalah dalam hal pemilihan warna. Sebaiknya gunakan warna yang sesuai dengan tema rumah. Atau bisa juga memilih warna-warna netral yang cocok untuk semua jenis konsep rumah, termasuk rumah minimalis. Warna-warna yang umum digunakan untuk sebuah jendela adalah warna putih, coklat muda, dan coklat tua. Pemilihan warna jendela yang pas dapat menghasilkan efek tampilan rumah yang semakin menarik.

2. Perhatikan letak jendela

Tips kedua adalah dalam hal letak jendela. Letak jendela berpengaruh dalam pemilihan model jendela yang pas. Misalnya jendela depan, jendela kamar tidur, dan jendela dapur umumnya mempunyai model jendela yang berbeda satu sama lain. Jendela besar seukuran pintu misalnya, akan lebih cocok jika diletakkan di belakang rumah atau di samping rumah untuk menuju ke taman.

Jendela besar seukuran pintu tersebut tentunya tidak pas jika diletakkan di depan rumah. Model jendela untuk depan rumah biasanya menggunakan ukuran yang lebih kecil dengan tujuan untuk menjaga privasi pemilik rumah. Pemilihan jendela kecil untuk depan rumah juga berfungsi untuk menjaga keamanan rumah.

3. Gunakan aksesori jendela yang pas

Biasanya beberapa jendela di rumah membutuhkan aksesori tambahan seperti teralis atau gorden. Terutama untuk jendela depan rumah. Meski berukuran kecil, gorden dapat mempercantik jendela. Gorden juga difungsikan untuk menutup jendela kaca jika pemilik sedang tidak ada di rumah atau saat malam hari tiba. Pilihlah gorden dengan warna yang pas sesuai dengan tema / konsep rumah.

Penambahan teralis juga tepat untuk jendela bagian depan. Tentu saja fungsinya untuk meningkatkan keamanan. Saat ini banyak sekali jenis teralis modern yang bisa diterapkan di rumah anda. Pilihlah jenis teralis yang sesuai dengan konsep rumah minimalis anda.

Tips memilih desain jendela rumah minimalis yang telah disampaikan di atas sekaligus mengakhiri informasi mengenai 20 desain jendela rumah minimalis yang banyak digunakan saat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan hunian minimalis yang nyaman dan menyenangkan.

Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com