26 Film Korea Dengan Kisah Paling Sedih Bikin Meneteskan Air Mata

Film korea yang sedih – Film Korea memang kebanyakan bergenre kisah sedih. Banyak orang yang menonton film Korea dan akhirnya menangis karena terpengaruh pada cerita sedihnya dan memang ceritanya sangat menyentuh hati.

Lalu, film Korea mana yang paling bisa membuat penontonnya menangis? Inilah 30 film korea dengan kisah paling sedih. Jangan lupa sediakan tisu untuk mengelap air mata anda.

30 Film Korea Dengan Kisah Paling Sedih Bikin Meneteskan Air Mata

1. Hope (2013)

Dari judulnya saja, film Korea ini sudah bisa ditebak kalai ceritanya sangat sedih. Dalam film ini, dikisahkan perjuangan seorang ayah, Dong Hoon, yang menuntut keadilan serta menghilangkan trauma pemerkosaan dan kekerasan yang dialami oleh anaknya sendiri yang berumur 8 tahun, So Won. Anaknya diperkosa saat pergi sekolah. Semenjak itulah So Won takut dan trauma pada laki-laki dewasa, bahkan termasuk pada ayahnya sendiri. Dong Hoon harus berpikir keras agar bisa bertemu dengan anak perempuannya dengan menghiburnya. Misalnya, ia menggunakan karakter kartun yang disukai So Won.

Yang lebih membuat hati tersentuh, ternyata cerita dalam film Korea ini diambil dari kisah nyata yang terjadi di Korea Selatan. Kisah nyata tersebut dikenal dengan “Nayoung Case” pada tahun 2008 silam. Film Korea Hope sendiri tayang pada tahun 2013 dan berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Film. Best Screenplay, dan Best Supporting Actress di Blue Dragon Film Awards 2013. Selain itu, film Korea ini juga memenangkan penghargaan di Gryphon Award untuk kategori Best Film di Giffoni Film Festival 2014. Beberapa penghargaan lain juga sempat diraihnya.

2. A Moment to Remember (2001)

Film Korea berjudul A Moment to Remember paling sedih. Di sini dikisahkan Su Jin yang menikah dengan Cheol Soo. Meskipun banyak masalah, mereka tetap mempertahankan hubungan rumah tangga. Bahkan Cheol Soo berencana membuat rumah besar untuk ditinggali bersama.

Tak disangka Su Jin mengidap penyakit Alzheimer, pikun akut yang semakin lama semakin parah. Si Jun yang berusaha menutupi penyakitnya akhirnya ketahuan dan berencana pergi tapi Cheol Soo tetap mempertahankannya. Setelah penyakitnya semakin parah, ia lupa apapun termasuk lupa Cheol Soo. Yang ia ingat hanya mantan kekasihnya dan memanggil Cheol Soo dengan nama mantan kekasihnya itu.

3. Miracle In Cell No. 7 (2013)

Ini juga termasuk salah satu dari 15 film Korea dengan kisah paling sedih. Di film ini dikisahkan seorang ayah bernama Lee Yong-Go yang mengalami gangguan mental. Ia mempunyai anak perempuan yang cerdas, Ye-Sun. Kehidupan mereka sangat serba kekurangan dan menyedihkan. Bahkan, Yong-go dituduh dalam kasus penculikan, pemerkosaan dan pembunuh pada anak komisaris polisi. Setelah ia dipenjara, ia berpisah pada anak perempuannya yang diasuh di panti asuhan. Setelah dewasa, Ye-Sun melanjutkan sekolah hukum dan mencari bukti kalau ayahnya benar-benar tidak bersalah. Perjuangan seorang anak untuk sang ayah yang sangat mengharukan, hingga membuat hati penonton film ini tersentuh.

