21+ Anime Romance Terbaik Paling Bagus & Menyentuh

Jepang memang tak pernah bosan untuk memproduksi anime dengan mengangkat berbagai genre yang kemudian menjadi buah bibir banyak penyuka anime di berbagai negara, termasuk Indonesia. Seperti anime romance atau anime romantis yang hingga sekarang masih terus bermunculan dengan ragam tema, kisah, atau cerita yang kemudian dibalut oleh unsur-unsur menarik lainnya sehingga menimbulkan daya magnet tersendiri yang sangat sulit dilewatkan.

Mulai dari yang bikin sedih, ketawa, tersenyum manis, dan kesal pun semua ada. Apabila Anda mengaku sebagai anime lovers atau otaku, sepertinya perlu untuk menonton puluhan anime yang akan Oliswel tampilkan berikut ini. Daftar anime romance yang akan disebutkan berikut merupakan anime romance terpopuler dan terlaris sejak era 90-an, beberapa dekade, hingga sekarang. Apa saja? Yuk, langsung dilihat daftarnya.

1. Clannad After Story (2008)

Anime Romance Terbaik Clannad After Story (2008)

Clannad merupakan anime romance terbaik yang mempunyai dua season. Untuk season pertama, menurut banyak orang ceritanya menarik, tapi terlalu lambat sehingga membosankan. Clannad First Story, season pertamanya, bercerita tentang Okazaki Tomoyo dan Nagisa Furuka yang mempunyai latar belakang berbeda. Pertemuan pertama antara Okazaki dan Nagisa terjadi di tengah-tengah bukit menjadi kisah pembuka yang manis di antara mereka.

Sejak pertemuannya, banyak perubahan yang terjadi di antara keduanya. Okazaki yang pemalas, mulai sering mengisi waktunya untuk hal-hal bermanfaat. Sedangkan Nagisa yang seharusnya sudah lulus, mendirikan ekstrakurikuler drama sendiri karena ekstrakurikuler tersebut dibubarkan akibat kekurangan anggota. Semenjak itu, Okazaki dan Nagisa semakin sering bertemu dan mengukir kisahnya tebal-tebal. Hingga di Clannad After Story, keduanya memutuskan untuk berkomitmen satu sama lain.

Pada episode-episode pertengahan, Clannad After Story menampilkan hubungan romantis antara Okazaki dan Nagisa. Hingga suatu ketika, terjadi sesuatu yang membuat Okazaki putus asa. Hidupnya berantakan selama 5 tahun dikarenakan rasa sakit yang sulit pudar di dalam hatinya. Namun, pada akhir bagian, Clannad After Story menutup kisahnya dengan sangat baik dan penonton akan dibuat kesal –sekaligus tersenyum-senyum- sendiri.

2. 5 Centimeters Per Second (2007)

5 Centimeters Per Second (2007)

Jika ingin menyaksikan anime romance terbaik dengan ending yang berbeda, 5 CM Per Second adalah pilihan yang paling tepat. 5 CM Per Second, yang secara filosofis bermakna kecepatan jatuhnya daun sakura, disebut-sebut sebagai anime yang bergenre romantis yang menyentuh. Anime ini dipotong menjadi 3 chapter, mengisahkan tentang hubungan antara dua remaja ababil.

Dalam 5 CM Per Second terdapat berbagai unsur percintaan, mulai dari cinta pandangan pertama, hubungan jarak jauh, dan cinta yang tak terbalas. Kalau diperhatikan, kisah percintaan yang diangkat oleh anime romance yang bikin nangis ini sangat melekat dengan kehidupan remaja-remaja masa kini. Jadi, sudah siap untuk menonton anime romance yang bikin sedih dan nyesek ini?

5 CM Per Second secara umum mengisahkan tentang hubungan dua remaja. Mereka adalah Tohno Takaki dan Shinohara Akari, dua sejoli yang sudah dekat sejak kecil. Hubungan keduanya dipisahkan oleh jarak. Tidak seperti zaman sekarang yang kangen sedikit tinggal SMS, telepon, BBM, dan komunikasi maya lainnya. Jarak yang memisahkan mereka benar-benar menyelipkan kerinduan yang tak terbendung satu sama lain.

Pada chapter terakhir, 5 CM Per Second akan membuat emosi penontonnya seakan diombang-ambing oleh ombak. Belum lagi ditambah dengan scoring music yang begitu pas, kisah akhir percintaan mereka terasa menjadi lebih dramatis. Bagi yang tertarik untuk menontonnya, lebih baik siapkan kertas tisu karena film anime romance buatan Makoto Shinkai ini akan memberikan “kejutan luar biasa” yang tak sesuai dengan ekspetasi para penontonnya.

