15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern

Posted on

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis – Saat ini, lahan kosong sudah semakin menyempit khususnya di daerah perkotaan. Di kota-kota besar, sangat sulit untuk menemukan lahan kosong yang luas untuk membangun rumah. Bahkan, harganya yang mahal menjadi kendala tersendiri. Itulah kenapa rumah minimalis semakin populer. Meski ukurannya lebih kecil, namun rumah jenis minimalis ini tetap berfungsi sebagaimana rumah pada umumnya. Banyak juga yang membuatnya lebih lega dengan lantai bertingkat. Yang pasti, rumah yang minimalis harus direncanakan secara matang. Untuk itu, kami akan membantu anda untuk memberikan beberapa ide inspirasi dalam membangun rumah impian.

Lihat juga 15 Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Rumah minimalis memang menjadi favorit saat ini. Penggemar rumah minimalis semakin menjamur dari tahun ke tahun. Rumah dengan desain minimalis memang untuk lahan yang tidak terlalu besar namun tetap berfungsi secara maksimal. Selain itu, rumah minimalis juga tampak lebih modern dibanding rumah-rumah zaman dulu. Lebih jauh lagi, rumah ini cocok dengan desain apapun. Namun begitu, kalian harus merencanakannya dengan benar-benar matang. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar semua tampak dan berfungsi dengan baik. Kami memiliki banyak gagasan dan ide yang mungkin berguna untuk kalian yang berencana membuat rumah minimalis baru. Bagi kalian yang memerlukan ide, silahkan perhatikan beberapa inspirasi dibawah ini.

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern

Denah Sketsa Rumah Minimalis dengan 3 Kamar Tidur

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang paling penting untuk diperhatikan dalam membuat sebuah rumah minimalis. Hal ini harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan menempati rumah tersebut. Salah satu yang paling umum adalah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur. Rumah minimalis seperti ini sangat cocok untuk kalian yang tinggal dengan 3 hingga 5 orang. Ukuran kamar tidur pun juga harus menyesuaikan. Dengan 3 kamar tidur, maka ukurannya bisa cukup ideal, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Selain itu, lokasi kamar tidur juga harus direncanakan dengan seksama.

Setelah menentukan ukuran dan letak kamar tidur, kalian harus menentukan ruang apa saja yang perlu dibuat selain kamar tidur beserta tata letaknya. Tentu saja, ruangan-ruangan wajib seperti ruang tamu, kamar mandi, dapur dan garasi. Dengan 3 kamar tidur, idealnya ada setidaknya 2 kamar mandi di dalam rumah. Namun, kalian juga bisa mendesain kamar mandi dalam sehingga setiap kamar tidur memiliki kamar mandi masing-masing. Jika ruangan-ruangan tersebut sudah dibuat denah sketsa dengan baik, maka kalian bisa mempertimbangkan ruangan tambahan lain jika masih ada tempat yang tersedia. Misalnya, kalian bisa merencanakan untuk membuat ruang keluarga, ruang aula, dan lain sebagainya menyesuaikan tempat yang tersedia. Yang pasti, ini merupakan salah satu dari 15 denah sketsa rumah minimalis paling umum .

Denah Sketsa Rumah Minimalis Bertingkat

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Karena lahan yang terbatas, tak heran jika rumah minimalis banyak yang didesain bertingkat. Rumah bertingkat memang bisa menjadi solusi untuk kalian yang tidak memiliki cukup lahan namun membutuhkan banyak ruangan. Ini juga merupakan salah satu dari 15 desain sketsa rumah minimalis yang paling populer. Berbicara masalah rumah bertingkat, kalian bisa membuat rumah dengan 2 lantai, 3 lantai, ataupun lebih. Intinya, rumah tersebut memiliki lebih dari 1 tingkat lantai. Meskipun menjadi solusi terbaik, bukan berarti hal ini mudah dan simple. Kalian tetap harus membuat denah sketsa dengan teliti karena ini justru lebih rumit.