4. Always (2011)

Inilah kisah cinta seorang petinju pensiunan bernama Cheol Min yang mengambil pekerjaan part-time baru sebagai petugas parkir. Suatu malam, saat dia bekerja shift, seorang wanita muda buta, Jung Hwa, mendekatinya di tempat kerjanya. Dia kesalahan dia untuk petugas parkir masa lalu dan itulah bagaimana hubungan antara keduanya mulai terbentuk. Jika Anda penggemar Han Hyo Joo atau So Ji Sub dan Anda menyukai film tream-jerker yang bagus, ini adalah film untuk Anda!

5. The Most Beautiful Goodbye (2011)

Ini adalah cerita tentang seorang wanita paruh baya bernama In-Hee yang tinggal bersama suaminya dan kedua anaknya. Suatu hari, dia mendengar berita tentang diagnosis kanker stadium akhir. Semua orang di keluarga tersebut telah memperlakukannya dengan acuh tak acuh sepanjang hidupnya, namun setelah kabar tentang kankernya, keluarga tersebut menyadari kesalahan mereka dan mengalami keadaan shock. Inilah kisah yang mengikuti realisasi keluarga tentang pentingnya In-Hee bagi mereka, dan bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal yang paling indah.

6. Han Gong-ju (2013)

Ini adalah film bagi mereka yang memiliki perut kuat karena ada banyak pemerkosaan. Han Gong-Ju adalah korban insiden pemerkosaan geng dan dipaksa untuk pindah dan mencari sekolah lain oleh orang tua pelakunya. Dengan trauma dan rasa sakit yang ditahan di dalam dirinya, Gong-Ju dibiarkan bertahan hidup di lingkungan yang baru dan beralih dari apa yang telah terjadi. Tapi tak lama kemudian, masa lalunya menangkapnya saat mantan teman sekelas dan orang tua dari lingkungan asalnya datang untuk mengungkapkan masa lalunya yang menghancurkan kepada orang-orang dalam kehidupan barunya.

7. Maundy Thursday (2006)

Maundy Thursday bisa dikatakan memiliki cerita yang paling menyedihkan dalam film Korea. Dalam film ini, Yu-jeong adalah wanita yang mengalami trauma karena waktu kecil berkali-kali mencoba bunuh diri akibat hidupnya yang tak bahagia. Ia memiliki bibi, seorang biarawati, yang sering mengunjungi terpidana mati di sel tahanan. Yun-soo, salah seorang terpidana mati, meminta dipertemukan dengan Yun-jeong. Awalnya mereka berdua canggung. Tapi setelah berbagi cerita pilu di masa lalu masing-masing, mereka berdua akhirnya saling jatuh cinta. Namun hari eksekusi yang sudah dijadwalkan semakin dekat. Dari sini sudah bisa kita tebak kalau akan ada kesedihan yang luar biasa. Tak heran jika Maundy Thursday termasuk dalam 15 film Korea dengan kisah paling sedih yang pernah ada.

8. More Than Blue (2009)

Jika kalian menonton film Korea ini, artinya kalian sudah siap untuk meneteskan air mata karena terbawa kesedihan dalam ceritanya. Film Korea More than Blue ini bercerita tentang K dan Cream. Mereka adalah sahabat yang kenal sejak masih sekolah. Keduanya adalah yatim piatu. Setelah besar, K menyukai Cream. Namun Cream yang memiliki paras cantik suka bergonta-ganti pasangan.

Suatu hari, Cream bilang bahwa dia sedang menyukai seorang dokter. K merasa patah hati tapi tetap berusaha sekuat tenaga untuk tetap tegar karena dia menderita kangker ganas yang artinya hidupnya tinggal sebentar. Pada akhrinya, Cream tahu akan penyakit yang diderita K. Malam hari sebelum Cream dan dokter itu menikah, K berusaha memberanikan diri untuk menyatakan cintanya pada Cream. Ada sebuah adegan yang bisa membuat anda semakin larut dalam kesedihan film ini, khususnya di ujung film. Penasaran dengan ceritanya? Tonton saja filmnya dan siapkan tisu yang banyak untuk mengusap air mata.

