17 Film Christian Bale Terbaik Selain Trilogi Batman

Tak bisa disangkal kalau trilogi The Dark Knight menjadi pemicu dari kepopuleran aktor utamanya, Christian Bale. Bale yang tergolong sukses dalam memerankan karakter Batman yang mana filmnya bergerak di bawah arahan Chirstopher Nolan itu menembus box office dengan keuntungan yang tak sedikit.

Selain trilogi Batman, aktor kebangsaan Inggris ini juga pernah meraih kesuksesan dalam film-film lain yang turut dibintanginya. Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui kemampuan aktingnya yang luar biasa dari The Dark Knight yang rilis pada 2008. Padahal, daftar film Christian Bale terbaik rangkuman Oliswel.com berikut ini juga membuktikan kalau Bale layak dianggap sebagai aktor papan atas perfilman barat.

1. The Prestige (2006)

Film Christian Bale Terbaik The Prestige (2006)

Sebelum menuai banyak penghargaan, pujian, serta tanggapan dari The Dark Knight, Bale sudah pernah berkolaborasi dengan Nolan di tahun 2006 dalam The Prestige. Bisa dibilang kalau The Prestige merupakan jenis film dengan ensemble cast yang patut ditonton semua orang. Selain Bale, The Prestige juga turut diramaikan oleh aktor kenamaan lain seperti Hugh Jackman.

The Prestige memotret persaingan yang terjadi antara dua orang pesulap. Pesulap pertama bernama Robert Angier yang diperankan oleh Jackman, sedangkan pesulap saingannya tentu dibintangi oleh Bale yang bernama Alfred Borden. Angier dan Borden adalah pesulap kenamaan di kota London yang bersaing ketat untuk menunjukkan trik sulap siapa yang lebih keren dan mereka juga tak segan untuk saling menjatuhkan demi menjadi pesulap terbaik pada masa itu.

2. The Fighter (2010)

The Fighter (2010)

Tak hanya dibekali dengan wajah yang berkarakter, Bale juga menyukai kegiatan olahraga sehingga menjadikan bentuk badannya sangat cocok digunakan untuk berlaga dalam film aksi. Seperti The Fighter, film Christian Bale terbaik yang digawangi oleh David O. Russell ini menjadi satu film yang sukses dibintanginya. Bahkan, lewat The Fighter lah Bale bisa menemani Joker memegang piala Oscar untuk Best Actor in Supporting Role.

The Fighter berangkat dari kisah nyata seorang petinju legendaris kontemporer bernama Micky Ward yang dilatih oleh kakanya sendiri, Dicky Eklund. Bale mendapatkan perannya sebagai Dicky Eklund yang mendapat julukan “Pride of the Lowell” karena telah membungkam mulut petinju handal Sugar Ray Leonard. Permasalahannya, Dicky harus kehilangan popularitasnya akibat ulahnya sendiri dan karena itu pula dia mulai memperhatikan adiknya, Micky, serta membantunya menjadi petinju kelas dunia.

3. The Big Short (2015)

Pada periode 2000an pernah terjadi krisis ekonomi dan gelembung keuangan yang mengakibatkan Amerika Serikat sekarat. Banyak orang yang harus menjual rumahnya agar bisa meneruskan hidup. Itulah tema yang diangkat oleh film yang dibintangi Christian Bale ini. The Big Short tidak menyorot satu tokoh utama, melainkan empat orang di mana Bale menjadi salah satunya sebagai Dr. Michael Burry, seorang ahli saraf yang menjadi manajer dana lindung.

Burry yang paham banyak akan ilmu ekonomi memprediksi kalau bisnis properti yang hendak dijalankan ketika Wall Street sedang mengadopsi sistem Subprime Mortgage Bonds akan mengalami kegagalan besar dan kerugian dari obligasi kredit rumah. Oleh karenanya, Burry justru melakukan swapping dengan cara menjual semua saham di bidang properti yang kemudian diikuti langkahnya oleh dua investor muda, Charlie Geller dan Jamie Shipley.