Di sini kalian harus membagi ruangan mana saja yang akan dibangun di lantai dasar maupun di lantai atas. Di sini, kita akan ambil ide yang sesuai pada umumnya. Untuk lantai dasar, kalian bisa mendedikasikan untuk garasi, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Desain seperti inilah yang paling sering dijadikan patokan. Namun, kalian juga bisa merubah skema ini. Misalnya dengan menambah ruangan tertentu seperti ruang kerja, ruang bermain, ataupun ruang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana dengan lantai atas? Rumah minimalis bertingkat biasanya memiliki 2 lantai saja. Namun ada juga yang memiliki lebih dari 2 lantai karena memang kebutuhan akan banyak ruang. Untuk lantai atas, lebih cocok dikhususkan untuk kamar tidur. Jadi, kalian bisa membuat kamar tidur lebih luas di lantai atas. Misalnya, karena satu rumah dihuni oleh 5 orang, maka kalian perlu membuat kamar tidur sebanyak 3 atau 4 buah. Selain kamar tidur, lantai atas pada rumah bertingkat juga bisa digunakan untuk ruang keluarga dan juga ruang belajar. Dengan desain bertingkat, kalian juga bisa mengirit tempat sehingga bisa membuat halaman rumah yang sedikit lebih besar. Yang pasti, ide ini termasuk salah satu dari 15 denah sketsa rumah minimalis paling direkomendasikan.

Denah Sketsa Rumah Minimalis Cantik dengan Taman

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Dengan lahan yang tidak terlalu besar bukan berarti menjadi halangan untuk memiliki taman di rumah. Kalian bisa mengakalinya dengan membuat rumah minimalis sehingga masih ada lahan untuk taman. Bahkan, dengan ukuran 10 x 7 meter, kalian bisa memiliki rumah minimalis dengan taman depan dan belakang. Tentu saja ini menjadi impian banyak orang karena taman bisa menjadikan sebuah rumah tampak lebih cantik. Itulah kenapa ide ini termasuk salah satu denah desain rumah minimalis paling keren. Jadi, kalian bisa mengikuti ide ini.

Dengan 2 taman di depan dan belakang rumah, kalian bisa membuat garasi di samping taman depan. Ukuran garasi menyesuaikan dengan jumlah dan jenis kendaraan yang kalian miliki. Di depan rumah, sebaiknya dibuat teras meskipun ukurannya tidak terlalu besar. Kemudian, ruang tamu menjadi ruang pertama saat masuk ke dalam rumah. Agar tidak terkesan sempit, kalian bisa membuat ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Kemudian, buatlah 2 kamar tidur di mana kamar mandi ada di antara kedua kamar tidur tersebut. Kalian bisa memanfaatkan ruang tamu untuk berkumpul bersama keluarga dan menonton TV. Untuk ruang makan bisa dijadikan satu dengan dapur. Dengan gambaran seperti ini, kalian bisa membuat desain dan sketsa rumah yang serupa sesuai dengan kebutuhan kalian.

Denah Sketsa Rumah Minimalis Type 36

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Berbicara masalah rumah minimalis, rumah tipe 36 menjadi tipe yang paling sering dipertimbangkan. Jadi, kalian juga bisa mempertimbangkan rencana yang serupa. Memiliki rumah minimalis tipe 36 memang bukan suatu perkara mudah karena harus membuat desain dan sketsa ruangan seteliti mungkin. Faktanya, rumah minimalis tipe 36 bukanlah rumah yang memiliki lahan cukup luas. Jadi, kalian harus fokus pada ruangan-ruangan pokok saja. Selain itu, ukurannya pun harus disesuaikan. Jangan lupakan juga tata letaknya sehingga semua ruangan bisa maksimal. Bahkan, rumah minimalis tipe 36 masih memungkinkan anda untuk memiliki taman di depan rumah serta halaman belakang rumah.

