29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru

Bukan rahasia lagi jika Jepang disebut-sebut sebagai kiblatnya para pecinta film animasi. Di Indonesia sendiri, sudah banyak beredar serial anime yang berasal dari Jepang. Selain terkenal dengan anime romance, karya yang telah menjadi sebuah budaya di Jepang ini juga tak jarang memproduksi anime action yang menampilkan pertarungan seru antar tokoh atau kelompok yang terlibat di dalamnya.

Jika selama ini Anda sudah sering dan bahkan hampir bosan dengan anime action seru seperti Naruto, One Piece, Hunter x Hunter, Dragon Ball, dan One Punch Man yang terkenal epic itu, berikut Oliswel rekomendasikan Anda untuk menonton anime action terbaik yang hingga kini belum pernah ditayangkan langsung di layar kaca pertelevisian Indonesia. Apa saja?

1. Fairy Tail (2006)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Yang pertama adalah Fairy Tail. Anime yang memiliki genre aksi dan petualangan  ini sangat digemari oleh banyak orang. Tokoh utamanya adalah Lucy Heartfilia dan rekannya, Natsu Dragneel. Anime ini menceritakan dunia sihir sehingga setiap karakter di dalamnya memiliki ilmu sihir. Para penyihirnya hidup di guild atau klan mereka masing-masing yang ada di negeri bernama Fiore. Sementara Lucy dan Natsu, berada di guild Fairy Tail.

Dalam anime ini, para karakter, terutama tokoh utama atau protagonisnya kerap terlibat dalam aksi pertarungan epic. Setiap adegan demi adegan pasti dibumbui dengan aksi yang keren. Seperti saat pertarungan Fairy Tail, Laxus dan timnya yang sedang memberontak. Bahkan, sebelum pertarungan dengan Laxus, telah terjadi pertempuran hebat dengan Phantom Lord yang sukses menghancurkan Fairy Tail.

Pada season keduanya juga tak jarang mempertontonkan aksi kelahi yang sangat seru. Dimulai dengan bergabungnya tim Fairy Tail yang membentuk Tim Cahaya atau disebut Light Team dengan tim lain, yaitu Cait Shelter, Lamia Scale, dan Blue Pegasus. Gabungan dari beberapa tim ini akan melawan klan kegelapan. Tentu jalan ceritanya sangat keren.

Untuk season ketiganya lebih banyak adegan perkelahian seperti dimulai dari diadakannya ujian untuk menjadi penyihir Kelas S, Natsu dan temannya harus melewati rintagan yang berat. Namun, sebelum ujian selesai, kelompok Grimoire Heart malah menyerang Fairy Tail. Pertarungan pun tak mampu dihindari hingga kemudian datang seekor naga hitam kuat yang disebut Acnologia. Dengan aungannya yang dahsyat, ia sukses membuat pulau Tenrou, sebuah pulau yang suci, hilang.

Sementara pada season keempat, terdapat pertarungan yang tiada henti pada festival antar guild. Festival ini sendiri adalah sebuah acara pertarungan antar guild di mana ada sekitar 113 tim yang terdaftar, 8 di antaranya masuk ke babak eliminasi termasuk guild Natsu dan Lucy, Fairy Tail. Pada festival tersebut, kita bisa melihat pertempuran yang menegangkan dan pastinya seru sehingga sayang untuk dilewatkan.

2. Samurai Champloo (2004)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Bagi mereka yang tak terbiasa menonton anime, mungkin Samurai Champoo masih terdengar asing. Anime ini menawarkan kisah mengenai para samurai yang berpetualangan untuk menemukan seorang yang sulit ditemukan. Berawal dari sebuah kedai teh, Fuu yang menjadi pemiliknya memiliki tamu bernama Mugen. Mugen adalah seorang ahli samurai yang sedikit serampangan. Di kedai teh tersebut, dia ingin menjadi pelindung yang membasmi penjahat yang ingin merusuh di kedai tersebut.

