25 Inspirasi Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah

25 Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah – Indonesia merupakan negara yang begitu kaya. Terdiri dari suku-suku yang tersebar di berbagai wilayah. Banyaknya suku ini, membuat indonesia memiliki rumah adat yang berbeda-beda. Setiap provinsi punya rumah adat tradisionalnya sendiri.

Lihat juga 25 Rumah Idaman Minimalis Terbaru

Sebagai warga indonesia, kita harus menjaga dan melestarikan warisan tersebut.anda bisa mengaplikasikan rumah adat ke rumah impian anda. Banyak ide rumah yang bisa anda coba. Berikut ini 25 inspirasi rumah adat dari berbagai wilayah yang bisa anda coba.

1. Provinsi Aceh

Rumah adat aceh dikenal sebagai rumah adat krong bade atau rumoh. Berbentuk rumah panggung dibagian depannya terdapat tangga, umumnya anak tangganya berjumlah ganjil. Seperti sebuah peraturan yang harus dipenuhi. Memiliki bentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat. Terbuat dari bahan kayu dan atapnya daun rumbia. Serta bagian lantai terbuat dari enau atau bambu. Rumah aceh ini sedikit tertutup dengan jendela kecil. Ada beberapa ukiran yang memakai warna-warna khas aceh. Menggabungkan budaya melayu dengan indonesia asli.

2. Provinsi Sumatera Utara

Di sumatera utara rumah adatnya disebut rumah bolon. Jenisnya pun banyak, tergantung dengan marga di sumatera utara. Ada rumah bolon toba, bolon simalungun, rumah bolon mandailing, bolon kro, balon angkola dan bolon pak pak. Bentuknya rumah panggung dengan tiang bergaris dibagian tengahnya. Di setiap dinding, di hiasi ornamen khas daerah simalungun. Di setiap sukunya tak begitu banyak perbedaan. Hanya beda dibagian hiasan ornamennya.

3. Provinsi Sumatera Barat

Dikenal sebagai rumah adat gadang. Dikenal juga dengan nama rumah godang, rumah baanjuang dan rumah bagonjong. Arsitekturnya sangat unik. Bentuk atapnya sangat khas. Berbentuk seperti tanduk kerbau. Terbuat dari bahan ijik. Ada banyak kegiatan yang dilakukan disini. Termasuk upacara adat, musyawarah dan juga tempat tinggal. Atapnya pun saling bertumpuk-tumpuk, yang membuatnya berbeda dengan rumah adat di sumatera lainnya.

4. Provinsi Riau

Rumah adat riau dan kepulauan riau hampir sama. Disebut sebagai rumah adat melayu selaso. Bentuknya pun rumah panggung. Seperti rumah adat di daerah sumatera lainnya. Berbentuk persegi panjang dan terdapat berbagai macam ukuran melayu, arti dari selaso adalah lantai rumah yang lebih rendah dibandingkan ruang tengah.

5. Provinsi Jambi

Rumah adat panjang, menjadi inspirasi rumah adat dari jambi. Berbentuk panjang dan memiliki ukiran yang khas dari jambi. Bentuknya pun tetap rumah panggung, dengan tangga dibagian depannya. Saat ini keberadaan rumah adat ini, semakin sedikit. Karena banyak orang jambi yang beralih ke desain rumah modern.

6. Provinsi Sumatera Selatan

25 inspirasi rumah adat dari berbagai wilayah lainnya ada di sumatera selatan. Rumah ini disebut dengan rumah adat limas. Dibagian atapnya berbentuk limas dan memiliki lantai bertingkat. Lantai ini disebut dengan bengkilas. Sering digunakan untuk acara penting keluarga.

7. Provinsi Bangka Belitung

Ada yang unik dari rumah adat bangka belitung, karena dikenal dengan rumah rakit, dibangun diatas usngai, karena bagi orang bangka belitung, sungai menjadi mata pencaharian mereka. Rumahnya pun terdapat berbagai macam ukuran yang khas, membuat gayanya semakin keren.

8. Provinsi Bengkulu

Rumah adat ini bernama bubungan lima. Bentuknya rumah panggung dengan tangga dibagian tengah. Memiliki tiang-tiang kayu untuk penopangnya. Konon katanya, kayu yang digunakan harus kayu medang kemuning. Tak begitu banyak ukiran tapi membuat kesan yang lebih elegan.

