28 Film Tentang Bencana Alam Terpopuler di Dunia

Peristiwa-peristiwa terkait bencana alam yang kerap terjadi di muka bumi tentu menjadi trauma tersendiri bagi setiap orang. Keadaan mengerikan saat bencana alam dapat mendorong sebagian pihak untuk menggambarkan bagaimana perasaan setiap orang saat ada bencana yang menimpa sekitaran daerah tempat tinggalnya atau bahkan seluruh manusia di jagat bumi.

Pihak-pihak tersebut antara lain para film maker yang menggarap sebuah film dengan suguhan cerita paling bagus berupa kejadian bencana alam. Situasi mencekam dan menegangkan akan selalu hadir pada film-film bertema bencana alam. Selain itu, film-film sejenis yang juga biasa disebut dengan disaster movie ini menggabungkan banyak genre seperti aksi, drama, dan romansa.

Penasaran dengan disaster movie apa saja yang menggambarkan sisi keganasan dari bumi yang kita tinggali atau bisa pula dipicu oleh faktor eksternal seperti benda-benda langit yang hendak menabrak bumi? Berikut akan Oliswel tampilkan daftar film tentang bencana alam terbaik dan terlaris sepanjang masa.

1. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Hafalan Shalat Delisa Film tentang bencana alam terbaik
Durasi : 1 jam 42 menit
Genre : Drama
Rating : 7.1/10 (IMDb)

Hafalan Shalat Delisa menceritakan seorang gadis kecil periang bernama Delisa yang tinggal di desa bernama Lhok Nga yang keberadaannya percis di tepi pantai kota Aceh. Kedekatan Delisa dengan ibu dan kakak-kakaknya harus terhenti setelah tanah Aceh dilanda gempa berkekuatan besar yang menimbulkan gelombang tsunami yang menggulung banyak sekali penduduk Aceh, termasuk ibu dan kakak-kakaknya Delisa.

Perasaan Delisa bercampur antara sedih dan bahagia pasca bencana tersebut. Di balik kesedihannya kehilangan ibu dan kakak-kakaknya, Delisa yang selamat dari kejadian tersebut berhasil ditemukan oleh ayahnya. Kehidupan mereka terus berlanjut yang tentunya diikuti oleh trauma berkepanjangan, baik untuk diri Delisa sendiri ataupun ayahnya.

Film bencana alam di Indonesia berjudul Hafalan Surat Delisa garapan Sutradara Soni Gaokasan dan penulis skenario Armantono ini diangkat dari peristiwa nyata yang menimpa kota Aceh, Indonesia pada tanggal 26 Desember 2004 ini mengajarkan kita untuk pasrah dengan takdir dan tidak boleh menyerah pada keadaan terpuruk sekalipun. Reza Rahadian yang berperan sebagai ayah Delisa memainkan perannya dengan sangan baik.

2. 2012 (2009)

2012 (2009)
Durasi : 2 jam 38 menit
Genre : Action, Adventure, Sci-Fi
Rating : 5.8/10 (IMDb)

Kalender suku Maya meramalkan tentang bencana besar yang bakal menimbulkan kekacauan di mana-mana dan bumi akan musnah beserta isi-isinya pada tahun 2012. Akibat ramalan ini, ratusan orang di Guatemala memutuskan untuk melakukan bunuh diri karena mempercayai bahwa kiamat benar-benar akan terjadi di tahun 2012.

IHC (Institute for Human Contuinity), lembaga rahasia yang telah lama menyelidiki ramalan tersebut berujung pada kesimpulan bahwa apa yang diprediksikan sejak ratusan tahun yang lalu itu benar. IHC mencari jalan keluar untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan dengan menciptakan kapal besar atau bahtera tepat di bawah gunung Himalaya. Dalam pembangunannya, datang kabar tak terduga bahwa pergeseran lempeng bumi ternyata terjadi lebih cepat dari perkiraan. Mampukah mereka selamat dari terjangan bencana besar tersebut?