Di lain tempat, ada seorang samurai hebat bernama Jin. Jin adalah ronin yang menghajar yagyu milik gubernur yang serakah. Hingga kemudian ketiganya, Fuu, Mugen, dan Jin bertemu di kedai milik Fuu. Mereka saling bertempur yang mengakibatkan Shibui Monoshina, anak gubernur, meninggal. Dikarenakan perbuatan mereka, gubernur mengikat kedua di antaranya yang kemudian dibebaskan oleh salah satunya. Dari kejadian tersebut, mereka bertiga berteman untuk mencari seorang samurai beraroma matahari.

3. Soul Eater (2008)

Selanjutnya ada anime action comedy yang memiliki alur cerita yang seru. Kisahnya berlatar di Sekolah Pengendali Senjata Shinigami (Death Weapon Meister Academy), terdapat 3 tim yang akan membuat sebuah senjata sabit kematian atau death scythe dengan cara mengumpulkan 99 jiwa manusia jahat dan satu jiwa penyihir. Jika dalam pembuatan senjata ini ada yang gagal, maka wajib bagi mereka untuk mengulang kembali. Senjata ini nantinya akan digunakan oleh kepala sekolah mereka yang biasa dipanggil dengan Shinigami.

Tokoh dalam Soul Eater adalah Maka Albarn yang memiliki senjata bernama sama, Soul Eater. Dia adalah orang yang memiliki dedikasi tinggi. Dia bersama dengan Black Star dan rekannya, Tsubaki Nakatsukasa, yang bisa berubah wujud serta Death The Kid yang punya pistol Liz. Juga ada Patty Thompson yang berada dalam satu tim untuk ikut membuat senjata sabit kematian tadi.

Anime ini sangat seru untuk ditonton, karena setiap adegannya selalu dibumbui dengan aksi yang memukau. Di episode awal misalnya, Soul Eater langsung mempertontonkan pertempuran melawan penyihir bernama Medusa. Selain itu ada juga pertarungan epik yang melibatkan empat kubu yakni Asura, Noah, Crona, dan sekolah DWMA.

4. Fullmetal Alchemist (2003)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Anime ini mengangkat kisah seorang alkemis atau ahli kimia muda bersaudara bernama Edward Elric dan Alphonse Elric. Mereka punya ayah yang juga seorang ahli di bidang kimia. Suatu hari, ibu Ed dan Al meninggal dunia. Merasa belum menerimanya, Ed dan Al mencoba untuk menghidupkan kembali sang ibu. Namun nahas, Al harus kehilangan seluruh tubuhnya dan dimasukkan ruhnya oleh Ed ke baju zirah.

Demi menyelamatkan adik dan ibunya, Ed menjadi state alchemist yang bertugas untuk menjadi ahli kimia di pemerintahan. Karenanya, Ed mendapat julukan fullmetal alchemist karena menjadi ahli kimia pemerintah termuda.

Ketika bekerja, Ed mengetahui bahwa pihak militer ternyata bekerja sama dengan para Homunculus untuk menghancurkan Amestris. Mereka dikendalikan oleh orang yang dipanggil ‘Bapak’. Dikarenakan hal tersebut, Ed dengan baju zirahnya yang berisikan ruh Al berjuang untuk menyelamatkan Amestris dari ‘Bapak’. Meski banyak memperlihatkan adegan-adegan pertarungan yang luar biasa, Fullmetal Alchemist juga tak jarang menyelipkan humor-humor kecil yang mengundang tawa.

5. Code Geass: Hangyaku no Lelouch (2003)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Pada 10 Agustus 2010, pasukan Britannia sukses menguasi Jepang berkat teknologi bernama Knightmare Frame. Bahkan, selain Jepang, Britannia juga hampir menguasi seluruh dunia berkat teknologi tersebut. Setelah 7 tahun kejadian perang itu, kini, di 2017, warga Jepang telah kehilangan harga diri dan kebebasan mereka sendiri. Parahnya, Jepang hanya dianggap sebagai area sebelas dan penduduknya diberi nama Eleven.

