20 Film Animasi Terbaik Di Dunia Sepanjang Masa

20 Film Animasi Terbaik Di Dunia – Teknologi grafis yang semakin maju karena makin berkembangnya komputerisasi membuat banyaknya film animasi berkualitas baik yang bermunculan.

Terutama dalam hal tampilan animasi pada film yang semakin unik dan kreatif.

Lihat juga 20 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film animasi akhirnya mulai mendapatkan tempatnya dan bahkan disejajarkan dengan film genre lainnya. Berikut ini merupakan 20 film animasi terbaik yang bisa kamu tonton bersama dengan keluarga.

Daftar 20 film animasi terbaik

Perkembangan film animasi di dunia kian pesat. Bahkan genre ini sudah disejajarkan dengan genre film lain. Salah satu alasannya karena beberapa film animasi menghasilkan penghasilan yang cukup tinggi dan bahkan masuk dalam 10 besar film terlaris sepanjang masa. Seperti Frozen dan Toy Story 3.

Berikut ini adalah daftar 20 film animasi terbaik, yaitu:

Spirited Away (2001) Rating 8,6

Film ini bercerita tentang Chihiro, seorang anak perempuan yang terjebak di dunia arwah. Dia sedang berusaha menyelamatkan ayah dan ibunya yang berubah menjadi babi karena memakan makanan untuk siluman. Chihiro dibantu oleh seekor naga baik bernama Haku agar bisa menyelamatkan dirinya dan orang tuanya.

Film ini juga berhasil memenangkan piala Oscar karena kepiawaian Hayao Miyazaki dalam meramu cerita dan beberapa pesan moralnya.

The Lion King (1994) Rating 8,5

Film ini menceritakan perjuangan seekor singa bernama Simba untuk kembali merebut tahta dari Scar, adik ayahnya. Film ini sangat dipuji karena kematangan ceritanya. Ending dari film ini bisa menjadi sebuah pelajaran. Simba yang seharusnya membalas kematian ayahnya justru tidak membunuh Scar dalam pertarungan. Karena bagi Simba, kemenangan dengan membalas dendam bukan penyelesaian yang terbaik.

Wall E (2008) Rating 8,4

Film ini mengambil latar masa depan saat bumi sudah ditinggalkan manusia akibat kerusakan lingkungan. Sebuah robot yang bertugas mengumpulkan limbah bernama Wall-E secara tidak sengaja memulai perjalanan ke ruang angkasa dan bisa menentukan nasib umat manusia.

Up (2009) Rating 8,3

Film ini berhak masuk dalam 20 film animasi terbaik. Film ini menceritakan tentang seorang kakek tua yang bernama Carl Fredicksen yang sudah berusia 78 tahun untuk menggapai impian seumur hidupnya. Dia menerbangkan rumahnya dengan balon ke Amerika Selatan. Namun Carl menemukan seorang anak bernama Russell yang menjadi penumpang gelap dalam perjalanan tersebut.

Toy Story (1995) Rating 8,3

Film ini merupakan masterpiece dari Pixar Studio. Mengisahkan tentang kehidupan dalam dunia mainan, yaitu sebuah boneka koboi bernama Woody yang merasa cemburu karena kehadiran mainan angkasawan baru. Woody menganggap dirinya sebagai mainan paling top bagi pemiliknya, yaitu Andy.

Toy story 3 (2010) Rating 8,3

Film ketiga dari frachise toy story. Film ini mengisahkan tentang nasib para mainan yang mulai ditinggalkan oleh Andy karena bersiap-siap berangkat ke kampus. Mainan-mainan itu tidak sengaja keluar dari dus tempat penitipan menuju ke tong sampah. Mereka akhirnya berujung pada pusat penitipan. Sayangnya, mereka ditempatkan ke anak-anak yang tidak terkendali. Dan membuat Woody dan kawan-kawan berencana untuk melarikan diri.

Inside Out (2015) Rating 8,3

Salah satu dari 20 film animasi terbaik dengan genre fantasi. Mengisahkan tentang seorang anak bernama Riley yang pindah dari tempat asalnya. Emosinya yaitu senang, takut, marah, jijik dan sedih saling bertentangan satu sama lain.