3. Toradora! (2008)

Toradora! juga perlu dimasukkan ke dalam daftar anime romance terbaik sepanjang masa. Sebenarnya Toradora! bukan hanya mengusung genre romance, tetapi juga comedy. Jadi bisa dibilang kalau Toradora! adalah anime romance comedy yang cukup populer. Seperti kebanyakan anime, Toradora! juga mengambil setting di masa-masa SMA yang identik dengan fase pencarian jati diri.

Toradora! membuka cerita dengan mengenalkan Takasu Ryuuji, siswa laki-laki yang sebenarnya ramah, sabar, dan suka dengan kebersihan, tapi dia memiliki wajah yang garang. Setiap ada yang tak sengaja menabraknya, orang yang menabrak itu langsung memberikan dompetnya, padahal Ryuuji tidak meminta. Lucu dan di luar perkiraan, bukan?

Sementara tokoh pendampingnya, Aisaka Taiga, adalah gadis bertubuh mungil dan pendek dengan paras cantik. Meski sekilas tampak imut, nyatanya Taiga dijuluki sebagai “Macan di Telapak Tangan” karena sangat galak dan berkepribadian kuat. Buktinya, pertemuan pertama Ryuuji dan Taiga dimediasi oleh pukulan yang melayang ke wajah Ryuuji.

Ryuuji awalnya menyukai Kushieda Minori yang merupakan sahabat paling dicintai Taiga. Sedangkan Taiga menyukai Yuusaku Kitamura yang tak lain adalah sahabat dari Ryuuji. Untuk mendapatkan cintanya masing-masing, Ryuuji dan Taiga bekerja sama demi tujuan tersebut hingga tanpa disangka, secara tak sadar kebersamaan mereka justru menumbuhkan perasaan cinta antara Ryuuji dan Taiga.

4. Kamisama Hajimemashita (2012)

Kamisama Hajimemashita (2012)

Meski ceritanya sudah terlalu sering diangkat alias klise, namun berkat pengemasan plot yang unik menjadikan anime romance terbaik ini terasa lebih menarik sekaligus menyegarkan. Bercerita tentang Momozono Nanami yang diusir dari rumahnya akibat ayahnya yang pergi karena tak mampu membayar hutang yang menumpuk dikarenakan kebiasaannya berjudi. Nanami yang sedang bingung dan kehilangan arah lantas bertemu dengan Mikage yang merupakan seorang dewa. Mikage membantu Nanami dan sebagai gantinya, Nanami dijadikan dewi dan pelayannya. Sejak itu, Nanami memulai kehidupan baru yang mengharuskannya berurusan dengan makhluk-makhluk supernatural.

Di kuil Mikage, Nanami bertemu dengan Tomoe, seorang siluman rubah yang telah beratus-ratus tahun mengabdi kepada Mikage di kuilnya. Sementara Mikage, karena suatu hal, dia harus pergi dari kuilnya dan meninggalkan Nanami menjadi pelayan bagi Tomoe. Kebersamaan Tomoe dan Nanami yang semakin hari berlalu menimbulkan rasa sayang yang semakin besar, terutama bagi Tomoe. Kisah romantis mereka terus menghiasi anime musim pertamanya. Sedangkan untuk musim keduanya mulai bermunculan problematika yang disebabkan oleh masa lalu.

5. Honey and Clover (2005)

Honey and Clover (2005)

Dari keempat anime romance tersedih yang telah Oliswel ulas jalan cerita serta sedikit review-nya di atas mengisahkan hubungan percintaan yang dialami oleh para remaja SMA, untuk anime kali ini berbeda. Honey and Clover memilih tokoh utama yang merupakan mahasiswa. Honey and Clover bisa diartikan sebagai cinta dan persahabatan. Itulah dilema yang menjadikan anime ini perlu sekali untuk ditonton oleh mereka yang mengaku sebagai penyuka anime.

Honey and Clover berpusat pada 3 mahasiswa di kampus seni di Tokyo. Ada Yuuta Takemoto, Shinobu Morita, dan Takumi Mayama. Ketiga mahasiswa seni itu tinggal di satu kosan yang sama. Suatu ketika, Shuuji Hanamoto yang tak lain adalah profesor seni di kampus mereka mengenalkan seorang gadis bernama Hagumi “Hagu” Hanamoto pada ketiganya. Setelah perkenalan pertama itu, Morita dan Takemoto sama-sama jatuh hati kepada Hagu.