9. Don’t Forget Me (2016)

Don’t Forget Me adalah salah satu drama Korea dengan kisah paling sedih. Dalam film ini, diceritakan Seo-Won hilang ingatan 10 tahun setelah mengalami kecelakaan mobil. Karena hilang ingatan itulah ia tidak mengenali keluarga, teman, bahkan diri sendiri. Namun karena alasan tertentu, dia justru takut mengetahui masa lalunya. Saat berobat di rumah sakit, ia melihat seorang wanita menangis. Akhirnya Seok-Won jatuh cinta pada wanita tersebut yang bernama Jin-Young. Setelah serius dan mempersiapkan masa depannya, ingatan Seok-Won perlahan mulai muncul kembali.

Seok-Won diperankan oleh Jung Woo-Sung. Ia menjadi tokoh utama dalam film Korea ini. Kemudian, Kim Ha-Neul memerankan wanita yang dicintai Seok-Won, yaitu Kim Jin-Young. Kemudian ada lagi tokoh Oh Kwon-Ho yang diperankan oleh Bae Sung-Woo dan Kim Young-Hee yang diperankan oleh Jang Young-Nam. Film ini sangat menyentuh hati para penontonnya. Tak heran kalau kesedihan cerita film Korena ini membuat banyak orang yang menontonnya menangis.

10. Tae Guk Gi: The Brotherhood Of War (2004)

Dari 15 film Korea dengan kisah paling menyentuh hati, film ini adalah salah satu yang terbaik. Dalam film ini, dikisahkan 2 saudara, Jin Tae dan Jin Seok yang dipaksa ikut perang saudara di Korea tahun 1950. Jin Tae mendapat jabatan tinggi karena ia sangat tegas. Namun dari situlah ia berubah menjadi gila penghargaan. Bahkan ia berniat memulangkan adiknya dan sang adik menjadi benci pada kakaknya karena sifatnya yang berubah drastic.

Saat mengira Jin Seok meninggal, Jin Tae kemudian berhianat menjadi komunis. Singkat cerita, akhirnya ia meninggal demi menyelamatkan Jin Seok. Setelah belasan tahun, jasad dari Jin Tae ditemukan. Film yang tayang pada tahun 2004 ini sukses membuat para penontonnya terbawa kesedihan dari ceritanya. Itulah kenapa film Korea ini mendapat banyak penghargaan.

11. Ode To My Father (2014)

Ini adalah film yang mengikuti kisah panjang seorang pria bernama Deok-Su yang telah banyak mengalami kehidupannya. Dia melakukan semua yang dia bisa untuk melindungi keluarganya meski dengan kondisi keras dia harus melepaskan diri dari peristiwa sejarah modern yang paling signifikan. Jika Anda ingin menonton film menyentuh tentang seorang ayah yang akan melakukan apa pun untuk menjaga keluarganya tetap aman dan bertahan, film ini untuk Anda!

12. One Day (2017)

Berikut adalah film yang lebih baru yang dirilis pada bulan April tahun ini. Film drama ini adalah tentang seorang penyidik asuransi janda yang baru-baru ini bernama Lee Kang-Soo yang sedang mengerjakan sebuah kasus tentang seorang wanita bernama Mi-So yang sedang dalam keadaan koma akibat kecelakaan mobil. Suatu hari, dia memutuskan untuk mengunjunginya di rumah sakit dan menemukan jiwanya sementara fisiknya masih dalam keadaan vegetatif. Dia meminta bantuannya dan ini membongkar hubungan antara keduanya. Menonton film untuk menemukan diri Anda merobek saat Anda mengungkap cerita mereka.

13. Honorable Mention: ‘Don’t Cry Mommy (2012)

Kim Yong-han mengarahkan cerita tentang pemerkosaan seorang gadis remaja. Ini dimulai dari film yang relatif mirip dengan tema bersama, namun berlanjut ke spiral ke wilayah balas dendam dan kegilaan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang kejahatan seks dengan mencatat “jalan tragis kehidupan korban dan keluarga mereka sejelas mungkin.”

