30 Anime Horor Terbaik dan Terseram Sepanjang Masa

Sebagai penyuka anime, tentu Anda kenal dengan salah satu anime Jepang terbaik  yang berjudul Spirited Away karya Hayao Mizayaki yang berhasil menyabet penghargaan Oscar dalam kateogri Film Animasi Terbaik ini. Selain menawarkan cerita yang sarat makna, ternyata anime tersebut juga disukai karena mengajak penontonnya merasakan ketegangan yang dialami oleh tokoh utamanya.

Jika anime-anime yang menghadirkan suasana mencekam ternyata menjadi salah satu favorit Anda, maka anime horor terbaik berikut juga akan mengajak Anda secara mau tidak mau untuk turut ‘menikmati’ kengerian demi kengerian pada beberapa adegannya. Mulai dari pembunuhan sadis, penampakan hantu, dan aktivitas lain yang mengundang rasa takut, semua ada dalam daftar anime horor terseram yang telah Oliswel.com buat berikut.

1. Higurashi No Naku Koro Ni (2006)

Anime Horor Terbaik Higurashi No Naku Koro Ni (2006)

Anime Higurashi No Naku Koro Ni adalah anime horor plus komedi dengan 24 episode. Produsernya adalah Studio DEEN, 07th Expansion, dan Geneon Universal Entertainment.

Tokoh utamanya pada anime horor terbaik ini adalah Maebara Keiichi yang ditemani oleh tokoh lain seperti Ryugu Rena, Sonozaki Mion, Sonozaki Shion dan masih ada banyak lagi yang kebanyakan adalah wanita yang cantik. Keiichi sendiri adalah anak seorang artis terkenal yang memilih untuk pindah ke Hinamizawa. Dia adalah orang yang mudah bergaul, oleh karenanya, sesampainya di desa Hinamizawa, dia langsung dikenal banyak orang.

Jalan ceritanya di ambil di Jepang pada bulan Juli sekitar tahun 1983 di wilayah Hinamizawa. Pada tahun itu, ada kejadian yang mencekam. Di dalam kamar, telah terjadi sebuah kekerasan yang dilakukan oleh pria yang menggunkan tongkat baseball untuk memukul dua perempuan. Parahnya, tongkat tadi tidak hanya dihantamkan sekali dua kali, namun berkali-kali di area kaki, kepala, dan lengan.

Keiichi yang sepulang sekolah jalan-jalan dengan Rena dan temannya, menemukan koran yang berisi kabar pembunuhan. Berita itu mengabarkan, korban di mutilasi dengan kapak. Mulai dari kepala hingga kaki, dipotong menjadi 6 bagian untuk disebarnya. Bahkan, salah satu pelakunya masih belum diketemukan.

Akhirnya, Keiichi tahu ada kasus pembunuhan di desa Hinamizawa, desa yang baru ia tinggali. Keiichi mencoba mencari tahu siapa pembunuhnya untuk mengungkap kasus tersebut. Bahkan pembunuhnya, ternyata tidak jauh dari teman-teman Keiichi. Pada anime horor sekolah ini, question arc dan answer arc dipisahkan. Jadi untuk penonton bisa dengan leluasa menebak siapa saja pembunuhnya.

Question Arc:

1. Onikakushi-hen (Demoning Away Chapter)
2. Watanagashi-hen (Cotton Drifting Chapter)
3. Tatarigoshi-hen (Curse Killing Chapter)
4. Himatsubushi-hen (Time Wasting Chapter)

Answer Arc:

1. Meakashi-hen (Eye Open Chapter)
2. Tsumihoroboshi-Hen (Atonement Chapter)
3. Minagoroshi-Hen (Messacre Chapter)
4. Matsuribayashi-Hen (Festival Accompanying Chapter)

2. Tokyo Ghoul (2014)

Tokyo Ghoul (2014)

Tokoh utamanya adalah Ken Kaneki. Walaupun dia awalnya adalah seorang manusia biasa, namun kemudian berubah menjadi setengah Ghoul dan harus memakan daging manusia agar dirinya bisa bertahan hidup. Dia menjadi Ghoul akibat operasi karena dia mengalami kelumpuhan. Penampilannya seperti manusia, dengan mata kiri tertutup untuk menyembunyikan mata Ghoul yang ia miliki.

