13 Film Robert Downey Jr. Terbaik Selain Iron Man

Robert Downey Jr. adalah aktor kelahiran 1965 yang telah terjun ke dunia perfilman Hollywood sejak tahun 80an dengan menghidupkan tokoh pemain yang dermawan, jenius, dan sekaligus nakal ke dalam satu layar. Di tahun 2008, Downey mendapat kepercayaan dari Jon Favreau untuk bermain dalam Iron Man dengan memerankan tokoh jenius bernama Tony Stark yang pandai, cekatan, dan selalu berpikiran modern.

Belum lama ini, Downey ditasbihkan oleh Forbes sebagai aktor dengan pendapatan paling banyak. Pada film Iron Man yang dibintanginya, Downey mengumpukan pendapatan hingga $75 juta Amerika Serikat. Selain dia, ada juga Bradley Cooper, Leonardo DiCaprio, dan Dwayne Johnson yang masuk dalam jajaran teratas aktor dengan pendapatan tertinggi.

Bicara tentang keahlian bermain Downey, maka semua orang setuju jika dirinya dianggap sebagai salah satu aktor terbaik yang dimiliki oleh Amerika. Selain Iron Man yang membuat namanya semakin mencuat, Downey juga pernah tergabung dalam film-film lain yang tentunya tidak menjadikannya sebagai sosok inventor seperti Tony Stark. Penasaran dengan film Robert Downey Jr. terbaik selain Iron Man? Berikut Oliswel pilihkan untuk Anda.

1. Zodiac (2007)

Film Robert Downey Jr. Terbaik Zodiac (2007)

David Fincher memerintahkan Robert Downey Jr. bersama bintang lain seperti Jack Gyllenhall, Mark Ruffalo, dan Anthony Edwards untuk melakukan penyelidikan atas kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seseorang yang menamai dirinya Zodiac. Downey yang berprofesi sebagai jurnalis harus bekerja sama dengan kartunis Robert Graysmith untuk menemukan siapakah sosok di balik Zodiac yang sebenarnya.

Film terlaris Robert Downey Jr. garapan Fincher ini merupakan film bergenre thriller dan suspense dengan durasi tayang selama lebih dari 2 jam. Naskah yang dimiliki oleh Zodiac terinspirasi dari kejadian nyata yang sudah menjadi rahasia umum tentang sosok Zodiac, pembunuh berantai misterius yang sampai sekarang masih menjadi misteri dan tidak diketahui siapakah dia sebenarnya. Peran dari keempat pemain, termasuk Robert Downey Jr. sangatlah jempolan. Untuk Downey sendiri dia memerankan tokoh bernama Paul Avery yang dibekali oleh sifat yang sedikit arogan tapi tingkahnya terkadang memancing senyum.

2. Sherlock Holmes (2009 & 2011)

Sherlock Holmes

Sherlock Holmes adalah film Robert Downey Jr. terbaik yang dibalut dengan petualangan, misteri, kejahatan, dan sedikit laga. Selain Downey, Sherlock Holmes juga dibintangi oleh Jude Law dan Rachel McAdams yang semuanya berada di bawah arahan sutradara Guy Ritchie. Sherlock Holmes berkisah tentang seorang detektif yang sangat ahli dalam menyelidiki berbagai macam kasus, Sherlock Holmes (Downey).

Dalam menangani tiap kasus yang tidak bisa dipecahkan oleh orang biasa, Holmes ditemani oleh Dr. John Watson (Law) yang tak lain adalah dokternya sendiri. Pada Sherlock Holmes pertama, keduanya harus menghadapi kasus seseorang yang bangkit kembali setelah mati digantung. Sedangkan sekuel keduanya, Holmes dan Watson harus menyelidiki kasus kematian yang menimpa pewaris tahta Austria.

Baik Sherlock Holmes pertama maupun sekuelnya, keduanya sama-sama mendulang kesuksesan. Guy Ritchie begitu pandai menerapkan formula yang sama dalam menggambarkan Sherlock Holmes. Untuk menambah performanya, Ritchie juga menyajikan visual hasil rekaannya bersama tim efek spesial sehingga Sherlock Holmes tak hanya menarik dari segi cerita, tetapi sinematografinya juga.