4. Empire of the Sun (1987)

Empire of the Sun (1987)

Sutradara legendaris Hollywood, Steven Spielberg, tak hanya menggandeng aktor-aktor papan atas seperti Tom Cruise, Tom Hanks, ataupun Leonardo DiCaprio untuk mengisi peran tokoh pada proyeknya. Di tahun 1987, Spielberg ternyata mengajak Bale untuk membintangi Empire of the Sun yang menyorot kejamnya Perang Pasifik dari mata seorang bocah polos yang kemudian mengetahui banyak hal.

Bale memerankan tokoh utama pada Empire of the Sun saat usianya masih sangat-sangat muda dan berperawakan bocah. Lahir di tanah Inggris membuat Bale diberi kesempatan untuk bermain sebagai James Graham, bocah kelahiran Inggris yang tinggal sebagai ekspatriat di Cina. Saat terjadi Perang Pasifik, James mulai belajar banyak hal, di mulai dari tamparan pengasuhnya, hidup di jalanan, kehabisan bahan makanan, dan banyak lagi lainnya hingga kemudian James berganti nama menjadi Jim yang bisa bisa dengan cepat beradaptasi dengan keadaan.

5. The Machinist (2004)

The Machinist (2004)

Mungkin hanya totalitas dan kecintaan terhadap dunia panggung yang membuat Bale rela menurunkan berat badannya sebanyak 28 kg dalam waktu 4 bulan hanya untuk tampil dalam film garapan Revor Reznik ini. The Machinist menyorot kehidupan Revor, pengidap insomnia akut yang karenanya menjadikan tubuh Revor sangat kurus dan bahkan hampir menyerupai tengkorak.

Revor yang tersiksa dengan insomnia kronisnya itu hanya bisa “terhibur” dengan menyewa Stevie, yang kemudian menjadi satu-satunya pelarian Revor. Kehidupan Revor yang membosankan dan suram kemudian mengantarkannya pada serentetan peristiwa misterius yang mengharuskannya menemukan seseorang bernama Ivan. Dalam menemukan Ivan, Revor rela melakukan berbagai hal, bahkan hingga dirinya ditabrak mobil polisi sekali pun hanya untuk mengetahui plat nomor mobil polisi itu.

6. 3:10 to Yuma (2007)

Baik dan buruk itu berbeda tipis dan setiap orang pasti punya kedua sisi itu. Mungkin itulah premis yang ingin disampaikan oleh 3:10 to Yuma. Selain aktor kenamaan Bale, 3:10 to Yuma juga menampilkan Russell Crowe sebagai lawan main Bale. 3:10 to Yuma tergolong film Christian Bale terbaik karena sempat dimasukkan ke dalam tiga nominasi Academy Award dalam Best Achievement in Sound, Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, dan Original Score.

3:10 to Yuma mengambil latar tahun 1800 di Arizona yang langsung menyorot kelompok penjahat terkenal yang mana pimpinannya, Ben Wade (Crowe), tertangkap. Seorang petani bernama Dan Evans (Bale) menawarkan diri untuk mengantarkan Wade ke “3:10 to Yuma”, sebuah kereta api yang membawa para penjahat ke pengadilan. Di perjalanan, Wade dan Evans saling mengenal yang membuat perjalanan tersebut dipenuhi oleh bahaya dan takdir yang mustahil bagi keduanya.

7. American Psycho (2000)

American Psycho (2000)

Bagaimana jadinya jika karakter Bale sebagai Batman yang heroik harus diputar 180 derajat? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menengok film yang diperankan Christian Bale berjudul American Psycho. Sebagaimana judulnya, sudah pasti film garapan Mary Harron ini menyajikan adegan-adegan pembunuhan sadis yang dilakukan oleh psikopat yang mana Bale sendiri yang menjadi sosok psikopatnya.

Apa yang menarik dari American Psycho terletak dari peramuan plot dan karakternya. Bale yang berperan sebagai Patrick Bateman merupakan sosok pria rupawan, kaya raya, memegang jabatan tinggi, dan gampang bergaul dengan banyak orang. Tapi seperti yang disampaikan oleh 3:10 to Yuma, setiap orang pasti punya sisi putih dan hitam. Begitupun dengan Bateman, di balik kesempurnaannya, tak ada yang tahu kalau dia mempunyai sifat munafik, tamak, obsesif, dan selalu perfeksionis. Dalam sekejap, Bateman juga bisa menjadi karakter psikopat yang menakutkan.