Petaka bagi Britannia, raja Britannia Charles zi Britannia membuang anaknya, pangeran Lelouch Lamperouge, dan adiknya, Nunally, saat kematian istri raja. Merasa tersakiti, Lelouch yang notaben pangeran Britannia, justru bersumpah akan menghancurkan negeri tersebut di depan sahabatnya, Suzaku Kururugi. Dengan tekad yang membara, ia justru mendapat angin segar setelah gadis misterius bernama C.C (Tsi-tsu) memberikan kekuatan bernama Geass Power of the King.

Akhirnya, pertempuran demi pertempuran seru pun terjadi agar Lelouch, dengan niatnya menghancurkan Britannia, bisa mengubah kehidupan banyak orang menjadi lebih baik. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Suzaku yang tak lain adalah sahabat Lelouch malah membela Britannia. Lalu, siapakah yang akan memenangkan pertempuran besar ini?

6. Gurren Lagann (2007)

Bisa dibilang kalau Gurren Lagann sarat akan genre, mulai dari aksi, komedi, mekanik, dan fiksi-ilmiah, semua bisa ditemukan dalam anime action terbaik ini Anime ini menawrkan kisah yang cukup unik, membuntuti kehidupan manusia yang hidup di dalam tanah atau gua yang di setiap desa tidak bisa ditemukan jalan menuju permukaan. Dikarenakan hal tersebut, manusia bawah tanah itu tak mengetahui dunia permukaan yang mempunyai langit serta bintang.

Di sebuah desa bawah tanah yang bernama Jiha, Simon, anak laki-laki pemalu yang sedang bekerja menggali tak sengaja menemukan benda bercahaya. Benda tersebut membuat terkejut Kamina, teman Simon yang kemudian membuat keduanya membentuk ikatan persaudaran “Gurren Lagann” dengan misi melarikan diri dari desa dan menghancurkan langit-langit gua agar bisa mencapai permukaan.

Rencana Simon dan Kamina yang terdengar bodoh dan tak masuk akal justru menyebabkan pasukan Kamina dihukum. Setelahnya, datang bencana dari dunia permukaan yang mengakibatkan penduduk desa panik. Situasi pun semakin mengerikan, hanya Simon, Kamina, Yoko, dan robot kecil Lagann yang menjadi tumpuan serta harapan untuk menyelamatkan penduduk desa. Mampukah mereka menuju permukaan selagi diganggu oleh penduduk permukaan?

7. Shingeki no Kyojin (2013)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Berbeda dari anime lain yang ada dalam daftar anime action terbaik sepanjang masa ini, Attack On Titan atau disebut Shingeki no Kyojin, justru menyelipkan unsur supernatural dan horor yang dibumbui dengan aksi menegangkan. Ceritanya berkisah ketika umat manusia harus ketakutan dan hampir punah dimakan oleh makhluk besar yang dijuluki Titan.

Untuk bertahan hidup, manusia harus berlindung di balik tembok raksasa. Tembok-tembok tersebut adalah Wall Maria, Wall Rose, dan Wall Sina dengan ketinggian rata-rata 50 meter. Dengan ketinggian itu, sudah pasti Titan tidak akan bisa memasukinya karena kebanyakan Titan hanya punya tinggi maksimal 15 meter. Namun suatu ketika, ada Titan yang punya tinggi 60 meter datang dan menghancurkan tembok pertama, Wall Maria serta membuat semua orang panik.

Dengan tergesa-gesa, penduduk di sana segera berpergian mengungsi ke tembok sebelahnya, Wall Rose. Namun nahas, ibu dari salah seorang penduduk, Eren Jaegar, harus meninggal di makan Titan di depan matanya sendiri.