Meskipun film bencana alam terpopuler yakni kiamat 2012 mendapat rating kecil pada situs IMDb, namun kehadirannya di Indonesia disambut dengan hangat oleh para pecinta film tanah air. Keseruannya dapat terlihat ketika pemeran utama berjuang melawan waktu untuk bisa menyelamatkan keluarga tercintanya dari terjangan bencana yang bakal meruntuhkan negara mereka.

3. The Impossible (2012)

Durasi : 1 jam 54 menit
Genre : Drama, Thriller
Rating : 7.6/10 (IMDb)

The Impossible bercerita mengenai satu keluarga yang akan menghabiskan liburannya untuk bersenang-senang sembari menikmati natal dan tahun baru di Khao Lak, Phuket, Thailand. Tanpa ada yang mengira, bencana alam berupa gempa mendatangkan air bah ke daerah tersebut. Ayah dan ibu dari sepasang keluarga ini terpisah akibat terjangan tsunami yang ikut menyapu banyak benda dan orang lain.

Film bencana alam yang bagus berjudul The Impossible yang dirilis pada 11 Oktober 2012 ini dibuat oleh sutradara asal Spanyol, J.A. Bayona. Ceritanya diambil dari kisah nyata sebuah keluarga yang sedang berlibur ke Thailand dan diterjang peristiwa tsunami akibat gempa berkekuatan 9 skala Richter di Samudera Hindia pada kedalaman 10 meter yang juga memporakporandakan kota Aceh.

4. Deep Impact (1998)

Deep Impact (1998)
Durasi : 2 jam
Genre : Action, Drama, Sci-Fi
Rating : 6.1/10 (IMDb)

Pada tanggal 10 Mei 1998, seorang ahli astronomi bernama Dr. Marcus Wolf yang menemukan adanya benda asing misterius yang tidak lama lagi akan menghantam bumi. Mengetahui potensi bahaya besar yang bakal bumi terima, Wolf hendak mengabarkan hal tersebut pada pihak NASA. Namun kecelakaan mobil merenggut nyawa Wolf, dan tentunya informasi tersebut tidak sampai ke pihak NASA.

Hingga satu tahun kemudian, NASA baru mengetahui adanya komet berukuran raksasa yang bisa menimbulkan kerusakan dahsyat apabila menghantam bumi. Untuk menanggulanginya, NASA menjalankan misi untuk meledakkan komet tersebut menggunakan bom nuklir dengan tujuan membelokkan arah orbitnya sehingga bumi selamat dari hantaman benda tersebut. Namun, apakah misi penyelamatan bumi ini berhasil terlaksana? Jawabannya hanya bisa Anda ketahui sendiri setelah menonton film tentang bencana alam terpopuler ini.

Film barat bencana alam berjudul Deep Impact besutan sutradara Mimi Leder ini sampai ke tanah air dan rilis pada tanggal 25 Juli 1998. Nama aktor yang terlibat untuk memerankan peran dalam Deep Impact antara lain Robert Duvall, Tea Leoni, Elijah Wood, Vanessa Redgrave, dan masih banyak lagi. Film ini telah berhasil membopong 5 piala dan 14 nominasi pada ajang penghargaan bergengsi di beberapa negara, seperti Amerika dan Jerman.

5. Twister (1996)

Twister (1996)
Durasi : 1 jam 53 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 6.3/10 (IMDb)

Angin puting beliung atau tornado berputar hebat melewati suatu wilayah. Warga yang bertempat tinggal di daerah yang akan dilewati angin tornado tersebut untuk menyelamatkan diri. Sementara di tempat lain, ada dua kelompok pengejar tornado yang saling berlomba untuk mendapatkan data lebih akurat mengenai angin tersebut. Kedua kelompok ini bersaing untuk mendekati angin tersebut.