3. Kiss Kiss Bang Bang (2005)

Sebelum memainkan tokoh detektif paling jenius di dunia, Sherlock Holmes, Downey pernah juga terlibat dalam kasus rumit yang harus diselidikinya dalam film garapan Shane Black bertajuk Kiss Kiss Bang Bang. Film yang dibintangi Robert Downey Jr. ini merupakan film kriminal neo-noir yang juga terdapat unsur komedi hitam yang kental.

Kiss Kiss Bang Bang mengikuti Harry Lockhart (Downey), pencuri amatir yang menjadi buronan polisi setelah gagal saat melakukan sebuah perampokan. Saat kabur ke Los Angeles, secara tak sengaja Harry mengikuti audisi dan dinyatakan hebat oleh sang produser yang terkesan dengan kehebatannya berakting. Setelah itu, Harry bertemu dengan Perry van Shrike dan aktris bernama Harmony Faith Lane yang ternyata adalah teman lamanya yang pernah dia sukai.

Pada mulanya semua tampak lancar hingga suatu hari Harry dan Perry mendapati sebuah kasus pembunuhan yang rumit untuk dipecahkan. Kisah yang sederhana tapi disajikan dengan begitu apik oleh Shane menjadikan Kiss Kiss Bang Bang mendapatkan apresiasi lebih dari para penonton saat ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2005. Selama proses syuting, Van Kilmer yang bermain sebagai Perry van Shrike harus menahan diri untuk tidak meneguk alkohol demi membantu Downey menyukseskan program pemulihan diri dari kecanduan alkohol dan obat-obatan.

4. Chaplin (1992)

Chaplin (1992)

Siapa yang tidak kenal dengan Chaplin? Meskipun banyak yang belum pernah melihat wajahnya ataupun karya yang ditelurkannya, nama Chaplin sudah pasti tak asing di telinga. Komedian legendaris dengan kumis menggemaskan ini telah memberikan banyak kontribusi pada dunia perfilman sehingga Oscar memberikannya penghargaan spesial untuknya.

Pada tahun 1992, Robert Downey Jr. mendapatkan kesempatan untuk memerankan tokoh Chaplin. Tentu Downey merasa sangat bangga bisa memainkan sosok legendaris yang juga diidolainya ini. Totalitas yang ditunjukkan oleh Downey saat memerankan tokoh Charlie Chaplin mendapat nominasi Aktor Terbaik pada ajang Oscar, Golden Globe, dan BAFTA.

Film Robert Downey Jr. terbaik ini menceritakan masa kecil Charlie Chaplin hingga dia dewasa dan menjadi seorang legenda seperti sekarang. Kehidupan Charlie kecil tidaklah indah. Dia harus hidup miskin karena ibunya, Hannah Chaplin, tidak mampu menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kondisi sulit tersebut ternyata membuat ibunya mengalami gangguan jiwa dan harus direhabilitasi.

Semenjak itulah Charlie memulai perjuangannya dengan mengandalkan kemampuannya sebagai komedian yang memperagakan orang mabuk. Tak pernah berhenti berusaha, Charlie kemudian menjadi bintang film bisu besar yang berlanjut dengan keinginannya untuk menyutradarai filmnya sendiri. Kesuksesan yang didapat oleh Charlie tak serta-merta datang begitu saja. Saat menapaki karirnya, Charlie juga harus berhadapan dengan perceraian, tuduhan yang membuatnya harus bertanggung jawab, serta berujung pada diusirnya dari Amerika karena dianggap sebagai komunis.

5. The Judge (2014)

The Judge (2014)

Setelah bosan untuk memainkan karakter-karakter dengan tinkah laku yang agak nyeleneh, The Judge menjadi pelarian Robert Downey Jr. untuk mengasah kemampuan dirinya bermain di luar stereotip yang melekat dengannya. Digerakkan oleh David Dobkin, The Judge berjalan dengan alur yang cukup lambat karena memfokuskan cerita pada dua tokoh utamanya, Robert Downey Jr. sebagai Hank Palmer dan Robert Duvall sebagai ayahnya yang tak akur dengan Palmer sejak lama.