Bermula dengan keinginan balas dendam, Eren pun mengikuti pelatihan militer bersama dengan adik angkatnya, Mikasa, dan sahabatnya, Armin. Setelah mengikuti pelatihan militer, Eren dimakan oleh Titan dan dia langsung berubah menjadi Titan juga. Saat berubah menjadi makhluk besar, Eren menggunakan kekuatannya untuk membunuh semua Titan demi keselamatan umat manusia serta sumpahnya atas kematian ibunya telah teramini.

8. Cowboy Bebop (1998)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Walaupun terbitan tahun 1998, anime action yang terkenal ini justru mengambil alur di masa depan. Tepatnya pada tahun 2070, saat itu orang sudah sangat terbiasa hidup di luar angkasa. Namun pada waktu itu, bumi malah kacau balau dan sangat parah. Salah satu grup cowboy atau cowgirl di sana adalah Cowboy Bebop. Anggota awalnya hanya ada dua orang, yakni Jet dan rekannya Spike. Seiring berjalannya waktu, ada anggota baru yakni Faye dan Ed. Mereka berempat hanya tinggal di kapal induk kepunyaan Jet.

Untuk mendapatkan uang, mereka harus mencari kriminal untuk diserahkan ke polisi. Biasanya, mereka kerap menonton acara Big Shot: Bounty Hunter di TV untuk menemukan para kriminal. Saat berburu kriminal, kita bisa melihat keseruan yang ditunjukkan lewat aksi-aksi menakjubkan dari masing-masing karakternya seperti baku hantam dan tembak-tembakan. Selain itu, anime terbitan ‘98 ini bisa dibilang punya grafik yang keren, setidaknya untuk anime action terbaik kontemporer.

9. Baccano! (2007)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Untuk kalian yang suka anime aksi dengan bumbu sejarah dan supernatural, Baccano! adalah pilihan yang tepat. Mengambil kisah sekitar tahun 1930-an, anime ini mengisahkan kehidupan mafia dan para ilmuwan yang tidak bisa mati. Karakternya yang paling dominan adalah Isaac Dian dan Miria Harvent. Mereka berdua adalah pencuri yang energik dan optimistis. Hingga suatu hari, mereka harus berselisih dengan para mafia.

Serial anime Baccano! sulit untuk dijelaskan bagaimana ceritanya karena memiliki alur yang maju mundur antara tahun 1930, 1931, dan 1932. Kekompleksan Baccano! semakin terasa dikarenakan perbedaan tempat dan waktu. Jika mau disetarakan, mungkin Baccano! mirip dengan film luar angkasa Hollywood A Space Odyssey hasil garapan sutradara ternama Stanley Kubrick itu.

10. Berserk (2016)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Jika kalian ingin mencari anime action yang menegangkan dengan pembawaan cerita yang menarik, Berserk adalah jawabannya. Anime action terbaik ini mengantongi cerita yang berbeda, yakni saat abad pertengahan sehingga sekilsa mirip dengan Game of Thrones. Jalan cerita Berserk juga memuaskan. Setiap adegan aksinya sangat tragis, namun tidak cengeng, apalagi banyak ceramah. Jadi bisa dibilang kalau Berserk adalah anime yang cowok banget.

Tokoh utamanya adalah Guts, seorang mantan tentara bayaran, dan juga Black Swordsman yang hidupnya bisa dibilang kurang beruntung. Sejak kecil, dia sudah ditinggal mati ibunya dan dibesarkan oleh pelacur gila. Bukan cuma itu, ayah angkatnya bahkan menjualnya ke pedofil yang ingin memperkosanya. Marah akan hal itu, Guts langsung membunuh sang ayah. Namun, dia malah dikejar-kejar oleh tentara bayaran rekan ayahnya.