Zootopia (2016) Rating 8,2

Mengisahkan tentang kota metropolitan berisi para hewan. Seekor kelinci yang merupakan polisi baru harus bekerja sama dengan rubah penipu untuk menyelesaikan sebuah kasus yang melibatkan petinggi dari kota tersebut.

How to train your dragon (2010) Rating 8,2

Film ini menceritakan seorang anak muda dari kepala desa Berg, sebuah desa yang memusuhi naga. Ketidakmampuan fisiknya untuk bertarung melawan naga akhirnya membuatnya justru berteman dengan naga setelah ia menyelamatkan seekor naga muda yang terdampar di sebuah danau dan kehilangan sayap belakangnya.

Finding Nemo (2003) Rating 8,1

Bercerita tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang sangat hati-hati dalam menjaga anaknya. Saat Nemo berenang terlalu dekat ke permukaan, dia ditangkap seorang penyelam. Marlin akhirnya harus menyelamatkan Nemo ditemani seekor ikan karang biru bernama Dory yang pelupa karena memiliki memori jangka pendek.

Monster Inc. (2001) Rating 8,1

Monster inc adalah film yang menceritakan kehidupan para monster yang bertugas menakuti anak kecil. Uniknya, para monster juga takut kepada anak kecil tersebut.

The Incredibles (2004) Rating 8,0

Salah satu dari 20 film animasi terbaik ini bercerita tentang keluarga superhero. Bob dan istrinya Helen mereka adalah superhero. Namun 15 tahun kemudian mereka harus menjalani kehidupan normal bersama ketiga anak mereka.

Ratatouille (2007) Rating 8,0

Film ini bersetting kota Paris yang mengisahkan seekor tikus bernama Remy yang ingin menjadi koki Perancis. Ia terdampar di sebuah restoran yang didirikan koki prancis ternama, yaitu Auguste Guisteau. Ia kemudian bekerja sama dengan anak koki tersebut untuk menciptakan makanan terbaik.

Shrek (2001) Rating 7,9

Film ini diadaptasi dari sebuah buku dongeng bergambar dengan judul sama. Film ini juga memenangkan Oscar untuk film animasi terbaik pada 2001.

Big Hero 6 (2014) Rating 7,9

Mengisahkan tentang seorang robotik, Hiro. Teman terdekat Hiro adalah Baymaxx, robot yang tujuan dibuatnya adalah untuk merawat orang. Namun dia mengubah Hiro dan teman-temannya yang lain menjadi pahlawan berteknologi tinggi.

How to train your dragon 2 (2014) Rating 7,9

Film sekuel dari film berjudul sama. Film ini masih menceritakan tentang Pulau Berg dan anak kepala desa. Fim ini juga sukses memenangkan film animasi terbaik dan lagu orisinil terbaik pada Academy Oscar ke 83.

Wreck it Ralph (2012) Rating 7,8

Menceritakan tentang kehidupan para tokoh game yang ada dalam video game arcade. Masalah muncul ketika ada tokoh video game yang melawan sistem untuk menguasai seluruh game arcade. Film ini mengambil beberapa tokoh game asli, seperti Pacman, Sonic atau Street Fighter.

Tangled (2010) Rating 7,8

Film ini mengadaptasi kisah Rapunzel namun dikemas menjadi lebih menarik. Tangled banyak dipuji dan mampu menyajikan sosok Rapunzel yang menarik untuk ditonton.

Despicable Me (2010) Rating 7,7

Film ini menyajikan komedi yang bisa membuat kamu tertawa. Film ini juga menjadi populer karena kehadiran minions kuning yang sangat konyol. Pada akhirnya para minion ini memiliki film mereka sendiri yang berjudul Minions.

Frozen (2013) Rating 7,6

Film ini bercerita mengenai dua orang kakak beradik yaitu Ana dan Elsa. Elsa yang memiliki sebuah kekuatan akhirnya berniat menjauh karena khawatir akan keselamatan Ana. Namun karena ikatan persaudaraan mereka, mereka bisa hidup bersama kembali.

Itulah 20 film animasi terbaik yang bisa kamu tonton bersama dengan keluarga, mungkin sebagian dari daftar film animasi diatas sudah anda tonton dan menurut kalian manakah yang terbaik. Jika kalian punya punya film animasi terbaik yang lainnya bisa dituliskan dikolom komentar dibawah ini.

Berikan Komentar