36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton

Industri Bollywood telah melewati perjalanan panjang hingga sukses besar seperti sekarang. Perjuangan para sineas untuk melambungkan nama India ke ranah persinemaan internasional harus mengalami jatuh bangun yang tidak sebentar. Jika ditelusur ke belakang, Raja Harishchandra yang diproduksi pada 1913 merupakan film bisu pertama yang telah memantik semangat para pembuat film di Tanah Hindustan untuk mencapai kejayaan perfilman India di kancah dunia.

Kemudian pada tahun 1950, India baru bisa bernapas bebas untuk menelurkan film-film berwarna setelah konflik yang terjadi ketika adanya Gerakan Kemerdekaan India dan pemisahan India mereda. Berjalan hingga dua dekade lamanya, industri perfilman Bollywood mulai dipadati dengan film-film drama romantis yang dilanjut dengan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masingnya, seperti adanya nyanyi-nyanyian, tari-tarian, hingga kekuatan skrip serta akting para pemain yang mampu mengaduk-aduk emosi penonton.

Sampai saat ini, tercatat sudah lebih dari ribuan film yang telah dilahirkan oleh India. Bahkan, dari film-film tersebut juga banyak yang mencetak box office di bioskop-bioskop di luar India. Untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang film-film India mana yang paling bagus, Oliswel.com telah merangkum daftar film India terbaik beserta sedikit ulasannya pada tulisan kali ini. Tanpa basa-basi lagi, langsun saja disimak daftarnya berikut ini.

1. Anand

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Pada tahun 1971, masyarakat India dikejutkan oleh kedatangan Anand. Film India terbaik yang dimotori oleh Hrishikesh Mukherjee ini menampilkan dialog-dialog yang ditulis oleh Gulzar dan pemain legendaris seperti Rajesh Khanna dan Amitabh Bachchan sebagai tokoh utama. Sementara untuk peran pendukung, ada beberapa nama seperti Sumita Sanyal, Ramesh Deo, Seema Deo, Lalita Pawar, Durga Khote, Johnny Walker, Asit Sen, dan Dara Singh.

Anand sendiri merupakan judul buku yang pada film ini ditulis oleh Dr. Bhaskar (Amitabh Bachchan), seorang dokter spesialis kanker. Setelah selesai menulis buku tersebut, Dr. Bhaskar pada acara ucapan selamat yang digelar mengungkapkan kalau buku tersebut bukanlah buku fiksi ataupun karangan belaka, melainkan diambil dari buku harian milik salah satu pasiennya yang bernama Anand (Rajesh Khanna).

Sejak itu, Anand akan mengajak penontonnya flashback untuk melihat pengalaman yang telah dilewati Anand ketika mengidap kanker tapi tetap bersemangat untuk menjalani hidup dan memberikan secercah kebahagiaan untuk orang-orang di sekitarnya yang meskipun sebenarnya Anand sendiri merasakan ketakutan yang amat sangat atas penyakit yang dideritanya tersebut.

Karakter Anand Sehgal sangat baik diperankan oleh Rajesh Khanna. Berkat akting cemerlangnya pada film India yang paling sedih ini, Rajesh mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik pada Filmfare Awards 1972. Selain dirinya, aktor legendaris Amitabh Bachchan juga terpilih sebagai Aktor Pendukung Terbaik pada ajang yang sama di tahun yang sama. Sedangkan untuk filmnya sendiri, Anand berhasil memenangkan nominasi pada kategori Film Terbaik.

2. Deewaar

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Pada deretan kedua, ada Deewar yang berarti tembok. Film ini juga dibintangi oleh Amitabh Bachchan dengan menjadikan Shashi Kapoor sebagai lawan mainnya. Deewar disutradarai oleh Yash Chopra dan ditulis oleh Salim-Javeed. Film yang dirilis pada 24 Januari 1974 dengan durasi tayang 176 menit ini merupakan film bergenre drama-kriminal yang menampilkan keadaan politik pada awal periode 70-an di India.

Deewar menceritakan tentang sepasang saudara (Amitabh Bachchan dan Shahshi Kapoor) yang harus bertahan hidup di jalanan Mumbai setelah keluarga mereka berseberangan paham dengan ayah mereka. Cerita yang dimiliki oleh Deewar ternyata menjadi inspirasi untuk banyak film lain, semisal Slumdog Millionare (2008) yang juga mengisahkan tentang dua bersaudara yang akhirnya harus berpisah karena perbedaan keinginan.

Pada ajang prestisius Filmfare Awards 1975, Deewar diganjar oleh piala penghargaan untuk kategori Film Terbaik. Kesukesan lain yang diraih oleh Deewar bisa dilihat pada jumlah pendapatannya di mana film yang sempat menjadi superhit pada box office ini berhasil memperoleh pendapatan kotor sekitar $1,42 juta. Dengan raihan angka yang sangat banyak kala itu, Deewar pada tahun 1975 masuk urutan ke-4 dalam daftar film Bollywood dengan pendapatan tertinggi.

