24 Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa di Dunia

Ketika suntuk dan jenuh, kegiatan yang paling cocok untuk mengembalikan suasana hati adalah dengan melihat hiburan yang mengundang gelak tawa, seperti menonton film komedi yang di dalamnya terdapat beragam kelucuan yang bisa menghibur, menimbulkan tawa, dan yang terpenting adalah membuat hati melupakan beban hidup dalam sejenak.

Dalam dunia sinema ataupun perfilman, sudah sejak lama genre komedi muncul ke pemukaan. Bahkan, adapula tokoh-tokoh yang namanya begitu melekat karena kelucuannya, seperti Charlie Chaplin, Mr. Bean, dan masih banyak lagi. Nah, kalau saat ini Anda sedang memerlukan sesuatu untuk menghibur diri, Oliswel akan memberi rekomendasi judul-judul film komedi terbaik yang bagus dan lucu banget dalam daftar berikut.

1. Neighbors (2014)

Neighbors (2014)

Untuk yang pertama, Oliswel sarankan Anda untuk menonton film komedi yang diproduksi oleh Universal Pictures berjudul Neighbors yang berarti tetangga ini. Film yang dibintangi oleh aktor muda berbadan seksi, Zac Efron, dan aktor berwajah lugu dan lucu, Seth Rogen, ini pernah mendapatkan dua penghargaan yakni Best Comedy Trailer dan Best Comedy Poster. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang kehidupan rumah tangganya diganggu dengan kedatangan tetangga baru yang merupakan sekumpulan anak muda.

Mac dan Kelly adalah sepasang keluarga romantis yang tengah berbahagia dengan hadirnya putri pertama mereka yang bernama Stella. Kehidupan pasangan keluarga ini awalnya damai tanpa gangguan di sebuah rumah tempat mereka tinggal. Keadaan berubah ketika datang geng bernama Delta Psi. yang dipimpin oleh Teddy Sanders dan tinggal di dekat mereka. Teddy beserta anggota kelompok persaudaraan yang dikepalainya itu kerap mengadakan pesta yang menimbulkan kebisingan serta mengganggu tetangga di sekitarnya. Sejak pesta pertama tersebut, pasangan keluarga dan kelompok persaudaraan Delta Psi. memulai “perang dingin” untuk menentukan siapakah yang bakal bertahan lebih lama di lingkungan tempat mereka tinggal.

2. What We Do in The Shadows (2014)

What We Do in The Shadows (2014)

What We Do in The Shadows adalah film horor komedi dari Selandia Baru yang bercerita tentang kehidupan para vampir di dunia modern. Meski menggandeng genre horor, sebetulnya film ini sama sekali tidak disertai adegan-adegan yang cukup menegangkan. Ide cerita yang sederhana namun dikemas dengan sangat baik membuat What We Do in The Shadows sangat layak untuk menguji seberapa lama Anda mampu menahan tawa.

Kisahnya lebih fokus pada keempat orang vampir dengan latar belakang serta usia yang berbeda-beda. Keempat vampir itu tengah berupaya untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan modern. Lewat bantuan seorang vampir baru, Nick, dan juga temannya, Stu, keempat vampir tersebut diajarkan bagaimana cara menggunakan laptop, kamera, televisi, mengikuti tren berbusana, hingga melakukan diet ketat yang sangat menyiksa.

3. Scott Pilgrim vs. the World (2010)

Scott Pilgrim vs. The World merupakan film komedi yang lucu banget besutan sutradara Edgar Wright yang terkenal begitu ahli dalam menggarap film-film yang mengandalkan situasi komedi. Scott Pilgrim pada film ini diperankan oleh Michael Cera yang pada film-film terdahulunya juga memerankan tokoh yang lugu dan lucu. Di sini, Scott yang merupakan seorang pemain bass pada grup band S*X Bob-Omb harus berjuang merebut hati seorang wanita misterius lewat perjuangan yang tak biasa.

Scott Pilgrim adalah sosok pria yang nerd dan geek. Dia tertarik dengan seorang wanita misterius bernama Ramona Flowers. Untuk mendapatkan hati Ramona, Scott harus bertarung melawan tujuh mantan-mantan pacar Ramona yang merupakan anggota The League of Evil Exes. Tentu perjuangan tersebut tidaklah mudah mengingat Scott sendiri merupakan sosok remaja yang berwajah lugu dan berpenampilan culun.

4. 21 Jump Street (2012)

21 Jump Street (2012)

21 Jump Street adalah karya yang dibesut oleh duo sutradara, Phil Lord dan Christopher Miller. Film komedi action ini merupakan hasil adaptasi dari serial TV berjudul sama yang tayang pada tahun 1987. Di dalam 21 Jump Street terdapat sederet aktor ternama Hollywood, seperti Channing Tatum dan Jonah Hill sebagai pemeran utama, ditemani dengan Dave Franco, Rob Riggle, dan Ice Cube sebagai tokoh pendukung.

Dengan membawa genre aksi komedi, 21 Jump Street berhasil masuk ke dalam daftar film komedi terbaik sepanjang masa. Film ini juga sukses secara kritik dan juga komersil. Berkat tingkah konyol para karakter, nuansa komedi situasi yang dimiliki oleh 21 Jump Street menjadi begitu lucu dan segar, Inti dari cerita yang dibawa oleh 21 Jump Street juga sama seperti pada serial TV-nya, yakni dua orang polisi yang mendapatkan tugas untuk menyelidiki peredaran narkoba jenis baru yang beredar di kalangan pelajar dengan menyusup dan menyamar menjadi siswa SMA.

5. Easy A (2010)

Easy A (2010)

Yang membuat film komedi menjadi menarik itu karena ide cerita yang dibawa sangat jarang memiliki kesamaan, beda halnya dengan film yang bercerita tentang dinosaurus, misalnya. Para sineas dalam melakukan penggarapan film komedi memang tak bisa sembarangan dalam mengangkat tema. Seperti di dalam Easy A, film ini terbilang cukup unik dengan tema yang dibawa.

Easy A bercerita tentang siswa SMA yang cantik namun tidak terkenal, bahkan cenderung tak diperhatikan. Suatu ketika, Olive berniat membantu teman prianya yang sering diganggu dengan melakukan kebohongan. Olive mengatakan kalau dia pernah tidur dengan pria tersebut. Sejak saat itu, Olive mulai dikenal dan diperbincangkan oleh siswa/i lain sampai suatu saat Olive menyadari bahwa dengan melakukan kebohongan tersebut, status sosial dan finansialnya berubah tanpa sadar bahwa dia mulai masuk ke dalam masalah yang jauh lebih besar.

6. Spy (2015)

Jika Anda pernah nonton film balap mobil Fast Furious 7, tentu Anda tahu seberapa garang tampang ataupun peran yang dimainkan oleh Jason Statham dalam film tersebut. Nah, sekarang coba Anda bayangkan, bagaimana jika dia harus “berubah wujud” menjadi sosok yang polos yang bakal membuat Anda tertawa geli? Lewat Spy, Jason Statham harus beradu akting dengan salah satu aktris komedi ternama, Melissa McCarthy, untuk menggagalkan aksi teror yang dilakukan oleh sekelompok penjahat.

Spy sendiri merupakan film yang bercerita tentang kebuntuan para penegak hukum dalam menyingkap kasus teror bom di sebuah tempat. Kebuntuan tersebut terjadi karena si penjahat telah memiliki identitas seluruh agen rahasia dari organisasi intelijen CIA. Untuk mengatasi kebuntuan itu, seorang ahli analisis dari CIA menawarkan diri untuk menjalankan misi tersebut. Dirinya disetujui dan dipersiapkan lewat beberapa pelatihan hingga dia siap untuk menyamar dan menjadi seorang agen rahasia.

7. Planes, Trains & Automobiles (1987)

Planes, Trains & Automobiles (1987)

Film komedi yang juga menggandeng tema perjalanan, Planes, Trains & Automobiles, adalah hasil garapan sutradara John Hughes yang sukses besar lewat film komedi anak terlaris, Home Alone. Di film ini, John kembali menunjukkan kehebatannya dalam menyusun sebuah cerita komedi dengan membawa beberapa nama seperti Steven Martin, John Candy, Kevin Bacon, dan Olivia Burnette.

Film ini berfokus tentang perjalanan pulang seorang suami, Neal Page (Steve Martin), untuk merayakan hari Thanksgiving bersama istri beserta anak-anaknya di rumah. Di tengah perjalanan, atau tepat ketika di airport, Neal bertemu dengan orang yang mencuri taxinya. Awal pertemuan mereka diiringi dengan kebencian dan masalah, terutama dalam diri Neal yang mengingat orang tersebut adalah pencuri taxi yang hendak ditumpanginya. Namun tak ada yang mengira bahwa hubungan mereka justru menjadi sebuah persahabatan yang indah dan dipenuhi rasa kecintaan dan kekeluargaan yang baik.

8. We’re the Millers (2013)

We're the Millers (2013)

We’re The Miller merupakan drama komedi yang sangat menghibur. Cerita yang dibawa mungkin tampak klasik, mudah diprediksi, dan standar, namun jika disimak secara keseluruhan, sebenarnya We’re The Miller merupakan film komedi yang luar biasa. Tak hanya mengedepankan sisi kelucuannya, tetapi juga sisi lain yang mampu membuat penontonnya merasa terhibur dan benar-benar bahagia dengan akhir cerita yang diperlihatkan.

Kisah pada We’re The Millers dibuka dengan nasib sial yang menimpa seorang pengedar narkoba kecil-kecilan, David Burke (Jason Sudeikis), setelah dirampok oleh para remaja yang hendak ditolongnya. Akibat perampokan tersebut, David tak lagi punya uang dan dia terjebak dalam hutang besar kepada pemasoknya, Brad (Ed Helms). Untuk membayar hutangnya, David pun terpaksa melakukan penyelundupan narkoba milik Brad di Meksiko. Agar perjalanannya tak dicurigai, David membentuk sebuah keluarga palsu di mana dia menjadi seorang ayah, kemudian mengajak Rose (Jennifer Aniston) sebagai istrinya, dan dua remaja, Kenny (Will Pulter) dan Casey (Emma Roberts) sebagai anak-anaknya.

9. Horrible Bosses (2011)

Horrible Bosses (2011)

Entah apa yang yang membuat Seth Gordon memutuskan untuk merancang sebuah drama layar kaca yang cukup berani dengan balutan komedi. Bisa dibilang kalau Horrible Bosses merupakan salah satu film komedi hitam terbaik yang pernah ada. Film komedi Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2011 diisi oleh beberapa pemain seperti Jason Bateman, Jason Sudeikis, Charlie Day, Jennifer Aniston, Colin Farell, Jamie Foxx, dan Kevin Spacey.

Horrible Bosses membuntuti tiga orang teman yaitu Dale, Kurt, dan Nick, yang tidak suka dengan bosnya yang menyebalkan di tempat kerjanya masing-masing. Mereka kesal dan tidak betah mempunyai bos yang sangat menjengkelkan. Untuk menghentikan kekesalannya, mereka memilih untuk mencari jalan keluarnya sendiri sendiri dengan cara yang terbilang nekat yakni dengan membunuh bos mereka masing-masing.

10. The Hangover (2009)

The Hangover (2009)

The Hangover adalah film hasil garapan sutradara Todd Philips yang rilis pada tahun 2009 (sekuel pertamanya). Film komedi Hollywood ini dibintangi oleh beberapa aktor terkenal, seperti Bradley Cooper, Ed Helms, dan Zach Galifianakis. Bisa dibilang kalau The Hangover termasuk film komedi barat terlucu. Ini terbukti dengan kesuksesan franchise The Hangover yang ketiganya sama-sama membawa tema yang sama.

Film yang sukses besar secara komersil dan banyak mendapat respon positif ini memilik inti cerita yang menyorot tiga orang sahabat yakni Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), dan Alan (Zach Galifianakis). Ketiga orang sahabat ini selalu mengadakan pesta ketika salah satu di antaranya akan menikah. Tujuan dari pesta tersebut adalah untuk melepas masa-masa lajang mereka sebelum akhirnya berkeluarga. Namun, di setiap pesta melepas masa lajang yang mereka lakukan pastilah terjadi sebuah insiden yang membuat rencana pernikahan dari temannya yang akan menikah terancam tertunda bahkan batal terlaksana.

11. Zombieland (2009)

Zombieland (2009)

Zombieland merupakan film komedi barat paling lucu yang dibenturkan dengan ketegangan. Ruben Fleischer yang duduk di bangku sutradara sangat berhasil dalam menarasikan cerita yang ditulis oleh Rhett Reese dan Paul Wernick. Untuk menyeimbangkan gabungan dari dua genre berbeda, Ruben mengajak dua tokoh utama yang secara fisik sudah tampak kalau warna dari kedua karakter ini begitu berbeda. Kedua tokoh tersebut adalah Jesse Eisenberg yang tanpa berekspresi pun sudah terlihat lucu, dan Woody Harrelson dengan wajah yang jelas terlihat tak ramah.

Plot yang dimiliki Zombieland ialah mengenai wabah zombie yang menyerang dan menginfeksi banyak warga Amerika. Seorang mahasiswa yang belum terkena wabah tersebut, Columbus (Jesse Eisenberg), harus pergi untuk memastikan apakah orang tuanya masih hidup. Dalam perjalanan untuk menghindari serangan zombie sekaligus mencari tempat perlindungan, Columbus bertemu dengan pria bernama Tallahassee (Woody Harrelson). Mereka berdua memutuskan untuk pergi bersama dengan tujuannya masing-masing, hingga masalah menghampiri mereka saat bertemu kakak beradik yang memanfaatkan paras cantik serta tubuh seksinya untuk menipu orang-orang.

12. Shaun of the Dead (2004)

Shaun of the Dead (2004)

Sebelum diundang untuk beradu akting dengan aktor laga Tom Cruise dalam Mission Impossible III, Simon Pegg telah lebih dulu dikenal lewat Shaun of The Dead. Film hasil garapan Edgar Wright ini menawarkan cerita yang mengagumkan. Banyak orang yang tertipu dengan judul ataupun premis yang dimiliki oleh film ini. Padahal, Shaun of The Dead bisa digolongkan ke dalam film komedi terbaik di dunia karena telah berhasil menghadirkan komedi yang begitu padat tanpa mengabaikan jalan cerita yang dibawanya.

Untuk ceritanya, Shaun of The Dead membuntuti kehidupan dua orang pecundang. Dia adalah Shaun, seorang sales berusia 30 tahun yang suka menghabiskan waktu luangnya dengan bermain video game ataupun mendekam di bar, dan Ed yang tak lain adalah sahabat Shaun, seorang pria pengangguran yang menjadi teman setia Shaun ketika bermain video game. Suatu ketika, kota tempat tinggal mereka tiba-tiba diambil alih oleh zombie. Ketika peristiwa tersebut menimpa, Shaun mendapatkan kesempatan untuk membuktikan pada mantan pacarnya, Liz, bahwa dia benar-benar membutuhkannya.

13. 50/50 (2011)

50/50 (2011)

Memang untuk nama sekaliber Joseph Gordon-Levitt sudah tak perlu diragukan lagi kemampuan beraktingnya. Berbagai genre film pernah dia bintangi, dan 50/50 adalah salah satu film komedi terlucu yang cukup berhasil dan sukses secara komersil berkat kehadirannya. Ditemani dengan aktor komedi Seth Rogen dan beberapa nama lain, 50/50 bisa menjadi tontonan yang cukup menghibur di waktu senggang Anda.

50/50 adalah film komedi drama yang menginspirasi di mana ceritanya sendiri terilhami dari kisah sang penulis, Will Reiser, yang mempunyai pengalaman sendiri dengan penyakit kanker. Di sini, Levitt berperan sebagai Adam Lerner, pria yang ketika usia 27 tahun sudah berada di puncak kesuksesan, namun kehidupannya berubah ketika penyakit kanker langka menyelinap ke dalam dirinya. Sahabatnya, Kyle (Seth Rogen), bersama terapis muda, Katherine (Anna Kendrick), menggunakan kondisi Lerner untuk memikat gadis-gadis, sekaligus menyiratkan maksud bahwa terkadang tertawa adalah obat yang sebenarnya.

14. Kick-Ass (2010)

Kick-Ass (2010)

Untuk menuruti ambisi dan keinginan diri, karena sebuah alasan, sutradara Matthew Vaughn memutuskan untuk menggarap film ini dengan dananya sendiri tanpa mempertimbangkan nilai komersil. Dengan cerita yang merupakan hasil adaptasi dari komik berjudul sama, Kick-Ass menjadi sebuah tontonan yang cukup menghibur, meskipun tak bisa diberikan akses untuk memperoleh Oscar.

Dengan dana sekitar US$28 juta, Kick-Ass tergolong bagus dari segi cerita. Seorang pemuda, Dave Lizewski (Aaron Johnson), tengah tenggelam dalam khayalan karena kebiasaannya membaca komik superhero. Akibatnya, suatu hari Dave mengenakan kostum pahlawan bertopeng dengan tujuan membela kaum yang lemah. Awalnya, misi Kick-Ass masih disepelekan oleh banyak orang. Namun, Dave terus semangat melatih dirinya hingga nama Kick-Ass mulai ditakuti para penjahat.

15. Superbad (2007)

Superbad (2007)

Tiga tahun sebelum Scott Pilgrim vs. the World rilis ke layar lebar, nama Michael Cera telah dikenal lewat Superbad. Film bergenre komedi rancangan Greg Mottola ini tak hanya dibintangi oleh aktor kocak Michael Cera, tetapi juga ada nama lain seperti Jonah Hill dan Seth Rogen. Kabarnya, cerita pada film ini adalah hasil tulisan Seth Rogen dan Evan Goldberg yang telah mereka tulis sejak usia 13 tahun dengan membawa dua karakter bernama sama dengan mereka.

Kisah yang dimiliki oleh Superbad begitu melekat dengan kehidupan para remaja yang kutu buku di sekolahnya, tentulah mereka tampak begitu inferior dan tak populer di sekolahnya. Mereka adalah Seth dan Evan, dua bocah culun yang sudah bersahabat sejak kecil dan sama sekali tidak populer di sekolah. Suatu ketika, seorang gadis cantik dan terkenal di sekolahnya, Jules (Emma Stone), dan temannya, Becca (Martha Macisaac), mengajak mereka untuk datang ke pestanya. Seth dan Evan mengatur rencana sebelum datang ke pesta tersebut karena mereka pikir pesta tersebut akan menjadi hari penting buat mereka.

16. Juno (2007)

Juno (2007)

Di tahun yang sama, Michael Cera juga sempat membintangi film komedi bikin ngakak bertajuk Juno. Dia harus dipasangkan dengan Ellen Page yang namanya semakin melambung lewat kepiawaiannya berakting dalam X-Men dan Inception. Film ini adalah karya Jason Reitman. Tema yang diangkat oleh Juno cukup tabu, yakni kehamilan di luar nikah. Tak ingin dikemas dengan drama yang menyayat hati dan penuh keputusasaan, Juno justru hadir dengan rasa yang berbeda, penuh komedi, dan canda tawa.

Juno MacGuff (Ellen Page) adalah gadis berusia 16 tahun yang harus menerima kenyataan bahwa dia mengandung anak di luar pernikahan karena sahabatnya, Paulie Bleeker (Michael Cera). Menginjak usia 2 bulan kehamilan, Juno sempat berniat untuk menggugurkan kandungannya, meskipun dia batalkan dan memutuskan untuk memberikan bayi tersebut pada sepasang keluarga yang telah lama menikah namun belum dikaruniai seorang anak.

17. Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004)

Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004)

Anchorman: The Legend of Ron Burgundy sepenuhnya menyuguhkan rentetan kepandiran. Sikap keras kepala, ketololan-ketololan, kacau balau, dan kelucuan yang tak terbatas dan histeria. Will Ferrell, tokoh utama yang disorot memainkan perannya sebagai Ron Burgundy, seorang reporter berita lokal yang sempat tenar pada awal tahun 70-an lewat statsiun televisi San Diego TV. Dia menjadi pusat kelucuan yang berhasil memaksa setiap orang untuk melepas tawa karena segala aksi kocak dan bodohnya.

Kehadiran Veronica Corningstone yang ditangani perannya dengan baik oleh Christina Applegate, membuat dia jatuh cinta padanya, meskipun dia tahu bahwa wanita ini membawa ancaman untuk pekerjaannya. Sementara Steve Carrell hadir untuk melengkapi karya ini menjadi sebuah parodi yang luar biasa. Steve berperan sebagai seorang peramal cuaca yang tak kalah dungunya dengan sosok Ron Burgundy.

18. White Chicks (2004)

White Chicks (2004)

Dua aktor kulit hitam, Shawn Wayans dan Marlon Wayans, patut diacungi jempol dalam aksinya sebagai seorang agen FBI dalam film komedi yang seru dan sangat lucu bertajuk White Chicks yang rilis di tahun 2004 ini. Film yang disutradarai oleh Keenan Ivory Wayans ini akan membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal, terutama saat adegan di mana kedua agen kulit hitam FBI ini kalang kabut karena takut penyamaran mereka bakal ketahuan.

White Chicks menyorot petualangan dua agen anggota FBI bersaudara dengan misi khusus untuk mengungkap sindikat perampokan. Untuk bisa menjalankan misi tersebut, kedua agen FBI ini harus melakukan penyamaran yang sangat sulit, yakni berpenampilan seperti seorang wanita seutuhnya. Misi tersebut bukanlah misi yang mudah, terlebih lagi mereka dipaksa untuk berhasil menuntaskan tugas tersebut atau profesi impian mereka yang bakal menjadi taruhannya.

19. Pineapple Express (2008)

Pineapple Express (2008)

Pada drama komedi berdurasi hasil olahan David Gordon Green, aktor lintas aliran, James Franco, harus mampu melengkapi kekocakan dari Seth Rogen, serta nama lain yang juga tak kalah lucunya, meskipun setelah dilihat sangatlah nampak betapa Seth Rogen yang kewalahan untuk menyeimbangi aktor sekaliber James Franco. Di sini, Seth Rogen ditugaskan untuk bermain sebagai Dale Denton, seorang kurir surat pengadilan yang menghabiskan hari-harinya dengan mengisap marijuana. Dale mempunyai pengedar tetap yang tak lain adalah Saul Silver (diperankan oleh James Franco) beserta daya pikirnya yang semakin melemah akibat terlalu banyak mengonsumsi ganja.

Saul memiliki tawaran istimewa untuk Dale yakni ganja bernama Pineapple Express yang disebut-sebut sebagai ganja terbaik dari yang terbaik. Setelah menerima ganja tersebut, nasib sial menimpa Dale dan Saul. Bukan karena ganja tersebut, melainkan karena Pineapple Express yang terlihat di TKP pembunuhan yang dilakukan oleh Ted Jones, seorang pengusaha terkenal, ketika Dale mendapat tugas mengantarkan surat untuk Ted Jones.

20. The Interview (2014)

The Interview (2014)

Setelah sukses berduet dengan James Franco dalam Pineapple Express, pada film berikutnya mereka disandingkan kembali untuk memberikan tontonan lucu dalam film komedi yang mengocok perut berjudul The Interview. Film yang rilis pada 2014 lalu ini disutradarai oleh Seth Rogen yang juga bertindak sebagai penulis cerita. Interview bercerita tentang seorang pembawa acara bernama Dave Skylark (James Franco) dalam acara talk show bertajuk Skylark Tonight.

Suatu ketika, mereka berdua, Dave si presenter dan Aaron Rapoport (Seth Rogen) si produser acara, melakukan sebuah wawancara dengan Kim Jong-Un (Randall Park), seorang diktator kejam yang mempunyai senjata nuklir. Namun ketika wawancara, tiba-tiba organisasi intelijen CIA memerintahkan mereka untuk membunuh sang diktator sambil berpura-pura ingin melakukan wawancara dengannya.

21. Bridesmaids (2011)

Bridesmaids (2011)

Dengan membawa tema pernikahan, Judd Apatow tampak berusaha untuk menyuguhkan komedi cerdas kepada para penggemar film-film genre komedi di seluruh negeri. Setelah menonton Bridesmaids, bisa dikatakan kalau film ini merupakan “The Hangover” versi wanita. Judd Apatow sangat cerdik dalam menampilkan komedi-komedi yang sederhana namun berhasil mengundang tawa.

Bridesmaids bercerita tentang Annie (Kristen Wiig), wanita berkepala tiga yang tengah menghadapi berbagai ujian berat dalam hidupnya. Nasib sial seakan membuntuti tiap langkah Annie, usahanya bangkurt, diusir dari apartemen, pasangan yang menjengkelkan, hubungannya dengan pria baik disabotase, benci dengan pekerjaannya di toko perhiasan, dan mobilnya yang rusak. Suatu ketika Annie meminta bantuan kepada Lilian (Maya Rudolph) untuk menajdi pengiring pengantin. Lilian yang merupakan sahabat baik Annie sejak kecil berjanji akan menjadikan pernikahan sahabatnya itu tanpa disertai kesalahan sedikitpun. Namun, keinginan ternyata berbanding terbalik dengan kenyataan, kekacauan pun terjadi saat pernkahannya.