9. Provinsi Lampung

Dikenal sebagai rumah adat nowou sesat. Ciri-cirinya memiliki ornamen di beberapa bagian sisi bangunan. Ukurannya besar dan berbentuk rumah panggung. Yang unik bentuk atapnya, atapnya bertingkat-tingkat. Selain itu dibagian depan, ada dua tangga di sisi kanan dan sisi kirinya. Ini yang membedakan dengan rumah panggung umumnya.

10. Provinsi DKI Jakarta

DKI jakarta rumah adatnya disebut rumah kebaya. Anda bisa menemukan rumah ini, di kampung-kampung betawi. Ciri khasnya dibagian depan rumah terdapat teras, yang sering digunakan untuk berkumpul-kumpul. Selain itu banyak ornamen yang khas dengan suku betawi.

11. Provinsi Jawa Tengah

Jawa tengah memiliki rumah adat yang khas. Sampai saat ini masih banyak orang yang melestarikannya. Apalagi anda datang ke daerah solo. Rumah ini berbentuk pendopo yang luas. Sering digunakan untuk tempat berkumpul. Ada banyak tiang yang mengelilinginya. Yang unik terletak di pintu dan jendelanya, begitu khas dengan ukiran yang keren.

12. Provinsi Yogyakarta

Sebenarnya rumah adat jawa tengah dan yogyakarta tak begitu jauh berbeda. Jika anda datang ke keraton jogja, pasti bisa menemukan rumah adat ini. Memiliki ornamen yang khas jawa dengan filosofi tentang kehidupan manusia. Dibagian depannya pun ada pendopo. Pendopo digunakan untuk berkumpul. Karena orang jawa sangat suka bermusyawarah dan berkumpul.

13. Provinsi Bali

Sampai saat ini masih banyak orang yang membuat rumah adat bali, dengan digabungkan dengan desain yang lebih modern. Rumah adat bali, terkenal dengan gapuranya. Bentuknya sekilas mirip dengan pura. Jika datang ke bali, sangat mudah menemukan desain rumah ini. Karena disana memang masih dijaga dengan baik. Didalamnya pun ada rumah pendopo, yang sering digunakan untuk latihan tari atau berkumpul ketika upacara adat.

14. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Di nusa tenggara barat, ada banyak jenis rumah adat. Sesuai dengan sukunya. Disana ada suku dongu, suku sasak, suku sumbawa, dan suku dompu. Berbentuk rumah panggung yang memiliki atap bertingkat. Bahan yang digunakan pun kayu dan beberapa ijuk. Zaman dulu rumah adat sering digunakan oleh ketua adat dan istana raja untuk mengadakan upacara adat.

15. Provinsi Nusa Tenggara Timur

Rumah adat di nusa tenggara timur juga bisa menjadi 25 inspirasi rumah adat dari berbagai wilayah. Disebut sebagai rumah adat musakali. Arsitekturnya berbentuk kerucut dan memakai atap serabut. Dulu rumah ini digunakan untuk pembesar adat dan kepala suku saja. Tapi kini sudah bisa digunakan oleh semua masyarakat. Rumahnya sederhana tak begitu banyak ornament dan bentuknya rumah panggung. Bagian depan sering digunakan warga untuk menenun.

16. Provinsi Kalimantan Barat

Ketika datang ke kalimantan barat, anda bisa melihat rumah adat istana kesultanan pontianak. Ukurannya begitu besar, karena sering digunakan untuk acara adat. Coraknya khas suku dayak, dengan bentuk rumah panggung dna memiliki beberapa tingkatan. Dibagian depan pun terdapat tangga tinggi untuk menuju ke bagian bangunan utama rumah.

17. Provinsi Kalimantan Tengah

Rumah ini disebut rumah adat betang. Sekilas hampir mirip dengan rumah panjang. Memiliki ukuran yang besar dan dinobatkan sebagai rumah adat terbesar kedua di indonesia, karena bisa menampung banyak orang. Sekitar 35 keluarga.

18. Provinsi Kalimantan Timur

Disebut rumah lamin, banyak dibangun oleh suku dayak timur. Rumah adat ini memiliki ukiran yang khas dayak. Berbentuk rumah panggung. Rumah ini memiliki filosifi yang bagus. Sering digunakan untuk berkumpul ketika upacara adat. Mungkin anda bisa mengaplikasikan ukuran di rumah ini ke rumah anda.