Twister yang berada di bawah arahan Jan de Bont ini mengikuti alur cerita yang ditulis oleh Michael Crichton dan Anne-Marie Martin. Film box office bencana alam ini dibintangi oleh Helen Hunt dan Bill Paxton yang ceritanya sedang berada di ambang perceraian. Efek kedahsyatan angin yang tampak begitu realistis arahan Steven Spielberg membawa nama Twister masuk ke dalam nominasi piala Oscar pada kategori Best Effect dan Visual Effect di ajang Academy Awards Amerika Serikat.

6. Volcano (1997)

Durasi : 1 jam 44 menit
Genre : Action, Drama, Sci-Fi
Rating : 5.4/10 (IMDb)

Gempa besar yang tidak biasa menimpa kota Los Angeles. Gempa yang berkekuatan besar tersebut mengakibatkan retakan-retakan pada lapisan tanah sehingga menyebabkan lahar panas dari dalam bumi keluar menuju permukaan. Seorang direktur kantor manajemen darurat dan bencana yang mempunyai wewenang dalam mengendalikan semua sumber daya seperti kepolisian, pemadam kebakaran, rumah sakit, dsb. melakukan langkah penanggulangan untuk mencegah lahar tersebut melahap seisi kota Los Angeles.

Volcano merupakan film bencana alam terbaik di dunia yang disutradrai oleh Mick Jackson dan ditemani oleh Jerome Armstrong sebagai penulis skrip. Aktor yang memainkan tokoh pada Volcano antara lain Tommy Lee Jones, Anne Heche, Gaby Hoffmann, dan Don Cheadle. Volcano tercatat berhasil membawa satu piala pada COLA (California on Location Awards) dan masuk nominasi di ajang penghargaan Razzie Award.

7. The Day After Tomorrow (2004)

The Day After Tomorrow (2004)
Durasi : 2 jam 4 menit
Genre : Action, Adventure, Sci-Fi
Rating : 6.4/10 (IMDb)

The Day After Tomorrow menceritakan sekelompok ilmuwan yang tengah melakukan penelitian di benua Antartika dan mendapati hasil pengamatan yang mencengangkan di mana bumi akan mengalami fenomena yang tidak biasa. Mengetahui hal tersebut, hasil penelitiannya dibawa ke Konferensi Pemanasan Global PBB dan teori yang mereka sampaikan hanya menjadi bahan ejekan oleh para peserta.

Tidak perlu menunggu waktu lama, teori yang disampaikan oleh para paleoklimatologis tersebut menjadi kenyataan. Laut Atlantik Utara mengalami penurunan suhu air. Selain itu, banyak negara di belahan dunia lain juga mengalami kejadian aneh yang padahal belum pernah terjadi sebelumnya. Hingga sampai pada hari di mana musim salju yang ekstrim datang menjadikan semua benda yang berada di luar ruangan menjadi es yang keras.

The Day After Tomorrow menyajikan aksi dan petualangan dari sang tokoh utama, Jack Hall untuk menyelamatkan anak lelakinya bernama Sam yang sedang berada di kota New York. Film bergenre bencana alam ini ditulis dan disutradarai oleh Ronald Emmerich. Rilis pada 26 Mei 2004 di bioskop-bioskop Indonesia ini dibintangi oleh Dennis Quaid, Jake Gyllenhaal, Emmy Rossum, dan beberapa nama lain yang ikut terlibat. Film The Day After Tomorrow tercatat berhasil memenangkan piala BAFTA Film Award di tahun 2005 dalam nominasi efek visual terbaik.

8. Armageddon (1998)

Armageddon (1998)
Durasi : 2 jam 31 menit
Genre : Action, Adventure, Sci-Fi
Rating : 6.6/10 (IMDb)

Film Armageddon tidak hanya termasuk ke dalam jajaran film tentang bencana alam karena banyak mengambil latar berupa luar angkasa yang sangat seru untuk disaksikan. Armageddon bercerita tentang potensi bahaya yang mengancam kehidupan di muka bumi karena mengetahui adanya asteroid raksasa yang berjalan mengarah ke bumi.