Karena dia adalah setengah manusia dan setengah Ghoul, pemilik kedai kopi ‘Anteiku’ Yoshimura dan Touka Kirishima mengajarkannya cara hidup menjadi setengah Ghoul. Sebagai seorang Ghoul, Kaneki juga berinteraksi dengan para Ghoul lainnya. Sebagai seorang manusia juga, dia berusaha menutupi identitas yang ia miliki sekarang dari rekannya, termasuk pacarnya, Kimi.

Pada musim kedua, Ken Kaneki yang dikenal hebat diculik oleh organisasi Ghoul. Namun dia berhasil melarikan diri, tetapi dia amnesia dan punya identitas baru. Dia mengubah namanya menjadi Haise Sasaki. Di kehidupan Ghoul, dia harus rela hidup menjadi manusia namun menjadi monster bagi kaumnya.

3. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu (2014)

Kiseijuu: Sei no Kakuritsu adalah anime horror dan drama yang memiliki jumlah episode 24 buah. Dimulai sejak Oktober 2014 dengan produser VAP dan Madhouse, anime ini sukses memperoleh rating 8.6/10 Sutradaranya adalah Kenichi Shimizu dengan naskah cerita ditulis oleh Shōji Yonemura.

Tokoh utamanya bernama Shinichi Izumi, yang masih menjadi pelajar berumur 17 tahun. Ibunya sendiri meregang nyawa setelah dibunuh oleh parasit rekan temannya, Migi. Walaupun Migi adalah parasit, namun dia lebih mirip manusia dan tidak punya keinginan untuk membunuh manusia.

Ceritanya diawali ketika ada invasi parasit yang berbentuk cacing menyerang. Salah satunya adalah tempat tinggal Izumi Shinichi yang ada di Tokyo. Parasit tersebut akan mengambil alih tubuh korban apabila bisa masuk ke otaknya lewat lubang telinga.

Namun Shinichi tidak dapat dimasuki oleh alien tadi, karena ketika itu dia sedang tertidur dan menggunakan earphone. Walaupun begitu, parasit tadi malah masuk ke tubuhnya dan mengambil alih tangannya. Parasit bernama Migi itu tidak bisa masuk ke telinga Shinichi sehingga Shinichi masih bisa menggunakan pikirannya untuk mengendalikan parasit tersebut. Dan dikarenakan punya sifat yang berbeda dari parasit lain, Migi malah berteman akrab dengan Shinichi dan membantu melawan parasit yang menimbulkan kerusuhan.

4. Mononoke (1997)

Mononoke (1997)

Anime yang dirilis tahun 1997 ini punya skor yang bisa dibilang tinggi, yakni 8.55. Mononoke sendiri punya 12 episode dengan produser Toei Animation, Fuji TV, Flatiron Film Company. Cerita pada anime horor terbaik ini bermula ketika ruh-ruh jahat menyebar di setiap desa dan rumah-rumah warga. Ruh tersebut biasa disebut dengan Mononoke. Karena hal itu, para warganya mulai ketakutan. Namun, ada salah seorang pemuda yang dipanggil ‘Medicine Seller’ atau penjual obat yang terkenal hebat.

Sang penjual obat yang punya kekuatan supernatural harus membunuh para ruh jahat Mononoke. Namun dia harus belajar tentang bentuk ruh, kebenaran, dan penalaran. Jika dia sudah menguasai tiga hal tersebut maka dia akan mampu mengusir ruh tadi. Selain itu, dia juga punya pedang yang disebut Exocirsm Sword untuk membantunya mengalahkan Mononoke. Untuk melaksanakan misi itu, dia berkelana dari tempat satu ke tempat lain untuk mencari Mononoke.

5. Shiki (2010)

Shiki (2010)

Anime horor tersadis Shiki yang terbit tahun 2010 punya rating 8/10 di situs MyAnimeList. Produsernya adalah Shueisha, Aniplex, Fuji TV,Dentsu dan DAX Production. Episodenya berjumlah 22 dengan genre misteri, supernatural, dan horor. Di dalam anime ini terdapat cukup banyak adegan horor seperti pembunuhan oleh para Shiki pada warga.

Pemecahan masalah mengenai siapa pembunuh para warga yang sangat sulit terpecahkan menjadikannya sangat wajib untuk ditonton. Selain itu, penggunaan scoring music-nya juga bisa menambah nuansa mencekam sehingga semakin meningkatkan daya mistis dari anime horor terbaik ini.

Jalan ceritanya diawali ketika keluarga Kirishiki datang ke desa Sotoba, desa yang aman dan setiap warganya punya sikap sosial yang tinggi. Saking amannya, setiap malam, pintu rumah warganya tidak perlu dikunci tanpa khawatir akan terjadi sesuatu.

Namun pada suatu hari, wanita bernama Shimizu Megumi yang sangat ingin menjadi wanita kota menghilang secara misterius. Warga sekitar langsung segera mencarinya. Di hari kelima, Megumi berhasil ditemukan namun tidak bicara apa-apa. Dia sendiri dalam keadaan yang amat sangat lemah.

Akhirnya ia dibawa ke dokter Ozaki. Dia yang memeriksa Megumi mengungkapkan jika Megumi terserang anemia. Namun esoknya, Megumi langsung meninggal dunia tanpa sebab yang jelas. Setelah itu, banyak warga desa yang meninggal dengan tanda kematian seperti Megumi. Dokter Ozaki akhirnya menemukan sebuah bekas gigitan yang disebutnya gigitan serangga.

Setelah beberapa lama, Natsuno Yuuki, orang yang disukai Megumi tinggal di rumah Tonru. Namun malah esoknya Tonru meninggal dunia dengan bekas kematian sama dengan Megumi. Dokter Ozaki yang penasaran karena istrinya juga meninggal, menemukan fakta baru, bahwa mereka semua meninggal karena dibunuh oleh Shiki (mayat yang hidup lagi).

6. Ghost Hunt (2006)

Anime horor gore Ghost Hunt punya rating 8/10 dengan 25 episode. Genre yang diusung pada Ghost Hunt cukup berwarna, mulai dari horor, romance, hingga komedi. Produsernya yaitu Marvelous Entertainment, TV Tokyo, Delfi Sound, dan Avex Entertainment.

Anime horor komedi ini wajib ditonton karena setiap adegannya selalu membuat penasaran dan membuat merinding penontonnya. Setiap hantunya juga terbilang lengkap, dari yang seram dan lucu, semuanya ada. Karakternya juga bisa dibilang keren-keren dan grafisnya cukup memukau.

Tokoh utama pada anime horor romantis ini adalah Tamiyama Mai, seorang pelajar 16 tahun yang membantu manager SPR (Shibuya Physic Research), Shibuya Kazuya, untuk menangani hal mistis. Walaupun awalnya tidak sengaja bergabung, namun akhirnya dia menjadi anggota resmi. Dia juga punya kekuatan melihat apa saja yang terjadi dari mimpinya.

Ceritanya berawal ketika Mai merusak kamera milik Shibuya, akhirnya Shibuya memintanya membantu dirinya di SPR. Misi pertamanya adalah memecahkan masalah di sekolah lamanya. Dan akhirnya dia sukses memecahkan misi tersebut. Selanjutnya, Shibuya mengajak Mai bergabung ke SPR membantu memecahkan setiap masalah mistis. Akhirnya berkat bantuan setiap temannya di SPR seperti Matsuzaki Ayako (Miko), Brown John (Pendeta Katolik), Takigawa Hosho (Biksu), dan Masako Hara (Mediator Roh) setiap misteri terpecahkan dengan menggunakan dasar ilmu pengetahuan.

7. Owari no Seraph (2015)

Owari no Seraph (2015)

Owari no Seraph merupakan anime horor misteri yang memiliki rating 7.6/10 dan terdapat 12 episode di dalamnya. Sutradaranya adalah Daisuke Tokudo sedangkan penulis naskah ceritanya dibuat oleh Hiroshi Seko. Produsernya adalah NBCUniversal Entertainment Japan dan Rakuonsha. Selain dibumbui dengan aksi, anime horor terbaik ini juga menyelipkan unsur drama.

Tokoh utamanya adalah Yuichiro, dia adalah anak yang awalnya tinggal di panti asuhan. Namun akhirnya mencoba melarikan diri bersama Mikaela dan teman-temannya dari para vampir yang mencoba menguasai dunia. Namun nahas, Mikaela harus meninggal untuk menyelamatkan Yuichiro. Dia diselamatkan oleh Moon Demon Company.

Jalan ceritanya bermula saat dunia pada tahun 2012 sudah dirasa akan hancur. Hal itu dikarenakan ada virus buatan yang dibuat oleh manusia yang menyerang semua penduduk dunia. Namun sekarang, dengan banyaknya penduduk meninggal, hanya ada anak-anak berusia 13 tahun yang masih hidup.

Setelah itu, muncul para vampir yang menyebut dirinya telah menaklukan dunia dan siap melindungi manusia. Tetapi syaratnya mereka harus menyumbang darah kepada para vampir. Saat itulah Yuichiro yang di panti asuhan bersama rekannya melarikan diri sebelum akhirnya Mikaela tewas. Yuichiro yang selamat ditemukan oleh salah satu anggota Moon Demon Company yang bertugas untuk memusnahkan vampir. Kemudian Yuichiro bertekad untuk membalas dendam.

8. Kabaneri of the Iron Fortress (2016)

Kabaneri of the Iron Fortress (2016)

Anime horor keren Kabaneri of the Iron Fortress atau Koutetsujou no Kabaneri memiliki rating 7.4/10 di situs MyAnimeList. Salah satu produsernya adalah Aniplex yang bekerja sama dengan Studio Wit Studios. Sutradaranya Tetsuro Araki dan penulisnya Ichiro Okouchi.

Tokoh utamanya adalah Ikoma. Ia adalah seorang Kabaneri yang mampu menumpas monster Kabane. Walaupun dia awalnya adalah seorang manusia, namun berkat salah satu serangan, ia berubah menjadi Kabane. Karena tidak mau menjadi Kabane, ia mencoba lolos dari virus tadi dan menjadi Kabaneri.

Cerita bermula saat kota diserang oleh monster yang disebut dengan Kabane. Kedatangan monster ini membuat seisi kota menjadi panik tak karuan. Jika Kabane berhasil menggigit manusia, maka manusia tadi akan berubah menjadi Kabane juga yang akan terus memangsa manusia.

Setelah 5 tahun mengembangkan senjata Tsuranukizutsu, Ikoma sukses menyelesaikan senjata itu sehingga dengan mudah ia melenyapkan para monster Kabane. Namun, dia harus rela tergigit oleh salah satu Kabane. Tidak ingin menjadi seorang monster akhirnya dia membuat penangkal virus dan ternyata sukses. Akibat dari kejadian itu, dia menjadi Kabaneri untuk menghancurkan para Kabane. Selain dirinya, masih ada banyak Kabaneri lain.

Anime ini punya jalan cerita yang sulit ditebak dan dipenuhi dengan misteri. Selain itu, artwork atau grafis yang ditampilkan sangat halus sehingga kita akan menikmati suguhan sinematografinya.

9. Ajin (2016)

Ajin (2016)

Ajin atau Ajin: Demi-Human adalah anime yang digarap oleh Polygon Pictures dan produsernya Kodansha, Mainichi Broadcasting System, Sony Music Communications, dan masih ada beberapa lagi. Anime 13 episode ini bercerita menggabungkan unsur horor, misteri, dan supernatural. Sutradaranya adalah Hiroyuki Seshita dan Hiroaki Ando yang sudah terkenal di dunia anime.

Desain karakternya halus dan mumpuni serta grafiknya terbilang bagus. Selain itu, para cast yang menjadi pengisi suara setiap karakter adalah orang-orang berpengalaman yang sudah menjadi pengisi suara di banyak anime. Ceritanya, saat 17 tahun yang lalu di perang Afrika, ada orang yang hidup kekal abadi. Mereka sering dipanggil dengan sebutan Ajin atau setengah manusia. Setelah itu, di Jepang tepatnya sebelum liburan musim panas, pelajar bernama Kei Nagai tewas saat kecelakaan lalu lintas.

Murid SMA itupun dihidupkan kembali. Namun kehidupannya mulai berubah, setiap harinya Kei Nagai dikejar oleh banyak orang yang akan memburunya. Tidak tanggung-tanggung, banyak orang yang rela memberi bayaran mahal pada siapapun yang berhasil menemukannya. Memangnya, apa yang telah Kei Nagai lakukan, atau justru apa yang akan Kei Nagai lakukan setelah dibangkitkan kembali?

10. Gakkougurashi! (2015)

Gakkougurashi! (2015)

Rating anime ini berada di angka 7.7/10 dan episodenya ada 12 episode. Gakkougurashi! menceritakan kisah horror dan penuh misteri yang dilakoni oleh anak sekolahan. Produsernya adalah Nitroplus dan NBCUniversal Entertainment yang menjadikan Lerche sebagai studio pembuatnya. Jalan ceritanya bisa dibilang sangat menarik dan sulit untuk ditebak. Kejadian horor seperti membunuh teman sendiri bahkan orang yang dicintai tak jarang membuat bulu kuduk kita bergidik. Apalagi grafik yang ditampilkan yang lumayan bagus membuat kita semakin terbawa suasana.

Takeya Yuki adalah tokoh utama dalam anime ini. Dia adalah orang yang ceria namun punya gangguan psikologis akibat trauma. Akibat gangguan itu, dia menganggap dunia seperti baik-baik saja walau saat itu telah terjadi wabah zombie yang melanda dunia. Diceritakan saat itu Zuki yang kehilangan gurunya, Sakura Megumi, akibat wabah zombie, membuatnya seakan tidak terima dan membuatnya mengalami gangguan psikologis.

Seketika dunia mulai dilanda oleh wabah zombie. Takeya Zuki mengalami trauma dan mengakibatkan ia menganggap tidak terjadi apa-apa di sekolahnya. Setiap di kelas, dia suka berbicara sendiri. Padahal, di kelas tersebut tidak ada siapa-siapa kecuali dirinya. Lantas, bagaimanakah nasib Zuki selanjutnya?

11. Kagewani (2015)

Kagewani (2015)

Walaupun hanya mendapat rating 6.5, namun Kagewani memiliki jalan cerita yang terbilang bagus. Hal ini karena, visual, audio, dan latar belakang suaranya mampu membuat suasana horornya menjadi tambah mencekam. Musiknya santai dan kasual saat kejadian biasa, namun jika ada monster, beat musik akan naik.

Anime ini memiliki 13 episode, dan setiap episodenya hanya memiliki durasi pendek, yakni 7-8 menit saja. Sutradara anime ini adalah Tomoya Takashima dan diproduksi oleh Studio Tomovies. Jalan ceritanya ditulis oleh Hiromu Kumamoto. Genre horor pada Kagewani ditonjolkan lewat karakter berupa monster.

Dikisahkan pada anime ini ada seorang vlogger yang ingin mendapatkan jumlah tayang videonya meningkat dengan cara membuat adegan palsu. Namun, ketika melakukan adegan tersebut, salah satu anggota krunya justru dimakan oleh monster. Hal ini menyebabkan seorang ilmuwan bernama Banba Sousuke mencoba menyelidiki misteri ini.