14. Sunny (2012)

Pemenang Grand Bell dan Blue Dragon dinominasikan #Sunny diarahkan oleh Kang Hyeong-cheol dan berpusat di sekitar sekelompok mantan teman sekolah terbaik yang memiliki kru yang mereka beri nama “Sunny”. Kehidupan mengirim mereka ke arah yang berbeda mengikuti remaja mereka dan mereka tidak pernah bertemu selama 25 tahun. Ketika mereka mengetahui bahwa salah satu dari mantan anggota mereka sekarat karena kanker yang tersisa dua bulan lagi, mereka memutuskan untuk memenuhi keinginannya yang seketika untuk membuat kelompok tersebut kembali bersama untuk terakhir kalinya.

15. Wedding Dress (2010)

Wedding Dress juga merupakan salah satu film Korea dengan cerita paling sedih. Film Wedding Dress ini bercerita tentang seorang designer baju penganting, Go Eun, yang menjadi single mom dan sakit kangker serta diprediksi hidupnya tinggal sebentar. Sebelum ia meninggal, Go Eun membuat sebuah gaun pengantin yang sangat cantik untuk Sora, anaknya, untuk kelak saat menikah. Sora yang tahu penyakit ibunya tersebut sudah semakin parah, diam-diam mencoba mewujudkan apa saja yang diinginkan oleh ibunya tersayang itu.

Sora, sang anak dalam film Korea ini diperankan oleh artis yang sama yang memerankan So Yi pada film hearty Paws, yaitu Kim Hyang-Gi. Kemudian, ada lagi beberapa nama artis tenar Korea yang juga ikut berperan seperti Song Yoon-A yang memerankan Ke-Woon, Kim Myeong-Kuk yang memerankan Jung Woon, dan lain-lain.

16. Way Back Home (2013)

#WayBackHome adalah kisah nyata tentang seorang wanita yang salah dituduh melakukan penyelundupan narkoba di sebuah bandara di Paris. Hal ini terjadi karena seorang teman Jeong-yeon (Jeon Do-yeon) dan suaminya, Jong-bae (Go Soo), melakukan bunuh diri setelah dia tidak dapat melunasi pinjamannya. Karena dia adalah penjaminnya, hutang jatuh ke Jeong-yeon. Dalam keputusasaannya untuk mendapatkan jumlah yang cukup besar, dia mengambil pekerjaan dari seorang kenalan yang kumuh. Berpikir bahwa apa yang dia sampaikan dari Paris ke Seoul adalah berlian, ternyata 30 kilogram (66 pon) kokain. Hal ini menyebabkan dia dipenjara di Martinique.

17. Train to Busan (2016)

Film Korea ini berawal dari bencana virus yang menyerang Korsel. Para penumpang berusaha bertahan hidup karena diserang zombie yang diakibatkan virus tersebut. Banyak sekali penumpang yang ketakutan, tapi banyak juga yang berani melawan. Dalam akhir ceritanya, film Korea ini menampilkan sad ending. Hanya ada 2 orang yang selama yaitu Sung-Gyeong, seorang wanita muda, dan juga anak dari Seok-Woo yang masih kecil. Mereka berdua akhirnya bisa ke Busan dengan selamat. Di Busan, para tentara bersiap menembak mereka berdua karena dikira zombie. Namun, nyanyian anak kecil itu membuat para tentara sadar kalau mereka adalah manusia biasa yang belum terinfeksi zombie.

Ada banyak artis Korea terkenal yang ikut berperan dalam film ini. Seok Woo diperankan oleh Gong Yoo sedangkan Sung-Gyeong diperankan oleh Jung Yu-Mi. Selain itu, ada lagi Ma Dong-Seok yang memerankan Sang-Hwa, Kim Soo-Ahn yang memerankan Soo-An, Kim Eui-Sung yang memerankan Yong-Suk, dan masih banyak lagi artis-artis terkenal lainnya.

18. Hello Ghost (2010)

Film Korea dengan genre sad ini bercerita tentang seseorang yang bernama Sang Man. Ia mencoba bunuh diri tapi selalu gagal. Di usaha bunuh dirinya yang terakhir dan gagal, dia dibawah ke sebuah rumah sakit. Di rumah sakit itu, dia bertemu dengan 4 hantu yang lucu. Berawal dari pertemuan dengan hantu lucu tersebut kemudian Sang Man merasa memiliki teman baru. Dari 4 hantu itu, 2 orang adalah laki-laki, 1 orang perempuan, dan satunya lagi anak kecil. Ke manapun Sang Man pergi, keempat hantu lucu itu selalu saja mengikuti.

Awalnya, Sang Man senang karena merasa tidak kesepian. Tapi lama-kelamaan ia merasa terganggu dengan hantu-hantu tersebut yang selalu mengikutinya. Akhirnya dia menyuruh para hantu pergi supaya tidak mengganggunya lagi. Apa yang terjadi setelah mereka pergi? Sang Man pun baru ingat siapa mereka sebenarnya. Dengan cerita sedihnya, film Korea ini berhasil menyabet penghargaan Best New Director Film Award pada tahun 2010 di Baeksang Arts Award 2011. Yang pasti, Hello Ghost masuk dalam 15 film Korea dengan kisah paling sedih.

19. A Millionaire’s First Love (2006)

Film Korea ini mengisahkan seorang anak bernama Jae-Kyung dari keluarga kaya raya yang arogan. Dia menjadi pewaris tunggal untuk seluruh kekayaan yang dimiliki kakeknya. Tapi kakeknya berwasiat supaya Jae-Kyung melanjutkan sekolah di Gangwon hingga lulus. Sebelum lulus, Jae-Kyung tidak diperbolehkan menikmati kekayaan hasil warisan yang telah diberikan kepadanya. Bahkan, jika ternyata ia tidak lulus, maka hak warisan yang diterima hanya 1% dari harta kakeknya.

Kemudian ia pergi bersekolah di kota kecil tersebut. Di sana, ia bertemu gadis rupawan, Choi Eun-Hwan. Mereka semakin akrab, sering belajar kelompok, main bareng, dll. Tapi Jae-Kyung tahu ada sesuatu yang salah pada Eun-Hwan. Jeae-Kyung pun ingin sekali membuat Eun-Hwan bahagia.

20. April Snow (2005)

Film Korea yang satu ini dianggap sebagai salah satu film Korea paling fenomenal. Dalam film ini, dikisahkan suami istri In-soo dan Seo-young. Mereka berdua mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil dan dilarikan di rumah sakit. Namun akhirnya, fakta mengejutkan terungkap kalau mereka berdua adalah pasangan yang selingkuh. Untuk balas dendam, mereka berhubungan satu sama lain. Awalnya mereka memang bertujuan balas dendam. Tapi pada akhirnya mereka saling mencintai dengan tulus. Tapi kesedihan yang tak berujung tetap tak bisa dihindari oleh mereka berdua. Dengan menonton film ini, dijamin kalian akan meneteskan air mata.

21. The Way Home (2002)

The Way Home adalah film Korea dengan cerita sedih yang mengisahkan Sang-woo serta ibunya yang datang dari kota dengan tujuan mengunjungi neneknya yang tua renta dan sakit-sakitan. Di pedesaan yang masih primitive tersebut, Sang-woo disuruh ibunya menjaga nenek selama ibunya bekerja. Namun tak disangka, ternyata Sang-woo bukannya menghormati neneknya yang sudah tua itu, tapi malah menghina bahkan melakukan kekerasan pada sang nenek. Sang nenek yang sudah tua kemudian jatuh sakit. Meskipun sering dihina dan diperlakukan buruk, sang nenek yang hatinya selalu tulus akhirnya bisa meluluhkan Sang-woo. Dari cerita yang sangat menyentuh hati dalam film ini, ada banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya. Tentu saja film ini siap membuat penontonnya meneteskan air mata.

