12 Film Will Smith Terbaik Selain Trilogi Men in Black

Aktor kulit hitam yang perannya banyak ditemukan pada karakter-karakter pengundang tawa, Will Smith, masuk ke dalam deretan aktor Hollywood tersukses. Salah satu filmnya yang paling fenomenal dan laris adalah Men in Black hingga ketiga trilogi yang telah keluar menjadikan Will Smith sebagai pemeran utamanya.

Selain tampil sebagai pemburu alien dalam Men in Black, aktor kelahiran 25 September 1968 ini juga banyak memamerkan kemampuan beraktingnya pada film-film Hollywood lain. Terhitng sejak memulai karirnya dalam sitkom berjudul “The Dresh Prince of Bel-Air”, setidaknya ke-12 film Will Smith terbaik rekomendasi Oliswel.com berikut yang membuat namanya semakin dikenal di kancah hiburan dunia.

1. The Pursuit of Happyness (2006)

Film Will Smith Terbaik The Pursuit of Happyness (2006)

Selain pandai berakting melucu, Smith juga pandai memainkan karakter dengan kekuatan emosi yang bisa dirasakan oleh penonton. Film ini berangkat dari kisah nyata seorang pria bernama Chris Gardner bersama anaknya dalam mengejar kesuksesan. The Pursuit of Happyness tidak seperti road to success movie lainnya di mana sehabis kelar perkara maka keajaiban akan tiba.

Untuk mengejar sesuatu yang diimpikan, hanya orang hebat yang berani mengambil risiko. Itulah yang dilakukan oleh Smith sebagai sosok Chris Gardner yang menginvestasikan seluruh uangnya untuk mesin pendeteksi tulang portabel. Sayangnya, keputusan itu justru membuatnya bangkrut dan ditinggal oleh istrinya. Bersama anaknya, Chris memulai perjuangan hidupnya mulai dari tidur di tempat penampungan gratis, tidur di toilet stasiun, berurusan dengan gelandangan, dan bermasalah dengan petugas tilang dan pajak, hingga sampai pada titik puncak kesuksesannya.

2. Seven Pounds (2008)

Seven Pounds (2008)

Dua tahun berselang, Smith kembali muncul dalam Seven Pounds yang juga beraliran drama. Kali ini, Smith diposisikan sebagai insinyur pesawat ruang angkasa bernama Tim Thomas. Kehidupannya yang sempurna bersama istrinya yang sangat cantik di rumah yang indah di tepi pantai mendadak sirna setelah kecelakaan akibat Tim tak konsen saat berkendara sehingga merenggut tujuh orang nyawa, termasuk istrinya.

Semenjak bencana yang menimpanya tersebut, kehidupan Tim berbalik sepenuhnya. Untuk menghentikan rasa bersalahnya, Tim pun berencana untuk mendonorkan organ-organ vital dalam tubuhnya kepada tujuh orang yang benar-benar membutuhkan. Permasalahannya, di tengah-tengah penebusan rasa bersalah yang sedang dilakukan, Tim justru kepincut dengan salah satu calon donornya bernama Emily Posa yang menderita gagal jantung akut.

3. Enemy of the State (1998)

Ketegangan yang ditawarkan oleh Enemy of the State bisa menjadi gambaran betapa mengerikannya kehidupan yang mulai disesaki dengan orang-orang tamak harta dan kekuasaan. Film Will Smith terbaik ini menceritakan kehidupan seseorang tanpa privasi sedikit pun yang dimiliki olehnya. Smith berperan sebagai tokoh utama bernama Robert Clayton Dean, seorang pengacara sukses yang kemudian diburu oleh agen NSA.

Robert menjadi incaran agen NSA karena secara tidak sengaja menyimpan kaset rekaman pembunuhan yang dilakukan oleh penasehat senior NSA, Thomas Brian Reynolds. Tak ingin membahayakan keluarga serta teman terdekat, Robert berupaya agar bisa menyampaikan isi rekaman tersebut pada pihak berwenang. Untungnya, di tengah kesulitan yang menimpanya, Robert bertemu dengan Brill, seorang mantan agen rahasia yang kemudian membantu Robert menuntaskan misi tersebut.

4. I Am Legend (2007)

I Am Legend (2007)

Sebagai aktor kawakan, Smith tentu siap untuk memainkan berbagai macam peran. Apabila di MIB Smith berurusan dengan alien, maka di I Am Legend garapan Francis Lawrence, Smith kembali menjadi jagoan yang harus dihadapkan dengan virus yang menyebabkan seseorang bermutasi menjadi makhluk semacam zombie yang mengerikan.