Setelah bertahun-tahun, dia menjadi terkenal karena sukses membunuh ksatria tangguh bernama Bazuso sehingga menjadikannya sebagai anak buah Griffith. Singkat cerita, Guts yang punya kehidupan yang sekilas tampak menyenangkan, padahal mengenaskan, harus putus asa karena wanita yang dia cintai dan teman-temannya telah hilang. Saat bertemu Skull Knight, ia diberi pilihan apakah akan menjalani takdir buruknya, atau melawan ruh jahat setiap malam. Akhirnya dia memilih pilihan kedua dan sejak itu Guts mulai terlibat dalam pertempuran dengan ruh-ruh jahat setiap harinya.

11. Black Lagoon (2006)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Anime action terbaik ini berkisah tentang seorang pengusaha yang hobinya hanya mabuk-mabukan. Dia adalah Rokuro yang notaben seorang ahli dalam bidang input output barang. Suatu ketika, bos besarnya memberi perintah untuk mengantarkan barang di dalam koper lewat jalur laut. Setelah menerima perintah tersebut, dia pun berangkat.

Ketika mengarungi lautan China, Rokuro dihadang oleh kapal bajak laut yang di dalamnya juga berisikan tentara bayaran. Pemimpin bajak laut tersebut ingin memiliki koper Rokuro. Tak ingin berlama-lama, Rokuro langsung menyerahkan koper tersebut dan dia dijadikan sandera oleh mereka. Sejak itu, kehidupan Rokuro mulai berubah. Dia banyak terlibat dalam berbagai aksi pertarungan dan peperangan bersama para bajak laut beserta tentara bayarannya.

12. Stranger: Mukou Hadan (2007)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Jalan cerita anime action yang menggunakan pedang ini sangatlah bagus karena melibatkan kekaisaran Dinasti Ming yang sempat berjaya waktu lalu. Serta ditambah dengan samurai yang menjadi ciri khas Jepang, semakin menambah daya tarik anime ini. Dikisahkan ada anak bernama Kotarou yang menjadi buronan Dinasti Ming saat itu. Bersama dengan anjingnya, Tobimaru, Kotarou coba melarikan diri dari pendekar utusan tersebut.

Namun salah satu pendekar dalam kelompok itu adalah Rorou, seorang ahli pedang yang misterius. Karena merasa terancam, Kotarou menyewa jasa Nanashi untuk mengawalnya sampai ke kuil yang dia tuju. Sampai akhirnya, utusan dinasti Ming tersebut meminta bantuan Daimyo (Tuan Tanah) di sana yang bernama Akaike untuk menangkap Kotarou. Setelah itu, konflik dan peperangan mulai diperlihatkan dan Anda hanya perlu duduk menikmati suguhan yang asik dan luar biasa dari anime ini.

13. Psycho-Pass (2012)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Anime action yang keren ini mengambil latar di masa depan. Selain memperlihatkan berbagai aksi, unsur dramanya juga cukup kental. Untuk mengatasi tingkat kriminalitas, maka dibuat sebuah sistem yang berfungsi untuk mengetahui sifat maupun karakter seseorang. Dengan alat yang disebut Psycho Pass ini, maka jika ada orang yang berbuat jahat bisa diketahui dengan mudah.

Shinya Kougami dan teman polisinya memiliki tugas untuk menangani dan memburu pelaku kejahatan. Bahkan yang punya nilai kriminalitas tinggi, mereka tetap sanggup menanganinya. Sampai suatu hari, muncul Shougo Makishima, seorang penjahat yang tak bisa terdeteksi kejahatannya ingin menghancurkan sistem yang telah menghentikan banyak aksi kejahata tersebut.

14. Phantom: Requiem for the Phantom (2009)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Bagi Anda yang belum pernah menontonnya, anime paling seru ini bercerita tentang sekelompok mafia yang dipanggil Inferno. Di sana terdapat prajurit tangguh yang punya keahlian membunuh di atas rata-rata bernama Phantom. Dia adalah seorang Assassin. Dia bahkan sukses membunuh setiap pemimpin organisasi lain sehingga membuat Inferno ditakuti.