3. Qayamat Se Qayamat Tak

Pada deretan berikutnya, ada film India terbaik yang dibintangi oleh Aamir Khan di mana pamannya sendiri, Nasir Hussain, yang menjadi penulis skenario pada film ini. Qayamat Se Qayamat Tak yang berarti “Dari Kiamat ke Kiamat” merupakan film produksi 1988 yang berjenis drama romantis. Di samping aktor kondang Aamir Khan, Qayamat Se Qayamat Tak juga menghadirkan sosok Juhi Chawla yang disandingkan dengan Aamir Khan sebagai kekasihnya.

Kisah yang dimiliki oleh QSQT senada dengan Romeo dan Juliet di mana terdapat dua orang yang saling jatuh cinta tapi hubungan asmara keduanya harus terhalang oleh permusuhan dari kedua orang tua mereka. Pada saat QSQT rilis, film ini langsung menjadi box office dan juga memberikan kepuasan kepada Anand Milind dan Udit Narayan karena merupakan hit besar pertamanya selama terlibat dalam proyek pembuatan film.

4. Maine Pyar Kiya

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Bollywood memang identik dengan menyanyi dan menari. Seperti di Maine Pyar Kiya, film yang termasuk ke dalam daftar film India terbaik ini juga tak jarang memperlihatkan kemampuan para pemainnya dalam menari. Di film ini, Anda bisa melihat Salman Khan selagi muda yang dipasangkan dengan aktris cantik Bhagyashree.

Bergerak di bawah arahan Sooraj R. Barjatya yang diproduksi oleh Rajshri Productions, Maine Pyar Kiya menampilkan kisah pertemanan antara Prem dan Suman yang kemudian berubah menjadi perasaan cinta antara satu sama lain. Maine Pyar Kiya merupakan debut dari seorang Salman Khan sebagai peran utama setelah sebelumnya dirinya tampil dalam Biwi Ho To Aisi (1988) sebagai peran pendukung.

5. 3 Idiots

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Untuk film India terbaik yang satu ini, sangat direkomenadsikan untuk Anda tonton. 3 Idiots merupakan film besutan Rajkumar Hirani dengan menyeret Aamir Khan, Madhavan, dan Sharman Joshi sebagai pemeran utamanya. Selain mereka bertiga, ada juga Kareena Kapoor yang hadir sebagai pemanis cerita. 3 Idiots sendiri dibuat untuk menyinggung sistem-sistem pendidikan yang secara tak sadar telah menyulitkan setiap pelajar untuk berkembang.

Tiga siswa cerdas yang notaben bersahabat, Farhan (Madhavan), Raju (Sharman Joshi), dan Rancho (Aamir Khan), menyadari bahwa masa depan mereka tidak benar-benar ditentukan oleh buku-buku teknik yang mereka pelajari di kampus. Rancho, mahasiswa yang tampak idiot tapi sebenarnya sangat jenius itu pun mencoba untuk memberi dukungan kepada dua sahabatnya agar berani mengikuti kata hatinya.

Kehidupan ketiga sahabat itu selama di kampus harus dihinggapi masalah yang datang dari Virus, rektor kolot yang keras kepala dan tak punya belas kasihan. Rancho yang muak dengan keortodoksan Virus itu pun langsung mengambil langkah untuk “mengalahkan” Virus dengan kecerdasannya. Tapi permasalahannya, Rancho ternyata jatuh hati dengan Pia (Kareena Kapoor) yang ternyata anak dari Virus.

Meskipun kisah percintaan yang melibatkan Rancho dan Pia terdengar klasik, tapi 3 Idiots sebetulnya tidak ingin menyorot masalah itu. 3 Idiots datang untuk mengubah pikiran banyak tenaga pengajar yang terjebak oleh sistem pendidikan yang terkesan monoton dan membuat murid tidak bisa bebas karena tertekan. 3 Idiots adalah film India yang memotivasi dan luar biasa. Tak heran jika film ini juga digadang-gadang sebagai mahakarya Bollywood yang sangat cerdas dan penuh motivasi, terutama untuk mereka yang masih berada dalam dunia pendidikan.

6. PK

Aamir Khan memang selalu berani mengambil risiko lewat peran yang dimainkannya dalam berbagai film. Setelah 3 Idiots yang tak mengundang banyak kritik, di tahun 2014 dia ternyata kembali hadir lewat PK. Film yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani ini merupakan drama komedi satir yang telah menyinggung banyak pihak. Padahal sebetulnya, PK merupakan film cerdas yang bisa membuka banyak mata orang agar tidak terkotak-kotak dalam masalah perbedaan.