Smith memegang karakter Robert Neville yang jago dalam bidang pervirusan. Di tengah teror virus yang menyerang warga New York, hanya Smith yang kebal dengan virus tersebut. Tak ingin penduduk bumi musnah dan yang tersisa hanya dia dan anjingnya, Neville pun selama bertahun-tahun bertahan hidup sekaligus menemukan vaksin yang bisa menangkal virus mengerikan tersebut.

5. Concussion (2015)

Concussion (2015)

Penampilan berkesan yang diberikan oleh Smith selanjutnya bisa dilihat dalam Concussion. Film yang diperankan Will Smith ini cukup apik. Sebagai seorang ahli patologi yang bukan keturunan Amerika, Smith harus berlawanan dengan konspirasi pemerintahan setempat. Concussion mengolaborasikan unsur drama dan sains yang ceritanya bisa menginspirasi banyak orang.

Berperan sebagai dokter patologi, Smith dikejutkan dengan berbahayanya olahraga football di Amerika. Hal itu membuat Smith menciptakan alat untuk mendeteksi trauma otak bernama CTE yang kemudian ditentang oleh NFL yang tak ingin kehilangan bisnisnya. Sebenarnya Smith yang berperan sebagai Dr. Omalu bisa saja dipercaya oleh publik, tapi karena NFL bersekongkol dengan pemerintah Amerika, maka penemuannya itu baru bisa terbukti 3 tahun kemudian.

6. I, Robot (2004)

Sudah bukan sekali dua kali Smith bermain dalam film fiksi ilmiah. Selain MIB misalnya, Smith juga sempat terlibat dalam proyek fiksi ilmiah buatan Alex Proyas yang bertajuk I, Robot. Will Smith ditempatkan sebagai tokoh utama bernama Del Spooner yang memegang profesi detektif. Uniknya, sebagian tubuh Spooner merupakan robot.

I, Robot mengambil kehidupan di masa depan yang ketika itu peran manusia sudah diganti dengan robot. Meski terdapat tiga aturan yang mengikat pada aturan pertama, di mana robot tidak boleh membunuh manusia, tapi suatu ketika terjadi insiden kematian seorang pencipta robot. Hanya Spooner yang mencium ketidakberesan para robot, terutama robot bernama Sonny, yang kemudian ditemukan bukti kalau para robot mempunyai perasaan seperti manusia, termasuk dendam.

7. Bad Boys (1995)

Bad Boys (1995)

Kembali ke abad 90, Smith juga pernah tampil dalam Bad Boys sebagai seorang polisi. Selain Smith, Michael Bay selaku sutradara juga mengajak Martin Lawrence untuk mendampingi Smith dalam menjalankan tugasnya di kepolisian. Film Will Smith terbaik ini bertemakan tentang pengejaran terhadap pencurian heroin di mana Smith yang berperan sebagai Mike Lowrey dan Lawrence sebagai Marcus Burnett harus mendapatkan pelakunya.

Di tengah pengejarannya, tanpa sengaja terjadi kesalahan di mana saksi kunci satu-satunya mengira kalau Burnett adalah Lowrey. Untuk menyelesaikan misi penangkapan tersebut, Burnett dan Lowrey terpaksa bertukar identitas agar wanita yang menjadi satu-satunya saksi itu tidak diincar oleh orang-orang yang terlibat dalam pencurian heroin sebesar 100 juta dolar itu.

8. Ali (2001)

Ali (2001)

Siapa yang tak kenal dengan Muhammad Ali? Petinju legendaris yang hanya namanya yang di pasang di dinding Walk of Fame Hollywood ini telah menjadi salah satu kebanggaan penduduk Amerika. Perjalanan karir Ali yang luar biasa tentunya menjadi daya tarik para sineas, seperti Ali yang dirilis pada 2001, ini merupakan salah satu film yang menceritakan tentang sosok berjuluk The Greatest itu. Pada tahun 2002, Ali meraih dua nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik.

Biografi tentang Ali diterjemahkan oleh Michael Mann ke dalam layar lebar dengan menggunakan Smith sebagai sang atlet. Peran Smith sebagai Ali sama luar biasanya dengan sosok Muhammad Ali sendiri. Film yang dimainkan Will Smith ini memotret masa-masa penting dalam kehidupan Ali, mulai dari dikalahkan petinju Sonny Liston, menjadi mualaf, mengutuk perang, beristirahat panjang dari arena pukul, hingga berujung pada kemenangannya melawan George Foreman yang sebelumnya pernah mengalahkan Ali di “Rumble in the Jungle”.

9. Collateral Beauty (2016)

Collateral Beauty (2016)

Belum lama ini, Will Smith hadir dalam layar lebar pada film garapan David Frankel berjudul Collatereal Beauty. Ini merupakan film drama kesekian yang pernah dibintangi oleh Smith. Meski tidak mendapat sambutan yang menggelora, film Will Smith terbaik satu ini harus Anda tonton setidaknya sekali seumur hidup. Pasalnya, Collateral Beauty mengangkat tema yang kerap dialami oleh setiap orang.