Pihak pemerintahan bekerja sama dengan para ilmuwan dari NASA dan Departemen Pertahanan untuk menciptakan sebuah rencana yang bisa menyelamatkan bumi dari ancaman asteroid tersebut. Hingga kemudian terpilihlah seorang pengebor terbaik bernama Harry Stamper bersama kru dan rekannya bernama A.J. Frost untuk melakukan penghancuran asteroid rakasasa tersebut. Lantas, akankah Harry Stemper beserta timnya berhasil melakukan aksi penyelamatan tersebut?

Armageddon yang tayang pada tahun 1998 ini disutradarai oleh Michael Bay ditemani oleh Jonathan Hensleigh dan J.J. Abrams sebagai penulis naskah. Aktor ternama yang memainkan karakter atau tokoh penting dalam film yang bercerita tentang bencana alam berjudul Armageddon ini antara lain Bruce Wills dan Ben Affleck.

9. Dante’s Peak (1997)

Dante's Peak (1997)
Durasi : 1 jam 48 menit
Genre : Action, Adventure, Thriller
Rating : 5.8/10 (IMDb)

Dante’s Peak menceritakan seorang ahli vulkanologi bernama Harry Dalton beserta timnya dari USGS (United States Geology Survey) yang memperoleh tugas untuk melakukan penelitian terhadap gunung berapi di kota kecil bernama Dante’s Peak. Pada saat meneliti, Harry merasakan keganjilan dengan melihat hewan-hewan yang mati dan tumbuhan yang layu di kota tersebut.

Hingga kemudian Harry mengetahui bahwasanya gunung berapi di kota tersebut akan meletus. Dia meminta agar Rachel Wando, walikota Dante’s Peak, untuk mengevakuasi penduduk kota. Sialnya, apa yang dikatakan Harry tidak dipercayai oleh penduduk kota. Mereka sama sekali tidak ingin meninggalkan kota tersebut. Lantas, kejadian apa yang akan menimpa kota tersebut dan bagaimanakah nasib para penduduk Dante’s Peak?

Film bencana alam paling menegangkan, aksi, dan petulangan berjudul Dante’s Peak tayang beberapa bulan sebelum Volcano yang juga menampilkan peristiwa bencana alam yang terjadi di bumi dirilis. Film Dante’s Peak juga dianggap lebih akurat perihal bencana alam gunung meletus dibanding Volcano.

10. Aftershock (2010)

Aftershock (2010)
Durasi : 2 jam 15 menit
Genre : Drama
Rating : 7.6/10 (IMDb)

Aftershock atau yang judul aslinya Tang shan da di zhen merupakan film Asia yang mengisahkan seorang anak lelaki bernama Fang Deng yang mengalami trauma masa kecil. Pengalaman buruk yang menghantui seumur hidup Fang Deng adalah peristiwa gempa bumi Tangshan yang menelan korban mencapai angka ratusan ribu jiwa.

Film berjudul Aftershock ini mungkin kurang cocok buat Anda yang terbiasa dengan efek-efek visual yang ditampilkan oleh film-film produksi Hollywood. Aftershock dibuat lebih natural yang memfokuskan cerita pada perkembangan karakter tokoh pasca tragedi bencana. Meskipun demikian, Aftershock telah berhasil menyentuh emosi penonton sehingga tak jarang dari para penontonnya yang meneteskan air mata saat menonton film garapan Feng Xiaogang ini.

11. The Core (2003)

The Core (2003)
Durasi : 2 jam 15 menit
Genre : Action, Adventure, Sci-Fi
Rating : 5.4/10 (IMDb)

The Core memperlihatkan dampak yang terjadi akibat inti bumi berhenti bergerak. Hal tersebut yang kemudian menimbulkan ketidakseimbangan di muka bumi setelah sekian lama terjaga. Apabila peristiwa fenomena pergerakan inti bumi ini tidak segera diatasi, maka hanya menunggu waktu bumi mengalami kehancuran besar layaknya kiamat.