Palmer yang berprofesi sebagai pengacara sukses di kota harus kembali ke desa untuk membantu ayahnya yang terjerat kasus dugaan pembunuhan. Selama proses pencarian kebenaran, Palmer dan ayahnya, Judge Joseph Palmer, merajut kembali tali penghubung yang selama ini telah putus sekian lamanya. Akting dari duo Robert begitu menjual dan saling berlawanan. Selain Robert Downey Jr. dan Robert Duvall, The Judge juga menawarkan ensemble cast lain seperti Vera Farmiga, Billy Bob Thornton, Vincent D’Onofrio, Leighton Meester, dan Melissa Leo.

6. A Guide to Recognizing Your Saints (2006)

Hampir semua anak pasti pernah dibanding-bandingkan dengan orang lain oleh orangtuanya. Seperti Dito Montiel, sosok yang sejak kecil selalu dianggap pecundang dan tidak dipedulikan oleh ayahnya, Monty. Mencoba untuk memulai hidup baru, Dito pergi meninggalkan tempat tinggal asalnya di Astoria menuju California untuk mengejar impiannya menjadi penulis dan sutradara terkenal.

Kisah hidup Dito Montiel yang penuh lika-liku akhirnya diterjemahkan ke versi layar lebar oleh dirinya sendiri yang kini telah menjadi seperti apa yang diingkannya. Kebetulan Robert Downey Jr. yang dipilih untuk memainkan sosok Dito ketika dewasa, sementara masa mudanya akan diperankan oleh Shia LaBeouf. Temannya Dito yang selalu dibangga-banggakan oleh ayahnya, Antonio, diperankan oleh Channing Tatum.

A Guide to Recognizing Your Saints merupakan adaptasi dari memoir berjudul sama yang ditulis oleh Dito Montiel sedari usianya muda hingga dewasa dan meraih kesuksesan sebagai seorang sutradara dan penulis ternama di Amerika Serikat. Kehidupan Dito begitu keras. Ketika muda, Dito sudah harus menghadapi berbagai prahara kehidupan seperti permasalahan remaja, persahabatan, dan yang paling mengerikan adalah hubungannya dengan Monty yang rumit.

7. The Soloist (2009)

The Soloist (2009)

Direncanakan bisa masuk ke bioskop pada akhir 2008, ternyata The Soloist mengalami penundaan sehingga baru bisa tayang pada 24 April 2009. The Soloist memuat kisah nyata dari persahabatan seorang jurnalis di Los Angeles Times, Steve Lopez, dengan seorang musisi jalanan kulit hitam, Nathaniel Ayers, yang menderita skizofrenia. Untuk kedua tokoh utamanya, ada Robert Downey Jr. sebagai jurnalis dan Jamie Foxx sebagai gelandangan dan musisi jalanan yang berbakat.

The Soloist merupakan film yang diperankan Robert Downey Jr. yang menyentuh hati. Pada satu bagian, penonton seakan diberi tahu tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam hubungan persahabatan. Hal itu ditunjukkan oleh Steve yang diperankan oleh Downey dengan berusaha keras agar bisa membantu mewujudkan keinginan Nathaniel untuk tampil di Walt Disney Concert Hall.

8. Due Date (2010)

Due Date (2010)

Walaupun komedi bukan wilayah Downey, tapi usahanya perlu diapresiasi dalam Due Date garapan sutradara Todd Philips yang pernah meluncurkan trilogi The Hangover. Bersama dengan Zach Galifianakis, Downey mencoba pengalaman baru untuk membuat penontonnya tertawa. Jalan cerita yang dimiliki oleh Due Date bisa dibilang pengulangan tema dari karya Todd sebelumnya, The Hangover. Tidak masalah asalkan pada akhirnya bisa membuat semua orang terhibur.

Pada film ini, Downey mendapatkan tugas sebagai pemeran Peter dan Zach sebagai Ethan. Awalnya, Peter hanya ingin pulang tepat waktu agar bisa berada di samping istrinya yang ingin melahirkan. Tapi di luar pengetahuan Downey, ada campur tangan orang lain yang menyebabkannya harus menempuh jalur darat. Lebih parahnya lagi, Peter tak bisa sampai rumah tepat pada waktu yang telah diperhitungkannya. Orang yang mengganggu perjalanan tersebut tak lain adalah Ethan yang diperankan oleh Zach.