Untuk perannya, Will Smith kedapatan sebagai tokoh utama bernama Howard Inlet. Howard adalah pria yang cerdas, kreatif, dan sukses sebagai karyawan di perusahaan periklanan. Tapi malangnya, Howard halus kehilangan putrinya yang kemudian berdampak pada kehidupannya. Tak sanggup dengan keadaan itu, Howard pun kehilangan arah dan mencoba bergabung dengan grup berisikan orang-orang berkabung. Agar tak lama berada pada titik terendah itu, teman-temannya hadir untuk membantu Howard menghadapi realita hidup.

10. Focus (2015)

Focus (2015)

Bersama aktris papan tengah berparas cantik, Margot Robbie, Smith harus memadu kasih sekaligus beradu kepintaran. Untuk film yang dibintangi Will Smith satu ini, mungkin Anda akan bingung pada awalnya, tapi sedikit kesal (dalam arti baik) dengan akhirnya. Focus yang dimotori oleh Glen Ficarra dan John Requa ini mempunyai genre komedi romantis serta dipenuhi oleh berbagai trik-trik tipu yang tak dinyana-nyata.

Smith yang menjadi penipu ulung bernama Nicky Spurgeon hidup dengan kemampuannya itu. Pada suatu hari, Nicky bertemu dengan Jess Barrett, wanita muda yang kemudian diajak oleh Nicky untuk melancarkan aksinya. Satu dua penipuan bisa dilakukan oleh keduanya dengan sangat rapi dan cerdik, hingga kemudian Nicky mendapati siapakah penipu yang sebenarnya lebih hebat darinya. Hanya ada satu kata jika Anda ingin menonton film ini: Fokus!, itu kuncinya.

11. Hitch (2005)

Hitch (2005)

Secara garis besar, Hitch ingin menjelaskan bahwa cinta itu merupakan sesuatu yang patut diperjuangkan dan memang harus diperjuangkan. Hal itu ditunjukkan dengan resep yang diberikan oleh Will Smith sebagai dokter kencan kepada kliennya yang bermasalah dengan para pasangannya. Meskipun cinta merupakan sesuatu yang tak dapat dilogikakan, Hitch justru keluar dari anggapan tersebut. Dengan begitu beraninya, Hitch melenceng dari pakem itu dan seakan mengajak kita untuk menegosiasi ulang logika semacam itu.

Sebagai dokter kencan, Smith bekerja secara rahasia menolong pasien-pasiennya yang membutuhkan bantuannya perihal masalah percintaan. Mulai dari mencukur rambut punggung, belajar tari, hingga mencakup hal-hal romantis lainnya harus dilakukan agar setiap kliennya bisa mendapatkan kekasih impiannya. Sampai pada suatu hari, profesi Smith tersingkap setelah bertemu dengan kolumnis surat kabar gosip yang membuatnya jatuh hati sekaligus menyalahkannya atas kejadian yang menimpa sahabatnya karena dicampakkan oleh seorang laki-laki.

12. Hancock (2008)

Hancock (2008)

Apabila Anda yang masih awam dengan sosok Smith yang digadang-gadang sebagai salah satu aktor komedi terbaik, maka film Will Smith terbaik berjudul Hancock ini perlu Anda saksikan sewaktu-waktu. Lewat Hancock, Smith akan mengocok perut Anda sebagai seorang pengangguran yang mempunyai kekuatan super. Sebagai Hancock, Smith kebal peluru, bisa terbang, dan juga tak akan tua.

Berbagai kelucuan di tengah aksi yang hendak atau sedang dilakukan oleh Hancock akan membuat penontonnya mengeluarkan tawa. Seperti ketika Hancock berbicara dengan beberapa anak yang salah satu dari anak itu berbicara keras dan tak sopan dengannya. Hancock dengan polosnya melempar anak itu ke langit bagaikan terbang ke luar angkasa dan kemudian kembali ke bumi dengan tangisan keras. Itu merupakan salah satu adegan paling memorable yang bikin semua orang tak tahan tawa melihatnya.

Akting jempolan yang diperlihatkan pada film Will Smith terbaik membuat banyak orang tak perlu mengurungkan niatnya untuk menonton film yang dibintangi olehnya. Ditambah lagi dengan catatan prestasi yang dimiliki oleh Will Smith di mana dia juga masuk nominasi Oscar untuk beberapa film seperti Ali dan The Pursuit of Happyness menjadikan nama Smith semakin meyakinkan berbagai pihak perihal kehebatannya.

Berikan Komentar