Dia mengalami beberapa kontak dengan monster tersebut yang disebut dengan “Kagewani”. Selain dia, ada juga manusia lain yang terkena serangan Kagewani, bahkan mengakibatkan kematian. Merasa tertarik karena Banba punya masa lalu dengan Kagewani, akhirnya dia mulai menyelidiki tentang makhluk tersebut.

12. Kurayami Santa (2015)

Kurayami Santa (2015)

Rating-nya di MyAnimeList hanya sekitar 5.5 poin dari sekitar 600 lebih suara. Anime ini bisa dibilang anime singkat, karena durasinya hanya 3 menit per episode. Untuk jumlah episodenya juga tak banyak, hanya 13 episode. Meski demikian, anime produksi studio ILCA yang punya genre sejarah dan supranatural tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Cerita sendiri berkisah kurang lebih pada tahun 1960 di Kyushu, Jepang. Santa, dia adalah orang yang paling bertanggung jawab menjaga keseimbangan antara neraka dengan dunia manusia. Santa juga adalah seorang penghuni neraka. Salah satu tempat yang menjadi latar anime ini adalah prefektur Nagasaki yang menjadi tempat penambangan di masa revolusi Industri.

13. Gantz:O (2016)

Gantz-O (2016)

Anime Gantz:O adalah anime movie yang hanya punya satu episode saja. Diproduksi oleh Digital Frontier studio dan produsernya adalah Toho. Selain unsur horor yang kental, unsur laga yang ditampilkan juga mengundang daya tarik. Dengan menggunakan teknologi CGI, dan alur cerita yang berbeda, rasanya film anime horor action ini menjadi tontonan wajib bagi setiap penyuka anime di Indonesia.

Jalan ceritanya diawali dengan meninggalnya tokoh utama karena kecelakaan kereta. Mereka adalah bernama Kei Kurono dan Masaru Kato. Mereka malah tidak masuk neraka atau surga, tetapi harus menjadi pemain dalam sebuah permainan. Mereka diharuskan memburu dan membunuh alien yang ada. Tidak hanya mereka, namun orang-orang yang telah meninggal lainnya ikut permainan ini. Untuk melawan para alien, mereka telah dibekali dengan senjata-senjata canggih. Karena ini adalah kesempatan bagus untuk hidup kembali, Kei dan Masaru akhirnya berjuang habis habisan menyelesaikan permainan ini.

14. Monster (2004)
Rating: 8.7/10

 

15. Hellsing Ultimate (2006)
Rating: 8.6/10

 

16. Shinsekai yori (2012)
Rating: 8.6/10

 

17. Jigoku Shoujo Futakomori (2006)
Rating: 8.1/10

 

18. Ghost Hunt (2006)
Rating: 8.0/10

 

19. Tasogare Otome x Amnesia (2012)
Rating: 8.0/10

 

20. Blood+ (2005)
Rating: 7.8/10

 

21. Gakkou no Kaidan (2000)
Rating: 7.7/10

 

22. Kemonozume (2006)
Rating: 7.6/10

 

23. Sankarea (2012)
Rating: 7.5/10

 

24. Deadman Wonderland (2011)
Rating: 7.5/10

 

25. Shinrei Tantei Yakumo (2010)
Rating: 7.5/10

 

26. Highschool of the Dead (2010)
Rating: 7.5/10

 

27. Kaidan Restaurant (2009)
Rating: 7.4/10

 

28. Yami Shibai (2013)
Rating: 7.2/10

 

29. Kaibutsu Oujo (2007)
Rating: 7.2/10

 

30. Mermaid Forest (2003)
Rating: 7.1/10

 

Itulah ke-30 anime horor terbaik yang setidaknya perlu Anda tonton satu kali dalam seumur hidup. Meski rata-rata anime yang tercantum pada daftar tersebut bukan barang baru bagi mereka yang benar-benar menyukai anime, setidaknya beberapa lain di antaranya adalah anime yang terbit baru-baru ini. Jika Anda punya rekomendasi anime horor yang menyeramkan lain, silakan tulis judul beserta tanggapannya mengenai anime tersebut di kolom komentar.

Berikan Komentar