Film The Core menuai banyak tanggapan dan kritik karena dianggap sebagai film yang tidak masuk akal. Kejadian-kejadian yang dijadikan bahan cerita tidak sesuai dengan kenyataan, terutama jauh dari kata “klik” dengan ilmu sains. Seperti inti bumi yang berhenti berputar sehingga menyebabkan gaya magnet bumi mati. Akibatnya, radiasi gelombang mikro masuk dan menghancurkan bumi. Padahal, gelombang mikro tidak pernah dipengaruhi oleh gaya magnet.

12. San Andreas (2015)

San Andreas (2015)
Durasi : 1 jam 54 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 6.1/10 (IMDb)

Jalan cerita San Andreas mengikuti seorang pilot helikopter dari Departemen Penyelamatan bernama Ray yang berjuang untuk menemukan putrinya yang tinggal di California di mana saat itu terjadi bencana alam berupa gempa bumi sehingga menghancurkan kota tersebut. Dalam pencariannya, Ray ditemani oleh mantan istrinya yang bernama Emma.

San Andreas merupakan disaster movie yang mencampurkan unsur drama dan thriller dengan tema bencana alam. Film ini berada di bawah arahan Brad Peyton, dan disutdarai oleh Beau Flynn yang juga duduk di bangku produser bersama Tripp Vinson. Pemain dalam film San Andreas adalah Dwayne Johnson, Alexandra Daddario, Carla Gugino, dan Colton Haynes.

Pada rilisan pertamanya di Indonesia, San Andreas mampu menarik banyak perhatian masyarakat tanah air. Hal tersebut dianggap wajar mengetahui salah satu tokoh dalam film ini diperankan oleh aktor ternama Dwayne Johnson yang sangat piawai dalam memainkan perannya. Ditambah lagi dengan suguhan visual dari bencana alam yang akan mengundang rasa takut setiap penontonnya.

13. 10.0 Earthquake (2014)

10.0 Earthquake (2014)
Durasi : 1 jam 28 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 3.5/10 (IMDb)

10.0 pada film Earthquake merupakan kekuatan gempa yang menimpa kota Los Angeles pada film ini. Gempa sebesar itu sudah pasti menghancurkan Los Angeles dalam sekejap. Pemicu dari bencana alam tersebut ialah pergeseran lempeng San Andreas. Beberapa warga sipil dan para ilmuwan saling bahu-membahu untuk mencegah bencana ini agar tidak memakan korban lebih banyak lagi.

Film dengan judul 10.0 Earthquake ini sudah pasti tergolong ke dalam film tentang bencana alam. David Gidali yang menjadi sutradara film ini nampaknya akan menjadi tandingan dari segi seberapa realistisnya peristiwa dari San Andreas-nya Dwayne Johnson yang bakal terbit satu tahun setelahnya.

14. Earthquake (1974)

Earthquake (1974)
Durasi : 2 jam 3 menit
Genre : Action, Drama, Thriller
Rating : 5.8/10 (IMDb)

Jauh sebelum terkenalnya San Andreas, ada Earthquake yang juga mengekspos peristiwa mengenai bencana alam, khususnya gempa bumi. Earthquake yang terbit tahun 1974 ini mengambil cerita dengan meng-cover beberapa cerita dari sudut pandang penduduk Los Angeles yang menjadi korban gempa bumi berkekuatan 9.9 skala Richter tersebut. Jalan cerita pada Earthquake lebih menekankan perjuangan warga kota untuk bertahan hidup setelah terjadinya bencana tersebut.

Film yang sepertinya menjadi pionir film bencana alam terbaik sepanjang masa ini memperoleh piala Oscar untuk tata suara terbaik berkat Sensurround: sebuah sistem subwoofer yang menciptakan getaran dengan frekuensi rendah yang menyerupai getaran gempa bumi. Mark Robson sangat baik dalam menata film ini sehingga Earthquake menjadi salah satu film bencana alam terlaris yang sukses memperoleh pendapatan kotor lebih dari $80 juta.