8. The Flowers of War (2011)

The Flowers of War (2011)

Film yang dimainkan Christian Bale ini seakan menjadi nafas baru bagi film yang mengambil tema peperangan. Jika selama ini film bertema perang hanya menonjolkan rasa takut, bimbang, dan kerinduan pada keluarga yang dialami oleh para prajurit, maka The Flowers of War mengeksplorasi sisi lain yang dialami oleh kaum hawa, yang selain menghadapi ketakutan sang penjajah, juga harus berlindung dari keinginan para prajurit yang ingin memerkosa mereka.

Menyinggung soal Bale, dia mendapatkan peran sebagai pengusaha pemakaman bernama John Miller yang “terjebak” di gereja di Jepang yang Nanking pada tahun 1937. Di luar perhitungan Miller, dia yang awalnya ke sana hanya untuk menguburkan pastur gereja justru harus melindungi wanita-wanita China yang mencari perlindungan padanya agar tidak diperkosa oleh tentara-tentara Jepang yang kejam.

9. Equilibrium (2002)

Equilibrium (2002)

Untuk yang satu ini, Bale merasa begitu tertarik dengan apa yang coba diangkat dan disampaikan. Equilibrium dihadirkan sebagai bentuk kritikan kepada doktrin agama ataupun keinginan manusia untuk mencapai kemashlatan tapi dengan melakukan pemaksaan kehendak agar segalanya harus satu dan seragam. Temanya memang berat, tapi ini merupakan film yang perlu disaksikan oleh semua orang.

Equilibrium memulai kisahnya di tengah pemerintahan yang dibentuk setelah terjadinya perang dunia ketiga dengan penegak hukum bernama John Preston. Tak ingin perang terjadi (lagi), pemerintahan distopia itu pun melarang setiap orang mencurahkan seni dan perasaan dalam kehidupan karena menurutnya, seni dan perasaan bisa memicu peperangan. Tapi di luar kekuasaan mereka, fitrah yang Tuhan berikan kepada setiap manusia tidaklah bisa untuk ditolak.

10. American Hustle (2013)

American Hustle (2013)

Seiringan dengan tiga tahun berlalunya The Fighter, David O. Russell kembali meluncurkan American Hustle yang juga dibintangi oleh pemeran pendukung pada film The Fighter, siapa lagi kalau bukan Christian Bale. Film ini berdasarkan kisah operasi ABSCAM FBI pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Selain Bale, American Hustle juga diramaikan oleh aktor fasih berbahasa Italia Bradley Cooper dan aktris cantik Amy Adams.

Bale dan Adams dikisahkan menjadi penipu ulung sekaligus rekan yang mempunyai hubungan lebih. Di tengah-tengah aksinya, Bale harus dihentikan oleh agen FBI yang diperankan oleh Cooper. Tak ingin berurusan dengan penjara, Bale dan Adams terpaksa menerima keinginan Cooper untuk membantunya melakukan operasi penjebakan terhadap wali kota Camden, New Jersey yang bernama Carmine Polito.

11. Rescue Dawn (2006)
🌟 7.3/10

 

12. All the Little Animals (1998)
🌟 7.1/10

 

13. Newsies (1992)
🌟 7.0/10

 

14. Public Enemies (2009)
🌟 7.0/10

 

15. I’m Not There. (2007)
🌟 7.0/10

 

16. Harsh Times (2005)
🌟 6.9/10

 

17. Out of the Furnace (2013)
🌟 6.8/10

 

Itulah film Christian Bale terbaik yang pernah dia bintangi selama berkarir dalam dunia film sejak tahun 1986. Sebagai aktor berwajah keras dan berbadan atletis, Bale memang lebih cocok untuk memerankan karakter-karakter kuat dalam film-film laga, meskipun jenis film semisal drama pun juga bisa ditampilkan dengan baik olehnya.

Berikan Komentar