Sedari awal, PK langsung memperlihatkan Aamir Khan yang memainkan karakter alien yang tersesat di bumi. Tadinya, alien tersebut datang ke bumi untuk melakukan penelitian. Tapi dikarenakan alat pelacak yang dibawa olehnya dicuri orang, alien tersebut kebingungan dan memulai kehidupannya di bumi untuk beberapa saat dengan tujuan menemukan kembali alat pemancar yang bisa membawanya kembali ke tempat asalnya di luar angkasa.

Meskipun mengangkat isu yang sensitif dan berisiko mengundang pro-kontra, nyatanya PK mendapatkan kesuksesan besar. Belum ada film produksi Bollywood yang berhasil menembus angka pendapatan kotor hingga $122,66 juta selain PK. Dengan tingginya angka pendapatan tersebut, PK sampai sekarang masih bertengger di posisi pertama sebagai film India terlaris sepanjang masa.

7. Airlift

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Lewat Airlift, India ingin membuktikan kalau Bollywood bukan sebatas memperlihatkan drama percintaan yang hiperbolis. Pasalnya, Airlift yang disutradarai oleh Raja Krishna Menon ini diangkat dari kisah nyata tentang seorang pebisnis kaya yang kemudian menjadi pahlawan bagi ratusan ribu orang. Kisah pada Airlift mungkin akan terasa serupa dengan beberapa film Hollywood lain yang juga berangkat dari kisah nyata, seperti Schindler’s List dan Hotel Rwanda.

Pebisnis kaya yang diperankan oleh Akshay Kumar itu bernama Ranjit Katiyal. Ketika itu dia sedang tinggal di Kuwait dan terjadi serangan dari Irak sehingga memantik api peperangan antara Irak dan Kuwait untuk urusan minyak. Ranjit yang mempunyai banyak uang menjadi satu-satunya harapan bagi 170.000 orang India lain yang tinggal di Kuwait. Ribuan kilometer pejalanan harus mereka tempuh dan selama 59 hari pemerintahan India mengirimkan 488 pesawat komersial Air India untuk mengevakuasi mereka.

Film India terbaik berasal dari kisah nyata ini menghabiskan biaya produksi sekitar $4,4 juta AS dan mendapat pendapatan kotor yang diperkirakan hingga $33 juta AS. Perlu Anda ketahui kalau tokoh asli yang sangat berjasa itu bukan Ranjit Katiyal, melainkan Mathunny Mathews, seorang pebisnis India yang berdomisili di Kuwait. Pada beberapa saat lalu, Airlift juga telah memecahkan rekor sebagai film India yang bikin baper pertama yang mempunyai rating tertinggi di situs IMDb yakni mencapai angka 9,1 dan ini merupakan film India pertama yang mengangkat tema tentang Perang Teluk.

8. My Name Is Khan

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Sebagai salah satu aktor beragama Islam di Tanah Hindustan, Shah Rukh Khan tampak bersemangat untuk bermain dalam film India terkenal ini. My Name Is Khan yang digarap oleh sutradara Karan Johar dibuat dengan niatan untuk mengubah pandangan masyarakat dunia tentang muslim yang kerap diidentikan dengan teroris. Selain Shah Rukh Khan, ada juga Kajol yang nanti akan dipasangkan dengan SRK.

Kisahnya berkutat pada Rizwan Khan yang menderita sindrom Asperger atau semacam autisme. Dikarenakan kondisi tersebut, Rizwan suka memperlihatkan gerak-gerik yang dianggap aneh dan mencurigakan oleh orang-orang yang tidak mengetahui tentang penyakitnya. Saat dia tinggal di Amerika Serikat, terjadi serangan teroris pada 11 September. Sejak peristiwa tersebut, publik menganggap kalau pelakunya adalah kelompok yang beranggotakan muslim. Tak terima dengan apa yang orang lain tuduhkan, Rizwan berupaya untuk membuktikannya langsung di hadapan presiden Amerika Serikat.

My Name Is Khan menjadi kembalinya duet emas antara Shah Rukh Khan dan Kajol setelah terakhir muncul dalam Rab Ne Bana Di Jodi. Saat perilisannya, tak perlu waktu lama bagi My Name Is Khan untuk memecahkan rekor box office yang bahkan salah satunya menjadi film Bollywood terlaris di luar negeri. SRK pada film India yang menguras air mata ini benar-benar tampak seperti seorang penderita sindrom Asperger karena sebelum melakukan proses syuting, SRK banyak menghabiskan waktu untuk bercengkerama dengan para penderita sindrom Asperger, menonton video, membaca buku, dan bahkan mempelajari bagaimana mereka berperilaku, bersikap, dan berjalan.