Dari 15 denah sketsa rumah minimalis yang kami tawarkan, mungkin ini bisa menjadi ide bagus untuk dicoba. Di sini, kalian bisa membuat sebuah taman kecil di depan rumah dan juga garasi untuk kendaraan. Lalu, buatlah teras di depan rumah dengan ukuran tidak terlalu besar. Di bagian dalam, tepatnya di depan pintu utama, kalian bisa membuat ruang tamu dan di belakangnya adalah ruang makan. Jika tidak memungkinkan, maka kedua ruangan tersebut bisa dibuat tanpa sekat. Kemudian, di di samping ruang tamu bisa dibuatkan dapur sedangkan kamar mandi dibuat di dekat dapur atau ruang makan. Untuk kamar tidur, jika cukup 2 maka isa dibuat di samping ruang makan dan di belakang. Lalu, lahan yang tersisa di belakang rumah bisa dibuat halaman belakang untuk bermain anak ataupun digunakan untuk keperluan lainnya.

Denah Sketsa Rumah Minimalis Type 45

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Jika tipe 36 bukanlah ukuran yang cocok dan anda memerlukan rumah yang sedikit lebih besar, maka mungkin rumah tipe 45 bisa menjadi alternative yang lebih baik. Dengan lahan yang lebih besar, seharusnya kalian bisa membuat denah sketsa dengan lebih mudah. Dari mulai paling depan, kalian bisa membuat halaman depan rumah, teras dan garasi. Kemudian, ruang tamu diletakkan di samping halaman depan setelah melewati teras. Ukuran ruang tamu tidak perlu terlalu besar dengan kapasitas sekitar 5 orang saja.

De belakang ruang tamu, kalian bisa membuat ruang keluarga atau ruang santai untuk nonton TV dan lain sebagainya. Ruangan ini bisa digabungkan dengan dapur dan ruang makan sehingga kebersamaan bisa lebih terjalin. Rumah tipe 45 ini ideal untuk 2 hingga 3 kamar tidur. Kemudian untuk kamar mandi, 1 atau 2 kamar mandi masih cukup untuk dibuat. Jika memungkinkan, kalian bisa membuat halaman kecil di belakang rumah. Halaman belakang tersebut bisa digunakan untuk area bermain, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Dengan denah sketsa seperti ini, sepertinya lahan kecil tidak lagi menjadi masalah.

Denah Sketsa Rumah Minimalis Ala Eropa

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Kalian juga bisa mencoba membuat desain rumah minimalis ala Eropa. Caranya, dengan membuat halaman yang cukup luas baik di depan maupun belakang rumah. Selain itu, garasi yang cukup luas juga membuat gaya Eropa semakin terlihat. Rumah minimalis ala Eropa memang sangat menarik, cocok untuk kalian yang ingin memiliki rumah minimalis mewah. Di halaman depan dan belakang, jangan lupa untuk ditanami beberapa tanaman hias seperti bunga ataupun tanaman lainnya.

Masih di bagian luar, sebuah teras kecil bisa ditambahkan sebagai area sebelum masuk rumah. Di bagian dalam, ruang tamu kecil yang disandingkan dengan ruang makan bisa dicoba. Kemudian, kamar tidur bisa dibuat di bagian samping kanan dan kiri ruang makan. Jangan lupa untuk membuat tempat cuci di sebelah ruang makan. Lalu, kamar mandi cukup 1 saja di dekat dapur sedangkan dapur bisa dibuat di paling pojok belakang dekat halaman belakang.

Denah Sketsa Rumah Minimalis 1 Lantai

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Denah Sketsa Rumah Minimalis 2 Lantai

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Denah Sketsa Rumah Minimalis Modern

15 Denah Sketsa Rumah Minimalis Dengan Desain Modern Rumah

Itulah 15 denah sketsa beberapa rumah impian yang bisa kami berikan. Semoga kalian bisa mengambil manfaat dari ide-ide yang kami berikan. Yang pasti, ini hanyalah ide pokok yang mana kalian sendirilah yang harus menentukan seperti apa rumah minimalis yang ingin kalian buat. Tentu saja semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Mudah-mudahan kalian terinspirasi dari denah sketsa di atas.

Gravatar Image
Berbagi inspirasi di oliswel.com