22. Windstruck (2004)

Di posisi ke tiga, ada Windsteruck yang juga merupakan film Korea dengan kisah sangat sedih. Film ini berkisah tentang seorang polisi wanita yang sangat ambisius, Yeo Kyung-jin. Saat sedang mengejar pencuri, dia tanpa sengaja bertemu dengan Myung-woo. Myung-woo adalah guru fisika yang cukup tampan. Berawal dari pertemuan inilah mereka berdua akhirnya menjadi akrab dan memiliki hubungan asmara yang sangat indah.

Tapi tanpa diharapkan ada sebuah petaka yang datang. Myung-woo tanpa sengaja tewas karena tertembak seorang petugas polisi. Di sini lain, Kyung-jing mengira dirinya sendiri lah yang menembak Myung-woo hingga tewas. Hal ini tentu membuatnya depresi dan sangat terpukul. Setelah itu, dia mencoba bunuh diri berulang kali tapi gagal. Akhirnya, Kyung-jin mencoba belajar hidup dengan seolah-olah masih ada Myung-woo di sampingnya.

23. The Classic (2003)

Pada mulanya, film Korea The Classic ini menceritakan kisah parallel antara ibu & anak perempuan yang merasakan kalau jatuh cinta sangatlah indah. Tapi, kisah manis itu tak bertahan lama dan berubah menjadi kesedihan saat indahnya cinta harus musnah karena perbedaan kelas dan juga perang. Tentu saja ini membuat trauma dan hati menjadi hancur.

Kisah cinta dari ibu Ji-Hye yang dibaca dari surat & buku diarinya membuat jiwanya benar-benar hancur lebur. Ia menjadi tahu kalau kisah cinta segitiga yang dialami oleh ibunya di masa lalu sangatlah memilukan. Di sini, Ji-Hye bertemu dengan pria dan dia pun jatuh cinta padanya. Awalnya tak ada yang aneh dan berjalan normal. Namun akhrinya dia tahu siapa sebenarnya pria yang dia cintainya itu hingga menjadi sebuah kisa pilu yang sangat menyedihkan.

24. A Werewolf Boy (2012)

Kim Sun-yi, seorang wanita tua berusia enam puluhan yang tinggal di AS, menerima telepon tentang penjualan rumah keluarganya di Korea Selatan. Kembali ke tanah airnya, dia bertemu dengan cucu perempuan Eun-joo, dan mereka pergi ke rumah di negara ini dan menginap malam. Sun-yi ingat bagaimana 47 tahun yang lalu ketika dia masih remaja di tahun 1965, dia pindah dari Seoul bersama ibunya dan ibu janda Sun-ja ke lembah terpencil untuk menjalani masa pemulihan setelah menderita masalah dengan paru-parunya. Orang-orang Kims hidup dengan kemiskinan yang lesu karena belas kasihan tuan tanah mereka yang sombong dan ceroboh, Ji-tae, anak dari mitra bisnis ayah almarhum Sun-yi. Karena kesehatannya yang peka, Sun-yi yang cantik namun introvert menjalani kehidupan yang terisolasi di rumah pedesaan, tanpa teman seusianya.

25. Lump of Sugar (2006)

Shi-Eun (Su-jeong Lim) adalah wanita yang cinta untuk menunggang kuda membuat dia menghadapi cobaan dan kesengsaraan.

26. Sad Movie (2005)

Mahasiswa cantik Su-Eun mencegah rekannya Su-Ho untuk tenggelam di laut. Su-Ho bagaimanapun, tidak tahu siapa yang menyelamatkannya, sampai Su-Eun memberitahunya setelah beberapa saat. Cinta di antara mereka mulai tumbuh, nampaknya tak terbatas. Tapi kemudian terjadi sesuatu yang mengerikan.

Dari 30  film Korea dengan kisah paling sedih diatas mana yang sudah anda tonton, mungkin sudah ada beberapa yang di tonton namun film korea paling sedih lainnya layak ditonton juga.

Berikan Komentar