9. Lagaan: Once Upon a Time in India

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Pada pembukaan abad ke-21, Aamir Khan bermain pada film India terbaik berjudul Lagaan. Pada film ini, Aamir Khan bermain sebagai pemeran karakter sentral bernama Bhuvan. Saat proses produksi, Aamir Khan juga menjabat sebagai produser bersama Mansoor Khan untuk melihat perkembangan yang dilakukan oleh Ashutosh Gowariker sebagai sutradara.

Lagaan berlatar belakang saat masa penjajahan kolonial Inggris atas India pada era Victoria, tepatnya sekitar tahun 1893. Ceritanya sendiri tentang keadaan penduduk desa yang terbebani oleh pajak mahal yang diberikan oleh pemerintah Inggris. Kemudian setelah itu, muncul Bhuvan, pemuda desa yang menerima tantangan Inggris untuk bermain kriket, sebuah permainan yang bakal menentukan nasib mereka setelahnya.

Kabarnya, Lagaan juga termasuk film India yang berdasarkan kisah nyata, atau setidaknya terinspirasi dari kisah nyata. Hal ini bisa dilihat dari olahraga kriket yang saat ini telah menjadi olahraga nomor satu di India. Selain itu, film ini juga menjadi salah satu film perwakilan dari India pada ajang penghargaan film paling bergengsi di dunia, Academy Awards, untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

10. Taare Zameen Par

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

Taare Zameen Par adalah film India yang menginspirasi. Film yang berarti “Seperti Bintang-bintang di Langit” ini menjadi debut akting Darsheel Safary yang didampingi oleh aktor kawakan Aamir Khan. Darsheel yang saat itu masih kecil harus memerankan bocah yang mengalami disleksia dan tekanan dari keluarganya. Dikarenakan kondisinya yang susah beradaptasi dan memiliki kecepatan pemahaman yang lambat, dia tak pernah mendapatkan nilai yang memuaskan.

Karena dianggap tak berkembang di sekolah, orangtua bocah itu harus menyekolahkannya di asrama tanpa pantauannya. Darsheel yang memerankan tokoh Ishaan ketika di asrama semakin tertekan dan tidak bisa berkembang. Tapi semuanya berubah menjadi bahagia dan air mata ketika datang guru seni bernama Ram Nikumbh yang diperankan oleh Aamir Khan. Ram menjadi satu-satunya guru yang mengerti kondisi Ishaan. Lewat kesabaran dan kasih sayang dari Ram, Ishaan berhasil mendapatkan kepercayaan dirinya kembali.

Aamir Khan di sini tak hanya memposisikan dirinya sebagai pemain, tetapi juga sebagai produser. Lewat film India terbaik yang diperankan oleh Aamir Khan ini, aktor kelahiran 14 Maret 1965 itu pun berhasil meraih penghargaan atas karyanya sebagai Film Terbaik pada ajang Filmfare Awards 2008 disusul dengan Penampilan Terbaik yang dimenangkan oleh Darsheel Safary.

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

11. Black Friday (2004)
🌟 8.6/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

12. Drishyam (2015)
🌟 8.5/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

13. In the Name of God (2007)
🌟 8.5/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

14. Andaz Apna Apna (1994)
🌟 8.4/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

15. A Wednesday (2008)
🌟 8.4/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

16. Ek Doctor Ki Maut (1990)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

17. Rang De Basanti (2006)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

18. Swades (2004)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

19. Shahid (2012)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

20. Chak de! India (2007)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

21. Munna Bhai M.B.B.S. (2003)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

22. Paan Singh Tomar (2012)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

23. Bhaag Milkha Bhaag (2013)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

24. Black (2005)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

25. Jo Jeeta Wohi Sikandar (1992)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

26. Udaan (2010)
🌟 8.3/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

27. Ankur: The Seedling (1974)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

28. Satya (1998)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

29. Maqbool (2003)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

30. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

31. Saaransh (1984)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

32. Roja (1992)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

33. Haider (2014)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

34. Dil Chahta Hai (2001)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

35. Barfi! (2012)
🌟 8.2/10

 

36 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton Film

36. Omkara (2006)
🌟 8.1/10

 

Itulah daftar film India terbaik yang wajib ditonton. Selain ke-10 film yang telah diulas, pada film-film selanjutnya juga dibintangi oleh aktor-aktris Bollywood ternama lain seperti Hrithik Roshan, Ajay Devgan, Abhishek Bachan, Arjun Rampal, Aishwarya Rai, Amisha Patel, dan masih banyak lagi. Dari film-film pada daftar di atas, ada beberapa yang tersedih hingga bisa bikin nangis dan juga bisa bikin Anda tertawa terpingkal-pingkal karena berbagai kelucuan yang dilakukan oleh para pemainnya.

Berikan Komentar