Morita sendiri secara terang-terangan menunjukkan perasaannya kepada Hagu. Sementara Takemoto kebalikan dari Morita. Dia lebih suka menyembunyikan perasaannya tapi berusaha agar selalu ada untuk Hagu. Sedangkan di sisi lain, ada juga Ayumi “Ayu” Yamada yang juga bertemu mereka dan jatuh cinta kepada Mayama. Tapi Mayama malah jatuh cinta kepada Rika Harada, seorang wanita yang lebih tua darinya.

Kisah cinta segitiga antara Morita, Hagu, Takemoto, dan Mayama, Ayu, dan Rika menjadikan anime romance ini sangat seru. Setidaknya dari anime ini kita akan mendapati makna tentang bagaimana cinta seharusnya diperjuangkan hingga titik akhir. Selain itu, anime ini juga sangat direkomendasikan untuk mereka yang merasa kehilangan jalan hidupnya. Di dalam anime Jepang terbaik satu ini, Takemoto akan menyadarkan bahwa semua orang pasti pernah tersesat dalam hidup. Sebesar apapun masalah itu, kita harus terus melangkah demi mencapai keinginan-keinginan besar kita.

6. Kimi Ni Todoke (2009)

Kalau diubah menjadi bahasa Inggris, Kimi Ni Todoke sama seperti Reaching You yang berarti Menggapaimu. Cerita romantis antar anak muda yang umum ditemukan pada Shoujo Manga di dalam anime ini berhasil diramu dengan apik sehingga menghasilkan tontonan yang tak membosankan. Kimi Ni Todoke tak hanya melulu menampilkan urusan percintaan, tetapi juga mengenai persahabatan yang hangat.

Tokoh utama dalam Kimi Ni Todoke adalah Kuronuma Sawako. Sawako merupakan wanita pemalu yang sulit bergaul dikarenakan sifatnya itu. Teman-teman sekelasnya menjuluki Sawako sebagai “Sadako” karena rambut lurus hitamnya, nada bicaranya yang menyeramkan, serta tatapannya yang tajam yang juga dirumorkan bisa mengutuk orang yang dilihatnya.

Dari sekian banyak siswa/i di kelasnya, ada empat orang yang tidak percaya dengan rumor mengenai Sawako. Salah satunya adalah Kazehaya Shouta, pria yang ramah dan mudah bergaul, meski mempunyai sifat pencemburu. Kazehaya bersama ketiga temannya, Yoshida Chizuru, Yano Ayane, dan Sanada Ryuu, berusaha untuk menjadi teman bagi Sawako. Tak lupa juga Kazehaya yang dikagumi oleh Sawako itu membantunya dan meyakinkan Sawako untuk jujur pada perasaannya sendiri. Kelimanya semakin akrab dan sering menghabiskan waktu-waktu bersamanya selama di sekolah.

Selain menceritakan romantisme yang terjalin antara Kazehaya dan Sawako, Kimi Ni Tokode juga menyelipkan perasaan cinta tak dianggap yang dimiliki oleh Ryuu kepada Chizuru yang telah berteman sejak kecil. Secara keseluruhan anime ini menjadi suguhan yang sangat menghibur. Jalan ceritanya yang tak dibuat bertele-tele menjadi nilai lebih tersendiri yang sepertinya jarang dimiliki oleh anime romance terpopuler lain.

7. Bokura Ga Ita (2006)

Bokura Ga Ita (2006)

Bokura Ga Ita berasal dari manga karya Yuki Obata yang sempat memenangkan sebuah penghargaan. Dari manga, inti cerita yang dimiliki oleh Bokura Ga Ita kemudian diangkat ke dalam format anime, dan bahkan ada filmnya juga. Untuk animenya terdiri dari 26 serial. Sedangkan untuk filmnya sendiri dibagi menjadi 2 bagian karena ceritanya yang begitu panjang.

Baik anime ataupun filmnya, tidak memiliki alur cerita yang berbeda jauh. Beberapa penambahan atau pengurangan mungkin diperlukan untuk menambah nilai komersil dari kedua format tayang ini. Untuk animenya, Bokura Ga Ita membuntuti kisah cinta antara Yano Motoharu dan Nanami Takahasi. Yano adalah pria populer di sekolah yang disukai oleh banyak wanita di sekolah tersebut.

Nanami pertama mengetahui Yano dari cerita tiga gadis di SMP-nya Yano yang dua di antaranya menyukai Yano. Awalnya Nanami tak tergila-gila dengan Yano, sampai kemudian terjadilah pertemuan antar keduanya yang membuat Nanami langsung jatuh cinta kepada Yano. Kedua tokoh ini sama-sama saling mencintai, tapi hubungan keduanya sangat sulit dikarenakan masa lalu percintaan Yano serta perasaan dari Takeuchi, sahabat Yano yang juga menyukai Nanami. Puncaknya terjadi ketika Yano membuat sebuah keputusan besar yang justru semakin memperburuk hubungannya dengan Nanami.