Dua karakter berbeda yang bertemu secara tidak sengaja menjadi daya tarik pada film yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. ini. Downey dengan karakter pria yang keren dan berwibawa harus menghadapi Ethan yang rusuh dan menimbulkan malapetaka bagi Peter. Tentunya, karakter Peter tidak harus dibuat melakukan kekonyolan-kekonyolan karena tugas tersebut harus dilakukan oleh Ethan. Untuk ukuran film komedi, Due Date bisa dibilang cukup menghibur. Terlebih dengan kehadiran Downey yang membuat mata tak ingin berpaling dari kehebatan bermainnya yang sudah teruji.

9. Only You (1994)

Only You (1994)

Only You merupakan romcom menarik mengenai pencarian takdir dan jodoh. Robert Downey Jr. harus berperan sedikit usil tapi tetap nyentrik dan memancing senyum kecil sebagai pria yang secara tak sengaja bertemu dengan wanita cantik bernama Faith Corvatch yang pergi ke Italia hanya untuk menemukan jodohnya yang diramalkan oleh papan Ouija bernama Damon Bradley. Lucu memang, tapi itulah yang dilakukan oleh Faith yang yakin benar bahwa Damon Bradley sungguh ada dan ditakdirkan menjadi pendamping hidupnya kelak.

Berbagai kelucuan menyelimuti bagian awal hingga pertengahan sebelum pada klimaksnya Robert Downey Jr. yang diceritakan sebagai Damon Bradley palsu harus bermain dramatis dengan lawan mainnya, Marisa Tomel yang memerankan karakter Faith. Apa yang lebih menarik dari Only You tidak hanya terletak dari kisahya, tetapi juga keindahan kota-kota di Italia yang begitu romantis dan cocok dijadikan lokasi untuk mempererat chemistry.

10. Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006)

Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006)

Child with Toy Hand Grenade in Central Park, New York City adalah salah satu karya dari fotografer profesional bernama Diane Arbus yang pada tahun 2006 kisahnya dilepaskan ke layar lebar. Dengan menukil sepenggal kisah pada biografinya yang ditulis oleh Patricia Bosworth, jadilah film yang begitu luar biasa dan patut untuk disimak oleh semua orang.

Untuk Downey sendiri, dia bisa dibilang sebagai “orang ketiga” yang awalnya membuat kehidupan Diane (Nicole Kidman) yang begitu membosankan dengan rutinitasnya sebagai asisten fotografer yang tak lain adalah suaminya berubah menjadi lebih menarik, tapi lama kelamaan menimbulkan love affair yang memunculkan ketidakberatan hati Diane untuk bercerai dengan suaminya, Allan Arbus (Ty Burrel). Setelah bercerai, Diane memulai karirnya sebagai fotografer profesional.

Sepenuhnya film yang dimainkan oleh Robert Downey Jr. satu ini didominasi oleh Diane yang menajdi tokoh sentral. Bisa dibilang tak ada scene yang tidak menampilkan sosoknya. Selain menawarkan kisah yang menarik tentang fotografer cantik, Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus juga diperindah dengan tata rias yang cantik seperti gaun-gaun era 50an, tata rambut yang klasik dan anggun, serta riasan wajah yang identik dengan masa lalu.

11. I Am Steve McQueen (2014)
🌟 7.1/10

 

12. Tropic Thunder (2008)
🌟 7.0/10

 

13. Heart and Souls (1993)
🌟 6.9/10

 

Itulah daftar film Robert Downey Jr. terbaik sepanjang masa. Tak bisa dipungkiri kalau Iron Man adalah salah satu blockbuster movie yang sampai kapanpun akan terus diingat oleh banyak orang. Berkat kehebatannya dalam berakting, Downey juga menjadi salah satu aktor kesayangan para sineas yang terlibat dalam menerjemahkan tokoh-tokoh super dalam novel terbitan Marvel. Daya tarik Downey yang begitu besar telah memberikan pundi-pundi pendapatan mencapai empat miliar dolar AS di bioksop-bioskop seluruh dunia serta jutaan dolar dari video serta suvenir film.

Berikan Komentar