15. Melancholia (2011)

Melancholia (2011)
Durasi : 2 jam 10 menit
Genre : Drama, Sci-Fi
Rating : 7.1/10 (IMDb)

Lars Von Trier, sutradara dari film Melancholia seperti tidak tertarik untuk menimbulkan kesan yang biasa dirasakan oleh penonton saat menyaksikan film tentang bencana alam serupa lainnya. Hal ini tampak dari fokus cerita yang memperkenalkan penonton pada sosok Justine, wanita yang depresif akibat masalah-masalahnya yang juga membuat kita merasakan apa yang ada di benak Justine.

Dalam alur ceritanya, Anda akan dibawa ke arah kepasrahan. Tidak ada yang bisa dilakukan, itulah kesan yang ingin diberikan oleh Melancholia, terutama dengan suguhan berupa pesta pernikahan di saat Bumi hampir “siap” ditabrak oleh planet lain. Tentu menjadi sebuah kesan paling mendalam dan tak mengenakkan yang sulit untuk dihilangkan dari benak para penontonnya.

16. Haeundae/Tidal Wave (2009)

Tidal Wave (2009)
Durasi : 2 jam
Genre : Action, Comedy, Drama
Rating : 5.7/10 (IMDb)

Tidal Wave atau yang judul aslinya Haeundae merupakan film bencana alam Korea berupa kejadian tsunami yang telah banyak menelan nyawa. Haeundae sendiri merupakan sebuah resort populer yang berada di pantai Laut Timur semenanjung Korea. Hampir satu juta orang yang datang ke pantai tersebut setiap tahunnya.

Tidal Wave mengisahkan seorang ahli geologi bernama Kim Hwi yang melihat adanya tanda-tanda tsunami di pantai timur Korea yang mirip dengan kondisi di Samudera Hindia tahun 2004 saat terjadi gempa yang mengakibatkan tsunami. Kim memberi peringatan ke Badan Pencegahan Bencana, namun dihiraukan. Haeundae terancam, Kim harus memperingatkan semua orang dengan kesempatan waktu hanya 10 menit.

17. Into the Storm (2014)

Into the Storm (2014)
Durasi : 1 jam 29 menit
Genre : Action, Thriller
Rating : 5.8/10 (IMDb)

Into the Storm merupakan film tentang bencana alam seperti angin ribut, angin tornado, ataupun siklon yang menyerang kota bernama Silverton yang sebelumnya belum pernah terjadi. Kota tersebut dijadikannya porak-poranda oleh serangan angin yang berlanjut di beberapa lokasi lain.

Sementara di sisi lain, peristiwa mencekam tersebut justru dijadikannya ladang peruntungan. Orang-orang tersebut tergabung dalam kelompok pemburu angin tornado yang didukung dengan peralatan canggih, termasuk mobil ant-tornado. Masalah timbul ketika kelompok ini berada dala satu tempat yang sama di mana tornado itu berada. Mereka masuk dan terjeban pada inti pusaran tornado. Dalam kondisi yang menegangkan, mampukah mereka bertahan agar tidak terbawa oleh arus angin tornado yang kuat tersebut?

18. Poseidon (2006)

Poseidon (2006)
Durasi : 1 jam 38 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 5.6/10 (IMDb)

Poseidon, kapal pesiar mewah yang dibuat super canggih dan mampu menampung banyak penumpang sedang berlabuh di Samudera Atlantik. Tanpa ada yang mengira, gelombang ganas menerpa Poseidon dan membuatnya tertarik. Banyak orang yang tenggelam di tengah lautan.

Sedangkan ada pula yang dapat bertahan di dalam kapal. Mereka berlindung di ruangan untuk konser dari debit air yang terus memenuhi kapal. Namun seberapa lama mereka mampu bertahan, Poseidon pada akhirnya akan ditelan oleh lautan. Lantas, apakah yang akan mereka lakukan untuk menyelamatkan dirinya masing-masing?

19. Krakatoa: Volcano of Destruction (2006)

Krakatoa: Volcano of Destruction (2006)
Durasi : 1 jam 27 menit
Genre : Drama
Rating : 7.4/10 (IMDb)

Sebuah film doku-drama BBC yang disutradarai oleh Sam Miller, mengikuti kisah yang dipaparkan langsung oleh saksi mata pada tragedi meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883. Film ini menampilkan perjalanan hidup dua keluarga pegawai pemerintah Hindia Belanda yang ditugaskan di pantai yang berada dekat dengan gunung Krakatau bersama dengan penduduk di sekitar Selat Sunda menjelang dan pasca gunung Krakatau meletus pada bulan Agustus 1883 ayang menjadi letusan terbesar dalam sejarah.

20. The Perfect Storm (2000)

The Perfect Storm (2000)

Durasi : 2 jam 10 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 6.4/10 (IMDb)

The Perfect Storm merupakan film tentang bencana alam berupa badai besar yang diangkat dari kisah nyata, diadaptasi dari buku non fiksi karangan Sebastian Junger dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan perjuangan sekelompok nelayan yang bertahan di atas kapal yang tengah diombang-ambingkan oleh badai besar setelah melaut kembali dengan tujuan mendapatkan tangkapan ikan lebih banyak.

21. The Wave (2016)

The Wave (2016)
Durasi : 1 jam 45 menit
Genre : Action, Drama, Thriller
Rating : 6.7/10 (IMDb)

The Wave yang tayang di tahun 2016 ini meramu cerita dengan unsur aksi dan drama yang bercampur dengan situasi menegangkan. Bencana alam ini adalah peristiwa tsunami yang terjadi akibat longsornya tepi gunung Akneset. Ceritanya mengikuti seorang ahli geologi bernama Kristian yang harus berjuang menemukan dan menyelamatkan istri serta anaknya yang terjebak di dalam bunker hotel saat tsunami siap menerjang.

22. This Is the End (2013)

This Is the End (2013)
Durasi : 1 jam 47 menit
Genre : Comedy, Fantasy
Rating : 6.7/10 (IMDb)

This is The End menyuguhkan cerita mengenai enam orang sahabat yang terjebak dalam sebuah rumah saat Los Angeles tengah diterpa serangkaian kejadian aneh dan bencana. Mereka harus bertahan hidup dengan persediaan makanan yang terbatas. Berlalunya waktu membuat pasokan makanan habis sehingga keadaan memaksa mereka keluar rumah untuk menghadapi takdir sekaligus lebih memaknai arti dari sebuah persahabatan yang sesungguhnya.

23. Pompeii (2014)

Pompeii (2014)
Durasi : 1 jam 45 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 5.6/10 (IMDb)

Kota yang berada di dekat gunung berapi aktif akan merasakan dampak abu vulkanik yang menutupi jalan dan rumah-rumah bilamana gunung tersebut meletus. Begitupun dengan Pompeii, gunung Vesuvius yang meletus membuat kota Pompeii tertutupi oleh material debu vulkanik dan batu apung mencapai ketinggian 4 hingga 5 meter.

Di samping bencana alam terdahsyat yang menimpa kota Pompeii, seorang gladiator yang dahulunya adalah seorang budak berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan cinta sejatinya yang tak lain adalah putri dari majikannya sendiri. Lantas, bagaimanakah perjuangan sang gladiator dalam menyelamatkan cinta sejatinya tersebut?

24. The Mist (2007)

The Mist (2007)
Durasi : 2 jam 6 menit
Genre : Horror
Rating : 7.2/10 (IMDb)

Badai besar yang menimpa kota kecil di Maine membuat semua aliran listrik di kota tersebut mati dan menyebabkan munculnya kabut asap yang tak jelas dari mana datangnya. Beberapa orang yang terjebak di dalam swalayan dikagetkan dengan kehadiran banyak monster-monster dengan bentuk dan jenis yang tidak jelas dan mengerikan.

Di tengah masalah kabut tebal, mereka juga harus menghadapi monster-monster tersebut agar bisa bertahan hidup. David Drayton beserta keluarganya dan beberapa orang lain di swalayan tersebut mengira bahwa monster-monster yang berada di balik kabut itu adalah hasil percobaan militer. Sedangkan ada seseorang religius yang sangat fanatik dengan agamanya menganggap bahwa fenomena tersebut adalah murka Tuhan.

25. Flood (2008)

Flood (2008)
Durasi : 1 jam 50 menit
Genre : Action, Drama, Thriller
Rating : 4.8/10 (IMDb)

Flood adalah karya dari seorang sineas bernama Tony Mitchell. Film tentang bencana alam yang dihadirkan oleh Tony mengadaptasi cerita dari buku dengan judul sama karya Richard Doyle yang pernah mengaku bahwa dalam proses penulisan buku tersebut, dirinya pernah menemukan sebuah artikel yang membahas dampak dari pemanasan global yang terdapat dalam sebuah jurnal ilmiah.

Flood memulai cerita dengan sebuah peristiwa di kota London dimana terjadi hujan lebat yang turun tanpa henti sehingga membuat air laut semakin menaik. Thames Barrier, sebuah tembok yang dibuat untuk menghalang terjangan arus sederas apapun tidak kuat menahan badai besar dan arus deras yang datang. Seorang ahli meteorologi memberi peringatan mengenai bencana tersebut. Namun sialnya, pihak berwang justru mengabaikan peringatan tersebut. Alhasil, saat bencana sudah diambang pintu, tidak ada waktu lagi untuk melakukan proses evakuasi.

26. Hard Rain (1998)

Hard Rain (1998)
Durasi : 1 jam 37 menit
Genre : Action, Crime, Drama
Rating : 5.8/10 (IMDb)

Guyuran hujan deras menyebabkan permukaan air sungai Indiana meluap. Sebuah kota kecil menanggung banjir yang menjadi dampak akibat luapan air sungai tersebut. Bank sentral di kota itu terpaksa menyelematkan semua uang kasnya untuk menghindari banjir besar yang datang. Dibantu dengan Tom dan pamannya, Charlie, uang dengan jumlah yang tidak sedikit itu harus dibawa dengan truk pengaman.

Di tengah perjalanan, mereka dihadang oleh sekelompok perampok di bawah pimpinan seorang sherif. Paman Tom tewas tertembak, sedangkan Tom harus berenang membawa uang tersebut untuk melindunginya agar tidak dibawa oleh perampok tersebut. Bukan hal yang mudah bagi Tom untuk melindungi uang tersebut sebab banyak pihak yang juga menginginkan uang tersebut.

27. Daylight (1996)

Daylight (1996)
Durasi : 1 jam 54 menit
Genre : Action, Adventure, Drama
Rating : 5.8/10 (IMDb)

Truk besar milik sebuah perusahaan pengolahan limbah yang berada di kota New York sedang melakukan perjalanan menuju tempat penampungan khusus untuk menyimpan limbah buangan tersebut. Peristiwa besar harus dihadapi oleh para supir truk, tepatnya saat mereka memasuki terowongan dan mengantre untuk keluar.

Tiba-tiba kecelakaan beruntun terjadi akibat mobil yang dikendarai oleh sekelompok pencuri lepas kendali. Kecelakaan tersebut membuat truk berisikan limbah berbahaya itu tergulung dan menyebabkan ledakan yang sangat keras. Banyak korban berjatuhan, namun ada seorang supir taksi yang dahulunya adalah mantan anggota penyelamat tim medis berjuang mati-matian untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di dalam terowongan tersebut.

28. Metro (2012)

Metro (2012)
Durasi : 2 jam 13 menit
Genre : Action, Thriller
Rating : 6.6/10 (IMDb)

Metro adalah film tentang bencana alam asal Rusia yang bercerita tentang kereta bawah tanah yang mengalami kecelakaan di dalam lorong akibat terowongan tersebut runtuh. Akibat runtuhnya terowongan tersebut juga menyebabkan air sungai masuk dan kereta tersebut terancam tenggelam oleh air. Para penumpang kereta yang merasakan kepanikan luar biasa harus berjuang untuk bisa mempertahankan nyawa mereka masing-masing.

Berikan Komentar