8. Chobits (2002)

Chobits (2002)

Jepang memang ahlinya untuk menunangkan ide-ide fantasinya ke dalam anime. Kalau selama ini banyak anime romance terbagus yang mempertontonkan hubungan romantis antar tokoh yang berbeda dunia, semisal manusia dan siluman, kini ada anime percintaan dua tokoh yang salah satunya adalah robot. Chobits, adalah anime yang tayang pada tahun 2002 yang menggambarkan kehidupan manusia di masa depan.

Saat itu, manusia bisa menciptakan robot yang disebut persocom. Persocom merupakan robot yang persis seperti manusia, dia juga bisa melakukan banyak aktivitas dan pekerjaan. Tokoh utama dalam Chobits adalah Hideki Motosuwa, pria desa yang harus mengikuti pra-sekolah dikarenakan gagal masuk ke univesitas. Di kota tempatnya mengikuti program pra-sekolah, Hideki melihat orang-orang memiliki persocom.

Hideki yang tinggal di rumah sewaan milik Hibiya berkenalan dengan tetangganya, Shinbo, yang juga mengikuti program pra-sekolah yang sama dan dia mempunyai persocom. Setelah pemandangan yang dia saksikan saat berkeliling kota dan pertemuannya dengan Shinbo yang membawa persocom, Hideki mempunyai keinginan besar untuk memiliki sebuah persocom. Namun, dikarenakan tak memiliki banyak uang dan harga persocom tidaklah mudah, Hideki tak sanggup membelinya.

Hingga pada suatu hari sepulang kerja, Hideki menemukan sebuah persocom cantik di tempat sampah. Setelah diotak-atik, persocom itu bisa bergerak dan hanya bisa berkata “chi”. Dia yang terkejut sekaligus heran langsung meminta bantuan dari Shinbo yang ternyata persocom temuannya itu tidak memiliki OS. Shinbo kemudian menghubungi temannya yang ahli tentang persocom, Minoru Kokubunji. Minoru yang memeriksa persocom temuan Hideki langsung memberitahu Hideki kalau persocom temuannya itu adalah persocom spesial dan langka.

Persocom itu bernama Chi, persocom langka seri Chobit yang tak banyak di dunia. Konon diceritakan kalau Chobits adalah persocom yang bisa mengendalikan semua persocom di dunia serta memiliki perasaan layaknya manusia. Karena hal itu, Hideki mulai mengajari banyak hal pada Chi hingga tanpa disadari olehnya Chi memiliki perasaan sayang kepada Hideki. Hal ini ditujukkan oleh Chi dengan mencari pekerjaan untuk membantu Hideki yang perbuatannya itu justru membawa risiko padanya.

Untuk diketahui, Chi tidak boleh disentuh oleh sembarang orang. Hanya orang yang mencintai Chi yang bisa memegangnya. Karena itu, ketika mencari pekerjaan dan Chi dipegang oleh orang yang hanya ingin menjadikannya persocom penggoda, seluruh persocom yang ada di dunia tak bergerak, seperti dihentikan oleh Chi. Sampai pada akhirnya, Chi berhasil menemukan cinta sejatinya yakni Hideki dan kemudian mereka hidup bersama meskipun kita semua tahu sendiri tahu kalau Hideki akan selalu menjadi seorang perjaka karena tak bisa berhubungan intim dengan sebuah persocom.

9. Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

Setiap orang memang mempunyai cara tersendiri untuk menunjukkan rasa cintanya. Seperti yang dilakukan oleh Miazono Kaori dalam anime romance terbaik satu ini. Kaori adalah pemain violin yang menyukai sahabat dari temannya, Arima Kousei. Sejak itu, Kaori mulai memasuki kehidupan Kousei dan tanpa disadari, Arima jatuh hati pada Kousei.

Namun yang terjadi berbeda jauh dari yang pasti Anda pikirkan. Meskipun Kaori mencintai Kousei yang mulai menemukan warna dalam hidupnya setelah kematian sang ibu, dia justru berjalan ke arah yang seberangan. Tak ingin membebani pikiran Kousei, Kaori tetap memendam dalam-dalam perasaannya tersebut agar tidak ketahuan oleh Kousei. Kaori telah melakukan kebohongan dengan berpura-pura menyukai sahabatnya Kousei. Kebohongan di bulan April.

Untuk mengetahui apa yang selanjutnya terjadi pada hubungan mereka, Anda bisa lihat sendiri anime satu ini. Dari segi cerita, hampir tak ada cela. Lewat karyanya, Naoshi Arakawa ingin mengajak penontonnya menikmati alur cerita yang dibawa. Hal yang mengagumkan dari anime ini terletak pada rangkaian kata-katanya ketika para tokoh di dalamnya berdialog. Lewat kata-kata yang menggetarkan hati, dalam, dan manis, kita bisa langsung mengenai seorang Arima Kousei yang hangat, manis, manis, dan puitis.

10. Eikoku Koi Monogatari Emma (2005)

Eikoku Koi Monogatari Emma (2005)

Untuk anime romance terbaik terakhir yang bisa Oliswel berikan short review-nya pilihannya jatuh pada Eikoku Koi Monogatari Emma atau disingkat Emma. Anime ini mempunyai genre drama, histori, dan romantika. Berupa adaptasi dari manga yang rilis pada 2002 – 2008, dan dianimasikan pada 2005 untuk musim pertama dan 2007 untuk musim kedua. Studio yang memproduksi Eikoku Koi Monogatari Emma adalah Studio Pierrot.

Emma, seorang wanita dari strata sosial bawah alias maid yang boleh berarti hanyalah seorang pembantu, budak, dan lain sebagainya. Dia bekerja pada Kelly Stowner, janda tua yang –untungnya- baik. Suatu hari, datang murid Kelly Stowner yang bernama William Jounes dan tentunya William bertemu juga dengan Emma. Celakanya, Emma dan William saling jatuh cinta pada pandangan pertama. Memang tak ada yang salah dengan perasaan mencintai, tapi perbedaan kelas justru yang menghalangi perasaan antar keduanya.

William yang merupakan anak tertua dari keluarga bangsawan jelas tak diperkenankan untuk menjalin hubungan beda kelas sosial itu. Sesuai zamannya yang ketika itu, tepatnya mengambil latar di Inggris, perbedaan kaum atas dan bawah masin sangat kental dan hampir terjadi di seluruh dataran Inggris. Lalu, bagaimana akhir cerita dari keduanya, akankah mereka bersatu atau justru dikalahkan oleh “harga diri dan martabat” keluarga William?

Selama dua musim, anime ini tak ingin terburu-buru memberikan penyelesaian dari masalah percintaan yang menghiasi hari-hari mereka. Penonton akan diajak untuk duduk dan menikmati hubungan dua sejoli yang terhambat oleh masalah sosial tersebut. Penggarapannya yang luar biasa tak akan membuat penonton ngantuk meski alur ceritanya disampaikan dengan tempo yang lambat. Mulai dari cerita, visualisasi, hingga scoring music-nya, semuanya saling berpadu untuk mempertahankan nuansa kehangatan dari kedua tokoh yang terlibat dalam anime romance terbaik ini.

Hotarubi no Mori e (2011)

11. Hotarubi no Mori e (2011)
Rating: 8.6/10

 

Anohana (2011)

12. Anohana (2011)
Rating: 8.6/10

 

Nana (2006)

13. Nana (2006)
Rating: 8.6/10

 

Nodame Cantabile (2007)

14. Nodame Cantabile (2007)
Rating: 8.5/10

 

Ookami to Koushinryou (2008)

15. Ookami to Koushinryou (2008)
Rating: 8.4/10

 

Lovely Complex (2007)

16. Lovely Complex (2007)
Rating: 8.3/10

 

Ore Monogatari!!

17. Ore Monogatari!! (2015)
Rating: 8.2/10

 

Kaichou wa Maid-sama! (2010)

18. Kaichou wa Maid-sama! (2010)
Rating: 8.2/10

 

Sekaiichi Hatsukoi (2011)

19. Sekaiichi Hatsukoi (2011)
Rating: 8.2/10

 

Junjou Romantica (2007)

20. Junjou Romantica (2007)
Rating: 8.1/10

 

Kokoro Connect (2012)

21. Kokoro Connect (2012)
Rating: 8.0/10

 

Itulah daftar anime romance terbaik yang mempunyai jalan cerita yang bagus dan menarik untuk disaksikan. Jika sebagian dari Anda pernah menonton anime bergenre romance lain yang judulnya tidak tercantum dalam daftar, jangan sungkan untuk merekomendasikannya lewat kolom komentar. Dengan begitu, Anda bisa memberikan kontribusi terhadap sesama pecinta anime di Indonesia, terutama yang suka sekali dengan anime bertemakan percintaan.

Berikan Komentar