19. Provinsi Sulawesi Utara

Rumah adat ini merupakan rumah ada suku minahasa, yang menjadi suku asli dari sulawesi utara. Berbentuk rumah panggung, dengan tangga dibagian sisi kanan dan kirinya. Keseluruhan bangunan terbuat dari bahan kayu. Dibagain bawah panggung, sering digunakan untuk latihan atau berkumpul. Dan bagian atas menjadi bangunan utamanya.

20. Provinsi Papua

Rumah adat papua dan papua barat hampir sama. Disebut dengan rumah hanoi. Ini bisa menjadi 25 inspirasi rumah adat dari berbagai wilayah. Bentuk rumahnya sangat sederhana. Terbuat dari kayu dan bentuknya bulat. Bagian atap terbuat dari bahan ijuk. Tidak memiliki jendela. Karena untuk menjaga suhu di dalam rumah. Banyak orang papua yang tinggal di daerah pegunungan.

21. Provinsi Maluku Utara

Rumah adat provinsi maluku utara disebut dengan rumah baileo. Memiliki arti sebuah kemajemukan agama. Tingkat toleransi di maluku memang tinggi. Disini ada banyak sekali agama. Hampir lima agama bisa ditemukan. Berbentuk rumah panggung dan dibiarkan terbuka. Hanya bagian belakang digunakan sebagai dapur. Rumah ini digunakan untuk hiburan atau musyawarah. Jarang digunakan untuk tempat tinggal. Bahkan rumah adat juga digunakan untuk menyimpan benda pusaka.

22. Provinsi Gorontalo

Provinsi gorontalo memiliki rumah adat dolohupa. Berbentuk rumah panggung dengan jumlah tiang penyangga yang banyak. Terdapat tangga dibagian kanan kirinya, bentuknya sederhana tak begitu banyak ukiran, seperti rumah panggung di daerah sumatera. Terbuat dari bahan kayu. Digunakan untuk upacara, musyawarah atau tempat tinggal masyarakat.

23. Provinsi Sulawesi Selatan

Siapa yang tidak kenal dengan rumah adat sulawesi selatan. Jika anda datang ke daerah toraja, pasti akan melihat rumah adat ini. Karena disana masih dijaga dengan baik. Hampir semua masyarakatnya tinggal di rumah adat panggung ini. Rumah adat sulawesi selatan dikenal dengan nama tongkonan. Dengan atap berbentuk seperti perahu dan memiliki hiasan tanduk kerbau. Dibagian atas digunakan untuk menyimpan bahan pangan.

24. Provinsi Sulawesi Tenggara

Disebut rumah adat buton malige. Arsitekturnya sangat unik dan keren. Bentuknya rumah panggung, dengan tangga utama dibagian depan. Rumah panggung ini memiliki ukuran yang besar dan tinggi. Terdiri dari banyak ruangan. Pada saat membuat rumah adat ini tidak menggunakan paku dan pasak sama sekali. Atapnya pun memakai campuran ijuk atau serabut kelapa.

25. Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi sulawesi tengah memiliki rumah adat yang bernama rumah adat tambi. Berbentuk persegi panjang dan bentuknya rumah panggung. Terdiri dari dua tangga di sisi kanan dan kiri. Dibagian bawah tidak dibiarkan begitu saja tapi di manfaatkan untuk ruang penyimpanan. Terbuat dari batu alam dan kayu. Ketinggian dari rumah ini menyimbolkan status sosial dari pemiliknya. Semakin tinggi dan semakin besar, maka semakin tinggi pula status sosialnya.

Selain 25 inspirasi rumah adat dari berbagai wilayah diatas, masih banyak rumah adat lainnya yang bisa anda coba. Total ada 34 rumah adat di indonesia. Sebagian besar arsitektur rumah adat di indonesia berbentuk rumah panggung.

Dengan banyak ukiran dan terbuat dari bahan kayu. Ini bisa diaplikasikan di rumah modern anda. Digabungkan dengan desain tradisional modern. Membuat gaya yang lebih keren. Kita harus melestarikan rumah adat asli indonesia. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar