15 Film Detektif Terbaik Sepanjang Masa di Dunia

Karakter pemain yang misterius dan cerdas dengan bumbu cerita yang penuh teka-teki membuat banyak orang kecanduan untuk menonton film bertemakan detektif. Berbagai kasus yang tersaji menjadi daya tarik yang mengajak setiap pecinta film dengan genre detektif ikut serta menebak-nebak apa yang akan dilakukan oleh sang detektif atau apa yang bakal terjadi selanjutnya.

Dunia perfilman terus berkembang. Hal tersebut bisa dilihat dari produksi film tentang detektif yang mengusung beragam cerita menarik penuh misteri. Anda bisa dengan mudah menelusuri judul film detektif di Internet, akan tetapi tidak semua mengulas tentang film detektif terbaru. Oleh karena itu, pada tulisan ini Oliswel akan mengenalkan Anda beberapa judul film detektif terbaik sepanjang masa yang mempunyai cerita terkeren di dunia dan sangat laris di Indonesia.

1. SE7EN (1995)

SE7EN (1995)

Film detektif terbaik pertama adalah SE7EN yang berasal dari Amerika dan dirilis pada tahun 1995. Merupakan film bergenre psikologi thriller yang dibintangi oleh aktor kawakan Brad Pitt dan Morgan Freeman sebagai dua tokoh aktif yang berperan sebagai detektif.

Kasus pembunuhan yang terjadi dalam film detektif hollywood satu ini dilakukan oleh seseorang yang menggunakan seven deadly sins atau tujuh dosa (yang sering dilakukan) manusia sebagai modus operandinya. Mills (Brad Pitt) dan Somerset (Morgan Freeman) diturunkan oleh pihak kepolisian untuk menyelidiki dan mengusut pelaku pembunuhan yang kerap terjadi belakangan itu.

Mills sebagai detektif muda yang baru saja dipindahkan ke pusat dengan tujuan lain untuk menggantikan Somerset yang akan segera memasuki masa pensiun. Dalam proses penyelidikan, tak jarang mereka berdebat pendapat atas sebuah kasus yang sedang diselidiki. Dua kasus terakhir yang terjadi merupakan twist ending yang tidak dinyana sebelumnya oleh David Mills dan William R. Somerset.

2. The Usual Suspects (1995)

The Usual Suspects (1995)

The Usual Suspects bercerita tentang lima kawanan perampok yang melakukan aksi balas dendam atas penangkapan yang dilakukan polisi atas tuduhan pembajakan sebuah truk. Tindakan balas dendam yang mereka lakukan pertama kali adalah membuat kegemparan dengan merampok “New York’s Finest Taxi Service”.

Ceritapun bertambah semakin menarik saat mereka mendapatkan misi untuk menghancurkan kapal bermuatan heroin dari seorang penjahat kelas kakap yang misterius bernama Keyser Soze. Perintah disampaikan oleh Kobayashi sebab tidak ada seorang pun yang tahu wajah Keyser Soze. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa selain menuruti kemauan kedua penjahat tersebut, atau nyawa yang menjadi taruhannya.

Film The Usual Suspects yang pernah memenangkan Best Original Screenplay dan Best Supporting Actor ini disutradai oleh Bryan Singer yang terkenal dengan karya seri X-Men –nya tersebut. Film detektif keren yang satu ini bergenre drama kriminal yang tayang pada tahun 1995 dengan budget sekitar enam juta dolar Amerika.

3. The Silence of The Lambs (1991)

Film yang dibintangi oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins ini bisa dikatakan sebagai film detektif terbaik sepanjang masa yang tidak boleh Anda lewatkan. Film ini diadaptasi dari novel karya Thomas Harris yang menceritakan seorang psikater kanibal yang melakukan pembunuhan secara genius, Dr. Hannibal Lecter.

Pada karya fiksi yang mendapatkan piala Oscar untuk lima kategori utama ini bercerita tentang seorang wanita unggulan akademi FBI, Jodie Foster (Clarice Starling), yang memperoleh tugas dari Jack Crawford (Scott Glen) untuk mewawancarai psikiater kanibal yang tak lain adalah Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) di ruang penjara.

Crawford mengira bahwa Foster dengan paras sempurna tersebut mampu menjadi umpan untuk Dr. Lecter agar menariknya keluar. Kejeniusan dari seorang Hannibal Lecter dalam tokoh utama film yang satu ini sealu diingat oleh setiap penontonnya. Hannibal Lecter sebagai karakter utama dalam film ini mkenjadi ikonik yang menjadikan The Silence of The Lambs sebagai film detektif pembunuhan terbaik yang mengantongi segalanya yang diharapkan.

4. Rear Window (1995)

Rear Window (1995)

Rear Window adalah film yang dirancang oleh produser legendaris Alfred Hitchcock yang telah meraih nominasi Oscar untuk kelima kalinya dalam nominasi Best Director. Pada film ini, Hitchcock seakan mempermainkan sisi psikologis dan ketegangan penonton dari alur cerita yang terkandung di dalamnya.

Film detektif bagus dengan durasi 112 menit ini bercerita tentang seorang fotografer profesional L.B. “Jeff” Jeffries (James Stewart) yang mengalami patah kaki sebelah kiri sehingga membuatnya hanya duduk di kursi roda sehari-hari. Waktu yang ia gunakan selama proses pemulihan di atas kursi roda hanyalah untuk mengamati lingkungan sekitar apartemennya melalui jendela belakang.

Hingga pada suatu hari, Jeff curiga kepada salah satu tetangganya yang membunuh istrinya sendiri. Jeff pun meminta bantuan kepada istrinya, Lisa (Grace Kelly), perawat Stella (Thelma Ritter), dan temannya Thomas J. Doyle (Wendell Corey) untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan pembunuhan tersebut.

5. The Departed (2006)

The Departed (2006)

Plot yang menegangkan bisa Anda rasakan pada akhir film detektif terbaik yang satu ini. The Departed menceritakan tentang pihak kepolisian yang disibukkan untuk mengungkap jaringan mafia gelap Irlandia yang dipimpin oleh pria yang sudah sangat terkenal di dunia kriminal yaitu Frank Costello (Jack Nocholson).

Pimpinan kepolisian, Kapten Queenan (Martin Sheen) mempunyai rencana yang menurutnya mampu memukul telak Frank pada saat penangkapannya. Rencana tersebut adalah dengan memasukkan seorang anggota polisi untuk menyusup ke dalam jaringan mafia tersebut. Polisi yang terpilih untuk menyamar dan mengorek informasi sebanyak mungkin tentang bisnis gelap yang dilakukan Frank tersebut adalah Billy Costigan (Leonardo Di Caprio).

Billy yang memegang teguh prinsip keadilan tanpa ragu menerima misi tersebut. Singkat cerita, ternyata Frank telah lebih dulu memasukkan salah satu komplotannya bernama Collin Sulivan (Matt Damon) untuk berada di lingkungan kepolisian. Tak disangka, Collin Sulivan telah mendapat jabatan prestisus sehingga membuatnya lebih mudah menyerap informasi dengan akses luas berkat kepercayaan tinggi dari pihak kepolisian.

Cerita semakin seru tatkala masing-masing pihak mengetahui bahwa organisasinya telah disusupi oleh pihak lawan. Billy dan Collin yang berhasil masuk ke pihak lawan pun pada akhirnya berlomba untuk mengungkap indentitas musuhnya sebelum identitas dirinya sendiri terungkap. Dengan alur cerita yang menarik, The Departed pantas bila menyandang predikat sebagai film detektif paling seru yang tidak boleh Anda lewatkan.

6. Memento (2000)

Tragedi perampokan yang menimpa Leonard Shelby (Guy Pearce) membuat dirinya mengalami short-term memory lost. Penyakit tersebut mengakibatkan Shelby tidak mampu mengingat kejadian miris yang merenggut nyawa istri serta ingatannya tersebut. Hal tersebut dikarenakan penyakit short-term memory lost menyebabkan semua kejadian yang dilaluinya hanya sepintas saja tanpa meninggalkan bekas sedikitpun di dalam memorinya.

Meski demikian, niatan Shelby untuk melakukan balas dendam kepada pelaku kejahatan yang menerpa dirinya, kekasihnya, beserta ingatannya tersebut membuatnya bersikeras untuk mengembalikan ingatannya. Berbagai cara pun dilakukan. Tiap kali bertemu orang dan melakukan percakapan, Shelby memfoto orang tersebut dengan polaroid serta menuliskan siapa orang tersebut dan topik obrolan yang mereka lakukan.

Tindakan yang dilakukan oleh Shelby membuat seorang polisi setuju untuk membantunya. Beberapa clue perihal peristiwa perampokan yang ia alami diceritakan oleh polisi tersebut. Kemudian Leonard Shelby menato tubuhnya sendiri untuk menggambarkan clue-clue tersebut. Hal tersebut secara perlahan membuat Leonard Shelby mengumpulkan puing-puing ingatannya tentang peristiwa kelam pada malam tersebut.

7. Vertigo (1958)

Vertigo (1958)

Film besutan Alfred Hitchcock ini juga patut diacungi jempol. Ceritanya yang penuh maksud dan sedikit membingungkan akan membuat Anda berpikir berulang kali untuk mencerna maksud dari beberapa scene di dalamnya. Film Vertigo sendiri juga berhasil meraih dua kali nominasi Oscar sebagai Best Art Direction dan Best Sound.

Kisah yang dibangun dalam film detektif terbaik karya Hitchcock ini mengandung cerita romansa yang dibalut dengan psikologikal thriller yang suram. Anda tidak bisa menduga alur cerita yang ditulis oleh Alec Coppel dan Samuel A. Taylor dalam film ini. Dijamin.

Ditinggalkan oleh orang yang kita cintai dengan kematian mengerikan bisa Anda rasakan setelah menonton Vertigo. Bahkan, “tayangan” kematian yang disaksikan secara nyata oleh pemeran utama dalam film ini, John Scottie Ferguson (James Stewart), berlangsung dua kali!

Tentunya, Vertigo tergolong film detektif terbaik yang melibatkan sisi psikologis setiap orang yang hendak menontonnya. Peristiwa tragis yang terjadi di dalam film Vertigo akan membuat Anda tak mampu membayangkan bila Anda sendiri yang mengalaminya.

8. L.A. Confidential (1997)

L.A. Confidential (1997)

Rangkaian cerita dalam film berdurasi 137 menit ini memperoleh Oscar dan Golden Globe untuk Kim Basinger dalam nominasi aktris supporting role terbaik. Anda yang suka dengan film bertemakan kriminal patut menyaksikan L.A. Confidential dengan perhatian serius.

L.A. Confidential membawakan kisah tentang tiga orang polisi yang tergabung dalam kesatuan L.A. Police Department. Ketiga polisi tersebut adalah Bud White (Russel Crowe), Jack Vincennes (Kevin Spacey), dan Edmund Exley (Guy Pearce). Masing-masing polisi tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok dalam hal kepribadian.

White adalah polisi senior yang temperamental, Jac adalah polisi spesialis selebriti Hollywood, dan Edmund polisi “golden boy” yang ambisius. Cerita mereka bertiga akan kelihatan disaat menginvestigasi kasus penembakan yang terjadi di kedai kopi di pusat kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Investigasi tersebut berjalan cukup rumit. Pasalnya, kasus penembakan tersebut melibatkan banyak pihak, termasuk beberapa pihak dari kepolisian L.A. itu sendiri. Dalam proses tersebut, seorang PSK yang mirip artis Hollywood bernama Lynn Bracken (Kim Basinger) juga dilibatkan. Lynn memberi pengaruh terhadap kisah segitiga antara dirinya, White, dan Edmund.

Dalam bagian akhir, L.A. Confidential memberikan kejutan kepada penontonnya. Akting masing-masing aktor yang berlaga memainkan peran sebagai polisi sangat menarik untuk diikuti. Ditambah dengan bumbu kisah segitiga dengan PSK cantik Lynn Bracken. Film detektif terbaik yang disusun oleh Jerry Goldsmith ini patut Anda jadikan daftar film kesukaan yang tidak boleh luput dari disk basket.

9. Fargo (1996)

Fargo (1996)

Film bergenre drama komedi Fargo dirilis pada tahun 1996. Film yang disutradai oleh Joel Coen dan Ethan Coen ini merupakan film detektif terbaik di dunia yang perlu Anda saksikan saat waktu luang. Fargo sendiri merupakan latar tempat pada film ini yang berada di wilayah Minnesot.

Fargo sendiri mengangkat cerita yang kurang masuk akal. Bagaimana tidak, pemeran utama dalam film ini, Jerry Lundegaard (William H. Macy), terpaksa menculik istrinya sediri, Jean (Kristin Rudrud) dikarenakan krisis keuangan yang menimpa keluarganya.

Peran Jerry dalam aksi tersebut hanyalah orang yang memberi perintah. Sedangkan eksekutornya adalah dua orang penjahat bayaran bernama Carl (Steve Buscemi) dan Gaear (Peter Stormare) yang disewa oleh Jerry. Mereka disuruh oleh Jerry utnuk menculik Jean dan meminta uang tebusan dari orang tua Jean (mertua Jerry) yang kaya raya.

Namun tidak diduga, aksi mereka tercium oleh pihak kepolisian. Hal tersebut dikarenakan niat awal mereka yang hanya melakukan penyanderaan biasa justru memakan dua orang korban yang tidak bersalah. Alhasil, seorang polisi perempuan bernama Marge Gundeson (Frances McDormand) mengambil andil dalam kasus tersebut. Marge melakukan pengejaran dan penyelidikan pada kedua penjahat tersebut dan tentunya tak luput menjadikan Jerry sebagai pusat sasaran dikarenakan ide penculikan tersebut berasal darinya.

10. The Maltese Falcon (1941)

The Maltese Falcon (1941)

The Maltese Falcon adalah film klasik yang menjadi gerbang kepopolueran genre film noir di Barat pada periode 1940 – 1950 an. Dengan tata sinema hitam bercampur suasana kelam dan skenario yang kebanyakan berurusan dengan kriminalitas, menjadi ciri khas yang dipegang oleh film bergenre tersebut.

The Maltese Falcon yang mempunyai durasi 101 menit ini akan membuat setiap penonton kebingungan menebak jalinan ceritanya. Cerita bermula di sebuah kantor detektif swasta yang dikelola oleh Sam Spade (Humprey Bogart) dan Miles Archer.

Pada satu hari, datanglah seorang klien wanita (Mary Astor) yang meminta tolong kepada Sam Spade untuk menyelidiki seorang pria yang telah membawa lari adiknya. Persetujuan terjadi, Sam menyuruh Miles yang melakukan penyelidikan si target.

Tanpa disangka, Miles dan si target justru terbunuh secara misterius. Tragedi tersebut menyebabkan Sam diselidiki oleh polisi. Kemudian Sam meminta penjelasan dari kliennya tersebut. Terjadi hal yang mengejutkan, ternyata wanita tersebut berbohong perihal identitasnya.

Kepelikan alur cerita bertambah tatkala datang seorang bernama Cairo yang meminta Sam mencari sebuah patung burung bersejarah peninggalan Kerajaan Spanyol abad ke-16, The Maltese Falcon. Dalam proses pencarian, Sam berurusan dengan komplotan pemburu penuh trik dan intrik sembari mengetahui siapa dalang di balik pembunuhan rekannya tersebut.

11. Shutter Island (2010)

Shutter Island (2010)

Akan lebih seru tentunya bila Anda menyaksikan film detektif terbaik dengan alur cerita yang sangat membingungkan dan sulit ditebak. Kriteria film seperti itu dimiliki oleh Shutter Island. Sebelum menontonnya, pastikan Anda tidak perlu terjun untuk berusaha menguasai inti cerita yang sedang dimainkan. Tindakan tersebut justru hanya memutar otak Anda.

Shutter Island sendiri merupakan pulau terpencil yang hanya bisa ditempuh dengan kapal laut. Di pulau tersebut ada Rumah Sakit Jiwa yang dikelola oleh pemerintah. Di dalamnya banyak pasien-pasien gila dengan tingkah laku yang aneh, serta bangsal-bangsal untuk pasien di dalam RSJ tersebut.

Edward “Teddy” Daniels (Leonardo Di Caprio) seorang detektif pria mendapatkan misi untuk menemukan pasien bernama Rachel Solando. Rachel adalah seorang duda yang telah ditinggalkan istrinya karena meninggal akibat kebakaran. Rachel merupakan mantan marinir angkatan darat yang mempunyai kemampuan mengingat wajah tingkat tinggi.

Pada film ini, Teddy mengalami dejavu atau bahasa awamnya adalah pernah merasakan atau pernah melihat sebelumnya. Teddy juga digambarkan mempunyai kepribadian ganda, antara dirinya di masa lalu dan masa sekarang. Rasa cinta yang besar kepada istrinya menjadikan pola pikir Teddy terganggu dan dia sendiri tidak yakin pada dirinya sendiri. Cerita menjadi lebih menarik tatkala Anda mengetahui bahwa semua itu adalah fiktif yang dirancang oleh seorang pasien. Silakan tonton sendiri untuk menguji kemampuan Anda menebak akhir cerita dari film yang satu ini.

12. Mystic River (2003)

Mystic River (2003)

Film yang menceritakan kisah persahabatan tiga orang remaja terangkai dengan apik dalam Mystic River. Jim, Sean, dan Dave adalah tiga orang remaja yang sering menghabiskan waktu bersama karena rumah mereka yang berdekatan. Suatu kali terjadi hujan salju yang lebat di tempat mereka. Ketiga remaja tersebut memutuskan untuk bermain di bawah hujan salju.

Di tengah serunya mereka bermain, muncul ide iseng dari salah satu mereka ketika melihat semen yang masih basah di jalan. Seperti kebanyakan anak lain, mereka menuliskan nama masing-masing sebagai tanda bahwa jalan tersebut adalah milik mereka.

Aksi tersebut tanpa dikira mengundang perhatian sepasang polisi. Kedua polisi itu menghampiri mereka dan mengatakan kalau apa yang baru saja mereka lakukan dianggap sebagai tindakan kriminal. Jim, Sean, dan Dave akhirnya dimasukkan ke mobil polisi dan dibawa ke suatu tempat.

Sialnya, dua orang tersebut hanya polisi gadungan. Mereka berdua adalah pedofil yang sedang mencari mangsa untuk dijadikan sasaran hawa nafsunya. Ketiga remaja tersebut disekap dan mendapatkan tindakan pelecehan seksual dari kedua polisi gadungan tersebut. Selang empat hari kemudian, mereka bertiga berhasil kabur dari penyekapan tersebut.

Kisah persahabatan mereka pun memudar pasca kejadian yang menimpa masing-masing remaja tersebut. Ketiga remaja tersebut melanjutkan hidupnya masing-masing hingga dewasa. Sampai suatu waktu, seorang putri dari Jim ditemukan tewas terkubur di sebuah taman. Jim mengandalkan polisi dan dirinya sendiri untuk melakukan penyelidikan.

Sementara Dave yang berprofesi sebagai detektif mendapatkan tugas untuk mencari tahu kasus kematian yang dialami seorang wanita yang ternyata anak dari sahabat kecilnya itu. Kasus tersebut pada akhirnya mempertemukan mereka bertiga kembali setelah lama berpisah. Ketiganya kembali mengingat peristiwa yang menimpa mereka di masa lalu.

13. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Reputasi dari Mikael Blomkvist (Daniel Craig), seorang co-owner sebuah majalah Millenium hancur akibat kalah dan dinyatakan bersalah oleh pengadilan saat melawan pebisnis korup bernama Hans-Erik Wennerstrom (Ulf Driberg). Kondisi memilukan yang menimpa Mikael ini juga menyebabkan tabungan yang telah disimpannya lenyap seketika. Tak berhenti sampai di situ, Mikael juga menemui kekasihnya yang juga seorang co-owner Millennium lainnya untuk menyatakan keinginannya undur diri.

Film detektif barat terbaik The Girl with Dragon Tattoo diproduksi pada tahun 2011 dengan genre thriller misteri. Film yang disutradarai oleh David Fincher ini merupakan film adaptasi novel yang berjudul sama karya Stieg Larsson. Penulis skenario film ini adalah Steven Zaillian. Menurut banyak orang, The Girl with the Dragon Tatto termasuk hiburan visual yang mampu membangkitkan rasa penasaran setiap penontonnya.

14. Sherlock Holmes

Sherlock Holmes

Setiap seri ataupun sekuel film ini tak luput dari penyelidikan yang cerdas dan teliti dari seorang Sherlock. Bintang utama dalam film ini adalah Robert Downey Jr. sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law yang berperan sebagai Dr. Watson, sahabat serta rekannya yang mempunyai karakter dewasa dan penuh wibawa.

Sherlock Holmes sangat pintar dan ahli dalam menumpas berbagai kasus “misterius”. Kemampuannya untuk mengungkap setiap kasus hampir tak pernah gagal. Pada beberapa adegan bisa terlihat bagaimana seorang Sherlock mampu bersikap tenang dan seakan polos tiap kali melakukan investigasi di lapangan. Hanya satu kata yang bisa mendeskripsikan pada film detektif lucu ini: Brilliant!.

15. Dirty Harry (1976)

Dirty Harry (1976)

Dirty Harry merupakan film detektif terbaik sepanjang masa yang laris ditonton hingga sekarang. Clint Eastwood yang berperan sebagai Harry Callahan, seorang inspektur polisi, diberi tugas untuk menangkap pelaku pembunuhan berantai yang dikenal dengan sebutan “The Scorpio Killer”.

Aksi pembunuhan yang dilakukan oleh “The Scorpio Killer” membuat walikota dipenuhi rasa cemas dan khawatir disaat dirinya mendapat ancaman dari pembunuh maniac ini. Bilamana ia tidak memberikan sejumlah uang pada si Scorpio Killer, maka daftar orang yang hendak dibunuhnya akan semakin banyak.

Hal menarik yang disajikan oleh sang sutradara adalah cara unik dalam menciptakan rasa tegang penontonnya. Film Dirty Harry sangat direkomendasikan untuk Anda penyuka serial James Bond atau film bertemakan kriminal dengan sentuhan noir yang pas di dalamnya.

Itulah daftar film detektif terbaik yang bisa menjadi daftar tontonan Anda di waktu senggang bersama teman, keluarga, ataupun kekasih. Jika Anda mempunyai rekomendasi film dengan tema mata-mata yang belum disebutkan, jangan sungkan untuk menuliskannya lewat kotak komentar! 😀

Berikan Komentar