22. Dumb and Dumber To (2014)

Dumb and Dumber To (2014)

Untuk dianggap sebagai film komedi terbaik, nampaknya Dumb and Dumber To belum layak mendapatkan predikat tersebut. Pasalnya, drama komedi yang dihasilkan oleh Peter Farrelly ini tak mampu menggugah tawa lepas dari para penontonnya. Namun walau bagaimanapun, usahanya bersama dua aktor yang memerankan tokoh di dalamnya, Jim Carrey dan Jeff Daniels, bukan berarti tak layak untuk diapresiasi.

Di balik segala kekurangannya, Dumb and Dumber To sudah terbilang berhasil sebagai sebuah suguhan yang menghibur. Dikisahkan tentang dua sahabat yang sama-sama memiliki pikiran sempit dan sepeti anak kecil dalam setiap kondisi, mereka adalah Lloyd Natal (Jim Carrey) dan Harry Dunne (Jeff Daniels). Kedua pemuda konyol ini memutuskan untuk melakukan petualangan bersama dengan tujuan mengembalikan tas milik seorang wanita bernama Mary Swanson (Lauren Holly). Perjalanan mereka ternyata tak semulus yang dikira karena tas yang mereka pegang berisikan uang tebusan yang juga diincar oleh dua penculik dari suami Mary yakni Joe Mentalino (Mike Starr) dan JP Shay (Karen Duffy).

23. American Pie (1999)

American Pie (1999)

American Pie merupakan film komedi dewasa yang menghabiskan dana sebesar $11 juta dolar dalam penggarapannya. Film ini disutradarai oleh duo sutradara bersaudara, Paul Weitz dan Chris Weitz. American Pie didistribusikan oleh Universal Studio,, rilis pada tahun 29 Huni 1999 dengan durasi tayang 95 menit. Film ini mengangkat tema tentang anak sekolah yang ada di Amerika Serikat. Meski tema yang diangkat oleh film ini terbilang tabu untuk kultur negara Indonesia, sebenarnya American Pie menyiratkan nasehat yang cukup mendalam: “Biarkanlah segala sesuatu mengalir dan indah pada waktunya”.

Cerita pada karya besutan Paul dan Chris Weitz bersaudara ini didominasi oleh tema s*ks. Diceritakan sekelompok remaja penggila s*ks yang berjanji untuk melepas keperjakaannya sebelum pesta kelulusan atau promnight. Mereka hanya memiliki waktu selama 3 minggu untuk melancarkan rencana tersebut sebelum acara pesta kelulusan terselenggara. Ternyata “misi” tersebut tidaklah semudah kelihatannya. Berbagai hambatan membuat rencana mereka sulit terlaksana, bahkan bisa dibilang kalau janji yang telah mereka ikrarkan tersebut tak bisa terlunasi.

24. Borat (2006)

Borat (2006)

Dalam deretak terakhir pada daftar film komedi terbaik yang telah Oliswel rangkum, tercatut film bertajuk Borat. Cerita pada Borat berpusat pada tokoh bernama sama dengan judulnya, Borat. Dia adalah seorang reporter dari Kazakhstan yang ditugaskan ke Amerika untuk membuat laporan yang menguntungkan negaranya. Namun, semua berjalan tak sesuai rencana ketika Borat jatuh hati dengan Pamela Anderson setelah menonton “Baywatch”.

Borat menjadi sajian komedi yang segar. Di balik kekontroversialan cerita yang diangkat oleh sang sutradara, Borat tetap mampu menghadirkan gaya cerita komedi yang berbeda. Berbagai kegilaan dihadirkan, terutama ketika sang tokoh utama menginjakkan kaki di tanah Amerika. Berbagai humor-humor satir, kasar, vulgar, dan tidak murahan menjadikan Borat sebagai film komedi cerdas yang meskipun kontrovertif, namun tetap menarik sebagai sebuah tontonan komedi.

Nilai lebih yang dimiliki oleh rata-rata film komedi terbaik adalah tema ceritanya yang memiliki banyak warna sehingga tak bosan untuk dinikmati. Dari sekian banyak judul film yang tercantum pada daftar di atas, mungkin sebagian memiliki cerita yang absurd dan bahkan hanya bisa dipahami oleh mereka yang memiliki selera humor berbeda.

Berikan Komentar