Suatu ketika, ada remaja Jepang yang datang berlibur ke Amerika bernama Azuma Reiji. Tanpa sengaja, dia justru melihat Phantom membunuh. Saat itulah dia tahu bahwa Phantom adalah wanita yang bernama Ein. Setelah itu, Reiji malah diburu Ein karena dianggap sebagai saksi mata yang melihat kejadian pembunuhannya. Namun guru Ein, Scythe Master, justru melihat bakat terpendam Reiji menjadi Assassin. Akhirnya Reiji memilih menjadi Assassin dan berguru dengan Ein, daripada dia dibunuh.

Hal ini membuat Reiji bergabung dengan Inferno dan punya kode nama Zwei. Lambat laun dia mulai jatuh cinta dengan Ein. Namun dia tetap ingin keluar dari Inferno yang sedang mengalami kekacauan dan perselisihan. Sanggupkah Reiji menyelesaikan urusannya dengan Inferno dan memikirkan kembali langkah selanjutnya untuk memperhatikan perasaannya kepada Ein tersebut?

15. Akame Ga Kill (2014)

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

Anime action yang sadis Akame Ga Kill banyak menampilkan unsur gore yang mengerikan. Awal ceritanya, ada Tatsumi dan kedua orang temannya yang merantau ke ibukota untuk memperbaiki ekonomi desanya. Namun karena suatu hal, Tatsumi harus berpisah dengan Ieyasu dan Sayo.

Saat di kota, Tatsumi malah ditipu yang menyebabkannya tidak punya apa-apa. Sampai akhirnya ada orang bernama Aria yang menolongnya dan mengizinkannya tinggal di rumahnya. Tatsumi yang merasa berhutang, selalu membantu Aria dalam segala hal. Namun saat ada sekolompok pembunuh Night Raid datang ke rumah Aria, dia justru memilih ikut dengan Night Raid.

Tatsumi berpaling dari Aria dan masuk ke Night Raid dikarenakan mengetahui fakta bahwa Aria ternyata adalah sosok penjahat yang juga membunuh kedua temannya. Selain itu, Tatsumi juga mendapati bahwa kehidupan kota ternyata sangat kejam. Akibat melihat kehidupan yang terasa tak adil, Tatsumi memutuskan untuk mengakhiri kehidupan semacam itu.

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

16. One Punch Man (2015)
Rating: 9.1/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

17. Claymore (2007)
Rating: 8.0/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

18. Hokuto no Ken (1984)
Rating: 8.0/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

19. Guilty Crown (2011)
Rating: 7.9/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

20. Mutsu Enmei Ryuu Gaiden: Shura no Toki (2004)
Rating: 7.7/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

21. Ninja Scroll (1993)
Rating: 7.7/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

22. Fate/Stay Night (2006)
Rating: 7.6/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

23. Deadman Wonderland (2011)
Rating: 7.6/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

24. Samurai 7 (2004)
Rating: 7.6/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

25. Shigurui (2007)
Rating: 7.5/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

26. Noir (2001)
Rating: 7.4/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

27. Afro Samurai (2007)
Rating: 7.4/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

28. Kyoushoku Soukou Guyver (2005)
Rating: 7.4/10

 

29 Anime Action Terbaik yang Paling Keren & Seru Film

29. Speed Grapher (2005)
Rating: 7.4/10

 

Seperti pada umumnya, untuk daftar anime action terbaik yang telah dicantumkan di atas juga kebanyakan mengandung unsur fantasi. Meski begitu, ada juga beberapa anime yang tampak terinspirasi dari kehidupan nyata, semisal latar belakang samurai serta aturan-aturan yang berlaku untuk para samurai. Di balik keseruan aksi bela diri yang dipertontonkan, tentu cerita yang dimiliki juga menjadi pondasi utama yang menentukan apakah alurnya ke depan akan semakin seru atau tidak.

Berikan Komentar